8 Trik dan Cara Mencari Produk yang Sedang Trend di Pasar

Trik dan Cara Mencari Produk yang Sedang Trend di Pasar

Tren akan sebuah produk pasti akan berubah setiap tahunnya, bahkan setiap bulannya. Sehingga produk yang tadinya sangat laku dan dicari, bisa saja menjadi produk yang tidak dicari lagi. Kondisi seperti ini yang perlu diperhatikan, apalagi jika kamu memiliki bisnis berjualan barang. Kamu harus peka akan situasi ini, jika tidak kamu tidak bisa tau kapan produk yang kamu jual sedang dicari atau tidak.

Nggak hanya untuk pebisnis, untuk kamu yang sekedar ingin mengetahui soal tren produk juga nggak masalah. Caranya mudah kok, nggak butuh kemampuan lebih untuk mengidentifikasinya. Karena sekarang sudah banyak platform pendukung yang bakal memudahkan kamu untuk mencari dan mengidentifikasi tren produk dari tahun ke tahun. Kalau kamu penasaran, langsung simak aja yuk cara mencari produk yang sedang tren di bawah ini!

Cara Mencari Produk yang Sedang Trend

1. Identifikasi Usaha yang Sedang Trend

Trik dan Cara Mencari Produk yang Sedang Trend di Pasar - Identifikasi Usaha yang Sedang Trend

Sebelum mencari produk yang sedang tren, kamu bisa mencari dahulu usaha yang sedang tren. Mengidentifikasi bidang usaha dapat dijadikan acuan untuk mencari produk yang sedang tren di masyarakat. Misalnya kamu melihat bahwa usaha berjualan aksesoris handphone sedang sangat laris, nah kamu baru kamu cari tahu produk apa yang paling laris dari aksesoris handphone. Kamu juga perlu mengamati sistem manajemen dan sistem pemasaran yang mereka gunakan agar dapat laris di pasaran, sehingga kamu bisa mengikuti cara mereka supaya barang yang kamu jual bisa laris.

2. Cari Produknya di Marketplace 

Trik dan Cara Mencari Produk yang Sedang Trend di Pasar - Cari Produknya di Marketplace

Marketplace adalah platform untuk berjualan produk, sehingga marketplace bisa kamu jadikan patokan untuk mencari produk yang sedang tren. Di sana terdapat banyak sekali penjual dari berbagai produk mulai dari kebutuhan sehari-hari hingga hobi. Kamu bisa mencari kategori hot product atau produk terlaris, biasanya akan terpampang pada halaman utama situs marketplace yang kamu tuju. Kamu juga bisa melihat jumlah produk yang terjual dari masing-masing toko, sehingga kamu juga bisa memperkirakan berapa jumlah produk yang laku.

3. Lihat Google Trends

Trik dan Cara Mencari Produk yang Sedang Trend di Pasar - Lihat Google Trends

Google Trends juga bisa kamu jadikan sebagai benchmark untuk melihat produk yang sedang tren, karena Google Trends dapat melihat semua tren di dunia berdasarkan keyword yang dicari melalui Google. Nah caranya gampang kok, kamu tinggal mengunjungi situs Google Trends dan ketik keyword produk yang ingin kamu cari tahu. Setelah kamu mengetik keyword produknya, Google Trends akan memberikan data yang menunjukan minat masyarakat terhadap produk yang kamu cari. Data yang diberikan cukup lengkap, yaitu dalam bentuk grafik yang bisa kamu tentukan jangka waktunya mulai dari seminggu terakhir, sebulan terakhir, bahkan setahun terakhir. Selain itu, Google Trends juga memberikan data angka minat per-daerah, sehingga kamu bisa tau daerah mana saja yang memiliki minat tinggi terhadap produk yang kamu cari.

4. Melakukan Research Keyword di Google

Trik dan Cara Mencari Produk yang Sedang Trend di Pasar - Melakukan keyword research di Google

Research keyword berfungsi untuk menentukan keyword yang potensial atau mengetahui topik apa saja yang dicari orang di Google. Jika kamu adalah menjual pakaian, maka kamu harus research terlebih dahulu keyword apa yang sering digunakan orang-orang untuk mencari produk pakaian. Misalnya mereka lebih sering menggunakan keyword “kemeja kerja” ketika mencari kemeja formal untuk ke kantor, nah kamu bisa menggunakan keyword tersebut untuk ditulis pada judul produk jualan kamu. Jangan sampai kamu menulis keyword “kemeja kantor” atau “kemeja formal” jika keyword yang paling sering digunakan adalah “kemeja kerja.”

5. Buat Kuesioner

Trik dan Cara Mencari Produk yang Sedang Trend di Pasar - Buat Kuesioner

Membuat kuesioner bisa membantu kamu untuk mengetahui produk-produk yang diminati oleh perorangan, sehingga kamu bisa menghitung secara detail produk yang diminati orang sesuai dengan kriteria yang kamu tentukan. Dengan kuesioner, kamu bisa mengetahui orang yang memiliki penghasilan sekian atau orang yang memiliki umur sekian suka dengan produk apa. Kamu bisa membuat kuesioner secara online menggunakan beberapa penyedia online form di internet, sehingga kamu bisa menyebarkannya dengan mudah ke khalayak luas. Pastikan kamu menyiapkan pertanyaan sesuai dengan yang kamu butuhkan, jangan sampai ada pertanyaan-pertanyaan yang berlebihan dan tidak terpakai.

6. Lihat Ulasan Produk

Trik dan Cara Mencari Produk yang Sedang Trend di Pasar - Lihat Ulasan Produk

Biasanya orang selalu mengulas produk yang telah mereka beli secara online, baik di marketplace, e-commerce, media sosial, dan platform jual beli online lainnya. Dengan melihat ulasan yang diberikan konsumen, kamu dapat memiliki gambaran terkait produk yang sedang tren. Namun kamu memerlukan waktu yang cukup banyak dan ketelitian untuk melihat dan menyimpulkan ulasan yang ada. Kamu bisa mengkategorikan ulasan sesuai dengan bintang yang diberikan terhadap sebuah produk, agar kamu bisa mengetahui kekurangan dan kelebihan  yang dimiliki produk tersebut. 

(Baca juga: cara sukses jualan online di instagram)

7. Gunakan Tools Berbayar

Trik dan Cara Mencari Produk yang Sedang Trend di Pasar - Gunakan Tools Berbayar

Ada banyak sekali tools berbayar yang ada di internet yang bisa kamu gunakan untuk mencari produk yang sedang tren. Kamu bisa menggunakan Google Keyword Planner, Ahrefs, keywordtool.io dan lain-lain. Banyak juga tools yang tidak berbayar, namun biasanya tools tidak berbayar membatasi pencarian keyword sehingga tidak akan lengkap. Untuk tools berbayar, kamu akan ditawarkan langganan bulanan. Setelah kamu berlangganan, kamu bisa langsung mencari keyword yang kamu butuhkan tanpa dibatasi. Kamu juga akan diberi tahu informasi secara detail soal jumlah pencarian keyword produk yang sedang tren dan statistik dalam kurun waktu tertentu. 

8. Melihat Trend dari Sekitar dan Word of Mouth

Trik dan Cara Mencari Produk yang Sedang Trend di Pasar - Melihat Trend dari Sekitar dan Word of Mouth

Tidak hanya dari internet, jika perlu kamu juga harus melakukan riset secara offline. Pasti kamu banyak memiliki teman atau keluarga, nah kamu bisa memperhatikan produk apa yang sering mereka beli. Selain itu, kamu juga bisa melakukan riset dari percakapan orang mulut ke mulut tentang produk apa yang sedang sering dibicarakan. Ini juga bisa menjadi patokan untuk kamu mencari produk yang sedang tren, namun memang memerlukan usaha lebih untuk melakukannya.

Untuk para pembaca setia Anteraja yang ingin membuka Bisnis, Team Anteraja sudah menyediakan berbagai macam Artikel tentang bisnis yang akan membantu kamu mendapatkan ide atau mengembangkan bisnis kamu! berikut ialah sedikit dari artikel bisnis yang ada di Anteraja:

Nah jika kamu ingin barang yang kamu jual semakin laku, kamu harus memberi kepuasan lebih kepada pelanggan. Pelanggan biasanya sangat puas dengan pelayanan yang ramah dan pengiriman yang cepat, untuk itu kamu wajib menggunakan Anteraja untuk mengirim barang-barang kamu. Anteraja selalu mengedepankan kualitas dan waktu pengiriman agar selalu memberikan ketepatan waktu sesuai yang dijanjikan. Nah nggak usah takut mahal soal ongkirnya, karena kamu bisa Cek Ongkir langsung biar nggak penasaran! Untuk menambah kenyamanan pelanggan, Anteraja juga punya fitur tracking paket yang bisa melacak paket secara berkala dan akurat pastinya. Jadi pelanggan kamu tinggal Cek Resi dan duduk tenang sampai Satria datang mengantar paket. Jadi jangan ragu untuk gunakan Anteraja!