Tools Instagram Terbaik Untuk Mengembangkan Bisnis Kamu
Update Aja

12 Tools Instagram Terbaik Untuk Mengembangkan Bisnis Kamu

Berbisnis tidak hanya menentukan barang atau jasa apa yang ingin dijual, namun kamu perlu memikirkan bagaimana cara menarik konsumen dan membangun brand awareness. Tentu kamu memerlukan media sosial seperti Instagram untuk berpromosi dan meningkatkan engagement

Nah supaya penggunaan Instagram kamu lebih maksimal, ada beberapa tools yang bisa kamu manfaatkan. Seperti tools untuk mendesain konten, marketing, dan data analytics. Supaya kamu bisa efektif dalam menjangkau calon konsumen. Nggak usah lama-lama lagi, langsung kamu simak aja ya artikelnya!

Rekomendasi Tools Instagram Terbaik dari Anteraja

Tools untuk Design

1. VSCO

Tools Instagram Terbaik Untuk Mengembangkan Bisnis Kamu - VSCO
Sumber: Hypebeast

VSCO merupakan aplikasi untuk editing foto supaya gambar kamu lebih menarik dengan berbagai pilihan preset warna yang keren. Kamu bisa menggunakan beberapa preset yang disediakan oleh VSCO secara free dan bisa juga mengaturnya sesuai selera kamu. Namun jika kamu membayar membership dengan harga 200 ribu rupiah per tahun, kamu bisa menggunakan lebih dari 200 preset yang disediakan. 

2. Canva

Tools Instagram Terbaik Untuk Mengembangkan Bisnis Kamu - Canva
Sumber: Canva

Aplikasi ini cocok untuk kamu yang ingin membuat konten visual dengan menggabungkan gambar dan tulisan. Misalnya jika kamu ingin membuat poster, maka Canva bisa menolong kamu untuk membuat poster yang menarik. Selain itu, Canva juga menyediakan lebih dari 250 ribu templat gratis untuk kamu gunakan. Jika kamu berlangganan US$12.99 per bulan, maka kamu bisa mendapatkan lebih dari 420 ribu templat gratis.

3. Photoshop Express

Tools Instagram Terbaik Untuk Mengembangkan Bisnis Kamu - Photoshop Express
Sumber: Adobe

Seperti yang kamu tau, Adobe Photoshop adalah program photo editor yang sangat handal. Nah sesuai namanya, Photoshop Express juga memiliki kehandalan dalam editing foto namun diringkas untuk kebutuhan yang lebih ringan. Bahkan kamu bisa mengirim foto yang kamu edit ke Photoshop versi desktop, sangat memudahkan apabila kamu sering melakukan editing di beberapa platform yang berbeda seperti pada laptop dan smartphone.

4. Snapseed

Tools Instagram Terbaik Untuk Mengembangkan Bisnis Kamu - Snapseed
Sumber: Google Play

Kamu nggak perlu mengeluarkan uang sepeserpun untuk menggunakan semua fitur yang ditawarkan Snapseed. Walaupun gratis, Snapseed lumayan menawarkan tools editing yang lengkap. Memang preset warna yang ditawarkan tidak sebanyak VSCO, namun berbagai tools editing seperti HDR Scape, Double Exposure, dan Head Pose tersedia di Snapseed. Nah kamu bisa pertimbangkan Snapseed untuk mengedit foto dengan cara yang tidak rumit.

5. Life Lapse

Sumber: Life Lapse

Stop motion adalah teknik penggabungan beberapa gambar sehingga terlihat menjadi gambar yang berjalan, biasanya teknik ini menarik karena dapat menyampaikan informasi visual dengan padat dan cepat. Nah kamu bisa gunakan Life Lapse untuk membuat stop motion dengan mudah. Aplikasi ini memang gratis, namun terdapat watermark yang bisa dihilangkan jika kamu berlangganan dengan harga 139 ribu rupiah per bulan atau 709 ribu rupiah per tahun

Tools untuk Marketing

1. Repost for Instagram

Tools Instagram Terbaik Untuk Mengembangkan Bisnis Kamu - Repost for Instagram
Sumber: Google Play

Jika kamu membutuhkan fitur regram atau repost gambar dari akun Instagram lain, kamu bisa menggunakan aplikasi ini. Memang Instagram tidak menyediakan fitur repost, sehingga kamu harus menggunakan aplikasi pihak ketiga. Kamu harus berlangganan untuk menggunakan aplikasi ini dengan membayar 79 ribu rupiah per bulannya. Namun benefit yang diberikan sangat berguna untuk kamu melakukan repost dengan mudah.

2. AutoHash

Tools Instagram Terbaik Untuk Mengembangkan Bisnis Kamu - AutoHash
Sumber: Google Play

Instagram memiliki fitur pencarian berdasarkan tags atau hashtags, sehingga pengguna bisa mencari foto atau video sesuai dengan hashtags yang digunakan. Nah AutoHash dapat mengenali objek pada gambar yang ingin kamu unggah dan akan memberikan rekomendasi hashtags berdasarkan objek yang ada, sehingga kamu nggak perlu repot-repot menulis hashtags sendiri agar pengguna dapat lebih mudah mencari foto kamu.

3. Display Purpose

Tools Instagram Terbaik Untuk Mengembangkan Bisnis Kamu - Display Purpose
Sumber: Display Purpose

Display Purpose dapat memberikan berbagai statistik seperti total hashtags, popular hashtags, popularity, dan sebagainya dari akun Instagram yang ingin kamu cari. Atau kamu juga bisa mengetahui berapa post, average likes, dan average comments dari keyword yang kamu cari. Dengan aplikasi ini kamu dapat mengetahui berbagai data dari keyword atau hashtags yang ingin kamu gunakan supaya bisa lebih efektif dalam penggunaannya.

Tools untuk Data

1. Awario

Tools Instagram Terbaik Untuk Mengembangkan Bisnis Kamu - Awario
Sumber: Awario

Pasti kamu memerlukan sebuah tools untuk memonitor media sosial yang kamu miliki. Nah Awario memiliki beberapa fitur yang sangat berguna, seperti monitoring keywords yang dimention, data analytics, dan monitoring lainnya secara real-time. Nah kamu perlu berlangganan untuk menggunakan tools ini dengan membayar US$29 per bulan untuk starter pack dan US$89 per bulan untuk pro.

2. Sprout Social

Tools Instagram Terbaik Untuk Mengembangkan Bisnis Kamu - Sprout Social
Sumber: Sprout Social

Selain untuk data analytic, Sprout Social juga dapat menjadwalkan penerbitan konten pada akun Instagram kamu. Selain itu, kamu juga bisa mengukur performa postingan yang diunggah,  monitoring keywords yang dimention, serta monitoring hashtags dan komentar. Kamu perlu berlanganan dengan membayar US$149 per bulan untuk setiap pengguna, namun sebelumnya kamu akan mendapatkan free trial selama 30 hari.

3. Social Insider

Tools Instagram Terbaik Untuk Mengembangkan Bisnis Kamu - Social insider
Sumber: Social Insider

Social Insider juga memiliki kesamaan fungsi dengan kedua tools tadi, namun Social Insider menawarkan paket berlangganan yang cukup fleksibel. Untuk perorangan, kamu hanya perlu membayar US$83 per bulan. Kemudian ada paket Small Agency dengan harga US$141 per bulan yang bisa digunakan hingga tiga user. Nah terakhir adalah paket Agency yang dapat dimodifikasi sesuai dengan kebutuhan kamu, mulai dari berapa pengguna dan berapa jumlah profil yang bisa dianalisa.

4. Iconosquare

Tools Instagram Terbaik Untuk Mengembangkan Bisnis Kamu - Iconosquare
Sumber: Iconosquare

Jika kamu membutuhkan tools yang bisa digunakan oleh banyak pengguna dan profil yang akan dianalisis, kamu harus menggunakan Iconosquare ini. Tools ini sangat direkomendasikan jika bisnis atau usaha kamu sudah cukup besar, karena Iconosquare bisa digunakan hingga 30 pengguna dan 30 profil yang bisa dianalisis dengan harga mulai dari US$972 per bulan. Nah kamu bebas memodifikasi berapa pengguna dan profil yang dibutuhkan, sehingga bisa disesuaikan dengan kebutuhan bisnis kamu.

Tips Bisnis dari Anteraja

1. Ketahui Lebih Dalam Tentang Produk yang Kamu Jual

Tools Instagram Terbaik Untuk Mengembangkan Bisnis Kamu - Ketahui Lebih Dalam Tentang Produk yang Kamu Jual

Ketika berbisnis, kamu tidak hanya dituntut untuk berjualan, namun kamu juga harus mengetahui lebih dalam tentang produk yang kamu jual. Kamu harus tau kenapa produk kamu disukai dan apa yang membuat produk kamu tidak disukai, supaya kamu bisa menyiapkan strategi apabila penjualan kamu mulai menurun untuk menghindari risiko merugi.

2. Pilih Bisnis Sesuai Passion Kamu

Tools Instagram Terbaik Untuk Mengembangkan Bisnis Kamu - Pilih Bisnis Sesuai Passion Kamu

Jika kamu bingung untuk menentukan bisnis yang ingin dijalankan, maka coba pikirkan terlebih dahulu apa passion kamu. Biasanya passion akan membawa kepercayaan diri dan motivasi lebih pada diri kamu, serta rasa semangat yang tinggi ketika menjalankannya. Apalagi jika passion kamu tersebut bisa membawa keuntungan yang besar, pasti ada kesenangan dan kepuasan tersendiri yang kamu rasakan.

3. Jangan Takut Berinovasi

Tools Instagram Terbaik Untuk Mengembangkan Bisnis Kamu - Jangan Takut Berinovasi

Kamu tidak hanya dituntut untuk berpikir ketika memulai bisnis, bahkan kamu harus tetap berpikir ketika bisnis kamu sudah berjalan. Kamu perlu berinovasi untuk membuat bisnis kamu selalu mampu bersaing dengan kompetitor, karena kamu berlomba-lomba untuk memenangkan kompetisi di pasar. Kamu bisa melakukan inovasi pada sektor apapun yang membuat bisnis kamu tidak tertinggal.

4. Promosi

Tools Instagram Terbaik Untuk Mengembangkan Bisnis Kamu - Promosi

Jangan lupa menyiapkan budget untuk melakukan promosi, karena kamu perlu mengenalkan usaha baru serta produk yang ditawarkan ke calon konsumen. Kamu bisa menggunakan fitur ads yang tersedia di Instagram dan mengunggah berbagai konten promosi dengan menggunakan berbagai tools desain di atas. Buat konten promosi seefektif mungkin agar tidak banyak uang yang terbuang untuk melakukan promosi.

Anteraja juga menyediakan berbagai macam Artikel terbaik lainnya untuk para pembaca Setia Anteraja seperti:

Yuk segera maksimalkan penggunaan Instagram dengan berbagai tools yang sudah dijelaskan tadi, dijamin bakal memudahkan kamu ketika menggunakan Instagram! Nah biar bisnis kamu makin untung, infokan ke calon konsumen kalau kamu menggunakan pengiriman Anteraja. Pasti mereka semakin percaya dengan bisnis kamu! Jadi langsung aja kamu cek ongkir untuk kepoin harga ongkirnya, dijamin nggak bikin kantong jebol! Selain murah, benefit Anteraja yang lain adalah fitur tracking paketnya yang mudah diakses hanya dengan cek resi. Dijamin paket yang kamu kirim aman sampai ke tangan konsumen kamu! Pakai Anteraja terus ya, pasti bawa hepi!

Author

Satria Anteraja

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *