10 Cara Meningkatkan Repeat Order Agar Pembeli Belanja Lagi di Tokomu

Cara Meningkatkan Repeat Order Agar Pembeli Belanja Lagi di Tokomu

Konsumen atau pelanggan adalah orang-orang yang sangat berpengaruh terhadap jalannya roda bisnis kamu. Maka itu kamu harus mencari pelanggan sebanyak-banyaknya untuk membeli produk-produk yang kamu jual. Nah misi kamu nggak hanya mencari pelanggan baru, kamu juga harus membuat pelanggan lama kamu melakukan repeat order di toko kamu. Jika pelanggan kamu sudah melakukan repeat order, berarti kamu memiliki produk yang berkualitas sehingga pelanggan kamu mempercayainya produk-produk kamu.

Nah pasti kamu ingin banget kan meningkatkan repeat order? Supaya kamu memiliki pelanggan tetap yang sudah pasti selalu membeli produk-produk kamu. Kalo gitu jangan kamu tutup artikel ini, Anteraja bakal bisikin kamu berbagai cara dan tips untuk meningkatkan repeat order. Dijamin pasti banyak pelanggan kamu yang setia dengan kamu jika kamu menjalankan tips-tipsnya. Makanya langsung aja deh kamu simak di bawah ini!

Cara dan Tips Meningkatkan Repeat Order dari Anteraja

1. Berikan Pelayanan yang Terbaik

Cara Meningkatkan Repeat Order Agar Pembeli Belanja Lagi di Tokomu - Berikan Pelayanan yang Terbaik

Impresi pertama yang akan dirasakan pelanggan adalah pelayanan yang kamu berikan, sehingga kamu tidak boleh main-main dalam memberikan pelayanan. Tentukan standar pelayanan dari toko kamu dan selalu penuhi standar tersebut. Jika kamu memiliki karyawan, ajari juga mereka untuk selalu memenuhi standar pelayanan yang kamu tentukan. Ini diperlukan supaya toko kamu selalu memiliki standar pelayanan yang harus dipenuhi, sehingga kamu bisa menjaga kualitas pelayanan kamu dan selalu meningkatkannya agar pelanggan kamu merasa puas.

2. Berikan Penawaran Menarik

Cara Meningkatkan Repeat Order Agar Pembeli Belanja Lagi di Tokomu - Berikan Penawaran Menarik

Setiap orang pasti menyukai harga promo atau diskon, jadi kamu harus berikan penawaran menarik. Kamu bisa memberikan promo beli 2 gratis 1, sehingga orang tertarik untuk membeli barang lebih banyak. Kemudian berikan diskon harga ke pelanggan setia yang akan membuat mereka merasa dihargai, sehingga mereka selalu ingin berlangganan dengan kamu dan melakukan repeat order. Atau kamu juga bisa memberikan promo gratis ongkir dengan minimum jumlah pembelian, itu juga akan menarik orang untuk membeli barang lebih banyak.

3. Tepat Waktu untuk Pengiriman Barang

Cara Meningkatkan Repeat Order Agar Pembeli Belanja Lagi di Tokomu - Tepat Waktu untuk Pengiriman Barang

Selalu tingkatkan ketepatan waktu pengiriman kamu, karena waktu pengiriman adalah hal yang penting pada penjualan online. Jika pelanggan kamu memesan hari ini, maka usahakan kamu bisa mengirim hari itu juga. Nah jika misi kamu adalah memberikan ketepatan waktu pengiriman, cocok banget kalau kamu menggunakan layanan pengiriman Anteraja! Soalnya Anteraja siap mengirim barang-barang kamu kepada pelanggan pada hari itu juga. Tinggal kamu cek ongkir aja deh untuk pilih opsi pengiriman yang diinginkan, sekalian juga kamu kepoin harga ongkirnya!

4. Buat Media Sosial dan Beri Nomor Kamu

Cara Meningkatkan Repeat Order Agar Pembeli Belanja Lagi di Tokomu - Buat Media Sosial dan Beri Nomor Kamu

Media sosial dapat menjangkau khalayak yang sangat luas, sehingga kamu harus menggunakan media sosial untuk menjalankan bisnis kamu. Media sosial dapat digunakan untuk menjajakan produk yang kamu jual, membuat iklan, menjaga engagement dengan konsumen, dan masih banyak lagi. Kamu juga meletakkan berbagai informasi pada bio kamu, seperti nomor telepon dan link marketplace. Sehingga pelanggan kamu bisa dengan mudah melihat produk yang kami tawarkan dan menghubungi kamu untuk membelinya.

5. Buat Packaging yang Bagus

Cara Meningkatkan Repeat Order Agar Pembeli Belanja Lagi di Tokomu - Buat Packaging yang Bagus

Buat packaging yang bagus untuk setiap produk yang kamu jual, karena kualitas pelayanan kamu juga akan dilihat dari situ. Packaging yang bagus tidak hanya meliputi kerapihan, namun juga kekuatan dan ketahanan supaya tidak rusak ketika proses pengiriman. Jangan pelit untuk memberikan proteksi lebih untuk paket yang akan dikirim, karena kamu juga bertanggung jawab jika barang rusak akibat packaging yang kurang baik. Maka pastikan kamu selalu memberikan packaging terbaik dan aman, karena packaging yang aman dapat menambah kepercayaan pelanggan kamu untuk melakukan repeat order.

6. Promosi

Cara Meningkatkan Repeat Order Agar Pembeli Belanja Lagi di Tokomu - Promosi

Promosi adalah bagian yang sangat penting pada suatu bisnis, karena promosi dapat menarik pelanggan untuk datang dan membeli produk yang kamu tawarkan. Kamu juga perlu menghitung budget yang  dibutuhkan untuk berpromosi, supaya uang yang kamu keluarkan bisa dimaksimalkan dan tidak terbuang sia-sia. Manfaatkan berbagai platform untuk berpromosi sesuai dengan target pasar kamu, supaya strategi promosi bisa sampai secara efektif. Jika target pasar kamu kebanyakan adalah pengguna media sosial, maka lakukan promosi melalui media sosial.

7. Selalu Balas dengan Cepat Comment Maupun Pesan di Media Sosial

Cara Meningkatkan Repeat Order Agar Pembeli Belanja Lagi di Tokomu - Selalu Balas dengan Cepat Comment Maupun Pesan di Media Sosial

Jika pada toko offline, pelanggan bisa langsung bertanya apa yang mereka perlukan. Nah di toko online, pelanggan harus melalui pesan untuk bertanya. Sehingga akan ada jeda antara penjual dan pelanggan ketika berkomunikasi melalui pesan. Nah usahakan kamu bisa membalas pesan dari pelanggan dengan cepat, untuk meminimalkan jeda pada saat berkomunikasi. Respon yang cepat akan membuat pelanggan kamu merasa senang, karena mereka tidak membutuhkan waktu yang lama untuk berbelanja atau untuk sekedar bertanya.

8. Pasang Ads

Cara Meningkatkan Repeat Order Agar Pembeli Belanja Lagi di Tokomu - Pasang Ads

Gunakan fitur ads yang ditawarkan beberapa media sosial seperti Instagram dan Facebook, karena fitur ads dapat mendatangkan pelanggan baru. Kamu bisa menentukan target pasar sesuai dengan kriteria yang kamu tentukan, mulai dari rentang usia, jenis kelamin, jarak lokasi, dan sebagainya. Sehingga ads yang kamu buat bisa menjangkau target pasar secara efektif dan mengurangi risiko salah sasaran. Tidak hanya mendatangkan pelanggan baru, fitur ads juga dapat menarik pelanggan lama kamu agar tertarik untuk melakukan repeat order.

9. Buka di Marketplace yang Ramai

Cara Meningkatkan Repeat Order Agar Pembeli Belanja Lagi di Tokomu - Buka di Marketplace yang Ramai

Manfaatkan marketplace sebagai platform tempat kamu berjualan, karena marketplace memiliki banyak benefit yang memudahkan kamu dan pelanggan. Salah satu benefit-nya adalah pemberian ulasan terhadap produk dan pelayanan yang kamu tawarkan, sehingga kamu bisa mengumpulkan ulasan-ulasan yang diberikan pelanggan untuk dijadikan sebuah testimoni. Jika ulasan kamu selalu bagus dan selalu meningkat, maka konsumen kamu tidak ragu untuk melakukan repeat order dan berlangganan dengan kamu.

10. Pakai Metode Re-targeting

Cara Meningkatkan Repeat Order Agar Pembeli Belanja Lagi di Tokomu - Pakai Metode Re Targeting

Tidak semua orang yang mengunjungi Instagram atau toko kamu di marketplace langsung membeli produk yang kamu tawarkan, mungkin mereka hanya melihat-lihat, membandingkan harga, dan produk kamu hanya berakhir di dalam keranjang belanja. Nah supaya mereka datang kembali untuk checkout barang, kamu harus melakukan retargeting untuk memanggil mereka supaya kembali berbelanja, salah satunya dengan menggunakan Facebook Pixel.

Tidak hanya cara mengingkatkan repeat order yang disediakan oleh Anteraja, Anteraja memiliki banyak Artikel terbaik lainnya seperti:

Buruan deh kamu ikutin tips-tips di atas tadi, biar penjualan kamu semakin meningkat! Pasti kamu pengen banget kan jika keuntungan kamu bertambah terus? Nah jangan lupa untuk selalu gunakan Anteraja, biar pelanggan kamu semakin mempercayai kamu. Soalnya fitur tracking paket yang disediakan Anteraja bakal memberikan rasa aman untuk pelanggan kamu, karena mereka bisa melacak sendiri paket yang dikirim dengan cek resi! Mudah dan nggak sulit, pasti pelanggan kamu semakin puas. Yuk jangan ragu lagi deh untuk gunakan Anteraja!