12 Ide Bisnis Digital yang Menjanjikan dan Menguntungkan

Ide Bisnis Digital yang Menjanjikan dan Menguntungkan

Bagi para pembaca setia Anteraja yang bingung, apakah bisnis digital itu? Bisnis digital adalah bisnis yang semuanya bisa dilakukan lewat platform digital, dengan memanfaatkan platform berbasis online yang bisa diakses melalui aplikasi atau website. Contoh mudahnya yang pasti kamu tau ialah seperti Tokopedia dan Shopee, yang merupakan bisnis penyedia platform untuk mempertemukan antara penjual dengan pembeli di dunia maya.

Nah mengapa bisnis digital? Akibat majunya teknologi bisnis digital, kamu harus memanfaatkannya untuk menambah pendapatan kamu, karena semua hal yang ingin kamu jual bisa langsung kamu tawarkan secara online. Bisnis digital pada dasarnya sangat mudah dijalankan jika kamu memiliki kemauan dan tekad belajar yang besar, serta mental yang tidak mudah menyerah untuk mampu bersaing dengan kompetitor.

Bisnis digital juga bisa berupa jasa atau produk fisik. Untuk jasa, kamu bisa menawarkan jasa translator. Nah kalau yang produk, tentunya kamu bisa berjualan barang secara fisik. Langsung aja deh buat kamu yang ingin melihat rekomendasi Ide bisnis digital yang menjanjikan dan menguntungkan, langsung saja kamu lihat idenya dibawah ini. Soalnya ada banyak sekali ide bisnis digital yang menjanjikan dan patut kamu pertimbangkan. Simak terus ya!

Ide Bisnis Digital yang Menjanjikan

1. Menjadi Jasa Content Writer

Ide Bisnis Digital yang Menjanjikan dan Menguntungkan - Menjadi Jasa Content Writer

Penulis konten seringkali dicari oleh banyak perusahaan, karena tulisan konten sering dijadikan sebuah strategi untuk pemasaran. Biasanya konten tulisan akan diisi berupa berita, tips dan trik, dan rekomendasi produk untuk di-posting di media sosial ataupun website perusahaan. Nah jika kamu memiliki bakat menulis, tawarkan jasa kamu untuk menjadi content writer ke perusahaan yang membutuhkan. Kamu juga bisa ajak teman-teman kamu yang jago menulis untuk bersama-sama membuat agensi penyedia konten tulisan.

2. Menjadi Desain Grafis

Ide Bisnis Digital yang Menjanjikan dan Menguntungkan - Menjadi Desain Grafis

Sama seperti content writer, jasa desain grafis juga nggak kalah dicari. Jasa desain grafis sering dicari oleh perusahaan atau individu untuk membuat desain sebuah konten promosi, desain logo usaha, desain branding, dan sebagainya. Jangan kaget, biaya jasa desain grafis bisa sangat besar, makanya kamu harus manfaatkan kesempatan ini. Siapkan portofolio dan tawarkan jasa kamu di internet, supaya perusahaan atau individu yang membutuhkan dapat menemukan portofolio kamu.

3. Menjadi Blogger

Ide Bisnis Digital yang Menjanjikan dan Menguntungkan - Menjadi Blogger

Zaman sekarang blog tidak hanya digunakan untuk menulis, bahkan blog bisa dijadikan platform untuk mencari uang. Tentu kamu harus menulis konten yang menarik dan disukai orang, misalnya menulis berbagai review seperti produk, hotel, makanan, atau tempat wisata. Nah kamu bisa menguangkan tulisan kamu dengan menggunakan Google AdSense, sehingga kamu bisa mendapatkan uang dari setiap klik yang dilakukan oleh pembaca.

4. Menjadi Influencer

Ide Bisnis Digital yang Menjanjikan dan Menguntungkan - Menjadi Influencer

Pasti kamu memiliki influencer dengan ratusan ribu hingga jutaan pengikut yang kamu idolakan sejak lama. Jangan pesimis, kamu juga bisa kok seperti mereka! Cari banyak pengikut di media sosial dengan membuat hal yang positif tentunya, misalnya kamu bisa membuat konten foto, video, atau tulisan. Nah jika pengikut kamu sudah banyak, kamu pasti akan dicari oleh brand untuk meng-endorse produk yang cocok dengan tipe kamu. Kamu bisa mendapatkan banyak uang dari setiap endorse yang dilakukan.

5. Mengajar Online

Ide Bisnis Digital yang Menjanjikan dan Menguntungkan - Mengajar Online

Kamu memiliki ilmu atau keahlian lebih dalam suatu bidang? Kenapa kamu tidak mencoba mengajar online saja? Misalnya kamu memiliki keahlian dalam bahasa asing, kamu bisa banget untuk mengajarkan kepada orang-orang yang berminat. Apalagi kursus bahasa asing biasanya cukup mahal yang membuat beberapa orang tidak berminat. Nah kamu bisa memberikan harga yang cukup terjangkau, karena pada dasarnya kamu adalah individu yang tidak perlu membayar guru. Manfaatkan platform pertemuan online seperti Zoom dan Google Meet untuk melakukan sesi belajar mengajar.

6. Menjadi Translator

Ide Bisnis Digital yang Menjanjikan dan Menguntungkan - Menjadi Translator

Di Indonesia jasa translator sangat dibutuhkan, karena penguasaan bahasa asing masih sangat kurang di sini. Jika kamu merasa penguasaan bahasa asing kamu cukup baik, jangan ragu untuk menawarkan jasa untuk menjadi translator. Kamu bisa mengincar skala kecil terlebih dahulu, misalnya seperti menerjemahkan jurnal bahasa asing untuk mahasiswa yang sedang menjalani skripsi. Seringkali mahasiswa mengalami kendala pada hal itu, sehingga jasa kamu pasti sangat dibutuhkan.

7. Menjadi Dropshipper

Ide Bisnis Digital yang Menjanjikan dan Menguntungkan - Menjadi Dropshipper

Menjadi dropshipper sangat cocok untuk kamu yang ingin berbisnis sampingan tanpa mengganggu pekerjaan utama kamu, karena kamu tidak perlu repot menyetok dan mengirim barang sendiri. Tentu kamu harus menawarkan barang yang sangat diminati orang, misalnya seperti aksesoris handphone, produk hijab, pakaian wanita, dan sebagainya. Yang terpenting cari supplier terpercaya yang dapat membantu bisnis dropship yang kamu jalankan.

8. Menjadi Reseller

Ide Bisnis Digital yang Menjanjikan dan Menguntungkan - Menjadi Reseller

Nah menjadi reseller agak sedikit berat, sehingga kamu harus usahakan ini adalah pekerjaan utama kamu. Tentu kamu harus menyiapkan tempat untuk menyetok barang, menghitung stok barang, dan mengirim barang sendiri. Carilah produk yang selalu dicari orang, atau menjual barang-barang musiman. Makanya kamu harus peka terhadap minat masyarakat terhadap sebuah produk, agar kamu bisa langsung menyediakan produk yang sedang dicari.

9. Membuat Toko Online

Ide Bisnis Digital yang Menjanjikan dan Menguntungkan - Membuat Toko Online

Jika kamu sudah memutuskan untuk menjadi dropshipper maupun reseller, maka kamu harus langsung membuat toko online. Kamu harus memanfaatkan beberapa platform seperti marketplace dan media sosial untuk membuka toko online, karena platform tersebut pasti memiliki banyak pengguna. Nah dalam membuat toko online, penting untuk memberikan kesan yang menarik dengan foto dan deskripsi produk yang rapi dan jelas, serta kecepatan dalam pelayanan dan proses pengiriman. Tentu kamu harus gunakan Anteraja, agar pelayanan kamu yang sigap bisa digabungkan dengan proses pengiriman cepat. Penasaran ongkirnya? Langsung aja kamu cek ongkir untuk info berbagai opsi pengiriman dan harga ongkir yang ditawarkan Anteraja! Kamu juga bisa bikin nyaman konsumen kamu, karena fitur tracking paket dengan cek resi bisa dengan mudah digunakan untuk melacak paket. Jadi nggak perlu ragu untuk gunakan Anteraja!

10. Menawarkan Jasa Pembuatan Website

Ide Bisnis Digital yang Menjanjikan dan Menguntungkan - Menawarkan Jasa Pembuatan Website

Website selalu dibutuhkan untuk perusahaan atau individu untuk melakukan banyak hal, seperti berjualan, beriklan, menyebarkan informasi, dan lain-lain. Nah memang membuat website tidak semudah kelihatannya, karena memerlukan teknik yang sulit untuk membuat website yang menarik dan mudah diakses. Untuk itu jasa pembuatan website sangat diperlukan di sini, jadi jangan ragu untuk menawarkan jasa kamu apabila kamu mahir dalam membuat website.

11. Menjadi Youtuber

Ide Bisnis Digital yang Menjanjikan dan Menguntungkan - Menjadi Youtuber

Berbagai hal dan aktivitas bisa direkam dan diunggah ke Youtube, sehingga hal apapun bisa dijadikan konten. Nah pasti orang akan bosan dengan konten yang itu-itu saja, sehingga kamu harus membuat konten yang berbeda jika kamu mau dikenal oleh orang lain. Kamu bisa mengikuti konten-konten yang sudah populer, namun dikemas dengan cara yang berbeda sesuai dengan selera dan kemampuan kamu.

12. Menjual Produk-produk Digital

Ide Bisnis Digital yang Menjanjikan dan Menguntungkan - Menjual Produk-produk Digital

Produk digital seperti pulsa handphone, pulsa listrik, tiket, voucher game, dan sebagainya memang selalu dibutuhkan orang, namun banyak orang yang tidak tau dan tidak mengerti bagaimana cara membelinya. Nah kamu bisa menjual produk digital kepada orang-orang yang membutuhkannya di sekitar kamu. Berikan harga yang bersaing agar harga yang kamu tawarkan tidak terlampau mahal dengan kompetitor, supaya orang bisa mempertimbangkan kamu.

Tidak hanya Bisnis digital saja yang disediakan oleh Anteraja, kami menyediakan berbagai macam Artikel tentang cara berbisnis hingga rekomendasi modal usaha untuk para pembaca setia Anteraja. Berikut ialah Artikelnya:

Yuk segera tentukan bisnis yang paling cocok dengan minat dan kemampuan kamu! Jangan sampai keahlian atau kemampuan yang bisa kamu jadikan uang malah terpendam dan tidak menghasilkan apa-apa. Tentu semua bisnis tadi memiliki risiko, sehingga kamu harus memiliki pertimbangan besar dan tidak boleh asal terjun untuk berbisnis. Makanya langsung buka smartphone atau laptop kamu dan segera riset bisnis mana yang berpeluang besar. Selalu berusaha dengan giat, jangan cepat menyerah ya!