Begini Cara Bisnis Budidaya Ikan Cupang dengan Modal Minim
Update Aja

Begini Cara Bisnis Budidaya Ikan Cupang dengan Modal Minim

Hobi masyarakat terhadap ikan cupang kembali meningkat di Indonesia, hobi lama ini kembali hits di tahun 2020 sehingga menjadikan penjual ikan cupang kembali merebak. Tapi kenapa sih orang-orang bisa menyukai ikan cupang? Memangnya ada yang istimewa? Ikan cupang memang istimewa bagi sebagian orang yang mengoleksinya, karena ikan ini termasuk ikan hias yang memiliki warna dan ekor yang bagus. Apalagi habitat ikan cupang berada di sekitar Asia Tenggara, sehingga mudah ditemukan dan dibudidayakan.

Namun siapa sangka, beberapa spesies ikan cupang memiliki harga jual mencapai jutaan rupiah. Sehingga bisnis ikan cupang dapat meraup keuntungan yang sangat besar, apalagi modal untuk berbisnis ikan cupang lumayan minim. Hanya butuh ketekunan dan skill lebih dalam membudidayakan ikan cupang supaya bisnis budidaya ikan cupang kamu berhasil dan dapat dijual dengan harga tinggi. Penasaran dong gimana caranya? Yuk langsung simak cara bisnis budidaya ikan dengan modal minim di bawah! 

Cara Bisnis Ikan Cupang dengan Modal Minim

1. Mengenal Lebih Dalam Tentang Ikan Cupang

Begini Cara Bisnis Budidaya Ikan Cupang dengan Modal Minim - Mengenal Lebih Dalam Tentang Ikan Cupang

Sebelum kamu memulai bisnis budidaya ikan cupang, kamu harus mengenal sangat dalam tentang ikan cupang. Ikan cupang adalah ikan air tawar yang hidup di Asia Tenggara dan tinggal di perairan dengan arus tenang seperti rawa-rawa, sungai, dan danau. Umur ikan cupang bisa mencapai 5 tahun dengan ukuran mencapai 7 cm. 

(Baca Juga: Bisnis pupuk organik)

2. Jenis-Jenis Ikan Cupang

Begini Cara Bisnis Budidaya Ikan Cupang dengan Modal Minim - Jenis-jenis Ikan Cupang

Ikan cupang dibagi menjadi 2 jenis, yaitu cupang adu dan cupang hias. Namun mengadu cupang merupakan perlakuan kejam terhadap binatang dan sudah menjadi tindakan ilegal di beberapa negara. Jenis ikan cupang hias yang populer dan mudah ditemui adalah Plakat, Splendess, Halfmoon, Cowntail, Akarensis Coccina, Smaragdina, dan Bellica. Selain bisa membedakan jenis-jenisnya, kamu juga harus bisa membedakan jenis kelaminnya. Ikan cupang jantan memiliki ciri-ciri lincah, ekor dan siripnya mengembang, memiliki warna cerah, dan bentuknya yang lebih besar. Sedangkan ikan cupang betina memiliki sifat lamban dengan ciri-ciri sirip dan ekornya lebih pendek, warnanya kusam, dan bentuk tubuhnya lebih kecil.

3. Cara Budidaya Ikan Cupang

Begini Cara Bisnis Budidaya Ikan Cupang dengan Modal Minim - Cara Budidaya Ikan Cupang

Yang pertama kamu harus menyiapkan tempat pemijahan dengan air yang bersih. Kamu dapat menggunakan air tanah atau air sungai yang jernih dan hindari penggunaan air PAM yang berbau kaporit atau air kemasan. Biarkan air mengendap pada tempat tersebut selama satu malam. Berikan juga tanaman air sebagai tempat berlindung dari anak-anak ikan cupang yang dikembangbiakkan.

(Baca Juga: Bisnis Obat Herbal)

Kemudian masukkan ikan cupang jantan yang telah siap kawin. Ikan cupang jantan akan membuat gelembung-gelembung udara yang akan digunakan untuk menyimpan para telur yang sudah dibuahi. Proses ini membutuhkan waktu satu hari. Setelah itu masukkan indukan betina setelah gelembung udara siap. Pemijahan ikan cupang biasanya terjadi mulai pukul 7-10 pagi atau pukul 4-6 sore. Biarkan ikan cupang di tempat tenang agar tidak terganggu, karena ikan cupang cukup sensitif terhadap suasana sekitar.

Setelah proses pemijahan selesai, angkat indukan betina dari tempat pemijahan. Ikan cupang jantan yang akan berperan menjaga telurnya dengan memindahkannya ke dalam gelembung udara tadi. Jika tidak dipindahkan, ikan cupang betina akan memakan telur-telur tersebut. Setelah 3 hari, telur-telur tersebut akan menetas. Berilah sedikit saja kutu air agar tidak membuat kotor air dalam wadah.

Angkat ikan cupang jantan setelah 2 minggu sejak penetasan telur. Pindahkan anak-anak ikan ke tempat yang lebih luas dan berikan kutu air atau larva nyamuk. Setelah 1.5 bulan, kamu harus pisahkan ikan-ikan tersebut sesuai dengan jenis kelaminnya.

Modal untuk membudidayakan ikan cupang sangat minim, karena kamu hanya membutuhkan indukan ikan cupang yang harus dibeli. Perlengkapan lain seperti wadah dan air bisa memanfaatkan barang-barang yang di rumah kamu. Kamu bisa menggunakan modal kamu untuk membeli indukan cupang yang banyak, harga sepasang indukan cupang sekitar 75 ribu hingga 100 ribu rupiah tergantung jenisnya. Belilah lebih dari 5 pasang sehingga kamu bisa membudidayakan lebih banyak ikan cupang supaya ada cadangan jika yang lain gagal.  

4. Memilih Indukan Ikan Cupang

Begini Cara Bisnis Budidaya Ikan Cupang dengan Modal Minim - Memilih Indukan Ikan Cupang

Supaya budidaya ikan cupang berhasil, kamu perlu menentukan indukan cupang yang berkualitas. Tentunya indukan ikan cupang harus sehat, tidak cacat, dan berasal dari genotip yang baik. Untuk indukan jantan kamu harus memilih ikan cupang yang memiliki ekor dan sirip panjang serta mengembang seperti kipas, warna cerah mengkilap, bentuk badan panjang dan ramping, dan umur 5-6 bulan. Untuk indukan betina pilih ikan cupang yang tidak memiliki warna secerah jantan, badan pendek dan gemuk, dan umur 4-6 bulan. Ada juga ciri-ciri indukan ikan cupang yang siap dipijah. Pada indukan ikan cupang jantan ada garis putih vertikal di badan dan insang, warna lebih cerah, bagian perut membesar dan lunak bila dipegang, titik putih di bagian perut lebih menonjol dan gerakan pasif. Pada indukan ikan cupang betina memiliki ciri-ciri garis putih pada insang, warna semakin cerah, gerakan agresif, dan mengumpulkan busa untuk menempelkan telur.

(Baca Juga: Bisnis MLM Terbaik)

5. Menyediakan Tempat Untuk Ikan Cupang

Begini Cara Bisnis Budidaya Ikan Cupang dengan Modal Minim - Menyediakan Tempat untuk Ikan Cupang
this pic show the Betta fish rearing in glass bottles in farm

Bisa dibilang ikan cupang merupakan ikan yang tahan banting karena bisa hidup di berbagai kondisi dengan oksigen minim. Kamu bisa menggunakan aquarium yang tidak terlalu besar, namun jangan ditinggali lebih dari satu ikan cupang, karena ikan cupang akan saling menyerang. Tidak perlu sering-sering mengganti air di dalam aquarium, cukup ganti ketika air sudah cukup kotor. Namun jangan terlalu lama dibiarkan kotor karena dapat menimbulkan penyakit bahkan bisa sampai menyebabkan ikan cupang mati.

6. Berikan Daun Ketapang

Begini Cara Bisnis Budidaya Ikan Cupang dengan Modal Minim - Berikan Daun Ketapang

Daun ketapang banyak dimanfaatkan untuk menyembuhkan berbagai penyakit kulit dari ikan cupang. Namun ada beberapa manfaat lainnya dari daun ketapang yaitu untuk memperindah kulit dan mencerahkan warna ikan cupang, menghasilkan zat organik untuk menurunkan kadar pH di dalam air, untuk tempat ikan cupang meletakkan telurnya saat proses pemijahan karena dapat membunuh bakteri dan parasit, dan mencegah penyebaran jamur dan penyakit kulit lainnya. Namun pengolahan daun ketapang yang salah malah menyebabkan musibah akibat bakteri dan zat asam yang tidak keluar dengan sempurna, maka olah daun ketapang dengan benar.

7. Mencari Komunitas Ikan Cupang

Begini Cara Bisnis Budidaya Ikan Cupang dengan Modal Minim - Mencari Komunitas Ikan Cupang

Komunitas ikan cupang sudah sangat banyak di Indonesia, kamu bisa mencarinya di internet. Sudah dipastikan di dalam komunitas ikan cupang banyak kolektor-kolektor ikan cupang yang bisa kamu tawarkan untuk membeli ikan cupang hasil budidaya kamu. Selain itu kamu juga bisa banyak belajar dari mereka yang jauh lebih paham tentang budidaya ikan cupang dan meluaskan hubungan kamu dengan para kolektor, sehingga mereka tau harus mencari kamu jika mereka ingin membeli ikan cupang.

8. Berjualan di Marketplace

Begini Cara Bisnis Budidaya Ikan Cupang dengan Modal Minim - Berjualan di Marketplace

Gunakan juga marketplace untuk meluaskan jangkauan kamu dalam berjualan ikan cupang, sehingga kamu bisa memiliki pembeli dengan segmentasi lebih besar. Berikan promo-promo menarik seperti bonus pakan ikan atau obat supaya orang tertarik dengan ikan cupang jualan kamu. Jangan lupa berikan foto yang jelas dan memperlihatkan seluruh bagian ikan cupang dan berikan deskripsi yang sangat jelas supaya pelanggan yakin dengan ikan cupang yang kamu jual.

Wah kelihatannya nggak susah lho untuk membudidayakan ikan cupang, hanya memerlukan ketekunan lebih supaya ikan cupang yang kamu budidayakan dapat dijual. Bayangin dengan modal hanya 100 ribu rupiah untuk sepasang indukan anak cupang, kamu dapat menghasilkan banyak anakan ikan cupang yang bisa dijual kembali ketika sudah besar dengan harga yang sama seperti sepasang indukan cupang tadi! Dengan itu kamu bisa mendapatkan keuntungan berkali-kali lipat dibandingkan dengan modal yang kamu keluarkan.


Jangan bingung dan jangan takut ikan cupang kamu mati ketika pengiriman. Tenang aja kok, dengan layanan Same Day dari Anteraja, ikan cupang yang kamu kirim bisa sampai dengan waktu maksimal 8 jam! Wah cepet banget kan? Nggak perlu takut ongkirnya mahal, langsung aja kamu cek ongkir, karena mulai dari 20 ribu rupiah aja kamu udah bisa menggunakan layanan Same Day ini. Denger-denger sudah banyak kok penjual yang puas dengan layanan Same Day dari Anteraja, jadi tunggu apalagi? Jangan lupa cek resi untuk manfaatkan fitur tracking paket yang Anteraja sediakan! Segera mulai bisnis budidaya ikan cupang kamu, supaya kamu dapat menjadi pebisnis ikan cupang yang sukses dengan keuntungan besar.

Author

Satria Anteraja

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *