6 Bisnis MLM Terbaik dan Aman di Indonesia

6 Bisnis MLM Terbaik dan Aman di Indonesia

Pasti sebagian dari kamu pernah ditawari untuk membeli sebuah produk, tidak hanya ditawarkan produk, bahkan kamu juga diajak untuk ikut berjualan produk tersebut. Kalau kamu pernah mengalaminya, berarti kamu sudah pernah ditawari oleh para tenaga penjual MLM untuk mengikuti bisnis MLM. Bisnis MLM sudah lama sekali ada di Indonesia, bahkan bisnis ini sudah ada sejak awal tahun 2000-an. Walaupun bisnis MLM sudah berjalan lama, bisnis ini masih sering dipandang negatif oleh masyarakat dan masih banyak yang menganggap bahwa bisnis MLM adalah bisnis bohongan. 

Apa itu MLM?

6 Bisnis MLM Terbaik dan Aman di Indonesia - Apa itu MLM

Yang pertama, kamu harus atau apa itu MLM. MLM atau Multi Level Marketing adalah bisnis strategi pemasaran yang membuat tenaga penjual tidak hanya bisa mendapatkan keuntungan dari penjualan produk, tetapi juga mendapatkan keuntungan penjualan dari tenaga penjual lain yang telah kamu rekrut sebelumnya. Intinya, semakin banyak kamu menjual produk dan memiliki tenaga penjual yang ikut dengan kamu, maka semakin banyak juga keuntungan yang bisa kamu dapatkan.

Prinsip Kerja MLM

6 Bisnis MLM Terbaik dan Aman di Indonesia - Prinsip Kerja MLM

Dalam bisnis MLM, terdapat sebutan up line dan down line. Kamu akan menjadi up line jika kamu sudah memiliki tenaga penjual yang ikut dengan kamu, yang mana tenaga penjual tersebut disebut down line. Namun kamu juga adalah down line dari tenaga penjual di atas kamu. Nah bisa disimpulkan bahwa selain kamu harus menawarkan produk dari perusahaan, kamu juga harus menawarkan orang untuk ikut berjualan produk bersama kamu. Dalam hal ini, skill marketing kamu sangat diperlukan untuk membuat orang percaya dan membeli produk kamu, bahkan sampai ada orang yang ikut menjadi tenaga penjual.

(Baca juga: Ide Bisnis 2021)

Mungkin sebagian orang masih belum mempercayai berkarir pada perusahaan MLM. Padahal kalau kamu berkarir pada perusahaan MLM yang berpengalaman, kamu tidak akan mengalami hal negatif yang banyak orang katakan tentang bisnis MLM. Maka itu penting untuk kamu mengetahui apa saja perusahaan MLM yang sudah berpengalaman di Indonesia bahkan di dunia. Supaya kamu tidak salah untuk memilih perusahaan MLM yang bisa menjamin karir kamu. Simak langsung yuk 6 bisnis MLM terbaik dan aman di Indonesia di bawah ini!

6 Bisnis MLM Terbaik di Indonesia

1. Nu Skin

6 Bisnis MLM Terbaik dan Aman di Indonesia - Nu Skin
Sumber: Nu Skin

Siapa yang tidak tau Nu Skin, perusahaan MLM yang menjual produk-produk kecantikan ini sangat populer dan bahkan bisa dibilang terbaik di Indonesia. Perusahaan asal Amerika Serikat ini sudah berdiri sejak tahun 1984 dan memiliki rekor kesuksesan sepanjang lebih dari 30 tahun. Kamu juga nggak perlu meragukan kredibilitasnya, karena perusahaan ini telah terdaftar dalam Bursa Saham New York Exchange (NYSE).

2. Tupperware

6 Bisnis MLM Terbaik dan Aman di Indonesia - Tupperware
Sumber: Tupperware

Pasti sebagian dari kamu banyak yang memiliki produk Tupperware, merk peralatan rumah tangga terkenal dengan bahan plastik ini sudah tidak asing didengar. Tupperware bisa dibilang merupakan perusahaan MLM yang sangat tua, perusahaan yang juga berasal dari Amerika Serikat ini sudah berdiri sejak tahun 1948. Perusahaan MLM ini sangat hits di Indonesia, bahkan pada tahun 2013 Indonesia menjadi pasar terbesar Tupperware di seluruh dunia. Sampai saat ini masih banyak orang yang menggunakan dan masih ingin membeli produknya. Sangat cocok untuk menawarkan produk-produk Tupperware kepada  keluarga atau kerabat kamu, karena mereka pasti juga banyak yang menggunakannya

(Baca juga: Cara Mendapatkan Passive Income)

3. Herbalife

6 Bisnis MLM Terbaik dan Aman di Indonesia  - Herbalife
Sumber: Herbalife

Herbalife adalah perusahaan MLM yang bergerak di bidang nutrisi dan weight management dengan berbagai suplemen nutrisi dan produk perawatan kulit. Sama dengan dua perusahaan tadi, Herbalife juga didirikan di Amerika Serikat pada tahun 1980 dan sudah beroperasi di lebih dari 90 negara di seluruh dunia. Produk-produk Herbalife sudah sangat terkenal di Indonesia, karena perusahaannya yang sudah sejak lama berada di Indonesia. Jadi jangan khawatir untuk meyakinkan orang-orang tentang produk-produk dari Herbalife, karena sudah tidak asing di telinga orang Indonesia.

(Baca Juga: Mengisi Waktu Luang Yang Menghasilkan Uang)

4. Oriflame

6 Bisnis MLM Terbaik dan Aman di Indonesia - Oriflame
Sumber: Oriflame

Oriflame adalah perusahaan MLM yang menjual produk-produk kecantikan. Perusahaan asal Swedia ini sudah berdiri lebih dari 50 tahun dan telah hadir di lebih dari 60 negara di dunia dengan memiliki 3 juta member yang menjual dan mempromosikan produk kecantikan dan Wellbeing. Tidak bisa dipungkiri, produk kecantikan banyak merebak di Indonesia dari berbagai merk. Akan mudah untuk menemukan target pasar yang mencari produk kecantikan jika kamu ikut di perusahaan MLM yang menawarkan produk kecantikan.

(Baca juga: Cara Memulai Bisnis Online Dari Nol)

5. Tiens

6 Bisnis MLM Terbaik dan Aman di Indonesia - Tiens
Sumber: Tiens

Tiens adalah perusahaan asal Cina yang berdiri pada tahun 1995. Perusahaan yang menawarkan produk suplemen kesehatan, skin care, personal care, alat kesehatan dan kebutuhan rumah tangga ini sudah merambah ke 110 negara di dunia termasuk Indonesia. Produk-produk skin care dan suplemen kesehatan sangat laku di Indonesia, untuk itu masuk ke perusahaan MLM dengan menjual produk-produk tersebut akan sangat menjanjikan.

6. Amway

6 Bisnis MLM Terbaik dan Aman di Indonesia - Amway
Sumber: Amway

Amway berdiri pada tahun 1959 di Michigan, Amerika Serikat dengan Liquid Organic Cleaner (LOC) sebagai produk pertama yang mereka tawarkan. Perusahaan ini menawarkan berbagai produk seperti produk kecantikan, kesehatan, kebugaran, peralatan rumah tangga, dan pertanian dan sudah berkembang di 80 negara di dunia. Di Indonesia, Amway termasuk perusahaan MLM yang sudah lama berdiri yaitu sejak tahun 1992.

(Baca juga: Franchise Yang Menjanjikan)

Nah itu dari 6 perusahaan MLM yang bisa dijadikan tempat untuk kamu mencari uang. Yang terpenting, cari tahu lebih lanjut soal perusahaan MLM yang mau kamu masuki. Jangan sampai kamu terjebak ke dalam perusahaan MLM yang belum berpengalaman, karena bisa saja perusahaan tersebut tidak bisa menjamin karir kamu. Untuk itu pastikan kamu berkarir di perusahaan MLM yang sudah disebutkan di atas. Untung yang bisa kamu dapatkan harus berbanding lurus dengan usaha yang kamu keluarkan, karena MLM adalah bisnis sekaligus bekerja, jadi kamu harus tetap bekerja keras untuk menjual produk dan mencari down line sebanyak-banyaknya.


Kalau kamu sudah siap untuk berbisnis MLM, jangan lupa untuk memasarkan produk-produk kamu di marketplace, supaya orang semakin mudah untuk membeli produk kamu. Percayakan juga pengiriman produk kamu dengan Anteraja, karena  dengan harganya yang terjangkau, kamu bisa memberikan promo gratis ongkir kepada pelanggan setia kamu. Jangan takut keuntungan kamu berkurang, karena mulai dengan Rp. 10.000 aja kamu udah bisa gunakan layanan Anteraja! Cek ongkir langsung untuk buktikan murahnya, jangan lupa juga cek resi untuk fitur tracking akurat ke seluruh wilayah di Indonesia!