Tips Bisnis Daur Ulang Sampah Plastik yang Menjanjikan
Update Aja

Tips Bisnis Daur Ulang Sampah Plastik yang Menjanjikan

Kamu udah tau belum kalau bisnis daur ulang plastik bisa meraup keuntungan yang besar? Selain bisa untung, kamu juga dapat menjaga bumi dari pencemaran sampah plastik. Plastik tidak mudah terurai secara alami, maka plastik harus dimusnahkan dengan cara landfill dan pembakaran. Dengan mendaur ulang sampah-sampah plastik, kamu akan melindungi kesehatan lingkungan dari asap pembakaran dan pencemaran tanah.

Pasti kamu masih bingung kan bagaimana cara memulai bisnis daur ulang plastik sehingga bisa mendapatkan keuntungan yang besar? Ada tips-tips yang bisa kamu tiru nih, kalau kamu memiliki niat besar untuk berbisnis daur ulang plastik. Langsung aja yuk simak 6 tips bisnis daur ulang plastik di bawah ini!

6 Tips Bisnis Daur Ulang Plastik

1. Siapkan Lahan yang Cukup

Tips Bisnis Daur Ulang Sampah Plastik yang Menjanjikan - Siapkan Lahan yang Cukup

Kamu perlu mempersiapkan lahan yang luas untuk tempat atau gudang penyimpanan sampah plastik yang sudah dikumpulkan. Gudang ini digunakan untuk menyortir dan mengolah sampah-sampah plastik. Sampah-sampah plastik didapatkan dari pemulung atau pengepul sampah-sampah plastik yang bisa kamu temukan di lingkungan padat penduduk. Jika kamu belum memiliki lahan untuk penempatan gudang, carilah lahan di pinggiran kota yang masih memiliki harga yang murah. 

2. Siapkan Modal yang Cukup

Tips Bisnis Daur Ulang Sampah Plastik yang Menjanjikan - Siapkan Modal yang Cukup

Modal dibutuhkan untuk membeli mesin giling, mesin penggerak, oven pengering, alat press, dan sampah-sampah plastik, kemudian kebutuhan-kebutuhan lainnya seperti wadah, timba, pisau crusher. Selain itu, modal juga diperlukan untuk membeli atau menyewa lahan untuk penempatan gudang pengolahan sampah plastik untuk menjalankan bisnis daur ulang sampah plastik kamu. Diperkirakan kamu memerlukan modal sekitar 40 juta rupiah untuk keperluan barang-barang yang sudah disebutkan tadi, harga ini tidak termasuk sewa lahan dan karyawan. Untuk penyewaan lahan, kamu bisa menyesuaikan kebutuhan dengan harga tanah di daerah kamu. Jangan lupa selalu siapkan dana tak terduga untuk menghindari pengeluaran uang yang tidak terencana, sehingga tidak menyulitkan kamu ketika membutuhkan uang.

3. Beli Mesin Daur Ulang Sampah Plastik yang Tepat

Tips Bisnis Daur Ulang Sampah Plastik yang Menjanjikan - Beli Mesin Daur Ulang Sampah Plastik yang Tepat

Untuk mendaur ulang sampah-sampah plastik tentu memerlukan mesin daur ulang. Mesin daur ulang dibutuhkan untuk menghancurkan plastik hingga menjadi serpihan, kemudian meleburkan serpihan plastik hingga menjadi helaian. Harga dari mesin daur ulang berkisar antara 10-20 juta rupiah. Belilah mesin daur ulang sesuai kebutuhan dan modal yang kamu punya. Ketika awal memulai, tidak usah memaksakan untuk membeli banyak mesin. Gunakan sedikit mesin daur ulang terlebih dahulu, setidaknya dapat menjalankan bisnismu pada tahap awal. Kamu bisa menambah jumlah mesin daur ulang kamu seiring bertambahnya keuntungan dari jalannya bisnis kamu. Dengan menambah jumlah mesin daur ulang, kamu juga dapat meningkatkan produksi pengolahan sampah plastik yang kamu lakukan.

4. Terus Pelajari Metode Daur Ulang Sampah Plastik

Tips Bisnis Daur Ulang Sampah Plastik yang Menjanjikan - Terus Pelajari Metode Daur Ulang Sampah Plastik

Kamu perlu meningkatkan skill kamu dalam mendaur ulang sampah plastik untuk melancarkan bisnis kamu. Carilah metode-metode daur ulang sampah plastik diinternet dan kanal YouTube. Kamu juga bisa mengikuti komunitas-komunitas daur ulang sampah plastik yang ada di kota kamu untuk belajar saling bertukar pikiran tentang bisnis daur ulang sampah plastik. Tidak ada salahnya juga untuk mengikuti seminar dan workshop yang diadakan salah satu komunitas daur ulang plastik, sebagai sarana kamu untuk mempelajari metode daur ulang sampah plastik.

5. Rekrut Karyawan sesuai Kebutuhan

Tips Bisnis Daur Ulang Sampah Plastik yang Menjanjikan - Rekrut Karyawan Sesuai Kebutuhan

Untuk menjalankan bisnis daur ulang sampah plastik, kamu memerlukan karyawan untuk membantu kamu. Beberapa karyawan dibutuhkan untuk membantu kamu untuk membersihkan, menyortir, dan menggiling sampah plastik. Sesuaikan kebutuhan kamu dalam merekrut karyawan, jangan terburu-buru merekrut banyak karyawan karena akan menjadi beban kamu untuk membayar gaji mereka. Ketika mengawali bisnis, usahakan kamu banyak mengerjakan sendiri untuk mengurangi beban keuangan kamu. Namun ketika kamu merasa bisnis kamu sudah besar, rekrutlah karyawan untuk membantu kamu menjalankan bisnis. Carilah karyawan di sekitar gudang kamu untuk membantu orang-orang yang membutuhkan pekerjaan. Dengan bisnis ini, kamu juga dapat membuka lapangan kerja baru bagi mereka yang membutuhkan.

6. Perluas Koneksi Bisnis Daur Ulang Sampah Plastik

Tips Bisnis Daur Ulang Sampah Plastik yang Menjanjikan - Perluas Koneksi Bisnis Daur Ulang Sampah

Koneksi sangat diperlukan untuk memperlancar bisnis yang sedang kamu jalani. Perluas koneksi kamu dengan para pemulung atau pengepul plastik, sehingga kamu bisa mendapatkan banyak sampah-sampah plastik yang kamu butuhkan. Jika kamu beruntung, kamu juga bisa mendapatkan sampah-sampah plastik yang murah karena kamu sudah berlangganan dengan mereka. Kuasai koneksi kamu dari atas sampai bawah, sehingga kamu memiliki banyak kolega untuk memudahkan perjalanan bisnis daur ulang plastik yang sedang kamu jalani.

Nah itu tadi tips-tipis yang bisa kamu tiru, kalau kamu ingin menjalankan bisnis daur ulang plastik. Sampah-sampah plastik yang diolah tadi, akan menjadi biji-biji plastik yang bisa kamu jual kepada pengusaha kerajinan dari daur ulang plastik. Kamu perlu meluaskan wilayah penjualan biji-biji plastik dengan pengiriman hingga ke luar kota. 

Kebetulan nih, Anteraja bisa membantu kamu untuk layanan pengiriman ke luar kota. Ongkir Anteraja nggak bikin keuntungan kamu menipis kok! Coba deh langsung cek ongkir untuk melihat seberapa terjangkaunya ongkos kirim dari Anteraja. Jangan lupa, tentunya Anteraja punya fitur tracking paket yang memudahkan kamu untuk melacak barang yang kamu kirim. Langsung aja cek resi untuk melacak barang yang kamu kirim ke pelanggan, sehingga kamu selalu mendapatkan informasi lokasi barang yang kamu kirim. Semoga bisnis daur ulang plastikmu sukses!

Biji-biji plastik yang sudah kamu jual tadi bisa menjadi hasil kerajinan yang bagus. Seperti mainan anak-anak, pot tanaman, tempat pensil, dan aneka aksesoris lainnya. Yuk langsung aja kamu memulai bisnis daur ulang plastik, untuk membantu menguraikan sampah plastik yang banyak digunakan oleh orang. Selamat mencoba, ya!

Author

Satria Anteraja

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *