Cara Mengisi Waktu Luang yang Dapat Menghasilkan Uang
Update Aja

8 Cara Mengisi Waktu Luang yang Dapat Menghasilkan Uang

Mungkin banyak dari kamu yang saat ini memiliki waktu luang yang lumayan banyak dibanding biasanya, apalagi akibat pandemi ini yang memaksa kamu untuk mengurangi aktivitas di luar rumah. Sehingga kegiatan di akhir pekan yang biasa kamu lakukan di luar rumah, terpaksa dihabiskan seharian di rumah saja. Daripada bosan dan tidak melakukan apa-apa, kamu harus mencari aktivitas lain yang dapat membuat kamu selalu produktif dan tidak bermalas-malasan

Memang memiliki waktu luang terkadang membingungkan untuk memilih aktivitas apa yang ingin dilakukan, apalagi jika aktivitas yang biasa kamu lakukan banyak dilakukan di luar rumah. Mungkin akan lebih baik jika waktu luang tersebut bisa dijadikan ajang untuk mencari uang. Nah jangan stop di sini bacanya, karena di bawah ini ada 11 cara mengisi waktu luang yang dapat menghasilkan uang, Cocok banget buat kamu yang ingin produktif dan menghasilkan uang tanpa menganggu aktivitas kamu. Yuk langsung simak aja!

Cara Mengisi Waktu Luang yang Menghasilkan Uang

1. Menjadi Freelance Writer

Cara Mengisi Waktu Luang yang Dapat Menghasilkan Uang - Menjadi Freelance Writer

Menjadi freelancer sudah biasa dijadikan kesibukan untuk mengisi waktu luang, biasanya oleh mahasiswa. Nah kalau kamu memiliki skill yang baik dalam menulis, banyak sekali perusahaan yang mencari jasa freelance writer. Kamu dapat mencarinya di internet atau media sosial, jangan lupa juga untuk cek website pencarian lowongan pekerjaan. Banyak sekali info lowongan pekerjaan yang bisa membantu kamu. Bayaran yang diberikan tergantung kebijakan dari masing-masing perusahaan, ada yang dibayar per artikel, atau per hari. Jadi pastikan biaya yang ditawarkan sesuai dengan usaha yang kamu keluarkan untuk menulis. 

2. Menjadi Freelance Graphic Designer

Cara Mengisi Waktu Luang yang Dapat Menghasilkan Uang - Menjadi Freelance Graphic Designer

Selain freelance writer, banyak juga perusahaan yang membutuhkan jasa freelance graphic designer. Biasanya pekerjaan ini memiliki bayaran yang besar, karena biasanya pekerjaan yang menyangkut graphic design membutuhkan kemampuan dan kreativitas yang tinggi. Sama seperti pada freelance writer, kamu bisa berselancar di internet untuk mencari lowongan pekerjaan freelance graphic designer. Kelebihan menjadi freelancer adalah kamu tidak memiliki kontrak tetap dengan perusahaan, jadi kamu bisa mengerjakan lebih dari satu pekerjaan freelance sehingga kamu bisa semakin mendapat keuntungan yang banyak.

(Baca juga: Tips Berjualan Di Shopee)

3. Membuka Jasa Translate Bahasa

Cara Mengisi Waktu Luang yang Dapat Menghasilkan Uang - Membuka Jasa Translate Bahasa

Jasa translate masih sering dibutuhkan oleh siapapun, dari skala perorangan hingga skala perusahaan besar. Mungkin jika kamu memiliki skill lebih dalam memahami bahasa asing, kamu bisa menyediakan jasa translate bahasa. Kamu bisa mengawalinya dengan skala kecil, yaitu menawari jasa kepada para mahasiswa yang sedang mengerjakan skripsi. Biasanya jasa translate bahasa sangat dibutuhkan oleh para mahasiswa yang tidak mengerti bahasa asing yang terdapat di sebuah jurnal atau buku, yang mana jurnal atau buku tersebut sangat dibutuhkan untuk membantu mereka menyusun skripsi.

4. Menjadi Dropshipper

Cara Mengisi Waktu Luang yang Dapat Menghasilkan Uang - Menjadi Dropshipper

Kurang memiliki kompetensi lebih dalam suatu bidang? Nggak ada salahnya untuk kamu mencoba berjualan. Ada banyak barang yang bisa kamu jual dengan sistem dropship, sehingga kamu nggak perlu repot-repot mengeluarkan modal untuk melakukan stok barang. Jual barang yang selalu dicari orang, aksesoris handphone atau skincare dapat menjadi pilihan yang menarik. Jangan lupa untuk menentukan supplier yang memiliki barang berkualitas dan terpercaya, sehingga kamu tidak perlu khawatir menjual barang-barang tersebut kepada calon pelanggan kamu.

(Baca juga: Tips Berjualan Di Tokopedia)

5. Menjadi Reseller Produk Tertentu

Cara Mengisi Waktu Luang yang Dapat Menghasilkan Uang - menjadi Reseller Produk Tertentu

Nah kalau kamu memiliki modal lebih, kamu harus menjadi reseller produk jika ingin berjualan, karena keuntungannya akan lebih besar dibanding menjadi dropshipper. Beberapa produk tertentu harus kamu pertimbangkan, karena tidak semua produk dicari banyak orang dan laku di pasaran. Produk-produk fashion dan perlengkapan bayi mungkin perlu kamu pertimbangkan untuk memulai bisnis reseller yang kamu jalankan. Nah yang penting kamu harus menggunakan Anteraja sebagai layanan pengiriman kamu, karena Anteraja nggak bikin kamu repot dalam mengirim barang, sehingga nggak bakal menghabiskan waktu luang kamu! Apalagi kamu nggak perlu ke luar rumah, karena Satria bakal jemput paket sampai ke depan pintu rumah kamu. Nggak perlu khawatir mahal, kamu perlu siapkan uang Rp. 10.000 aja untuk bisa segera nikmati layanannya! Selain mudah, murah juga kan? Nah manfaatkan juga fitur tracking paket akurat yang akan memudahkan kamu dalam melacak paket kiriman kamu, jadi jangan lupa cek ongkir dan cek resi  di website atau aplikasi Anteraja!

6. Berjualan Pulsa Secara Online ke Kerabat dan Keluarga

Cara Mengisi Waktu Luang yang Dapat Menghasilkan Uang - Berjualan Pulsa Secara Online ke Kerabat dan Keluarga

Pulsa akan selalu dibutuhkan semua orang untuk memenuhi kebutuhan komunikasi pada handphone mereka. Maka itu, berjualan pulsa masih menjadi bisnis yang menguntungkan. Kamu bisa berjualan pulsa ke kerabat dan keluarga kamu. Carilah supplier pulsa yang memiliki harga yang terjangkau, dan yang terpenting cari supplier yang fast respon. Biasanya orang yang ingin membeli pulsa butuh dalam waktu yang cepat, jadi jangan sampai supplier kamu tidak fast respon dan membuat pelanggan kamu menunggu

(Baca juga: Franchise Yang Menjanjikan)

7. Menjual Makanan Secara Online dan Offline

Cara Mengisi Waktu Luang yang Dapat Menghasilkan Uang - Menjual Makanan Secara Online dan Offline

Makanan akan selalu dicari oleh orang-orang untuk memenuhi kebutuhan mereka. Kamu harus mempertimbangkan menjual makanan untuk mengisi waktu luang kamu. Jika kamu pintar memasak, atau ibu kamu pintar memasak, kamu bisa menjual makanan yang dibuat oleh kamu atau ibu kamu. Orang-orang sangat menyukai makanan rumahan namun sebagian dari mereka tidak bisa atau tidak punya waktu untuk memasak, sehingga mereka memilih untuk membeli makanan. Kamu bisa menjual makanan seperti rendang, pempek, dan siomay. Atau makanan asing yang juga sangat disukai, seperti salmon mentai, lasagna, dan sushi. Untuk mengawali bisnis jualan makanan kamu, tawarkan teman-teman kamu makanan yang kamu jual secara cuma-cuma atau setengah harga. Biarkan mereka merasakan dan menilai makanan yang akan kamu jual dan mintalah mereka untuk mengulasnya di media sosial sekaligus mempromosikannya.

8. Berjualan Akun Netflix, Spotify, YouTube Premium

Cara Mengisi Waktu Luang yang Dapat Menghasilkan Uang - Berjualan Akun Netflix Spotify Youtube Premium

Zaman sekarang orang-orang yang berjualan akun Netflix, Spotify, dan Youtube premium semakin banyak merebak di media sosial. Itu menunjukkan bahwa banyak sekali orang-orang yang ingin membeli akun-akun tersebut. Nah kamu juga bisa ikut bersama mereka berjualan akun-akun premium tersebut, tapi jangan lupa, kamu harus berjualan dengan menggunakan paket family. Paket family merupakan paket yang ditawarkan untuk keluarga, sehingga harga yang ditawarkan akan lebih murah jika digunakan lebih dari satu orang. Misalnya salah satu akun tersebut menawarkan paket individual seharga Rp. 59.000/bulan, paket tersebut hanya bisa digunakan oleh satu orang. Ada juga pilihan paket family seharga Rp. 89.000/bulan untuk digunakan hingga 5 orang. Nah kamu bisa mengaktifkan paket family untuk dijual kepada 5 orang, dengan harga yang lebih murah dibandingkan dengan harga paket individual. Misalnya jika kamu menjual dengan harga Rp. 35.000/bulan, maka orang-orang akan tertarik dibandingkan harus membayar Rp. 59.000/bulan, dan kamu mendapat keuntungan Rp. 86.000 setiap bulannya dari satu paket family yang kamu jual kepada 5 orang. Nah kamu bisa aktifkan paket family lagi untuk diperjualkan lagi kepada orang-orang, sehingga keuntungan kamu juga semakin besar. Namun jangan sampai kamu menjual akun-akun bajakan, karena banyak sekali yang menjual akun-akun bajakan supaya bisa mendapat keuntungan lebih. Cara tersebut akan merugikan banyak pihak dan memungkinkan kamu terkena hukum pidana akibat pembajakan.

(Baca juga: Bisnis Mlm Terbaik)

Nah udah banyak tuh ide-ide untuk mengisi waktu luang kamu, yang pasti semua ide-ide tadi dapat menghasilkan uang! Jadi tunggu apalagi? Segera tentukan aktivitas yang sesuai dengan ketertarikan kamu, karena bisa saja cara-cara di atas dapat memberikan kamu keuntungan yang sangat besar. Semoga waktu luang kamu tidak terbuang dengan melakukan hal-hal yang bermanfaat. Selamat mencoba!

Author

Satria Anteraja

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *