9 Ide Usaha Modal 3 Juta Terbaik yang Sangat Menguntungkan

Ide Usaha Modal 3 Juta Terbaik yang Sangat Menguntungkan

Berbisnis memang bisa menjadi salah satu pekerjaan yang dapat menghasilkan keuntungan yang banyak, namun berbisnis memiliki banyak risiko yang harus dihadapi. Kamu harus menyiapkan uang sebagai modal awal kamu memulai bisnis, maka kamu harus siap menggunakan uang tersebut dan menerima apapun risikonya. Namun tidak semua bisnis membutuhkan modal yang besar, ada juga bisnis yang membutuhkan modal yang kecil.

Kali ini kita akan membahas bisnis atau usaha dengan modal 3 juta rupiah aja nih! Pasti kamu semua punya dong modal segini. Nah untuk kamu yang memiliki modal yang belum terlalu banyak, tenang saja, 3 juta rupiah sudah lebih dari cukup untuk kamu yang ingin berbisnis online loh! Dengan uang 3 juta rupiah kamu bisa menciptakan UKM yang layak dan bisa kamu kembangkan menjadi usaha yang besar. Makanya, simak terus ya artikelnya di bawah ini! 

Rekomendasi Usaha Modal 3 Juta dari Anteraja

1. Bisnis Thrift

 Ide Usaha Modal 3 Juta Terbaik yang Sangat Menguntungkan - Bisnis Thrift

Thrifting atau membeli pakaian bekas sedang sangat populer beberapa tahun terakhir, karena dengan thrifting orang-orang bisa mendapatkan pakaian bermerk yang masih bagus namun dengan harga yang sangat terjangkau. Dengan modal 3 juta rupiah, kamu bisa membeli banyak sekali pakaian bermerk dari supplier. Pilih pakaian dari merk-merk yang dikenal orang dan masih sangat layak pakai, supaya orang-orang bisa langsung mengetahui merk-merk yang kamu jual. Berjualanlah secara online dengan memanfaatkan marketplace dan media sosial, kamu bisa menyasar anak-anak muda yang senang thrifting.

2. Bisnis Makanan Unik yang Belum Ada di Sekitar Kamu

 Ide Usaha Modal 3 Juta Terbaik yang Sangat Menguntungkan - Bisnis Makanan Unik yang Belum Ada di Sekitar Kamu

Makanan unik memang selalu membuat orang penasaran, makanya banyak orang yang ingin mencoba makanan-makanan unik. Kamu bisa mengkreasikan makanan-makanan yang sudah populer supaya menjadi makanan yang unik. Apalagi jika makanan tersebut belum banyak tersedia di sekitar kamu, pasti akan banyak orang yang penasaran ingin mencobanya.

3. Membuka Usaha Minuman Kekinian

 Ide Usaha Modal 3 Juta Terbaik yang Sangat Menguntungkan - Membuka Usaha Minuman Kekinian

Nah kalau bisnis ini harus kamu pertimbangkan, karena minuman kekinian sedang sangat populer akhir-akhir ini. Beberapa minuman kekinian yang sedang populer yaitu boba tea, thai tea, es kopi susu, alpukat kocok, dan lain-lain. Dengan modal 3 juta rupiah, kamu bisa membuka gerai kecil-kecilan di daerah tempat tinggal kamu. Atau kamu juga bisa berjualan di bagian depan rumah kamu, agar kamu tidak perlu menyewa tempat.

(Baca juga: Bisnis UKM Yang menguntungkan)

4. Menjadi Dropshipper 

 Ide Usaha Modal 3 Juta Terbaik yang Sangat Menguntungkan - Menjadi Dropshipper

Menjadi dropshipper bisa menjadi pilihan kamu yang ingin berbisnis namun tidak memiliki modal yang banyak, karena bisnis ini hampir tidak membutuhkan modal. Tugas kamu hanya membelikan barang yang dipesan oleh konsumen dari supplier, sehingga kamu nggak perlu mengeluarkan modal untuk stok barang. Nah pastikan kamu memilih supplier terpercaya yang menawarkan harga barang yang murah, supaya kamu bisa mengambil keuntungan dari setiap barang yang kamu jual. Selain itu, usahakan juga kamu memilih supplier yang menggunakan layanan pengiriman Anteraja, supaya kamu nggak perlu khawatir soal pengirimannya. Dengan tiga opsi pengiriman Regular, Next Day, dan Same Day akan memudahkan pelanggan kamu untuk memilih opsi pengiriman sesuai kebutuhan mereka. Kalau penasaran harga ongkirnya, kamu bisa Cek Ongkir sekarang untuk info harga ongkir ke tujuan kamu! Kamu juga bisa sekalian Cek Resi untuk lacak paket yang sedang kamu kirim, jadi paket akan selalu aman dalam pantauan.

5. Usaha Tanaman

 Ide Usaha Modal 3 Juta Terbaik yang Sangat Menguntungkan - Usaha Tanaman

Sekarang mengoleksi tanaman hias sudah merambah ke berbagai kalangan, bahkan anak-anak muda sekarang suka mengoleksi tanaman hias. Namun penjual tanaman hias masih susah ditemukan di beberapa lokasi, sehingga banyak orang harus lebih berusaha untuk mencari penjual tanaman hias. Jika kamu memiliki skill menanam yang cukup baik, kamu bisa menanam tanaman hias yang sangat populer dan menjualnya dengan harga tinggi. Karena ada beberapa tanaman yang tidak susah untuk menumbuhkannya dan sangat disukai orang, sehingga harganya jualnya bisa sangat menguntungkan.

6. Berjualan Hijab

 Ide Usaha Modal 3 Juta Terbaik yang Sangat Menguntungkan - Berjualan Hijab

Hijab masih menjadi salah satu produk pakaian yang sangat laku di Indonesia, karena banyak di Indonesia banyak wanita muslimah yang membutuhkan hijab. Kamu perlu mencari supplier hijab yang menawarkan hijab dengan bahan yang berkualitas, sehingga nyaman dipakai dan tidak panas. Kamu juga bisa membranding hijab yang kamu beli dari supplier, supaya orang-orang dapat mengenal produk hijab yang kamu jual. Buat akun media sosial dan promosikan brand hijab kamu dengan menarik, supaya orang-orang tertarik dan merasa produk hijab kamu layak dibeli. Sisihkan modal kamu untuk melakukan promosi online dengan memanfaatkan fitur ads yang ditawarkan media sosial.

7. Jual Kaos Polos

 Ide Usaha Modal 3 Juta Terbaik yang Sangat Menguntungkan - Jual Kaos Polos

Kaos polos selalu menjadi pakaian yang cocok dipakai oleh siapapun, sehingga banyak orang-orang yang lebih memilih untuk menggunakan kaos polos. Selain itu, kaos polos juga bisa disablon sesuai dengan gambar yang diinginkan. Jadi orang-orang yang menyukai kaos bergambar juga bisa mengkreasikan gambar keinginan mereka pada kaos polos. Carilah konveksi yang menawarkan kaos polos dengan harga yang terjangkau. Jangan lupa untuk perhatikan bahan-bahan yang ditawarkan, karena ada beberapa bahan yang tidak cocok untuk dipakai pada udara yang panas.

8. Berjualan Atasan Wanita

 Ide Usaha Modal 3 Juta Terbaik yang Sangat Menguntungkan - Berjualan Atasan Wanita

Wanita sangat menyukai berbelanja secara online maupun offline, nggak heran produk-produk wanita selalu memiliki angka penjualan yang fantastis. Kamu bisa memanfaatkan situasi ini untuk berjualan atasan wanita, karena atasan biasanya paling sering dibeli dibandingkan pakaian lain. Tidak perlu berjualan secara offline, kamu bisa berjualan secara online menggunakan marketplace atau media sosial. Berikan harga dan promo yang menarik, karena produk-produk seperti ini biasanya dibeli dalam jumlah yang banyak. Sehingga para wanita akan memilih harga terbaik bagi mereka.

9. Berjualan Snack

 Ide Usaha Modal 3 Juta Terbaik yang Sangat Menguntungkan - Berjualan Snack

Snack selalu menjadi makanan yang bisa dikonsumsi kapanpun dan dimanapun, makanya banyak sekali orang yang suka memakan snack. Ada banyak snack yang bisa kamu jual, seperti aneka keripik, kue kering, dan sebagainya. Jika kamu memiliki skill memasak, maka berjualan snack akan sangat menguntungkan. Bahan-bahan yang dibutuhkan tidak terlalu mahal, namun penjualannya bisa sangat tinggi jika kamu berhasil membuat snack yang enak.

Selain itu Anteraja juga menyediakan rekomendasi Artikel untuk kamu bagi kamu yang memiliki modal kurang atau lebih dari 3 juta Rupiah, seperti:

Tips Bisnis Dari Anteraja

1. Siapkan Modal Usaha dan Mental Kamu

 Ide Usaha Modal 3 Juta Terbaik yang Sangat Menguntungkan - Siapkan Modal Usaha dan Mental Kamu

Tentu kamu harus menyiapkan modal untuk menjalankan usaha. Dengan modal 3 juta rupiah, kamu harus menggunakan modal secara maksimal. Selain menyiapkan modal, kamu juga harus menyiapkan mental. Berbisnis tidak hanya membutuhkan modal dan strategi, mental juga perlu dipersiapkan supaya mampu menghadapi hal-hal yang bisa terjadi.

2. Bisnis Sesuai Bidang dan Kesukaan Kamu

 Ide Usaha Modal 3 Juta Terbaik yang Sangat Menguntungkan - Bisnis Sesuai Bidang dan Kesukaan Kamu

Kamu bisa menjalankan bisnis sesuai dengan bidang atau kesukaan kamu, karena kamu bisa lebih percaya diri dan enjoy ketika menjalankannya. Jika kamu menyukai tanaman, maka cobalah untuk berjualan tanaman hias. Jika kamu menyukai makanan, berjualan makanan bisa menjadi hal yang menarik. Jika kamu masih bingung untuk menjalankan bisnis apa, coba bidang apa yang paling kamu kuasai dari list usaha di atas. 

3. Jangan Takut Berinovasi

 Ide Usaha Modal 3 Juta Terbaik yang Sangat Menguntungkan - Jangan Takut Berinovasi

Bisnis memerlukan pengembangan supaya mampu bersaing dengan bisnis yang lainnya, untuk itu kamu tidak boleh takut untuk berinovasi. Kamu bisa menginovasikan produk yang kamu jual, sistem pembelian, strategi pemasaran, dan lain-lain. Pastikan kamu peka dengan keadaan, supaya kamu bisa memanfaatkan situasi yang terjadi. Selalu jadikan bisnis kamu lebih maju dan berbeda dibanding bisnis lainnya.

4. Promosi ke Teman dan Keluarga

 Ide Usaha Modal 3 Juta Terbaik yang Sangat Menguntungkan - Promosi ke Teman dan Keluarga

Jangan lupa untuk mempromosikan bisnis kamu ke keluarga dan teman-teman, karena mereka pasti sangat senang dengan bisnis baru kamu. Berikan potongan harga yang menarik, supaya mereka mau membeli atau mencobanya. Tanya mereka soal produk dan pelayanan bisnis kamu, apakah sudah baik atau belum. Dengan meminta feedback kepada mereka, kamu bisa mengevaluasi dan memperbaiki kekurangan yang ada pada bisnis kamu.

Nggak nyangka kan? Ternyata dengan uang 3 juta rupiah, bisa menciptakan bisnis yang menjanjikan! Jadi buruan deh tentukan langsung bisnis yang ingin kamu jalankan dan gunakan dengan maksimal uang yang kamu miliki. Tidak apa-apa jika kamu hanya membuka bisnis kecil-kecilan, seiring berjalannya waktu kamu bisa mengembangkannya hingga menjadi bisnis yang besar. Jangan sampai kamu menyerah di tengah jalan, semoga berhasil!