Cara Mengembangkan Bisnis Online Agar Bisnis Terus Berkembang
Update Aja

11 Cara Mengembangkan Bisnis Online Agar Bisnis Terus Berkembang

Bisnis online memang bisa dilakukan oleh siapapun, apalagi zaman sekarang seperti ini sudah banyak platform yang mendukung para pebisnis online untuk berjualan. Walaupun bisa dilakukan oleh siapa saja, namun tetap beberapa hal yang perlu kamu perhatikan dan cukup sulit untuk dijalani. Sebagai pebisnis, kamu harus sangat memahami produk kamu sendiri dan target market yang akan disasar. Sehingga bisnis kamu bisa stabil dan terus berkembang sesuai dengan rencana.

Namun kamu nggak usah bingung, ternyata nggak sesulit yang kamu bayangkan kok jika kamu memperhatikan dan menerapkan tips-tips di bawah ini. Buat kamu para pebisnis online atau bahkan baru ingin memulai bisnis online, kamu bisa langsung cek caranya dibawah ini. Soalnya Anteraja bakal memberikan tips dan cara mengembangkan bisnis online kamu agar bisa terus berkembang. Kalo gitu, yuk langsung simak aja di bawah!

Tips dan Cara Mengembangkan Bisnis Online Kamu

1. Lakukan Riset Lebih Dalam Tentang Produk yang Kamu Jual

Cara Mengembangkan Bisnis Online Agar Bisnis Terus Berkembang - Lakukan Riset Lebih Dalam Tentang Produk yang Kamu Jual

Selain menjual produk, kamu juga harus mengetahui detail produk yang kamu jual. Sehingga kamu perlu melakukan riset lebih dalam tentang produk yang kamu jual. Misalnya jika kamu menjual handphone, maka kamu harus tau semua spesifikasi handphone yang kamu jual. Mengapa kamu harus mengetahui detail produk? Supaya pelanggan kamu bisa menjawab semua pertanyaan pelanggan soal produk yang kamu jual, sehingga mereka bisa mempercayai kamu sebagai penjual yang memahami produk.

2. Ketahui Siapakah Target Pasar / Audience Kamu

Cara Mengembangkan Bisnis Online Agar Bisnis Terus Berkembang - Ketahui Siapakah Target Pasar Audience Kamu

Kamu juga perlu mengetahui target pasar/audience kamu, dengan itu kamu bisa menyiapkan strategi pemasaran yang tepat. Kamu harus tau rentang usia, jenis kelamin, penghasilan, pendidikan dan sebagainya. Jika kamu mengetahui semua hal-hal tadi, kamu bisa menyesuaikan dengan strategi pemasaran kamu. Misalnya jika target pasar kamu adalah wanita, maka kamu bisa memberikan warna yang disukai wanita pada akun media sosial kamu.

3. Berjualan di Marketplace dan E-commerce

Cara Mengembangkan Bisnis Online Agar Bisnis Terus Berkembang - Berjualan di Marketplace dan E-commerce

Marketplace dan e-commerce sangat sering menawarkan promo-promo yang menarik bagi pelanggan, selain itu kedua platform tadi menawarkan transaksi yang aman dan jelas. Sehingga membuat banyak orang memilih berbelanja pada kedua platform ini. Makanya kamu juga harus menjual produk-produk kamu di sana, supaya produk kamu bisa lebih laku. Nah kamu disarankan untuk menggunakan marketplace yang ber-partner dengan Anteraja, supaya kamu bisa menggunakan Anteraja untuk layanan pengiriman kamu. Nggak mahal kok, coba deh kamu cek ongkir sekarang untuk buktikan murahnya!

4. Tawarkan Promo-promo Menarik

Cara Mengembangkan Bisnis Online Agar Bisnis Terus Berkembang - Tawarkan Promo promo menarik

Semua orang sangat menyukai promo, sehingga kamu harus menawarkan promo-promo menarik untuk pelanggan kamu. Kamu bisa menawarkan promo bundling, mystery box, cashback, buy 1 get 1, dan sebagainya. Dengan menawarkan promo, kamu dapat mendatangkan banyak orang untuk membeli produk kamu. Sehingga kamu bisa sekaligus menambah awareness terhadap bisnis yang kamu punya.

(Baca juga: cara menarik pelanggan)

5. Buat Deskripsi / Caption yang Menarik

Cara Mengembangkan Bisnis Online Agar Bisnis Terus Berkembang - Buat Deskripsi Caption yang Menarik

Sebagian orang biasa membeli barang dengan hanya melihat deskripsi, tanpa harus bertanya lebih lanjut kepada penjual. Maka itu kamu harus membuat deskripsi yang jelas dan menarik, supaya pelanggan kamu bisa memahami detail produk yang kamu jual. Nah jika deskripsi kamu menarik, maka orang yang biasanya jarang melihat deskripsi menjadi tertarik untuk melihat deskripsi produk kamu. Sehingga mengurangi lontaran pertanyaan yang sudah dijelaskan di deskripsi.

6. Memberikan Layanan yang Terbaik

Cara Mengembangkan Bisnis Online Agar Bisnis Terus Berkembang - Memberikan Layanan yang Terbaik

Memberikan layanan yang terbaik adalah salah satu cara membuat reputasi toko kamu bagus, karena layanan terbaik memberi kepercayaan lebih kepada pelanggan. Bahkan beberapa orang mengesampingkan harga yang lebih tinggi, jika pelayanan yang diberikan sangat memuaskan. Jadi kamu harus selalu memberikan layanan yang terbaik, mulai dari layanan customer service, packing, pengiriman, dan after sales. Nah jika kamu menggunakan layanan pengiriman Anteraja, pelanggan kamu dapat dengan mudah melacak paket yang mereka pesan dengan cek resi. Jadi mereka akan merasa aman setelah mengetahui dimana posisi paket berada.

7. Pisahkan Modal dan Keuntungan Kamu

Cara Mengembangkan Bisnis Online Agar Bisnis Terus Berkembang - Pisahkan Modal dan Keuntungan Kamu

Tentu kedua uang ini harus dipisahkan dan jangan sampai tercampur, karena kamu harus mengetahui keuntungan yang kamu dapatkan sebagai tolak ukur kesuksesan bisnis kamu. Apalagi uang modal yang harus kamu keluarkan untuk biaya operasional menjalankan bisnis, jangan sampai tercampur dengan uang pribadi kamu. Kamu bisa memisahkannya di kedua rekening yang berbeda dan mencatat setiap uang yang masuk dan keluar dari bisnis kamu.

8. Buat Social Media Resmi Bisnis Kamu

Cara Mengembangkan Bisnis Online Agar Bisnis Terus Berkembang - Buat Social Media Resmi Bisnis Kamu

Media sosial sangat penting untuk digunakan sebagai platform untuk mengenalkan produk kamu ke masyarakat, apalagi ini adalah platform online yang dapat menjangkau masyarakat yang sangat luas. Kamu bisa membuat akun Instagram atau Facebook resmi bisnis kamu dan buatlah profil yang menarik untuk dilihat. Kedua media sosial ini sangat populer di Indonesia, sehingga kamu harus memanfaatkannya semaksimal mungkin.

(Baca juga: cara sukses jualan online di instagram)

9. Gunakan Media Social untuk Promosi

Cara Mengembangkan Bisnis Online Agar Bisnis Terus Berkembang - Gunakan Media Social Untuk Promosi

Selain untuk menjajakan produk, media sosial juga bisa kamu gunakan untuk berpromosi. Instagram dan Facebook memiliki fitur ads yang bisa mengiklankan produk kamu kepada orang-orang yang kamu targetkan, sehingga kamu bisa menyasar orang yang tepat untuk membeli produk kamu.

10. Minta Tolong Teman dan Keluarga untuk Merekomendasikan Bisnis Kamu

Cara Mengembangkan Bisnis Online Agar Bisnis Terus Berkembang - Minta Tolong Teman dan Keluarga Untuk Merekomendasikan Bisnis Kamu

Teman dan keluarga adalah orang-orang yang bisa kamu percayakan untuk membantu bisnis kamu, sehingga kamu bisa meminta tolong kepada mereka untuk merekomendasikan bisnis kamu. Apalagi jika bisnis kamu menjual produk yang dibutuhkan sehari-hari, seperti pakaian, kuliner, dan sebagainya. Maka mereka juga bisa langsung mencobanya dan dapat merekomendasikannya ke orang lain.

11. Jangan Mudah Menyerah

Cara Mengembangkan Bisnis Online Agar Bisnis Terus Berkembang - Jangan Mudah Menyerah

Menyerah adalah tindakan yang harus dihilangkan ketika kamu berbisnis, karena berbisnis perlu memerlukan usaha dan tekad yang kuat. Berbisnis merupakan pekerjaan yang memiliki banyak risiko, sehingga kamu harus berusaha sekuat mungkin untuk mempertahankan bisnis kamu terlebih dahulu sebelum menyerah. Makanya selalu siapkan strategi dan inovasi yang tepat agar bisnis kamu selalu berjalan sesuai dengan rencana.

Untuk Para Pembaca Setia Anteraja yang ingin membuka Bisnis dan bingung bisnis apa yang ingin dijalankan tidak perlu ragu loh, Anteraja menyediakan berbagai macam Artikel tentang Bisnis dan cara mencari produk yang benar yang akan membuat kamu tau langkah-langkah dalam membuat Bisnis dan mengembangkan yang benar, Berikut ialah beberapa Artikel dari Anteraja:

Gimana, ternyata nggak sesulit yang kamu bayangkan kan? Nah makanya langsung mulai bisnis kamu dan terapkan tips-tips tadi sesuai kebutuhan kamu. Anteraja berharap bisnis kamu bisa selalu berkembang dan bermanfaat terhadap orang banyak! Tentunya kamu memerlukan waktu yang panjang setelah menerapkan tips-tips tadi, karena tidak ada progres yang instan dalam berbisnis. Makanya kamu juga harus selalu berusaha dan jangan sampai kamu menyerah di tengah jalan. Semoga berhasil!

Author

Satria Anteraja

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *