Begini Tips Bisnis Usaha Toko Kelontong untuk Pemula
Update Aja

Begini Tips Bisnis Usaha Toko Kelontong untuk Pemula

Toko kelontong merupakan salah satu “convenience store” atau toko serba ada terlama yang sudah ada di Indonesia. Walaupun di kota-kota besar minimarket sudah merebak, namun di beberapa daerah toko kelontong masih sangat populer karena harganya yang murah dan barangnya yang terbilang lengkap. Bahkan barang-barang yang dijual di toko kelontong dapat mencukupi kebutuhan rumah tangga sehari-hari, itu yang membuat masyarakat sangat nyaman berbelanja di toko kelontong.

Nah nggak ada salahnya jika kamu ingin menjalankan usaha toko kelontong, karena omsetnya bisa sangat besar. Apalagi jika kamu sudah memiliki banyak pelanggan tetap yang sudah mempercayai toko kelontong kamu untuk memenuhi kebutuhan mereka. Jika kamu masih bingung bagaimana cara memulainya, tenang aja! Anteraja udah merangkum beberapa tips bisnis/usaha toko kelontong untuk kamu para pemula. Makanya simak terus artikelnya dan perhatikan setiap langkah yang diberikan!

Tips Bisnis / Usaha Toko Kelontong

1. Tempat yang Strategis

Begini Tips Bisnis Usaha Toko Kelontong untuk Pemula - Tempat yang Strategis

Tentu kamu membutuhkan tempat yang strategis untuk membuka usaha toko kelontong, supaya orang dapat melihat dan menyambangi toko kamu. Kamu bisa memilih tempat yang berada di pemukiman padat penduduk atau di daerah keramaian lainnya. Namun kamu juga harus mempertimbangkan modal yang kamu miliki, semakin strategis lokasi usaha kamu maka harga jual atau sewanya juga semakin mahal. Tetapi jika kamu memiliki rumah dengan garasi yang cukup besar dan berada di tempat yang strategis, kamu bisa menyulapnya menjadi toko kelontong. Malah kamu bisa semakin enak jika kamu bisa memanfaatkan rumah kamu, karena kamu tidak perlu menyewa atau membeli tempat dan bisa sambil mengurus urusan rumah tangga.

2. Analisa Tempat Kamu

Begini Tips Bisnis Usaha Toko Kelontong untuk Pemula - Analisa Tempat Kamu

Rokok atau minuman dingin adalah dua barang yang paling sering dibeli orang ketika datang ke toko kelontong. Apalagi jika toko kamu berada persis di pinggir jalan besar, maka kamu harus pajang lemari pendingin dan etalase rokok di bagian depan toko kamu. Atau kamu juga bisa menggantung snack dan minuman saset di toko kamu, agar menarik anak-anak untuk membelinya. Selain itu kamu juga menjadi agen gas atau air mineral galon dengan menyediakan layanan pesan antar, pasti akan banyak sekali yang membutuhkannya. Yang terpenting manfaatkan lokasi usaha kamu jika berada di tengah keramaian dan di pinggir jalan besar, karena itu adalah salah satu kelebihan yang kamu miliki.

3. Pikirkan Produk yang Akan Dijual

Begini Tips Bisnis Usaha Toko Kelontong untuk Pemula - Pikirkan Produk yang Akan Dijual

Toko kelontong bisa disebut juga toko serba ada, jadi kamu harus menjual banyak sekali produk kebutuhan rumah tangga. Mulai dari beras, minyak, telur, sabun, sampo, deterjen, mie instan, dan sebagainya. Itu tadi produk yang harus kamu jual di toko kelontong kamu. Untuk tambahannya, kamu bisa berjualan rokok, minuman dingin, minuman saset, susu, tepung, dan lain-lain. Sesuaikan dengan modal dan ukuran toko kamu, apabila modal dan ukuran kamu terbatas, berjualanlah produk yang paling dicari oleh masyarakat

4. Supplier yang Terpercaya

Begini Tips Bisnis Usaha Toko Kelontong untuk Pemula - Supplier yang Terpercaya

Kamu pasti membutuhkan supplier untuk menyuplai produk-produk kebutuhan toko kelontong kamu. Kamu bisa mencarinya di pasar terdekat dari lokasi toko kamu, agar kamu bisa dengan mudah mendatanginya. Atau jika kamu menemukan supplier murah namun lokasinya jauh, kamu bisa menggunakan layanan pengiriman Anteraja. Nggak perlu takut mahal, karena Anteraja nggak mau bikin kamu rugi. Buruan deh kamu cek ongkir biar bisa buktikan murahnya pengiriman dengan Anteraja! Jangan lupa juga selalu lacak paket kamu dengan cek resi, supaya kamu bisa mengetahui posisi paket kamu secara akurat. Pakai Anteraja dijamin bisnis kamu jadi semakin mudah!

5. Persiapkan Barang-barang Penting

Begini Tips Bisnis Usaha Toko Kelontong untuk Pemula - Persiapkan barang-barang penting

Jangan lupa untuk persiapkan barang-barang penting untuk kebutuhan toko kelontong kamu. Seperti lemari pendingin, etalase, timbangan (jika kamu menjual telur atau beras), alat kasir, dan sebagainya. Itu tadi adalah barang-barang yang pasti dibutuhkan untuk usaha toko kelontong, jadi sisihkan segera modal kamu untuk membeli barang-barang tadi. Jika ada barang yang kurang, kamu bisa membelinya seiring berjalannya usaha kamu.

6. Memberikan Pelayanan yang Baik

Begini Tips Bisnis Usaha Toko Kelontong untuk Pemula - Memberikan Pelayanan yang Baik

Dengan membuka toko, kamu pasti akan selalu melayani pelanggan dan bertatap muka secara langsung. Tentu kamu harus memberikan pelayanan terbaik agar pelanggan kamu nyaman. Berikan pelayanan yang ramah dan sabar, serta berikan sedikit potongan harga untuk pelanggan setia kamu. Selain pelayanan, pastikan etalase toko kamu rapi dan bersih. Agar toko kelontong kamu meyakinkan ketika dilihat konsumen. Jika pelayanan dan kebersihan toko kamu sudah baik, maka masyarakat akan mempercayai kamu dan selalu berlangganan di toko kamu.

7. Pembukuan

Begini Tips Bisnis Usaha Toko Kelontong untuk Pemula - Pembukuan

Pembukuan sangat penting untuk setiap usaha, terlebih lagi usaha kecil. Biasanya pengusaha baru sering merasa kebingungan untuk memisahkan antara kekurangan perusahaan dengan keuangan pribadi, sehingga sistem pembukuan dapat menyelesaikan masalah tersebut. Beberapa manfaat lain dari pembukuan yaitu dapat meminimalisir risiko kehilangan uang, mengetahui besarnya hutang dan piutang, mengontrol biaya operasional, dan mengetahui progres bisnis yang sedang dijalani. Kamu bisa melakukan pembukuan dengan membuat catatan pengeluaran dan pemasukan, membuat buku kas utama dan buku stok barang, serta membuat buku laba dan rugi. Kamu bisa membuatnya dengan program yang ada di komputer atau smartphone, sehingga nggak menyulitkan kamu untuk menghitungnya.

8. Pisahkan Modal dan Keuntungan

Begini Tips Bisnis Usaha Toko Kelontong untuk Pemula - Pisahkan Modal dan Keuntungan

Penting untuk kamu ingat, jangan sampai kedua uang ini tergabung menjadi satu. Kamu bisa memisahkannya pada rekening bank yang berbeda dan mencatat setiap uang yang masuk dan keluar. Dengan kamu memisahkan modal dan keuntungan, kamu bisa mengetahui apakah bisnis kamu menguntungkan atau tidak, sehingga kamu bisa mengembangkan usaha kamu. Jika kedua uang tersebut tercampur, maka akan sangat membahayakan sektor keuangan kamu. Kamu akan kebingungan untuk menghitung keuntungan yang didapat, karena keuntungan yang kamu dapat bisa kamu sisihkan untuk dijadikan modal kembali.

Untuk Para Pembaca Setia Anteraja yang ingin membuk Bisnis dan bingung bisnis apa yang ingin dijalankan tidak perlu ragu loh, Anteraja menyediakan berbagai macam Artikel tentang Bisnis yang akan membuat kamu tau langkah-langkah dalam membuat Bisnis yang benar, Berikut ialah Artikel dari Anteraja:

Udah nggak usah tunggu lama-lama lagi, langsung cek wilayah di sekitar tempat tinggal kamu, apakah sudah ada toko kelontong yang berdiri. Jika belum, segera ambil kesempatan sebelum ide kamu diambil orang lain! Pasti masyarakat juga sangat senang dengan kehadiran toko kelontong kamu. Makanya segera mulai dan kembangkan bisnis kamu agar dapat tumbuh dengan cepat!

Author

Satria Anteraja

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *