12 Cara Sukses Bisnis dan Jualan Online di Instagram Untuk Pemula

Cara Sukses Bisnis dan Jualan Online di Instagram Untuk Pemula

Selain membuka toko di marketplace seperti Tokopedia, Bukalapak atau Shopee, Instagram juga merupakan salah satu platform yang menjanjikan untuk kamu berjualan Online. Banyaknya orang Indonesia yang menggunakan Instagram, membuat Instagram selalu dikunjungi banyak orang setiap harinya. Bahkan Instagram memiliki akun bisnis dengan banyak fitur yang dapat menunjang bisnis kamu.

Nah kamu harus memanfaatkannya, supaya bisnis yang kamu buat bisa menghasilkan banyak keuntungan. Nggak perlu bingung, tim Anteraja sudah menyusun bagaimana cara Sukses jualan online di instagram! Nggak sulit kok jika kamu mengikutinya dengan benar, jadi langsung aja yuk simak langsung aja cara-caranya di bawah ini!

Cara Sukses Jualan Online di Instagram

1. Buka Akun Instagram untuk Bisnis

Cara Sukses Bisnis dan Jualan Online di Instagram Untuk Pemula - Buka Akun Instagram untuk Bisnis

Tren Instagram sekarang tidak hanya digunakan untuk bersosialisasi, sekarang Instagram sudah sering digunakan untuk berbelanja online. Situasi ini membuat Instagram menawarkan akun bisnis yang memiliki beberapa fitur untuk menunjang bisnis kamu, seperti Instagram insight, auto reply, inbox, ads, dan lain-lain. Buatlah akun Instagram supaya kamu bisa berjualan secara online dengan mudah.

2. Tuliskan Profil Bisnis yang Jelas Pada Bio

Cara Sukses Bisnis dan Jualan Online di Instagram Untuk Pemula - Tuliskan Profil Bisnis yang Jelas Pada Bio

Setiap orang yang membuka profil Instagram kamu pasti akan melihat bio kamu terlebih dahulu, karena bio biasanya berisi beberapa informasi penting. Kamu bisa mencantumkan domisili, kontak, dan link marketplace kamu. Pastikan kamu menuliskannya dengan rapi dan jelas, supaya calon konsumen kamu bisa melihatnya dengan mudah.

3. Posting Secara Rutin

Cara Sukses Bisnis dan Jualan Online di Instagram Untuk Pemula - Posting Secara Rutin

Jaga engagement dengan mem-posting secara rutin. Jangan sampai kamu tidak aktif mem-posting selama beberapa waktu, karena followers kamu bisa saja pergi jika kamu tidak aktif. Jadwalkan waktu posting agar kamu tidak lupa, usahakan minimal satu kali sehari kamu mem-posting produk jualan. Selain posting produk, kamu juga bisa mem-posting hal-hal untuk berinteraksi dengan konsumen, seperti polling, giveaway, testimoni, dan sebagainya.

4. Design Foto dan Instastory dengan Menarik

Cara Sukses Bisnis dan Jualan Online di Instagram Untuk Pemula - Design Foto dan Instastory dengan Menarik

Kamu perlu mem-posting foto pada feed dan Instastory dengan menarik, supaya orang tertarik untuk mengunjungi profil kamu dan melihat-lihat produk yang kamu jual. Kamu bisa membuat kolase foto dengan ornamen warna yang menarik, serta berikan informasi harga pada foto. Kemudian buat feed kamu tertata rapi dengan tema warna yang tidak membosankan.

5. Buat Caption yang Menarik/Unik

Cara Sukses Bisnis dan Jualan Online di Instagram Untuk Pemula - Buat Caption yang Menarik dan Unik

Tidak hanya foto, kamu juga harus menuliskan caption yang menarik dan unik. Kamu harus menjelaskan spesifikasi dari produk yang kamu jual, sehingga kamu harus membuat calon konsumen nyaman membaca caption yang kamu buat. Perhatikan penggunaan kalimat, tanda baca, dan jangan buat caption yang terlalu panjang. Usahakan juga caption yang kamu buat harus informatif namun tetap singkat.

6. Gunakan Hashtag yang Relevan

Cara Sukses Bisnis dan Jualan Online di Instagram Untuk Pemula - Gunakan Hashtag yang Relevan

Hashtag akan memudahkan konsumen kamu untuk menemukan foto yang kamu post, karena Instagram dapat melakukan pencarian dengan menggunakan hashtag. Misalnya jika kamu menjual pakaian, maka pakailah hashtag #jualpakaian, atau yang lebih spesifiknya lagi #jualkemeja. Jangan ragu untuk menggunakan banyak hashtag yang relevan, karena itu dapat memudahkan kamu untuk menarik konsumen.

7. Pasang Iklan Instagram!

Cara Sukses Bisnis dan Jualan Online di Instagram Untuk Pemula - Pasang Iklan Instagram

Salah satu fitur yang ditawarkan Instagram bisnis adalah fitur ads atau iklan. Fitur ini dapat membantu mengiklankan posting-an jualan kamu kepada orang-orang yang sesuai dengan kriteria kamu, sehingga iklan yang dibuat juga bisa lebih efektif. Memang ada biaya yang perlu dikeluarkan untuk menggunakan fitur ini, tergantung dari banyaknya orang dan lamanya durasi iklan yang kamu buat. Namun fitur ini wajib kamu gunakan apabila kamu berjualan di Instagram

8. Pilih Endorser yang Tepat

Cara Sukses Bisnis dan Jualan Online di Instagram Untuk Pemula - Pilih Endorser yang Tepat

Endorsement adalah bagian dari marketing yang harus kamu pertimbangkan untuk mempromosikan produk jualan kamu. Namun kamu harus memilih endorser yang tepat dan sesuai dengan produk yang kamu jual. Sesuaikan endorser yang kamu pilih dengan kriteria yang kamu tentukan, seperti usia, jenis kelamin, jumlah followers, dan sebagainya. Perhatikan biaya yang ditawarkan oleh setiap endorser, pastikan harus sesuai dengan biaya yang kamu keluarkan.

9. Sertakan Testimoni

Cara Sukses Bisnis dan Jualan Online di Instagram Untuk Pemula - Sertakan Testimoni

Capture dan simpan setiap testimoni yang diberikan oleh pelanggan, mulai dari testimoni positif hingga negatif. Kamu boleh mengumpulkan dan mem-posting testimoni positif dari pelanggan untuk meyakinkan pelanggan lainnya. Namun kamu juga harus memperhatikan setiap testimoni yang berisi kritik dan saran, untuk dijadikan evaluasi terhadap pelayanan bisnis kamu supaya semakin baik.

10. Berikan Promo yang Menarik

Cara Sukses Bisnis dan Jualan Online di Instagram Untuk Pemula - Berikan Promo yang Menarik

Setiap orang pasti menyukai promo, apalagi promo yang ditawarkan sangat menarik dan terasa sepadan. Jangan ragu untuk menyiapkan budgeting untuk melakukan promo seperti gratis ongkir, buy 1 get 1, bundling produk, dan sebagainya. Jika memungkinkan, adakan giveaway dengan beberapa syarat untuk mendongkrak pamor bisnis kamu supaya makin dikenal banyak orang.

11. Balas Pesan dan Comment dari Pengikut Kamu

Cara Sukses Bisnis dan Jualan Online di Instagram Untuk Pemula - Balas Pesan dan Comment dari Pengikut Kamu

Keramahan adalah hal penting yang sering diperhatikan pada pelayan jual-beli, maka buatlah pelanggan kamu nyaman dengan menerapkan keramahan. Balaslah setiap pesan dan komentar yang dilontarkan oleh pelanggan kamu, berikan jawaban yang informatif dengan kalimat yang sopan.

12. Minta Teman untuk Follow dan Promosikan Akun Kamu

Cara Sukses Bisnis dan Jualan Online di Instagram Untuk Pemula - Meminta Teman untuk Follow dan Promosikan Akun Kamu

Orang akan melihat reputasi toko kamu dimulai dari followers yang kamu miliki, sehingga kamu harus mempromosikan akun Instagram kamu dan mencari followers yang sebanyak-banyaknya. Ajak teman-teman dan keluarga kamu untuk follow akun Instagram kamu, jangan lupa untuk minta mereka supaya mempromosikannya kembali.

Selain itu juga kami juga menyediakan berbagai macam Artikel tentang bisnis dan aneka artikel tentang mengembangkan Bisnis kamu yang sudah disiapkan spesial untuk pembaca setia Anteraja, seperti:

Gimana, nggak sulit kan cara-cara di atas tadi? Tapi jangan lupa, kamu harus memberikan layanan pengiriman yang terbaik, supaya reputasi toko kamu selalu baik. Nah serahkan aja kepada Anteraja, karena Anteraja sudah berpengalaman dalam melayani pengiriman ke seluruh wilayah Indonesia. Langsung cek ongkir deh sekarang untuk kepoin opsi pengiriman dan ongkir yang ditawarkan Anteraja! Selain itu, fitur tracking paket yang dimiliki Anteraja bakal membuat pelanggan kamu makin nyaman, karena mereka tinggal input resi yang diberikan saat cek resi.

Semoga bisnis kamu bisa berjalan dengan lancar! Jangan lupa untuk selalu memberikan pelayanan terbaik kepada pelanggan kamu, agar pelanggan kamu merasa nyaman dan ingin berlangganan di toko kamu. Jangan menyerah dan kembangkan bisnis kamu hingga nenjadi bisnis yang besar. Semoga berhasil!