Cara Bisnis Laundry Kiloan dan Peralatan Usaha yang Dibutuhkan
Update Aja

Cara Bisnis Laundry Kiloan dan Peralatan Usaha yang Dibutuhkan

Terkadang orang memilih untuk tidak mencuci pakaiannya sendiri, mungkin mereka terlalu sibuk bekerja atau sekolah sehingga tidak memiliki banyak waktu untuk mencuci. Jasa laundry kiloan selalu menjadi satu-satunya alternatif untuk mencuci pakaian, karena laundry kiloan memiliki harga yang cukup terjangkau dan waktu mencuci yang lumayan singkat. Nggak bisa dipungkiri bisnis laundry kiloan sangat merebak di kota-kota padat penduduk, apalagi di lokasi-lokasi yang dekat dengan kost-kostan atau apartemen.

Nah kalau laundry kiloan adalah satu-satunya pilihan untuk mencuci pakaian, kenapa kamu tidak mencoba untuk menjalankan bisnis ini? Jika kamu memiliki lokasi yang strategis, maka tempat laundry kamu pasti akan didatangi orang untuk mencuci. Tapi pasti kamu masih bingung kan hal-hal apa yang perlu disiapkan sebelum memulai bisnis laundry kiloan. Nah coba deh kamu simak terus artikel ini, karena ada tips-tips dan peralatan yang dibutuhkan untuk kamu membuka bisnis laundry kiloan. Nggak pake lama, langsung aja yuk lanjutin bacanya!


Cara Memulai Bisnis Laundry Kiloan

1. Menghitung Kebutuhan Modal

Cara Bisnis Laundry Kiloan dan Peralatan Usaha yang Dibutuhkan - Menghitung Kebutuhan Modal

Hal yang harus kamu lakukan pertama kali adalah menghitung kebutuhan modal, karena modal mempengaruhi seberapa besar bisnis laundry yang akan kamu jalankan. Tentukan barang-barang yang kamu butuhkan untuk menjalankan bisnis laundry kiloan dan cantumkan harganya. Jika kamu merasa terlalu berat, kamu bisa kurangi salah satu barang yang sekiranya bisa dikurangi. Namun apabila modal kamu besar, kamu bisa memulai bisnis dengan bahan-bahan yang cukup menunjang kamu dalam menjalankan bisnis.

2. Menentukan Lokasi

Cara Bisnis Laundry Kiloan dan Peralatan Usaha yang Dibutuhkan - Menentukan Lokasi

Lokasi usaha memiliki peranan penting dalam keberlangsungan bisnis laundry yang akan kamu jalankan. Carilah tempat yang strategis sehingga mudah dijangkau orang. Pastikan juga lokasi usaha kamu berada di dekat pusat keramaian seperti kost-kostan atau apartemen, yang mana penghuni kost dan apartemen dapat menjadi target pasar dari bisnis laundry kamu. Pertimbangkan juga harga sewa tempat yang akan kamu gunakan sebagai lokasi usaha, karena biaya sewa tempat akan semakin mahal jika berada di tengah-tengah kota besar.

3. Analisa Kompetitor Laundry Kiloan

Cara Bisnis Laundry Kiloan dan Peralatan Usaha yang Dibutuhkan - Analisa Kompetitor Laundry Kiloan

Analisa kompetitor berguna untuk mengetahui hal apa yang dimiliki atau tidak dimiliki kompetitor, sehingga kamu bisa membandingkannya dengan laundry kamu. Misalnya jika kompetitor kamu tidak bisa memberikan waktu mencuci yang cepat, maka kamu bisa memberikan waktu yang lebih cepat, sehingga kamu selangkah lebih maju dibandingkan dengan kompetitor kamu. Kemudian jika kompetitor kamu menyediakan layanan antar jemput pakaian, maka usahakan kamu juga menyediakannya, supaya kamu tidak tertinggal dari kompetitor kamu.

4. Tentukan Harga

Cara Bisnis Laundry Kiloan dan Peralatan Usaha yang Dibutuhkan - Tentukan Harga

Tentukan harga yang sesuai dengan usaha yang kamu keluarkan. Laundry kiloan adalah usaha mencuci pakaian yang terkenal dengan harganya yang terjangkau, jadi jangan sampai kamu memberikan harga lebih tinggi. Jangan sampai juga kamu memberikan harga yang jauh lebih rendah dibandingkan harga pasar, karena kamu akan berpotensi merugi dan sulit untuk balik modal. Yang penting berikan harga seperti biasa, namun berikan standar pelayanan yang dapat memuaskan pelanggan kamu.

5. Buat Standar Pelayanan yang Memuaskan

Cara Bisnis Laundry Kiloan dan Peralatan Usaha yang Dibutuhkan - Buat Standar Pelayanan yang Memuaskan

Buatlah standar pelayanan yang membuat pelanggan kamu merasa puas mencuci pakaian di tempat kamu. Misalnya kamu memberikan standar bahwa pakaian yang masih ada noda, dapat dikembalikan dan dicuci kembali secara gratis. Kemudian layanan antar jemput untuk minimal berat pakaian yang ditentukan, sehingga pelanggan kamu mendapatkan benefit ketika menggunakan jasa laundry kiloan kamu.

6. Edukasi Karyawan

Cara Bisnis Laundry Kiloan dan Peralatan Usaha yang Dibutuhkan -  Edukasi Karyawan

Penting untuk mengedukasi karyawan kamu untuk menghindari pakaian tertukar ketika proses laundry. Pelanggan kamu akan sangat kecewa jika pakaian yang mereka laundry tertukar ketika mencuci di kamu. Kamu bisa melabeli setiap pakaian supaya tidak tertukar, dengan itu kamu bisa mengetahui pemilik pakaian tersebut. Jangan lupa juga untuk menghitung jumlah pakaian dari setiap pelanggan, untuk menghindari kurangnya jumlah pakaian ketika dikembalikan kepada pelanggan.

7. Pisahkan Keuntungan dan Modal

Cara Bisnis Laundry Kiloan dan Peralatan Usaha yang Dibutuhkan - Pisahkan Keuntungan dan Modal

Memisahkan keuntungan dengan modal sangat berguna untuk mengontrol uang yang masuk dan yang perlu dikeluarkan. Sehingga kamu bisa menggunakan keuntungan kamu kembali untuk dijadikan modal selanjutnya. Yang penting jangan terlalu banyak menggunakan keuntungan kamu, karena kamu harus selalu mengembangkan bisnis laundry kamu supaya menjadi bisnis yang besar.

8. Promosi Melalui Ads dan Teman / Keluarga Kamu

Cara Bisnis Laundry Kiloan dan Peralatan Usaha yang Dibutuhkan - Promosi Melalui Ads dan Teman Keluarga Kamu

Promosikan bisnis kamu di media sosial untuk memperluas jangkauan pemasaran laundry kamu. Di media sosial kamu bisa memanfaatkan fitur ads yang dapat menjangkau pengguna media sosial yang membutuhkan jasa laundry kiloan. Jangan lupa juga untuk ajak teman dan keluarga kamu untuk mencuci di tempat kamu dan minta pendapat mereka tentang pelayanan kamu, sehingga kamu bisa mengevaluasi kekurangan yang perlu kamu benahi. 

Peralatan yang Dibutuhkan untuk Bisnis Laundry Kiloan

1. Timbangan

Cara Bisnis Laundry Kiloan dan Peralatan Usaha yang Dibutuhkan - Timbangan

Timbangan dibutuhkan untuk menimbang pakaian-pakaian yang ingin dicuci, dengan menimbang kamu dapat mengetahui bobot dari pakaian tersebut sehingga kamu bisa menentukan harga yang tepat untuk pelanggan kamu.

2. Mesin Cuci dan Pengering

Cara Bisnis Laundry Kiloan dan Peralatan Usaha yang Dibutuhkan - Mesin Cuci dan Pengering

Tentukan mesin cuci dan pengering yang sesuai untuk bisnis laundry kamu. Karena kamu akan menggunakan mesin cuci secara berkala, maka pastikan mesin cuci kamu kuat bekerja keras untuk menunjang bisnis kamu.

3. Sabun Cuci dan Pewangi Pakaian

Cara Bisnis Laundry Kiloan dan Peralatan Usaha yang Dibutuhkan - Sabun Cuci dan Pewangi Pakaian

Banyak sekali merk sabun cuci dan pewangi pakaian di pasaran, untuk itu cari merk yang memiliki bau yang enak, sehingga pelanggan kamu puas dengan pakaian yang telah mereka cuci di tempat kamu.

4. Hanger / Jemuran

Cara Bisnis Laundry Kiloan dan Peralatan Usaha yang Dibutuhkan - hanger jemuran

Hanger atau jemuran diperlukan untuk menggantung pakaian-pakaian pelanggan kamu. Hanger merupakan barang yang murah dan tidak sulit untuk dicari, namun kamu harus menyiapkan ratusan hanger untuk bisnis laundry kamu.

5. Setrika dan Papan Setrika

Cara Bisnis Laundry Kiloan dan Peralatan Usaha yang Dibutuhkan - Setrika dan Papan Setrika

Setrika dan papan setrika dibutuhkan untuk merapikan pakaian-pakaian yang telah selesai dicuci. Kamu dapat mencari merk setrika yang mampu menunjang bisnis kamu, karena kamu harus mencari merk setrika yang dinilai kuat dalam penggunaan yang berat.

6. Plastik Kemasan

Cara Bisnis Laundry Kiloan dan Peralatan Usaha yang Dibutuhkan - Plastik Kemasan

Plastik kemasan juga sangat mudah dicari dan harganya yang murah. Selalu sedia plastik kemasan yang banyak, supaya kamu tidak kehabisan plastik kemasan ketika bisnis laundry kamu sedang berjalan.


Nggak susah kan untuk memulai bisnis laundry kiloan? Kalau gitu, nggak usah lama! Langsung aja deh kamu mulai bisnis laundry kiloan, denger-denger keuntungannya bisa sangat besar loh. Tapi jangan lupa, untuk menunjang bisnis kamu, pastikan peralatan yang kamu butuhkan datang tepat waktu. Coba deh kamu cari peralatan yang kamu butuhkan di marketplace, dan kirim menggunakan layanan Anteraja. Jangan sampai peralatan yang kamu butuhkan tidak sampai tepat waktu jika kamu menggunakan layanan pengiriman lain. Yuk langsng Cek Ongkir untuk cari tau opsi pengiriman yang cocok untuk kamu! Tentu nggak lupa fitur tracking paket yang tersedia untuk kamu dengan cara Cek Resi, jadi jangan lupa pakai layanan Anteraja!

Author

Satria Anteraja

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *