Bisnis Kaos Polos yang Tak Pernah Mati, Begini Cara Bisnisnya

Bisnis Kaos Polos yang Tak Pernah Mati, Begini Cara Bisnisnya

Banyak orang menyukai kaos yang memiliki gambar, apalagi jika gambarnya merupakan sebuah karakter yang keren. Tetapi ada juga yang lebih menyukai kaos polos tanpa gambar sedikitpun. Nah ini menyebabkan kaos polos nggak kalah dicari juga oleh orang, bahkan ada beberapa brand di marketplace yang sudah menjual kaos polos hingga ratusan lusin! Selain itu, kaos polos juga diminati karena harganya yang murah, sehingga orang bisa membeli dalam jumlah yang banyak dalam satu kali transaksi. 

Kamu juga pengen kan memiliki bisnis dengan angka penjualan yang sangat fantastis? Coba deh kamu mulai untuk menjalankan bisnis berjualan kaos polos, soalnya bisnis kaos polos nggak akan pernah mati! Apalagi modal yang diperlukan juga nggak banyak kok, jadi kamu nggak perlu khawatir. Selalu banyak penggemar kaos polos yang siap menyerbu toko kamu, makanya jangan sia-siakan kesempatan ini. Kalau kamu bingung apa yang harus kamu siapkan, yuk langsung simak aja tips-tips bisnis kaos polos yang bisa kamu tiru!

1. Tentukan Jenis Bisnis

Bisnis Kaos Polos yang Tak Pernah Mati, Begini Cara Bisnisnya - Tentukan Jenis Bisnis

Tentukan jenis bisnis yang akan kamu jalankan, kamu bisa menjadi dropshipper atau reseller. Jika kamu tidak memiliki banyak waktu, kamu bisa memilih untuk menjadi dropshipper. Namun jika kamu memiliki banyak waktu dan memang ingin menjadikan bisnis ini sebagai mata pencaharian utama, maka menjadi reseller adalah pilihan terbaik. Menjadi reseller akan jauh lebih untung dibandingkan menjadi dropshipper, namun risiko yang dimiliki juga jauh lebih tinggi. Jadi pertimbangkan matang-matang jenis bisnis apa yang mampu kamu jalankan.

(Baca juga: bisnis sampingan mahasiswa)

2. Cari Konveksi atau Supplier Kaos Terpercaya

Bisnis Kaos Polos yang Tak Pernah Mati, Begini Cara Bisnisnya - Cari Konveksi atau Supplier Kaos Terpercaya

Banyak sekali konveksi yang menyediakan kaos-kaos polos, sehingga bisa kamu beli untuk kamu jual lagi nantinya. Kamu bisa mencarinya secara offline di dekat rumahmu, supaya kamu mudah untuk mendatanginya. Atau kamu bisa mencarinya pada marketplace atau forum jual beli yang ada di internet. Cari kaos dengan bahan yang sesuai kemauan kamu dan pertimbangkan harga yang ditawarkan. Semakin bagus kualitas kaos, maka akan semakin mahal pula harganya. Jadi mintalah diskon apabila kamu membeli banyak, supaya kamu bisa mengambil keuntungan dari penjualan kaos kamu.

3. Kenali Bahan-Bahan Kaos Polos

Bisnis Kaos Polos yang Tak Pernah Mati, Begini Cara Bisnisnya - Kenali Bahan Bahan Kaos Polos

Bahan-bahan pada kaos juga sangat beragam dan memiliki ketebalan yang berbeda juga. Maka kamu harus mengenal dan menguasai bahan-bahan dari kaos polos yang ada di pasaran, sehingga kamu bisa tau peruntukan dari bahan-bahan kaos yang tersedia.

  • Cotton Combed

Cotton combed termasuk bahan yang sering digunakan pada kaos, karena bahannya yang halus membuat cotton combed sangat nyaman apabila bergesekan dengan kulit. Selain itu cotton combed juga mudah menyerap keringat, sehingga sangat nyaman dipakai pada kondisi cuaca yang panas seperti Indonesia. 

  • Cotton Modal

Hampir sama dengan cotton combed, cotton modal sama-sama berbahan dasar katun. Namun cotton modal dicampur dengan serat kayu (beechwood) dengan komposisi 50:50. Tetapi cotton modal memiliki harga yang sedikit lebih mahal dibandingkan bahan katun lainnya, karena cotton model lebih tahan terhadap bakteri dan dapat menyerap warna lebih baik.

(Baca juga: Bisnis Konveksi)

  • Cotton Blend

Cotton blend memiliki 80% katun dan dicampur dengan 20% polyster, linen, atau rayon. Ketika kapas dicampur dengan linen, kain yang dihasilkan lebih ringan dan dapat menjaga panas lebih efektif daripada linen murni. Terkadang katun harus dicampur dengan serat lain untuk menghasilkan bahan yang kuat dan lebih menarik, ini membuat cotton blend lebih kuat dan bebas kerut dibandingkan dengan kain katun murni.

  • Lycra

Lycra atau spandex merupakan jenis kain yang sangat elastis, sehingga bahan lycra biasa dijadikan pakaian olahraga untuk membuat gerakan lebih bebas pada pemakainya. Bahan ini merupakan campuran dari polyster dan polyurethane, sehingga dapat menghasilkan bahan yang kuat dan elastis. 

  • Rayon

Rayon memiliki karakter yang cenderung tipis dan sangat rapuh, sehingga bahan ini harus dicuci dengan cara yang tepat. Bahan rayon bisa kamu temui pada produk hijab dan pakaian muslim, karena rayon tidak mudah kusut dan teksturnya licin. Selain itu varian warnanya sangat beragam dan harganya cukup terjangkau, sehingga bahan rayon sangat sering digunakan untuk beberapa jenis pakaian.

4. Lengkapi Ukuran dan Warna

Bisnis Kaos Polos yang Tak Pernah Mati, Begini Cara Bisnisnya - Lengkapi Ukuran dan Warna

Ukuran dan warna adalah opsi yang akan dipilih orang jika kamu menjual produk kaos polos, jadi kamu harus menyediakannya supaya variasi kaos polos yang kamu jual cukup banyak. Sebelumnya kamu harus cari tau dulu apa ukuran dan warna yang sering dibeli orang, supaya kamu bisa menyediakan lebih banyak kaos polos yang akan laku.

(Baca juga: Bisnis Laundry Kiloan)

5. Jual Harga Murah (Buka Grosir dan Reseller)

Bisnis Kaos Polos yang Tak Pernah Mati, Begini Cara Bisnisnya - Jual Harga Murah

Kaos polos identik dengan harganya yang murah, karena orang merasa tidak perlu mengeluarkan banyak untuk membeli kaos tanpa gambar. Untuk itu jangan sampai kaos polos yang kamu jual memiliki harga yang sangat tinggi jauh di atas pasaran. Berikan harga grosir dan reseller bagi orang-orang yang akan membeli kaos polos kamu dengan jumlah besar, supaya mereka tertarik dengan harga yang kamu tawarkan. Selalu berikan benefit yang membuat mereka senang membeli produk kamu, karena mereka yang akan selalu berlangganan untuk membeli kaos polos di toko kamu.

6. Jual di Media Sosial dan Marketplace

Bisnis Kaos Polos yang Tak Pernah Mati, Begini Cara Bisnisnya - Jual di Media Sosial dan Marketplace

Berjualanlah secara online supaya kamu bisa menjangkau ke pasar yang lebih luas hingga ke luar kota, supaya orang-orang yang jauh dari lokasi kamu bisa tetap membeli kaos polos yang kamu jual. Kamu bisa memanfaatkan media sosial dan marketplace sebagai platform untuk kamu berjualan online. Facebook dan Instagram bisa kamu jadikan tempat untuk kamu memamerkan kaos jualan kamu, dengan foto dan caption yang menarik tentunya. Kemudian giring calon pembeli untuk mengunjungi toko online kamu di marketplace, supaya memudahkan mereka untuk melakukan transaksi.

(Baca juga: Tips Berjualan Di Tokopedia)

7. Pilih Anteraja Sebagai Layanan Pengiriman Kamu

Bisnis Kaos Polos yang Tak Pernah Mati, Begini Cara Bisnisnya - Pilih Anteraja Sebagai Layanan Pengiriman Kamu

Tentu kamu harus menggunakan layanan pengiriman yang terpercaya, supaya kaos polos yang kamu jual bisa sampai ke tangan pelanggan dengan selamat. Nggak perlu bingung, Anteraja bakal menjamin barang kamu sampai tepat waktu kok. Nah jangan galau soal harganya, soalnya ongkir Anteraja nggak bikin kantong jebol. Nggak percaya? Yuk langsung Cek Ongkir ke wilayah kamu dan segera kirim barang kamu dengan Anteraja! Kalau sudah, jangan lupain fitur tracking paket yang selalu tersedia untuk kamu, supaya kamu bisa melacak terus posisi paket kamu dengan Cek Resi. Yuk nggak usah pakai lama!

Jadi tunggu apalagi? Segera mulai bisnis kamu dan kembangkan hingga bisnis kamu menjadi besar! Namun kamu harus sabar dalam berbisnis, perlu banyak evaluasi untuk selalu memperbaiki produk dan pelayanan kamu, agar pelanggan kamu selalu nyaman berbelanja di toko kamu. Semoga berhasil!

(Baca juga Artikel: Ide Bisnis 2021)