Bisnis Kemitraan vs Franchise, Mana yang Terbaik untuk Usaha?

Bisnis Kemitraan vs Franchise, Mana yang Terbaik untuk Usaha?

Kamu pasti sedang bingung apa sih bisnis kemitraan dan apa itu bisnis Franchise, kemudian yang mana yang sebaiknya dipilih untuk menjalankan bisnis? Memang keduanya memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing, sehingga kamu harus mengetahui semuanya terlebih dahulu.

Pas banget kamu mengunjungi artikel ini, karena tim Anteraja bakal menjelaskan apa itu bisnis kemitraan dan bisnis franchise, serta kelebihan dan kekurangannya. Sehingga kamu memiliki referensi untuk mempertimbangkan kedua bisnis tersebut, supaya kamu tidak salah untuk menentukan bisnis yang sesuai. Jadi langsung aja kamu simak aja yuk!

Apa itu Kemitraan?

Kemitraan adalah sebuah kerjasama antara dua orang atau lebih sebagai mitra yang memiliki tujuan untuk meraih keuntungan bersama dengan prinsip saling membutuhkan dan saling membesarkan. Bisa dibilang, model bisnis kemitraan merupakan bisnis bersama yang masing-masing menanamkan modalnya pada bisnis tersebut, sehingga diperlukan kesepakatan bersama dalam memberikan ide untuk memajukan bisnis.

Apa itu Franchise?

Franchise adalah bentuk kerjasama antara pemberi waralaba (franchisor) yang memberikan izin kepada penerima waralaba (franchisee) untuk menggunakan hak intelektual dari nama, merk dagang, dan sistem operasi usahanya. Sebagai timbal baliknya, franchisee harus membayar franchise fee dan royalty free untuk memulai bisnis. Tentu ada fee besar yang harus dibayar jika kamu ingin memilih franchisor yang sudah dikenal oleh masyarakat.

Kelebihan dan Kekurangan Bisnis Kemitraan

Kelebihan Bisnis Kemitraan

1. Saling Melengkapi Sesama Mitra

Bisnis Kemitraan vs Franchise, Mana yang Terbaik untuk Usaha? - Saling Melengkapi Sesama Mitra

Terdapat dua kepala atau lebih yang terjun untuk membangun bisnis, sehingga masing-masing mitra bisa saling melengkapi kekurangan masing-masing. Setiap pengambilan keputusan juga bisa dipertimbangkan bersama-sama, agar setiap keputusan yang diambil berdasarkan kesepakatan bersama.

2. Modal yang Lebih Mudah Didapatkan

Bisnis Kemitraan vs Franchise, Mana yang Terbaik untuk Usaha? - Modal Lebih Mudah Didapatkan

Setiap mitra pasti memiliki dana yang bisa disuntikan untuk kebutuhan bisnis, sehingga pencarian modal bisa dilakukan dengan mudah. Namun tentu pengumpulan modal harus sesuai kesepakatan masing-masing mitra.

3. Lebih Mudah Didirikan

Bisnis Kemitraan vs Franchise, Mana yang Terbaik untuk Usaha? - Lebih Mudah Didirikan

Mendirikan bisnis mitra dapat dilakukan dengan lebih mudah. Tidak perlu dengan cara formal, bisa dilakukan dengan cara informal namun dengan beberapa perjanjian yang jelas demi perlindungan hak semua.

Kekurangan Bisnis Kemitraan

1. Sulit Keluar dari Kemitraan

Bisnis Kemitraan vs Franchise, Mana yang Terbaik untuk Usaha? - Sulit Keluar dari Kemitraan

Saham yang sudah kamu tanamkan pada bisnis harus dijual ke mitra yang lain jika kamu mau keluar dari kemitraan, namun biasanya mitra lain tidak bisa atau tidak berminat untuk membelinya. Sehingga kemitraan bisa saja dibubarkan jika ada mitra yang ingin keluar.

2. Tidak Bisa Mengontrol Secara Sepenuhnya

Bisnis Kemitraan vs Franchise, Mana yang Terbaik untuk Usaha? - Tidak Bis Mengontrol Secara Sepenuhnya

Kamu tidak memiliki wewenang untuk mengontrol bisnis secara penuh, sehingga setiap ide atau pengambilan keputusan harus disepakati bersama terlebih dahulu. Jika kamu merasa ide kamu bagus, maka ide kamu belum tentu terealisasi apabila mitra lain tidak setuju.

3. Utang dan Kewajiban Ditanggung Bersama

Bisnis Kemitraan vs Franchise, Mana yang Terbaik untuk Usaha? - Utang dan Kewajiban Ditanggung Bersama

Tidak hanya keuntungan, setiap hutang atau kerugian yang dialami bisnis kamu juga dibagikan bersama. Bahkan kamu bisa menanggung hutang-hutang yang dimiliki bisnis kamu.

Kelebihan dan kekurangan bisnis Franchise

Kelebihan Bisnis Franchise

1. Support dari Franchisenya

Bisnis Kemitraan vs Franchise, Mana yang Terbaik untuk Usaha? - Support dari Franchisenya

Franchisor akan sangat memperhatikan reputasi dan kualitas yang dimiliki, sehingga semua bahan dan keperluan didukung secara penuh. Franchisee tidak perlu memikirkan bahan-bahan yang dibutuhkan, karena semua bahan akan disiapkan oleh franchisor demi menjaga kualitas dan reputasi mereka.

2. Manajemen yang Bagus

Bisnis Kemitraan vs Franchise, Mana yang Terbaik untuk Usaha? - Manajemen yang Bagus

Kemungkinan besar bisnis franchise sudah memiliki manajemen yang bagus dan matang, sehingga kamu tidak perlu ragu untuk menjalankan bisnis yang ingin dijalankan. Tentu kamu juga harus memilih franchisor yang terpercaya agae tidak ada masalah pada manajemen.

3. Brand yang Sudah Terkenal

Bisnis Kemitraan vs Franchise, Mana yang Terbaik untuk Usaha? - Brand yang Sudah Terkenal

Kamu tidak perlu repot-repot melakukan branding, karena semuanya sudah dilakukan oleh franchisor. Semua kualitas dan reputasi sudah dibangun, sehingga kamu bisa fokus berjualan tanpa perlu memikirkan dan mengenalkan nama brand.

Kekurangan Bisnis Franchise

1. Keuntungan yang Terbagi-bagi

Bisnis Kemitraan vs Franchise, Mana yang Terbaik untuk Usaha? - Keuntungan yang Terbagi bagi

Kamu tidak bisa mendapatkan keuntungan penuh dari hasil penjualan, karena ada biaya yang harus kamu bayarkan kepada franchisor. Bahkan kamu bisa saja rugi besar apabila penjualan kamu sedang tidak bagus, maka kamu harus menghitung fee yang harus dibayar dan rata-rata pendapatan dari penjualan.

2. Harus Mengikuti Franchisor

Bisnis Kemitraan vs Franchise, Mana yang Terbaik untuk Usaha? - Harus Mengikuti Franchisor

Semua kendali dan aturan harus mengikuti franchisor, sehingga kamu tidak bisa mengatur sendiri bisnis yang kamu jalankan. Inovasi dan kreativitas kamu akan terbatasi karena kamu tidak memiliki hak untuk mengubah formula bisnis.

3. Mengikuti Tren Pasar

Bisnis Kemitraan vs Franchise, Mana yang Terbaik untuk Usaha? - Mengikuti Tren Pasar

Bisnis franchise memang sudah memiliki pasar yang besar, namun belum tentu cukup fleksibel untuk mengikuti perilaku konsumen yang berbeda-beda di setiap daerah. Sehingga popularitas sebuah franchisor belum tentu sama di semua daerah. 

Tips Bisnis dari Anteraja

1. Jangan Takut Berinovasi

Bisnis Kemitraan vs Franchise, Mana yang Terbaik untuk Usaha? - Jangan Takut Berinovasi

Inovasi harus dilakukan terhadap bisnis apapun yang sedang kamu jalankan. Pesatnya perkembangan tren membuat kamu harus peka, sehingga kamu bisa mengikuti perkembangan tersebut. Kamu bisa melakukan inovasi pada produk, sistem penjualan, sistem pemasaran, sistem pengiriman, dan sebagainya. Dengarkan juga kritik dan saran yang diberikan oleh konsumen kamu, supaya kamu juga memuaskan mereka. Jangan sampai bisnis kamu tertinggal dari kompetitor apabila kamu tidak berinovasi, karena bisnis kamu bisa saja ditinggal oleh konsumen yang dapat merugikan kamu.

2. Pilih Supplier yang Terpercaya

Bisnis Kemitraan vs Franchise, Mana yang Terbaik untuk Usaha? - Pilih Supplier yang Terpercaya

Jangan sampai salah dalam memilih supplier, perlu banyak pertimbangan untuk mendapatkan supplier yang terpercaya. Pilih beberapa supplier yang sesuai dengan kriteria kamu, kemudian seleksi lagi mana yang lebih kamu percayai. Jika kamu terpaksa memilih supplier dengan lokasi yang jauh, kamu bisa mengirim barang yang kamu butuhkan dengan mudah. Apalagi kalau bukan menggunakan Anteraja? Tinggal download aplikasi Anteraja, kamu bisa dengan mudah cek ongkir dan cek resi melalui aplikasinya! Bahkan kamu sekaligus bisa dapetin info promo-promo yang ditawarkan Anteraja, jadi makin untung deh. Makanya nggak perlu ragu lagi deh untuk gunakan Anteraja!

3. Promosi

Bisnis Kemitraan vs Franchise, Mana yang Terbaik untuk Usaha? - Promosi

Kamu harus memberi tau orang-orang soal bisnis yang baru kamu jalankan, sehingga kamu harus melakukan promosi untuk menarik mereka. Tentukan terlebih dahulu strategi promosi yang efektif untuk menjangkau target pasar, kemudian siapkan budget yang diperlukan untuk berpromosi. Manfaatkan berbagai platform yang sesuai dengan target pasar kamu. Jika target pasar kamu kebanyakan adalah pengguna media sosial, maka gunakan media sosial. Sangat penting untuk mengetahui target pasar kamu terlebih dahulu, agar strategi promosi bisa dilakukan seefektif mungkin.

Kami juga menyediakan berbagai macam Artikel terbaik untuk para pembaca Setia Anteraja baca loh! Berikut artikelnya:

Jadi bisnis mana yang lebih cocok dengan kamu, bisnis kemitraan atau bisnis franchise? Pertimbangkan dengan matang untuk menentukan mana bisnis yang ingin kamu jalankan, karena keduanya memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing seperti yang sudah dijelaskan. Nah apapun bisnis yang kamu jalani nantinya, tentu kamu harus melakukannya dengan gigih. Supaya bisnis kamu bisa menjadi bisnis yang besar dan menguntungkan. Semoga berhasil!