Rekomendasi Ide Bisnis Untuk kaum Milenial di 2021
Update Aja

11 Rekomendasi Ide Bisnis Untuk Milenial di 2021

Para milenial saat ini sudah beranjak dewasa dan harus mencari penghasilan untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari. Dari banyaknya bisnis/usaha yang ada, tidak semua milenial mau menjalankannya. Apalagi saat ini banyak sekali tumbuh bisnis-bisnis baru yang lebih ramah di kalangan para milenial, seperti produk yang lebih dikenal, sistem transaksi yang lebih modern, dan sebagainya.

Nah untuk kamu para milenial yang ingin menjalankan bisnis, kamu harus melanjutkan artikel ini. Anteraja bakal memberikan kamu beberapa tips dan rekomendasi bisnis yang bisa mereferensikan kamu untuk menjalankan bisnis di tahun 2021 ini. Biar kamu nggak nunggu lama, langsung aja yuk intip list-nya di bawah ini!

Tips Memulai Bisnis dari Anteraja

1. Pilih Bisnis yang Sesuai Passion Kamu

Rekomendasi Ide Bisnis Untuk kaum Milenial di 2021 - Pilih Bisnis yang Sesuai passion kamu

Jika kamu bingung untuk menentukan bisnis apa yang ingin kamu jalankan, coba pikirkan apa passion kamu. Passion dapat membawa kamu lebih percaya diri ketika menjalankan bisnis, karena kamu pasti sudah memahami ilmu dasarnya. Menjalankan bisnis sesuai passion juga menambah kepuasan terhadap diri kamu dan dapat mendorong kamu supaya lebih giat untuk membangun bisnis.

2. Analisa Bisnis yang Ingin Kamu Jalani

Rekomendasi Ide Bisnis Untuk kaum Milenial di 2021 - Analisa Bisnis yang Ingin Kamu Jalani

Jangan tergiur melihat orang lain sukses dengan suatu bisnis, belum tentu bisnis tersebut cocok di lokasi kamu yang memiliki perbedaan target pasar. Maka itu kamu harus menganalisanya terlebih dahulu ketika mempertimbangkan bisnis yang akan dijalankan. Kamu harus tau faktor apa yang membuat bisnis kamu laku dan tidak laku, sehingga kamu sudah tahu penyebabnya dan bisa mengantisipasi dengan strategi yang matang.

3. Tentukan Target Pasarnya

Rekomendasi Ide Bisnis Untuk kaum Milenial di 2021 - Tentukan Target Pasar

Setiap produk yang dijual pasti ada target pasarnya, sehingga kamu harus mengetahui target pasar dari produk yang kamu jual. Perkirakan target pasar kamu dengan mencari tahu jenis kelamin, rentang usia, kondisi ekonomi, pendidikan, dan sebagainya. Jika kamu sudah mengetahuinya, kamu bisa menyiapkan strategi pemasaran yang tepat. Karena strategi pemasaran yang kamu buat belum tentu menjangkau semua orang.

4. Promosi

Rekomendasi Ide Bisnis Untuk kaum Milenial di 2021 - Promosi

Penting untuk membangun awareness masyarakat terhadap bisnis yang baru kamu jalankan, agar masyarakat sadar bahwa baru saja ada bisnis yang berdiri. Kamu bisa melakukan promosi secara online maupun offline sesuai dengan budget dan kebutuhan kamu. Ada banyak platform yang bisa kamu manfaatkan, seperti media sosial, banner, brosur dan sebagainya. Yang terpenting, sesuaikan strategi promosi dengan target pasar kamu

5. Jangan Pernah Menyerah

Rekomendasi Ide Bisnis Untuk kaum Milenial di 2021 - Jangan pernah Menyerah

Jangan sampai kamu menyerah ketika sedang menjalankan bisnis, karena berbisnis memerlukan pertimbangan yang matang ketika mengambil keputusan. Maka itu kamu harus memiliki banyak rencana, termasuk rencana ketika kamu mengalami penurunan pembeli dan berpotensi merugi. Yang jelas kamu harus mengetahui sebab akibat dari keputusan yang telah kamu ambil, karena berbisnis memang memiliki risiko dan tanggung jawab yang besar.

Rekomendasi Ide Bisnis Milenial

1. Menjadi Reseller

Rekomendasi Ide Bisnis Untuk kaum Milenial di 2021 - Menjadi Reseller

Menjual barang secara online memang sudah terfasilitasi dengan baik saat ini, hingga bisnis ini sering menjadi pilihan utama banyak orang. Kamu pun juga bisa untuk mencoba menjadi reseller produk, tinggal kamu cari supplier terpercaya dengan harga terbaik untuk menyuplai produk. Carilah produk yang sangat dicari dan juga produk-produk musiman. Sebagai reseller, kamu harus aware dengan produk yang sedang dicari oleh masyarakat, sehingga kamu bisa menjadi yang pertama menjualnya.

2. Menjadi Dropshipper

Rekomendasi Ide Bisnis Untuk kaum Milenial di 2021 - Menjadi Dropshipper

Nah jika kamu tidak ingin menjadi reseller karena membutuhkan modal, kamu bisa mempertimbangkan untuk menjadi dropshipper. Karena keuntungan yang didapatkan tidak sebesar seperti menjadi reseller, maka kamu harus menawarkan produk-produk yang memang sering dibeli dengan jumlah yang banyak, Kamu bisa menawarkan produk aksesoris handphone, hijab, kaos polos, dan sebagainya.

(Baca juga: Bisnis Dropship tanpa modal)

3. Bisnis Thrift Shop

Rekomendasi Ide Bisnis Untuk kaum Milenial di 2021 - Bisnis Thrift Shop

Thrifting atau membeli pakaian bekas layak pakai sedang digandrungi banyak orang, terlebih lagi para remaja. Alasan utama thrifting sangat laku karena harganya yang sangat murah, bahkan pakaian branded juga memiliki harga cukup terjangkau. Kamu tinggal mencari supplier pakaian bekas layak pakai yang terpercaya, kemudian pilih pakaian yang masih layak pakai dan tentukan harga jualnya. Kamu bisa berjualan melalui Instagram atau marketplace untuk menjangkau pasar yang luas.

4. Bisnis Laundry Kiloan

Rekomendasi Ide Bisnis Untuk kaum Milenial di 2021 - Bisnis Laundry Kiloan

Bisnis ini sangat cocok untuk kamu yang berada di kota besar dengan tingkat penduduk yang padat, karena di sana pasti banyak orang-orang sibuk yang membutuhkan jasa laundry kiloan. Laundry kiloan terkenal dengan harganya yang murah dan kecepatannya, sehingga kamu harus selalu memperhatikan kedua aspek ini. Investasikan modal kamu untuk membeli mesin cuci, supaya dapat menunjang kecepatan untuk mencuci pakaian.

(Baca juga: Bisnis Laundry Kiloan)

5. Bisnis Makanan

Rekomendasi Ide Bisnis Untuk kaum Milenial di 2021 - Bisnis Makanan

Ada banyak jenis bisnis makanan yang bisa kamu jalankan, mulai dari makanan ringan, makanan prasmanan, hingga katering makanan sehat. Tinggal kamu tentukan sesuai modal dan kemampuan kamu untuk membuat makanannya. Jika modal kamu besar, kamu bisa membuka rumah makan atau gerai offline. Sedangkan jika modal kamu sedikit, kamu bisa berjualan secara online menggunakan marketplace atau layanan pesan antar makanan.

6. Bisnis Minuman Kekinian

Rekomendasi Ide Bisnis Untuk kaum Milenial di 2021 - Bisnis Minuman Kekinian

Minuman kekinian memang sangat menggiurkan jika melihatnya di mall atau di pinggiran jalan, apalagi ketika di siang hari yang panas. Kamu bisa membuat sendiri minuman kekinian seperti es kopi susu, alpukat kocok, boba, thai tea, dan sebagainya dengan harga yang lebih terjangkau dibandingkan minuman kekinian yang ada di mall. Atau kamu juga bisa menginovasikan minuman supaya menjadi minuman kekinian baru yang berbeda dari minuman kekinian lainnya.

7. Menjadi Video Editor

Rekomendasi Ide Bisnis Untuk kaum Milenial di 2021 - Menjadi Video Editor

Editing video adalah pekerjaan yang tidak bisa dilakukan oleh semua orang, namun beberapa orang membutuhkan video untuk iklan, promosi, dan sebagainya. Situasi ini membuat perusahaan membutuhkan jasa editor video untuk membantu mereka. Kamu bisa membuat agensi kecil-kecilan untuk menaungi para editor video. Kemudian kamu mencari orang atau perusahaan yang membutuhkan jasa editor video. Sebuah proyek video bisa dibayar sangat besar jika proyek yang ditawarkan cukup besar dan sulit. 

8. Menjadi Desain Grafis

Rekomendasi Ide Bisnis Untuk kaum Milenial di 2021 - Menjadi Desain Grafis

Sama seperti video editor, desain grafis juga sering dibutuhkan oleh perusahaan, seperti membuat logo, desain iklan, banner, dan sebagainya. Kamu bisa menaungi para graphic designer yang membutuhkan agensi untuk dicarikan klien yang membutuhkan jasa desain grafis. Tentu kamu harus memilih graphic designer yang memenuhi standar perusahaan, agar perusahaan mau melirik agensi kamu.

9. Menjadi Jastip

Rekomendasi Ide Bisnis Untuk kaum Milenial di 2021 - Menjadi Jastip

Jastip menjadi bisnis yang sangat menjanjikan beberapa tahun terakhir. Apalagi di tahun 2021 ini pandemi Covid-19 masih melanda, sehingga banyak orang mengurangi kegiatan di luar rumah. Kamu bisa menyediakan jastip produk fashion dari brand yang populer di mall atau produk skincare dari beberapa toko yang paling sering dicari, kemudian kamu bisa menaikan harga 10-20% dari harga asli untuk dijadikan keuntungan.

(Baca juga: Bisnis Jasa Titip)

10. Berjualan di Marketplace

Rekomendasi Ide Bisnis Untuk kaum Milenial di 2021 - Berjualan di Marketplace

Marketplace menawarkan sistem transaksi yang aman dan jelas, sehingga masyarakat banyak yang mempercayai marketplace untuk platform berbelanja. Selain itu, promo yang diberikan juga cukup menggiurkan, seperti gratis ongkir dan cashback. Nah pelanggan kamu akan semakin untung kalau kamu memilih Anteraja sebagai layanan pengiriman toko kamu, karena dijamin pengirimannya sangat cepat dan akurat. Untuk info lebih lanjut, kamu bisa cek ongkir sekarang dan buktikan murahnya ongkir Anteraja!

(Baca juga: Tips Berjualan di Tokopedia)

11. Bisnis Fashion

Rekomendasi Ide Bisnis Untuk kaum Milenial di 2021 - Bisnis Fashion

Bisnis fashion bisa menjadi bisnis yang sangat menjanjikan, karena orang-orang selalu akan mengikuti tren fashion. Kamu bisa membuat brand fashion kamu sendiri, namun ada banyak faktor yang perlu kamu pertimbangkan secara matang. Tentukan juga konveksi yang terbaik untuk membantu kamu memproduksi pakaian, supaya kamu bisa menjualnya dengan harga yang sesuai.

Untuk para kamu milenial yang ingin berbisnis tetapi masih bingung ingin berbisnis apalagi, tenang saja Anteraja menyediakan berbagai macam artikel yang bisa memberi kamu ide-ide Bisnis yang cemerlang, berikut ialah artikel dari Anteraja:


Bagaimana para milenial, ternyata ide bisnisnya cukup familiar ya di telinga kalian? Kalau gitu langsung aja kamu tentukan bisnis yang paling cocok dengan kamu! Jangan lupa untuk selalu beri kepuasan kepada pelanggan dengan menyediakan pengiriman yang berpengalaman seperti Anteraja. Fitur tracking paket sangat bermanfaat supaya pelanggan kamu selalu memantau paket kiriman dengan cek resi. Jadi buruan mulai bisnis kamu dan segera kembangkan supaya menjadi bisnis yang besar!

Author

Satria Anteraja

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *