Cara dan Tips Sukses Bisnis Usaha Angkringan di Tahun 2021

Cara dan Tips Sukses Bisnis Usaha Angkringan

Usaha Angkringan merupakan salah satu bisnis yang bisa kamu jalani di tahun yang baru ini, dikarenakan bisnis ini terbukti memiliki omset yang lumayan banyak dan sudah terbukti selama bertahun-tahun. Di beberapa daerah semakin banyak angkringan yang merebak dan selalu ramai didatangi orang, itu membuktikan bahwa usaha angkringan ini merupakan salah satu usaha yang perlu kamupertimbangkan.

Jika kamu masih bingung bagaimana memulainya, coba deh simak tips bisnis angkringan yang udah Anteraja rangkum khusus untuk kamu! Jangan sampai kamu menyia-nyiakan kesempatan untuk memulai bisnis ini, bisa jadi bisnis angkringan kamu bisa menjadi bisnis yang besar. Udah nggak usah basa-basi lagi, langsung aja yuk kamu simak tips-tipsnya di bawah ini!

Cara dan Tips Bisnis Usaha Angkringan

1. Cari Supplier Terbaik dan Terpercaya

Cara dan Tips Sukses Bisnis Usaha Angkringan - Cari Supplier Terbaik dan Terpercaya

Pasti kamu akan membutuhkan supplier untuk menyuplai kebutuhan kamu untuk berjualan, seperti peralatan makan, meja, kursi, gerobak angkringan, dan sebagainya. Nah sekarang kamu nggak usah bingung jika supplier kamu berada di lokasi yang jauh. Pakai aja Anteraja untuk mengirim barang-barang kebutuhan kamu, dijamin cepat dan akurat sampai ke tujuan kamu! Nggak usah bingung soal ongkirnya, karena Anteraja nggak bakal bikin kantong kamu kempis. Mulai dari Rp. 10.000 aja kamu udah bisa nikmati layanan Anteraja, coba cek ongkir aja! Selain murah, Anteraja punya fitur anti galau yang membuat kamu bisa selalu melacak posisi paket. Jadi simpan selalu nomor resi kamu dan cek resi kamu secara berkala!

2. Cari Tempat yang Strategis

Cara dan Tips Sukses Bisnis Usaha Angkringan - Cari Tempat yang Strategis

Kamu harus mencari tempat yang strategis supaya memudahkan kamu untuk berjualan. Pastikan tempat usaha kamu berada di wilayah yang ramai dan sering dilintasi orang. Beberapa tempat yang strategis yaitu di pinggir jalan besar, dekat dengan perumahan dan kost-kostan, dan tidak ada kompetitor di sekitarnya. Perhatikan juga harga sewa yang perlu kamu bayarkan, karena semakin strategis lokasi maka biaya sewanya akan semakin mahal.

3. Buat Tempatnya Nyaman

Cara dan Tips Sukses Bisnis Usaha Angkringan - Buat Tempatnya Nyaman

Angkringan sangat ideal jika tempatnya nyaman dan bersih, karena orang yang datang ke angkringan biasanya ingin singgah dengan waktu yang lama. Semakin lama mereka singgah, semakin banyak juga jajanan yang mereka beli. Sehingga kamu harus memberikan kenyamanan ekstra untuk para pelanggan kamu. Jika tempat kamu luas, kamu juga bisa menyediakan tempat lesehan. Biasanya angkringan sangat khas dengan duduk lesehan yang membuat pelanggan merasa lebih nyaman.

4. Memiliki Menu yang Beragam

Cara dan Tips Sukses Bisnis Usaha Angkringan - Memiliki Menu yang Beragam

Angkringan juga khas dengan jajanannya yang beragam. Kamu bisa menjual berbagai macam jajanan, seperti nasi kucing, aneka sate, aneka gorengan, dan sebagainya. Jangan lupa juga minuman-minuman khas angkringan, seperti wedang jahe, susu jahe, teh, jeruk, kopi, dan sebagainya. Kamu juga bisa menambahkan menu-menu yang sangat digemari oleh masyarakat, seperti mie instan, roti bakar, seblak, dan sebagainya.

5. Harga yang Murah

Cara dan Tips Sukses Bisnis Usaha Angkringan - Harga yang Murah

Banyak masyarakat yang menyukai untuk nongkrong di angkringan karena harganya yang murah, jadi jangan sampai kamu berjualan dengan harga yang terlalu tinggi. Supaya kamu bisa berjualan dengan harga yang murah, cari supplier bahan-bahan yang memiliki harga terjangkau. Usahakan juga kamu tidak menyewa tempat yang terlalu mahal, agar kamu bisa memangkas biaya operasional. Yang jelas kamu harus memperhitungkan secara rinci untuk menentukan harga jual, karena jika terlalu murah kamu akan berisiko merugi.

6. Selalu Jaga Kebersihan

Cara dan Tips Sukses Bisnis Usaha Angkringan - Selalu Jaga Kebersihan

Selalu jaga kebersihan tempat dan makanan yang kamu jual. Apalagi angkringan biasanya menjajakan makanannya langsung di atas meja tanpa penutup, kamu harus sangat memperhatikan kebersihan supaya tidak terkontaminasi oleh virus dan bakteri. Bersihkan peralatan makan, meja, kursi, dan semua perkakas yang ada di angkringan kamu secara berkala. Bakar lilin dan taruh di sekitar makanan agar lalat tidak hinggap pada makanan. Dengan menjaga kebersihan dengan baik, pelanggan kamu akan semakin merasa aman dan nyaman yang membuat mereka akan kembali lagi. 

7. Jangan Takut Berinovasi

Cara dan Tips Sukses Bisnis Usaha Angkringan - Jangan Takut Berinovasi

Berinovasi adalah salah satu cara untuk membuat bisnis kamu selalu berkembang. Apalagi tren akan sesuatu juga selalu berubah seiring berjalannya waktu, sehingga kamu harus mengikuti tren tersebut dengan berinovasi. Kamu bisa menginovasikan di sektor penjualan, seperti inovasi menu makanan dan minuman. Atau kamu juga bisa menginovasikan sistem pembayaran kamu yang sudah non-tunai. Melakukan inovasi bisa dari sektor manapun, makanya kamu harus peka dengan sekitar kamu, supaya bisnis kamu selalu bisa memenangkan kompetisi.

8. Jangan Takut Rugi

Cara dan Tips Sukses Bisnis Usaha Angkringan - Jangan takut Rugi

Jika kamu masih takut rugi, maka urungkanlah niat kamu jika ingin berbisnis. Berbisnis adalah suatu pekerjaan yang sangat berisiko tinggi, apalagi kamu berbisnis menggunakan modal yang cukup besar. Akan ada banyak sekali tantangan dan risiko yang akan kamu hadapi, salah satunya adalah merugi. Nah jangan sampai kamu merasa gagal, kamu harus memutar otak untuk membuat bisnis kamu kembali berjalan sesuai rencana. Untuk mengurangi risiko kegagalan dan kerugian, kamu harus memiliki strategi dan perencanaan yang matang ketika memulai bisnis.

9. Promosi ke Teman dan Keluarga Kamu

Cara dan Tips Sukses Bisnis Usaha Angkringan - Promosi ke Teman dan Keluarga Kamu

Pasti keluarga kamu akan sangat senang mendengar bisnis baru kamu, makanya kamu harus langsung memberi tahu mereka dan mempromosikan bisnis baru kamu. Jangan lupa juga dengan teman-teman kamu, apalagi teman-teman kamu adalah orang-orang yang suka nongkrong dan berkumpul. Pasti angkringan kamu bisa menjadi tujuan utama mereka apabila sedang senggang. Berikan pelayanan terbaik kamu untuk mengimpresi mereka supaya mereka nyaman. Jika mereka merasa nyaman, pasti mereka akan merekomendasikannya kembali ke orang-orang dan membuat angkringan kamu semakin dikenal.

Untuk Para pembaca Setia Anteraja yang ingin membuka usaha makanan, Anteraja menyediakan berbagai macam Artikel tentang membuka Bisnis makanan dan Ide-idenya loh! Berikut ialah Artikel tentang makanan yang sudah disiapkan oleh tim Anteraja:


Yuk segera mulai bisnis angkringan kamu, siapa tau 2021 ini menjadi tahun yang membawa keberuntungan kamu! Buruan deh survey lokasi dan siapkan strategi kamu untuk berbisnis, agar kamu bisa menjalankan bisnis dengan baik. Nah selain mempelajari tips-tips tadi, kamu juga perlu belajar tentang bisnis lebih lanjut dengan orang-orang yang sudah berpengalaman, terlebih lagi pada bisnis kuliner. Semoga tahun yang baru ini juga membawa semangat yang baru untuk kamu, semoga berhasil!