Bisnis UKM yang Menguntungkan dan Modal Kecil untuk Pemula
Update Aja

11 Bisnis UKM yang Menguntungkan dan Modal Kecil untuk Pemula

Berbisnis adalah pilihan yang tepat untuk kamu mencari uang tambahan, apalagi karena pandemi ini membuat beberapa orang harus kehilangan pekerjaan utama mereka. Namun berbisnis juga memiliki risiko yang cukup besar, jadi kamu harus benar-benar membulatkan tekad untuk berbisnis.

Mungkin beberapa dari kamu sudah ada yang berpikir untuk berbisnis, namun modal yang kamu miliki belum terkumpul banyak. Nggak usah khawatir, ada beberapa bisnis yang bisa kamu lakukan tanpa modal yang besar. Makanya coba deh kamu simak terus artikel ini, karena ada rekomendasi bisnis UKM yang menguntungkan bagi kamu para pemula. Namun sebelum itu, kamu simak dulu ya tips-tipsnya!

Tips-tips untuk Binis UKM yang Menguntungkan

1. Analisa Pasar yang Ingin Kamu Masuki

Bisnis UKM yang Menguntungkan dan Modal Kecil untuk Pemula - Analisa Pasar yang Ingin Kamu Masuki

Analisa terlebih dahulu pasar yang ingin kamu masuki, seperti target pasar, harga jual, persaingan, dan sebagainya. Analisa pasar diperlukan untuk menyiapkan strategi yang harus kamu siapkan ketika terjun ke pasar untuk berjualan. Berbisnis adalah pekerjaan yang berisiko, sehingga kamu harus memiliki strategi yang tepat agar kamu tidak merugi dan gagal.

2. Pilih Bisnis Sesuai yang Kamu Suka

Bisnis UKM yang Menguntungkan dan Modal Kecil untuk Pemula - Pilih Bisnis Sesuai yang Kamu Suka

Memilih bisnis yang kamu sukai bisa menambah semangat ketika menjalankannya, maka kamu disarankan untuk memilih bisnis yang sesuai dengan bidang kamu. Misalnya jika kamu menyukai kuliner, maka cobalah untuk berbisnis kuliner. Jika kamu menyukai fashion, berjualan pakaian bisa jadi pilihan menarik. Selain itu kami juga bisa mengetahui beberapa strategi yang perlu kamu persiapkan jika kamu menyukai bidang tersebut.

3. Jangan Takut Rugi

Bisnis UKM yang Menguntungkan dan Modal Kecil untuk Pemula - Jangan Takut Rugi

Jangan pernah takut merugi jika kamu ingin menjalankan sebuah bisnis, karena bisnis adalah pekerjaan yang sangat berisiko. Kamu bisa meminimalisir kemungkinan untuk merugi, asalkan kamu menyiapkan strategi yang matang untuk berkompetisi. Persiapkan juga strategi jika ternyata kamu merugi ketika berbisnis, supaya kamu bisa mengatur keuangan kamu agar kamu tidak bangkrut. Yang penting buatlah rencana matang agar bisnis kamu selalu berada di dalam jalur.

4. Jangan Takut Berinovasi

Bisnis UKM yang Menguntungkan dan Modal Kecil untuk Pemula - Jangan Takut Berinovasi

Inovasi dapat membawa bisnis kamu semakin maju, apalagi sebuah tren akan sesuatu selalu berubah seiring berjalannya waktu. Bisnis memerlukan pengembangan supaya kamu nggak tertinggal dari yang lain, untuk itu kamu jangan takut untuk berinovasi. Bisa dari barang-barang yang kamu jual, sistem transaksi, pemasaran, dan sebagainya. Lihat tren yang sedang ramai, kemudian kamu ikuti tren tersebut.

5. Promosi ke Teman-teman Kamu

Bisnis UKM yang Menguntungkan dan Modal Kecil untuk Pemula - Promosi Ke Teman Teman Kamu

Teman-teman kamu pasti sangat mendengar bisnis baru kamu, untuk itu promosikan barang atau kuliner yang kamu jual kepada teman-teman kamu. Berikan mereka harga promo supaya mereka tertarik untuk mencobanya, jika mereka suka dengan apa yang kamu jual, mereka pasti akan berlangganan. Kemudian minta pendapat mereka terhadap bisnis kamu, supaya kamu bisa mengevaluasi kekurangan yang ada.

6. Promosi ke Media Sosial

Bisnis UKM yang Menguntungkan dan Modal Kecil untuk Pemula - Promosi Ke Media Sosial

Selain promosi secara offline, kamu juga harus promosi secara online di media sosial supaya kamu bisa menjangkau pasar yang lebih luas. Buat akun Instagram dengan memposting foto-foto yang menarik, supaya orang tertarik dan mengunjungi profil Instagram kamu. Manfaat juga fitur ads yang ditawarkan Instagram, karena cukup efektif dalam melakukan promosi.

Rekomendasi Bisnis UKM yang Menguntungkan untuk Pemula

1. Berjualan Kosmetik dan Skincare

Bisnis UKM yang Menguntungkan dan Modal Kecil untuk Pemula - Berjualan Kosmetik dan Skincare

Kosmetik dan skincare adalah produk yang cukup laku secara online maupun offline, karena setiap wanita pasti membutuhkannya untuk mempercantik dan merawat kulit. Jadi kalau kamu cukup mengerti jenis-jenis kosmetik, maka berjualan kosmetik harus kamu pertimbangkan. Kamu bisa menjual produk kosmetik seperti lipstik, cushion, masker, cleanser dan sebagainya dari merk-merk lokal yang cukup populer. 

2. Bisnis Perlengkapan Bayi

Bisnis UKM yang Menguntungkan dan Modal Kecil untuk Pemula - Bisnis Perlengkapan Bayi

Perlengkapan bayi juga nggak kalah laku, apalagi angka kenaikan bayi di Indonesia bisa mencapai 4 juta per tahunnya. Ini membuktikan bahwa angka kelahiran masih sangat tinggi dan banyak para ibu yang membutuhkan perlengkapan bayi. Kamu bisa menjual pakaian, popok, makanan, alat makan, stroller, dan kebutuhan lainnya. Akibat pertumbuhan bayi yang cukup pesat, maka pakaian bayi akan sering dibeli.

3. Bisnis Kuliner

Bisnis UKM yang Menguntungkan dan Modal Kecil untuk Pemula - Bisnis Kuliner

Pada kota-kota besar biasanya masyarakatnya jarang memasak dan lebih memilih membeli makanan di luar, untuk itu kamu bisa mencoba bisnis kuliner. Kamu bisa menyediakan katering makanan rumahan, franchise ayam goreng cepat saji, bakmi, bakso, dan sebagainya. Jual jenis kuliner yang cukup populer di daerah kamu, supaya masyarakat memiliki banyak pilihan penjual kuliner.

4. Bisnis Minuman Kekinian

Bisnis UKM yang Menguntungkan dan Modal Kecil untuk Pemula - Bisnis Minuman Kekinian

Minuman kekinian seperti es kopi susu, boba, thai tea, alpukat kocok, dan aneka jus dengan toping sudah sangat populer beberapa tahun terakhir. Nggak heran di beberapa mall besar, antrian outlet yang menjual minuman tersebut selalu ramai. Nah dengan modal yang lebih kecil, kamu bisa membuka bisnis minuman kekinian kecil-kecilan di rumah kamu. Berikan harga yang cukup terjangkau supaya kamu dapat menjangkau masyarakat menengah ke bawah. 

5. Bisnis Aksesoris Handphone

Bisnis UKM yang Menguntungkan dan Modal Kecil untuk Pemula - Bisnis Aksesoris Handphone

Aksesoris handphone selalu menjadi barang populer di berbagai marketplace, bahkan angka penjualannya sangat fantastis setiap harinya. Jangan khawatir soal modal, karena aksesoris handphone memiliki harga yang cukup terjangkau. Kamu bisa menjual kabel charger, pelindung layar, dan, casing yang lucu-lucu untuk para wanita. Semua barang-barang tadi memiliki harga yang cukup terjangkau dan bisa kamu beli secara grosir, jadi bisa kamu jual kembali dan mengambil keuntungan.

6. Bisnis Barang-barang Otomotif

Bisnis UKM yang Menguntungkan dan Modal Kecil untuk Pemula - Bisnis Barang-barang Otomotif

Barang-barang otomotif seperti spion motor, pengharum mobil, car holder, nano coating, dan sebagainya menjadi barang otomotif terlaris di marketplace. Nah kamu harus menjual barang-barang seperti ini, karena barang tersebut banyak diminati. Kamu bisa berjualan secara online melalui marketplace, tidak perlu berjualan secara offline agar kamu bisa menghemat modal.

7. Bisnis di Bidang Fashion

Bisnis UKM yang Menguntungkan dan Modal Kecil untuk Pemula - Bisnis di Bidang Fashion

Fashion ala Korea Selatan masih digandrungi beberapa anak muda hingga saat ini, sehingga pakaian ala fashion Korea Selatan selalu laku diborong, terlebih lagi oleh para wanita. Nah pakaian-pakaian ini nggak mahal, jadi kamu bisa gunakan modal kamu yang nggak terlalu besar. Tingginya minat masyarakat untuk fashion ini semakin meningkatkan kesempatan kamu untuk mendapat keuntungan besar.

8. Bisnis Dropshipper Atau Menjadi Reseller

Bisnis UKM yang Menguntungkan dan Modal Kecil untuk Pemula - Bisnis Dropshipper Atau Menjadi Reseller

Menjadi dropshipper bisa kamu lakukan hampir tanpa memerlukan modal, karena kamu hanya perlu membelikan barang yang dipesan pelanggan kamu kepada supplier. Sehingga keuntungannya pun juga tidak sebesar menjadi reseller. Namun jika kamu memiliki modal, bisnis reseller akan lebih menguntungkan. Nah supaya untung, kedua bisnis ini harus kamu lakukan secara online, karena tidak memerlukan biaya operasional yang harus ditanggung. Manfaatkan marketplace sebagai tempat kamu berjualan, jangan lupa juga untuk gunakan layanan pengiriman Anteraja supaya pelanggan kamu puas dengan pengiriman yang cepat dan akurat.

9. Bisnis Snack

Bisnis UKM yang Menguntungkan dan Modal Kecil untuk Pemula - Bisnis Snack

Kamu bisa menjual aneka keripik, gorengan, kue kering, dan sebagainya. Kamu tinggal mencari resep-resepnya di internet dan kreasikan sesuai yang kamu inginkan. Supaya kamu nggak perlu mengeluarkan modal terlalu besar, berjualan di depan rumah kamu bukan ide yang buruk. Apalagi jika rumah kamu berada di pemukiman padat penduduk yang mudah dilihat dan didatangi orang.

10. Bisnis Budidaya Tanaman

Bisnis UKM yang Menguntungkan dan Modal Kecil untuk Pemula - Bisnis Budidaya Tanaman

Tanaman menjadi populer lagi beberapa tahun terakhir, bahkan sudah merambah ke kalangan anak-anak muda. Namun sayangnya penjual tanaman cukup sulit dicari di beberapa daerah. Nah tengok deh di daerah tempat tinggal kamu, apakah sudah ada penjual tanaman apa belum. Jika belum segeralah budidayakan tanaman yang sedang populer, kemudian kamu jual dengan harga tinggi. Nggak sulit kok membudidayakan tanaman, sekarang sudah banyak tutorial membudidayakan berbagai macam tanam di internet.

11. Bisnis Laundry Kiloan

Bisnis UKM yang Menguntungkan dan Modal Kecil untuk Pemula - Bisnis Laundry Kiloan

Jika kamu ingin menjalankan bisnis laundry kiloan dengan modal kecil, mungkin kamu harus memanfaatkan rumah kamu agar tidak perlu membayar sewa tempat. Kemudian modalnya bisa kamu gunakan untuk kebutuhan sekarang laundry seperti mesin cuci, setrika, deterjen, pewangi, dan sebagainya. Memang harus mengeluarkan modal cukup besar untuk menjalankan bisnis ini, namun profitnya bisa sangat besar.

Nah jadi bisnis apa yang mau kamu jalankan? Kalau masih bingung, kira-kira bidang apa yang kamu pahami dari bisnis-bisnis di atas. Langsung aja deh kamu terapkan tips-tipsnya dan siapkan strategi terbaik kamu. Jangan lupa menggunakan Anteraja untuk mengirim barang-barang kebutuhan kamu. Dijamin untung kok, soalnya Anteraja menawarkan ongkir yang terjangkau. Selain murah, terdapat juga fitur tracking paket untuk melacak paket kamu. Jadi buruan Cek Ongkir dan Cek Resi sekarang!

Author

Satria Anteraja

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *