Cara dan Tips-tips Usaha dan Bisnis Kosmetik Cocok untuk Pemula
Update Aja

Cara dan Tips-tips Usaha dan Bisnis Kosmetik Cocok untuk Pemula

Zaman sekarang siapa sih yang nggak butuh kosmetik? Pasti banyak sekali wanita yang membutuhkan kosmetik untuk mempercantik diri dan mendukung penampilan. Bahkan bisa dibilang kosmetik adalah barang primer para wanita, karena mereka akan terus membelinya secara rutin. Apalagi jika produk kosmetik mereka sudah mau habis, pasti mereka akan segera mencari kosmetik baru untuk mengganti kosmetik lama mereka.

Situasi ini membuat bisnis kosmetik juga terus tumbuh, bahkan produk kosmetik selalu menjadi rekomendasi di marketplace karena selalu menjadi barang terlaris. Oleh karena itu, bisnis kosmetik bisa kamu pertimbangkan untuk menjadi usaha ataupun bisnis kamu. Makanya kamu simak terus artikel ini, soalnya Anteraja udah merangkum cara dan tips berbisnis kosmetik untuk pemula. Selain itu, Anteraja juga bakal merekomendasikan produk-produk kosmetik yang wajib kamu jual. Yuk langsung simak aja ya!

Cara dan Tips Bisnis Kosmetik dari Anteraja

1. Kamu bisa Menjadi Reseller atau Dropshipper

Cara dan Tips-tips Usaha dan Bisnis Kosmetik Cocok untuk Pemula - Kamu bisa Menjadi Reseller atau Dropshipper

Kamu memiliki dua pilihan untuk sistem penjualan kamu, bisa menjadi reseller atau dropshipper. Jika kamu tidak memiliki modal yang banyak, kamu bisa memilih untuk menjadi dropshipper. Namun jika kamu memiliki modal untuk stok barang, maka menjadi reseller akan lebih menguntungkan. Semua tergantung kemampuan kamu untuk menjalankan bisnis, karena keduanya memiliki tingkat risiko dan keuntungan yang berbeda.

2. Analisa Produk Kosmetik yang Trend atau yang Sering Terjual

Cara dan Tips-tips Usaha dan Bisnis Kosmetik Cocok untuk Pemula - Analisa Produk Kosmetik yang trend atau yang Sering Terjual

Ada banyak sekali produk kosmetik yang beredar dari berbagai merk, namun bisa dibilang ada beberapa produk kosmetik yang paling sering dicari. Biasanya produk kosmetik yang paling dicari adalah face serum, foundation, lip product, cleanser, moisturizer, face mask, toner, dan lain-lain. Nah usahakan kamu melebihkan stok beberapa produk kosmetik tadi, supaya produknya tidak mudah habis dan selalu tersedia apabila dicari orang.

3. Pilih Supplier yang Terpercaya

Cara dan Tips-tips Usaha dan Bisnis Kosmetik Cocok untuk Pemula - Pilih Supplier yang terpercaya

Tentu kamu membutuhkan supplier yang akan menyuplai produk-produk kosmetik untuk kamu jual, untuk itu kamu harus memilih supplier yang terpercaya. Selain itu, carilah supplier yang memiliki harga paling kompetitif dan sudah biasa menyuplai kosmetik untuk para pedagang. Membutuhkan pertimbangan yang matang dalam menentukan supplier, karena supplier berperan penting dalam bisnis kamu. Nah kamu juga bisa bertanya kepada supplier soal produk kosmetik yang paling laku terjual.

4. Buat Perizinan Usaha Kosmetik

Cara dan Tips-tips Usaha dan Bisnis Kosmetik Cocok untuk Pemula - Buat Perizinan Usaha Kosmetik

Berjualan kosmetik memerlukan izin dari Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM), karena produsen dan penjual terancam sanksi pidana dan denda jika tidak memiliki izin. Kamu bisa mendaftar permohonan izin edar kosmetik pada situs BPOM dan melengkapi surat-surat yang diperlukan. Jika usaha kamu memiliki izin, maka pelanggan kamu juga lebih merasa tenang dan mempercayai kamu sebagai pedagang kosmetik.

5. Pastikan Produk yang Kamu Jual Original

Cara dan Tips-tips Usaha dan Bisnis Kosmetik Cocok untuk Pemula - Pastikan Produk yang Kamu Jual Original

Sebagai pedagang, kamu harus menjual barang yang original dan bukan barang tiduran. Apalagi kosmetik merupakan barang yang diaplikasikan pada tubuh, sehingga akan sangat berisiko jika produk kosmetik tidak original. Bisa saja terdapat bahan-bahan yang berbahaya pada kosmetik tidak original untuk memangkas harga jual, sehingga kosmetik tiruan bisa dijual dengan harga yang sangat murah. Untuk itu kamu harus hati-hati dan jangan sampai lengah.

6. Kalau Kamu Ingin Membuka Toko, Pilih Tempat yang strategis

Cara dan Tips-tips Usaha dan Bisnis Kosmetik Cocok untuk Pemula - Kalau Kamu Ingin membuka Toko Pilih Tempat yang Strategis

Kosmetik sudah sangat lumrah dijual secara online, untuk itu kamu bisa berjualan secara online untuk menghemat biaya operasional. Namun jika kamu ingin membuka toko offline, maka kamu juga harus memperhatikan tempat yang strategis. Pastikan kamu menentukan lokasi yang mudah dilihat dan mudah dijangkau oleh banyak orang.

7. Tentukan Target Pasar dengan Brand yang Kamu Jual

Cara dan Tips-tips Usaha dan Bisnis Kosmetik Cocok untuk Pemula - Tentukan Target Pasar dengan brand yang Kamu Kenal

Ada banyak sekali brand kosmetik mulai dari brand lokal hingga brand impor, semuanya memiliki harga yang sangat beragam dari yang murah hingga yang mahal. Ada beberapa brand memang menawarkan produk premium dan ada brand yang menawarkan produk terjangkau. Nah kamu harus menentukan target pasar sesuai dengan brand yang kamu jual, karena satu brand kosmetik tidak akan bisa menjangkau pasar yang luas.

8. Berjualan di Marketplace

Cara dan Tips-tips Usaha dan Bisnis Kosmetik Cocok untuk Pemula - Berjualan di Marketplace

Seperti yang tadi sudah dijelaskan, kosmetik sudah sangat lumrah dijual secara online. Biasanya kosmetik dijual di marketplace dan angka penjualannya sangat fantastis. Nah kamu juga harus berjualan di marketplace dan memilih Anteraja sebagai layanan pengiriman kosmetik kamu. Tenang aja, harga ongkirnya nggak bikin pelanggan kamu kabur! Coba deh kamu cek ongkir sekarang kalo nggak percaya. Selain murah, pelanggan kamu juga bakal dimanjakan dengan fitur tracking paket akurat dengan cek resi. Jadi pastikan kamu gunakan Anteraja! 

9. Promosi ke Teman, Keluarga Kamu dan Media Social

Cara dan Tips-tips Usaha dan Bisnis Kosmetik Cocok untuk Pemula - Promosi ke Teman Keluarga Kamu dan Media Social

Pasti teman dan keluarga kamu banyak yang membutuhkan kosmetik, sehingga kamu harus mempromosikannya kepada mereka. Apalagi jika produk kamu original dan terjangkau, pasti mereka akan terus berlangganan dengan kamu. Nah kamu juga harus memanfaatkan media sosial untuk mempromosikannya. Buatlah akun media sosial seperti Instagram atau Facebook dan buat profil yang menarik dengan promo-promo yang menggiurkan.

10. Jangan Pantang Menyerah

Cara dan Tips-tips Usaha dan Bisnis Kosmetik Cocok untuk Pemula - Jangan Pantang Menyerah

Persiapkan mental kamu dari awal untuk memulai berbisnis, karena pasti ada banyak tantangan yang harus kamu hadapi. Jika kamu menemukan tantangan yang berat, maka carilah jalan keluar dan jangan sampai kamu menyerah di tengah jalan. Untuk itu kamu harus memiliki strategi yang tepat supaya bisnis kamu bisa berjalan sesuai rencana.

Rekomendasi Produk Kosmetik Terbaik untuk Kamu Jual

1. Foundation

Cara dan Tips-tips Usaha dan Bisnis Kosmetik Cocok untuk Pemula - Foundation

Foundation adalah produk kosmetik yang memiliki warna seperti kulit, sehingga berguna untuk meratakan dan menyamarkan kulit wajah. Pasti banyak yang mencari produk foundation, karena produk ini memang sering digunakan sehari-hari.

2. Concealer

Cara dan Tips-tips Usaha dan Bisnis Kosmetik Cocok untuk Pemula - Concealer

Hampir sama seperti foundation, namun concealer hanya menyamarkan beberapa spot pada wajah. Biasanya seperti kantung mata, pori-pori, bintik hitam, dan sebagainya. Karena sama-sama berguna untuk menyamarkan warna kulit, maka concealer juga nggak kalah dicari.

3. Maskara

Cara dan Tips-tips Usaha dan Bisnis Kosmetik Cocok untuk Pemula - Maskara

Banyak orang yang memiliki bulu mata yang tipis namun mereka sangat ingin memamerkannya, di sinilah maskara bekerja. Maskara berguna untuk mempergelap dan mempertebal bulu mata, sehingga membuat mata terlihat lebih indah dan mendukung penampilan.

4. Lipstik

Cara dan Tips-tips Usaha dan Bisnis Kosmetik Cocok untuk Pemula - Lipstik

Sangat jarang wanita tidak memakai lipstik pada bibirnya, karena lipstik sangat berpengaruh terhadap penampilan wajah. Bahkan wanita dapat membeli lipstik dengan shade yang beragam, sehingga pasti mereka membeli lebih dari satu buah. Sangat disayangkan jika kamu tidak berjualan lipstik di toko kamu.

5. Pensil Alis

Cara dan Tips-tips Usaha dan Bisnis Kosmetik Cocok untuk Pemula - Pensil Alis

Banyak orang yang bermasalah pada alis mereka, biasanya alis mereka terlalu tipis dan tersamarkan. Nah pensil alis menjadi salah satu senjata untuk membuat alis mereka terlihat lebih hitam dan lebih tebal. Kalau yang satu ini jangan sampai nggak kamu jual, karena pensil alis pasti dibutuhkan oleh orang yang memiliki masalah pada alis.

6. Bedak

Cara dan Tips-tips Usaha dan Bisnis Kosmetik Cocok untuk Pemula - Bedak

Bedak dapat membuat wajah lebih cerah dan bersinar, sehingga bedak juga nggak kalah dicari oleh banyak orang. Apalagi bedak dapat membuat penampilan wajah lebih terlihat fresh dan menyerap minyak berlebih. Sehingga bedak merupakan produk kosmetik yang biasa digunakan sehari-hari.

7. Cleansing Oil

Cara dan Tips-tips Usaha dan Bisnis Kosmetik Cocok untuk Pemula - Cleansing Oil

Nah cleansing oil merupakan barang terpenting bagi mereka yang suka memakai kosmetik. Cleansing oil berguna untuk membersihkan wajah dari berbagai kotoran, seperti debu, minyak berlebih, dan bekas kosmetik yang diaplikasikan ke wajah. Sehingga cleansing oil pasti digunakan oleh mereka yang suka menggunakan kosmetik.

Tidak hanya Bisnis Kosmetik saja yang disediakan oleh Anteraja, tetapi Anteraja juga memiliki Artikel-artikel tentang bisnis yang akan memberi kamu ide untuk Bisnis apa yang harus dijalankan seperti. Berikut ialah artikel dari Anteraja:

Jadi gimana, kamu tetap berminat kan untuk berbisnis kosmetik? Jangan ragu deh, soalnya bisnis ini bisa dibilang nggak akan pernah mati. Jadi kamu bisa mengembangkan bisnis ini sampai bertahun-tahun dan mendapatkan keuntungan yang sangat besar! Yuk buruan pertimbangkan dengan matang strategi dan rencana kamu, supaya bisnis kosmetik kamu bisa memenangkan kompetisi di pasar.

Author

Satria Anteraja

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *