13 Rekomendasi Menu Makanan Sahur Simple Praktis dan Sehat

Rekomendasi Menu Makanan Sahur Simple Praktis dan Sehat

Halo para pembaca setia Anteraja! Nggak terasa sebentar lagi bulan puasa sudah datang lagi. Pasti kamu saat ini sedang bingung kan untuk menentukan menu sahur yang simple dan praktis namun tetap sehat? Apalagi kondisi tubuh harus selalu dijaga dengan baik, supaya bisa selalu lancar dalam menjalankan puasa. Makanya memilih menu makanan untuk sahur harus tepat, agar tubuh tidak mudah terserang penyakit yang akan menghambat ibadah puasa kamu.

Nah pas banget kamu mengunjungi artikel ini, karena Anteraja udah menyiapkan banyak rekomendasi menu sahur yang simple, praktis, dan sehat. Dijamin rekomendasi menunya nggak perlu memakan waktu lama untuk membuatnya, sehingga nggak bakal merepotkan kamu di pagi hari. Makanya langsung kamu simak aja yuk rekomendasi menunya, biar kamu bisa langsung menentukan menu apa yang sesuai dengan selera kamu. Yuk simak!

Rekomendasi Menu Makan Sahur Simple Dari Anteraja

1. Ayam Goreng Tepung

Rekomendasi Menu Makanan Sahur Simple Praktis dan Sehat - Ayam Goreng Tepung

Ayam selalu menjadi bahan makanan yang lezat untuk dijadikan apapun, salah satunya adalah dijadikan ayam goreng tepung. Cara membuatnya yang mudah dan tidak perlu keahlian masak yang berlebih, membuat menu ini bisa menjadi rekomendasi pertama menu sahur praktis yang harus kamu coba. Kamu cukup gunakan beberapa potongan ayam dan tepung bumbu siap saji, sehingga kamu tidak memerlukan bumbu-bumbu tambahan lagi. Dijamin hasilnya akan lezat, apalagi untuk dinikmati bersama-sama.

2. Ayam Goreng Mentega

Rekomendasi Menu Makanan Sahur Simple Praktis dan Sehat  - Ayam Goreng Mentega

Selain ayam goreng tepung, kamu juga bisa mengolah ayam yang kamu miliki menjadi ayam goreng mentega. Nah untuk membuat ayam goreng mentega membutuhkan bumbu-bumbu yang cukup banyak, seperti bawang bombay, bawang putih, daun bawang, jeruk nipis, kecap, saus tiram, gula, garam, dan mentega. Jika bumbu-bumbu tersebut tersedia di dapur kamu, langsung aja kamu buat ayam goreng mentega khas buatan kamu sendiri! Dijamin menu ini nggak bakal mengecewakan.

3. Nasi Goreng

Rekomendasi Menu Makanan Sahur Simple Praktis dan Sehat  - Nasi Goreng

Selanjutnya ada nasi goreng yang bisa dibilang merupakan menu makanan paling simple, sehingga cocok buat kamu yang tidak memiliki waktu banyak untuk memasak. Kamu bisa mengkreasikan menu nasi goreng agar tidak membosankan, seperti menambahkan bakso, telur, sosis, sayuran, bahkan bisa juga ditambahkan ikan teri, ayam suir, atau seafood jika tersedia. Pokoknya kreasikan sesuai selera kamu dan buat yang paling simple tentunya, supaya nggak perlu memakan waktu lama untuk membuatnya.

4. Mie Goreng

Rekomendasi Menu Makanan Sahur Simple Praktis dan Sehat  - Mie Goreng

Nggak hanya nasi goreng kok untuk membuat menu makanan yang simple, selalu ada mie goreng yang bisa dijadikan alternatif dari nasi goreng. Sama seperti nasi goreng, kamu bisa mengkreasikan menu mie goreng seperti yang sudah dijelaskan di atas tadi. Pokoknya jika kamu kesiangan ketika bangun sahur dan tidak memiliki waktu banyak untuk memasak, langsung aja buat mie goreng atau nasi goreng buatan kamu sendiri! 

5. Telur Dadar

Rekomendasi Menu Makanan Sahur Simple Praktis dan Sehat  - Telur Dadar

Nggak punya bahan makanan yang bisa diolah? Langsung aja kamu cari warung atau minimarket terdekat untuk membeli beberapa butir telur dan panaskan wajan untuk membuat telur dadar yang lezat. Biar semakin lezat, jangan lupa ditambahkan isian seperti daun bawang, tomat, bakso, sosis, udang, dan sebagainya. Kemudian bisa menggoreng telurnya hingga sangat kering atau masih sedikit basah, tinggal sesuaikan selera kamu. Nah setelah itu kamu bisa menambahkan kecap atau saus ketika menyantapnya.

6. Tumis Kornet

Rekomendasi Menu Makanan Sahur Simple Praktis dan Sehat  - Tumis Kornet

Kornet selalu menjadi bahan makanan olahan daging yang mudah dibuat menjadi makanan apapun, misalnya tumis kornet yang bisa dibilang paling simple. Kamu cukup menyiapkan bumbu-bumbu seperti bawang putih, bawang merah, dan cabai. Nah untuk isinya kamu bisa menambahkan sayuran seperti buncis, sawi, dan wortel supaya kamu nggak perlu membuat menu sayuran lagi. Mudah kan? Makanya selalu sedia kornet di dapur kamu, agar kamu selalu bisa membuat makanan yang simple namun lezat.

7. Nasi Gila

Rekomendasi Menu Makanan Sahur Simple Praktis dan Sehat - Nasi Gila

Nah kalau menu ini cocoknya buat kamu para anak-anak muda, soalnya nasi gila merupakan jajanan yang sangat populer di kalangan anak-anak muda. Nah kamu bisa kok membuat nasi gila dengan mudah tanpa harus membeli. Kamu hanya membutuhkan bakso, sosis, telur,  dan beberapa tambahan sayuran. Untuk bumbunya, hanya dibutuhkan bawang, cabai, garam, gula, kecap, saus, dan penyedap. Mudah kan? Tinggal kamu sajikan deh di atas nasi putih panas serta taburan kerupuk dan bawang goreng.

8. Tempe Orek

Rekomendasi Menu Makanan Sahur Simple Praktis dan Sehat - Tempe Orek

Bosan dengan menu tempe goreng? Coba deh kamu olah tempe yang ada di rumah kamu menjadi tempe orek yang lezat! Kamu hanya perlu menyiapkan bumbu seperti bawang putih, kecap, garam, dan gula. Nah tempe orek bisa menjadi menu andalan kamu, karena menu ini cukup disukai berbagai kalangan usia. Misalnya jika kamu ingin memasak untuk orang tua, suami, atau istri di rumah, kamu bisa membuat tempe orek khas buatan kamu sendiri. 

9. Pecel Sayur

Rekomendasi Menu Makanan Sahur Simple Praktis dan Sehat - Pecel Sayur

Jika kamu memiliki stok sayuran lebih di kulkas dan bingung untuk diolah menjadi apa, kamu harus mengolahnya menjadi pecel sayur! Beberapa jenis sayuran yang bisa kamu jadikan pecel sayur adalah taoge, kacang panjang, kangkung, timun, dan labu siam. Nah kamu cukup merebus sayur-sayur tersebut sebentar saja, sisanya kamu tinggal menyiapkan bumbu kacang dengan bahan yang sederhana. Atau kamu juga bisa membeli bumbu pecel yang sudah jadi agar makin simple sehingga tidak merepotkan kamu.

10. Perkedel Kentang

Rekomendasi Menu Makanan Sahur Simple Praktis dan Sehat - Perkedel Kentang

Perkedel kentang nggak hanya untuk dijadikan pelengkap soto, kok! Kamu juga bisa menikmati perkedel kentang dengan nasi hangat. Nah karena kentang adalah karbohidrat, maka kamu harus menambahkan isi yang merupakan protein. Misalnya kamu bisa menambahkan kornet, potongan ayam, udang, dan sebagainya. Namun membuat perkedel kentang cukup memakan waktu yang lama, jadi menu ini kurang cocok jika waktu memasak kamu cukup mepet.

11. Capcay

Rekomendasi Menu Makanan Sahur Simple Praktis dan Sehat - Capcay

Ingin membuat menu makanan olahan sayuran yang menyehatkan? Tentu Capcay bisa menjadi jawaban kamu! Langsung aja kamu siapkan berbagai jenis sayurannya, seperti wortel, brokoli, kembang kol, sawi, dan baby corn. Biar makin lezat, kamu bisa menambahkan potongan ayam fillet, bakso, atau jamur ke dalam capcay buatan kamu. Jangan lupa juga bumbu-bumbu seperti bawang, jahe, saus tiram, kecap, dan minyak wijen harus dipadukan dengan seimbang.

12. Kangkung

Rekomendasi Menu Makanan Sahur Simple Praktis dan Sehat - Kangkung

Kalau mendengar kangkung, pasti hampir semua orang akan menelan ludah. Kangkung selalu menjadi menu makanan andalan yang tidak pernah gagal ketika diolah. Kamu bisa membuat tumis kangkung, cah kangkung, kangkung bumbu rujak, kangkung belacan, dan sebagainya. Selain itu, mengolah kangkung juga sangat mudah. Yang penting kamu bisa memadukan bumbu-bumbu yang dibutuhkan, agar bisa memberi cita rasa yang lezat. 

13. Cumi Goreng Tepung

Rekomendasi Menu Makanan Sahur Simple Praktis dan Sehat - Cumi Goreng Tepung

Nah buat kamu para pecinta seafood terutama pecinta cumi, kamu bisa kok membuat menu cumi yang simple! Apalagi kalau bukan cumi goreng tepung yang bisa menjadi menu simple dan tidak membutuhkan waktu lama untuk membuatnya. Langsung siapkan aja cumi dan tepung bumbu siap saji andalan kamu, kemudian kamu potong-potong cuminya, balur dengan tepung, lalu tinggal goreng deh. Mudah kan? Dijamin bakal sangat lezat, apalagi jika kamu tambahkan sambal atau saus asam manis.

Untuk para pembaca Setia Anteraja yang ingin mencari Ide makanan-makanan di bulan ramadhan. team Anteraja sudah membuat berbagai artikel tentang makanan untuk ramadhan terbaik lainnya seperti:


Yuk buruan langsung kamu tentukan menu apa yang ingin kamu buat nanti, sehingga kamu bisa langsung menyiapkan bahan-bahan yang dibutuhkan! Biar makin mudah, kamu bisa kok membeli bahan-bahan makanan di marketplace langganan kamu, kemudian tinggal kamu kirim deh dengan opsi pengiriman Same Day dari Anteraja. Dijamin bahan-bahan makanan kamu bisa langsung sampai dengan waktu maksimal 8 jam! Jika kamu tertarik, coba deh kamu cek ongkir dulu untuk ketahui info ongkirnya ke tujuan kamu. Setelah mengirim, kamu juga bisa cek resi untuk pantau terus posisi paket kamu. Makanya nggak perlu ragu lagi deh untuk gunakan Anteraja, soalnya Anteraja bakal selalu memudahkan kamu!