Cara Mendapatkan Passive income Terbaik di Tahun Ini
Update Aja

10 Cara Mendapatkan Passive income Terbaik di Tahun Ini

Pandemi ini membuat banyak orang harus memutar otak untuk menemukan tambahan income, mungkin karena PHK akibat pengurangan pegawai atau pemotongan gaji membuat mereka harus mencari tambahan uang untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari. Naiknya harga barang-barang setiap tahunnya juga mendorong orang untuk bekerja lebih keras dalam mencari uang, sehingga banyak orang yang kehabisan akal untuk mencari pekerjaan apalagi yang bisa mereka lakukan.

Tapi jangan khawatir, zaman sekarang mencari uang bisa dibilang lumayan mudah. Kamu bisa mendapatkan passive income dari aktivitas yang tidak mengganggu pekerjaan kamu. Karena aktivitas ini bisa kamu kerjakan di waktu luang kamu seperti malam hari atau weekend, sehingga kamu bisa tetap menjalankan pekerjaan dan aktivitas utama kamu sehari-hari. Coba deh kamu langsung cek 10 cara mendapatkan passive income yang akan dijelaskan di bawah ini!

Cara Mendapatkan Passive Income Terbaik 2020

1. Membuat Blog

Cara Mendapatkan Passive income Terbaik di Tahun Ini - Membuat Blog

Membuat blog dapat menjadi pilihan menarik buat kamu yang sangat menyukai menulis, karena blog bisa menampung tulisan-tulisan kamu untuk disebarluaskan di internet sehingga bisa diakses dan dibaca oleh semua orang. Jika kamu tertarik dengan kuliner, wisata, dan review produk, kamu bisa menuliskannya di blog sehingga orang-orang bisa membaca tulisan kamu. Atau juga konten-konten seperti rekomendasi film atau buku, tutorial, dan opini juga bisa kamu tulis di blog kamu. Dengan blog, kamu bisa menuangkan hobi kamu dalam menulis dan bisa membantu orang lain jika itu relate dengan mereka. Tidak repot untuk membuat blog, karena kamu bisa menggunakan situs blog gratis yang disediakan di internet seperti WordPress atau Blogger. Namun jika kamu ingin memiliki situs sendiri, kamu perlu membayar domain dan hosting. Dengan ini kamu bebas mengganti alamat situs dengan nama kamu atau sebagainya. 

2. Melakukan Afiliate Marketing

Cara Mendapatkan Passive income Terbaik di Tahun Ini - Melakukan Affiliate Marketing

Afiliate marketing adalah model bisnis dengan sistem pemberian bayaran komisi untuk jasa seseorang, setelah orang tersebut berhasil menjualkan barang atau jasa melalui pemasaran di internet. Jadi dengan kamu mempromosikan produk atau jasa dari sebuah merchant, kamu akan mendapatkan komisi dari mereka apabila produk yang kamu promosikan dibeli oleh orang. Kamu bisa memanfaatkan blog yang sudah kamu buat dengan melakukan review dari produk-produk mereka. Beruntung jika review kamu membuat orang-orang ingin membeli produk yang kamu pakai, sehingga kamu bisa mendapatkan banyak uang dari sana.

3. Mencoba Menjadi Youtuber

Cara Mendapatkan Passive income Terbaik di Tahun Ini  - Mencoba Menjadi Youtuber

Zaman sekarang menjadi Youtuber mungkin sudah menjadi impian anak-anak muda. Bagaimana tidak, dengan menjadi Youtuber kamu akan mendapatkan banyak uang dan menarik perhatian warganet. Namun kamu juga harus membuat konten yang menarik, sehingga kamu bisa menarik orang untuk menaikan views dengan menonton konten kamu. Setelah kamu mendapatkan banyak views, kamu bisa memberikan AdSense atau iklan pada konten video yang kamu buat. AdSense itu yang akan membuat kamu mendapatkan uang, karena mereka akan meletakkan iklan di video-video kamu. Semakin banyak iklan yang dilihat dan di klik oleh orang, maka semakin besar kesempatan kamu untuk mendapatkan uang. Maka pastikan konten-konten video kamu menarik sehingga orang terus berdatangan untuk menonton konten video kamu.

4. Melakukan Investasi

Cara Mendapatkan Passive income Terbaik di Tahun Ini - Melakukan Investasi

Investasi adalah cara untuk mengembangkan jumlah uang atau harta yang kamu miliki. Banyak jenis harta yang kamu bisa investasikan seperti uang, emas, dan aset. Namun kamu harus sangat menguasai tentang investasi, karena investasi memiliki risiko yang besar apabila kamu tidak menguasai cara-caranya. Kamu juga perlu merencanakan matang-matang berapa modal yang akan kamu investasikan dan berapa lama jangka waktu penanaman modal yang akan kamu lakukan. Proses ini memerlukan banyak pertimbangan, karena mengalami kerugian besar bukan hal yang tidak biasa pada investasi. Namun jika perencanaan kamu tetap dan beruntung, kamu bisa mendapatkan uang yang banyak. Tetapi ingat keuntungan dari investasi tidak bisa didapatkan dengan instan, maka kamu harus bersabar ketika melakukan investasi.

5. Menjual Aset dan Karya Kreatif

Cara Mendapatkan Passive income Terbaik di Tahun Ini - Menjual Aset dan Karya Kreatif

Jika kamu adalah orang-orang yang memiliki kemampuan lebih di bidang industri kreatif, kamu harus manfaatkan kemampuan kamu itu untuk mendapatkan passive income. Kamu bisa menjual karya-karya kamu seperti logo, banner, undangan, atau bahkan gambar desain grafis. Karya-karya kamu perlu disimpan di platform penjualan karya seni seperti Etsy atau Creative Market, sehingga orang-orang yang memang sedang mencari karya-karya orang seperti kamu bisa mencarinya di platform tersebut. Aset dan karya yang bisa dibuat seperti logo banyak dicari oleh perusahaan yang baru memulai dan sedang mencari logo bagi mereka. Dengan itu kamu memiliki kesempatan untuk mendapatkan uang dari penjualan aset dan karya kreatif yang telah kamu buat.

6. Sewa Properti (Rumah dan Apartemen)

Cara Mendapatkan Passive income Terbaik di Tahun Ini - Sewa Properti dan Apartemen

Sewa properti masih sangat menjanjikan untuk mendapatkan passive income, apalagi buat kamu yang tinggal di wilayah padat penduduk seperti Jabodetabek. Banyak sekali orang-orang dari berbagai daerah di Indonesia yang datang ke wilayah ini untuk bekerja, sehingga kebutuhan akan tempat tinggal sangat tinggi di sini. Dengan kamu menyewakan tempat tinggal seperti rumah atau apartemen akan memenuhi kebutuhan mereka untuk tinggal. Memang harus memiliki modal lebih untuk menjalani bisnis sewa properti ini, karena kamu harus memiliki properti baik rumah maupun apartemen yang bisa kamu sewakan. Namun kalau kamu memang sudah memiliki properti yang tidak kamu tempati, kamu perlu mempertimbangkan bisnis sewa properti ini. Setidaknya kamu tidak perlu mengeluarkan uang untuk merawat properti kamu yang tidak ditempati itu, karena kamu bisa mendapatkannya dari biaya bisnis sewa properti yang kamu jalankan.

7. Menjadi Dropshipper

Cara Mendapatkan Passive income Terbaik di Tahun Ini - Menjadi Dropshipper

Menjadi dropshipper tidak sesulit menjadi reseller dan keuntungan yang didapatkan tidak sebesar menjadi reseller. Namun dengan menjadi dropshipper, kamu tidak perlu pusing-pusing untuk melakukan stok barang. Pada dasarnya, kamu hanya menjadi perantara antara supplier dengan pembeli, karena biasanya supplier tidak melakukan promosi barang seperti yang dilakukan oleh para reseller atau dropshipper. Kamu hanya perlu mempromosikan produk yang dijual supplier kepada calon pelanggan kamu dengan media sosial atau website yang telah kamu buat. Setelah itu tarik pelanggan untuk membeli barang yang kamu tawarkan, belilah barang tersebut ke supplier setelah pelanggan kamu memesannya. Jangan lupa untuk menaikkan harga dari supplier kamu sebagai keuntungan kamu menjadi dropshipper. Dengan ini kamu tetap bisa menjalankan pekerjaan utama kamu tanpa repot-repot harus melakukan stok dan mengirim barang.

8. Menjual Karya Fotografi

Cara Mendapatkan Passive income Terbaik di Tahun Ini - Menjual Karya Fotografi

Buat kamu yang hobi banget soal fotografi, jangan cuma menyimpan foto-foto kamu di laptop atau handphone kamu, karena kamu bisa melewatkan kesempatan untuk mendapatkan uang. Apalagi kalau kamu memiliki skill yang keren dalam urusan fotografi, bisa saja foto-foto kamu menarik orang atau perusahaan yang ingin menggunakan foto kamu. Manfaatkan platform penyimpanan foto di internet seperti Shutterstock, karena seluruh orang di dunia bisa mengakses platform tersebut dan melihat foto-foto kamu. Buat platform tersebut sebagai lahan kamu untuk menyimpan hasil foto-foto kamu, sehingga foto tersebut bisa dipamerkan ke seluruh dunia. Jika ada yang tertarik, banyak kemungkinan foto kamu akan diunduh dan kamu akan mendapatkan uang dari foto-foto yang diunduh tersebut. Bahkan karya foto kamu bisa ditawarkan oleh perusahaan-perusahaan besar yang memang membutuhkan foto kamu untuk promosi mereka.

9. Investasi di Reksadana

Cara Mendapatkan Passive income Terbaik di Tahun Ini - Investasi di Reksadana

Reksadana adalah tempat bagi para investor untuk melakukan investasi. Mengapa reksadana dapat menjadi pilihan untuk mendapatkan passive income? Karena reksadana memiliki risiko yang kecil dengan pengelolaan oleh manajer investasi yang profesional. Sehingga para investor tidak perlu repot-repot untuk memikirkan investasi yang harus dilakukan dengan modal yang mereka miliki. Dengan ini, reksadana bisa dilakukan dari berbagai kalangan dan umur. Buat kamu para pelajar atau karyawan yang tidak memiliki waktu banyak, reksadana bisa menjadi pilihan investasi yang tidak menyulitkan. Tetapi jangan lupa untuk tentukan perusahaan penyedia reksadana yang terpercaya, supaya modal kamu jelas dan tidak perlu khawatir akan hilang.

10. Menjalani Bisnis MLM

Cara Mendapatkan Passive income Terbaik di Tahun Ini - Menjalani Bisnis MLM

MLM atau Multi Level Marketing adalah model bisnis yang sudah berjalan sejak lama di Indonesia, sehingga sampai saat ini sudah banyak perusahaan MLM yang bertebaran. Namun sebagian orang memandang negatif tentang bisnis MLM, padahal jika memilih MLM yang terpercaya, kamu bisa mendapatkan keuntungan. Memang harus berusaha keras di awal kamu memulai mengikuti bisnis MLM, karena kamu harus memasarkan produk sembari mencari orang lain untuk mengikuti bisnis MLM yang sedang kamu jalankan untuk dijadikan “down line”. Semakin banyak kamu memiliki “down line” maka kesempatan kamu mendapatkan keuntungan juga semakin besar. Supaya kamu makin mudah memasarkan produk-produk kamu, kamu juga harus menjualnya secara online. Apalagi karena pandemi ini, kamu tidak bisa bertemu orang-orang untuk menawarkan produk yang kamu jual.

Jangan lupa percayakan Anteraja untuk mengirim produk-produk kamu, karena layanan pengiriman Anteraja dijamin cepat sampai tujuan. Nggak mau kan bikin calon pelanggan kamu menunggu lama? Pakai aja layanan Next Day yang bikin produk kamu sampai cuma dalam waktu satu hari! Cuma butuh uang Rp. 13.000 aja kamu bisa bikin calon pelanggan kamu senang. Cek ongkir langsung untuk pastikan murahnya! Jangan lupa kamu juga bisa cek resi untuk gunakan fitur tracking paket akurat ke seluruh wilayah di Indonesia.


Nah itu tadi cara-cara yang bisa kamu lakukan untuk mendapatkan passiveincome. Apalagi buat kamu yang butuh penghasilan lebih untuk memenuhi biaya-biaya yang diperlukan. Jangan ragu untuk menjalankan cara-cara tadi, siapa tau kamu adalah orang yang beruntung. Namun jangan lupa untuk selalu berusaha dan belajar tentang beberapa cara tadi, karena beberapa cara memiliki risiko yang besar. Jangan sampai kamu malah merugi setelah melakukannya. Selamat mencoba!

Author

Satria Anteraja

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *