7 Tips dan Cara Berjualan Online untuk Pemula
Update Aja

Tips Berjualan Online Mudah, Sukses dan Terbukti Ampuh di 2021

Tahun 2021 sudah jamannya untuk kita berpindah ke jualan online, karena dengan berjualan online kita bisa menjangkau lebih banyak pembeli. Bahkan kamu bisa menjangkau hingga ke seluruh wilayah Indonesia, sehingga ada banyak kesempatan untuk mendapatkan keuntungan besar. Apalagi sekarang kita dimudahkan untuk berjualan online, hanya dengan duduk di rumah dan menggunakan smartphone atau laptop, kita bisa mengontrol bisnis yang sedang kita jalankan.

Kemudahan ini membuat semua orang ingin berjualan online, dan kamu adalah salah satunya. Oleh karena itu kami akan membantu para pembaca setia Anteraja, dengan berbagai tips dan cara-cara berjualan online beserta daftar produk-produk terlaris di tahun 2021 ini. Nah kalau kamu bingung bagaimana cara memulai berjualan online, jangan lewatkan artikel ini, karena kamu harus simak agar usaha kamu lancar. Yuk simak!

Tips dan Cara-Cara Berjualan Online di Tahun 2021

1. Mempersiapkan Mental dan Diri Kamu

Tips dan Cara Berjualan Online untuk Pemula - Mempersiapkan Diri Kamu Untuk Untung Hingga Rugi

Tips pertama yang harus kamu terapkan adalah mempersiapkan diri dan mental, karena berjualan merupakan pekerjaan yang sangat berisiko. Setiap keputusan yang kamu ambil harus melewati banyak pertimbangan, supaya kamu tidak mengambil keputusan yang salah yang bisa saja membuat usaha kamu bangkrut. Persiapkan diri kamu jika harus mengalami untung dan rugi, sehingga kamu tau apa yang harus dilakukan.


2. Menyusun Bisnis Plan

Seperti yang sudah dijelaskan, berjualan itu sangat berisiko, untuk itu kamu harus menyusun bisnis plan yang dapat memandu kamu untuk berjualan. Dengan kamu menyusun bisnis plan, kamu bisa memperkirakan apa yang akan terjadi pada bisnis kamu, apa yang membuat kamu untung dan rugi, dan bagaimana cara mengatasinya. Untuk itu buatlah plan secara detail sebelum kamu memulai berjualan.

3. Pilih Produk yang Kamu Sukai

Jika kamu bingung untuk menentukan produk yang akan dijual, pikirkan produk apa yang kamu sukai. Jika kamu menyukai makeup, nggak ada salahnya jika kamu berjualan makeup. Apabila kamu berjualan produk yang disukai, maka kamu bisa semakin enjoy dalam menjalankan usaha. Serta kamu juga akan lebih memahami produk yang akan dijual.

4. Menentukan Produk yang Akan Dijual

Tips dan Cara Berjualan Online untuk Pemula  - Menentukan Produk yang Akan Dijual

Jangan sampai salah untuk menentukan produk yang akan dijual. Kalau kamu mau menjual makanan, maka kamu harus tahu bahwa makanan memiliki batas waktu hingga makanan tersebut basi. Awali pengalaman pertama kamu berjualan online dengan menjual barang-barang yang tidak dapat kadaluarsa, supaya kamu tidak perlu pusing jika barang yang kamu jual basi. Tidak hanya produk fisik, kamu juga bisa berjualan produk digital dan jasa.

5. Menganalisa Produk yang Akan Kamu Jual

Lakukan analisis terhadap setiap produk yang akan kamu jual, misalnya apakah produk yang kamu jual sudah siap dijual dan aman bagi banyak orang. Terlebih lagi jika kamu memproduksi produk sendiri seperti pakaian, makeup, makanan, dan sebagainya. Jika kamu tidak melakukan analisis, bisa saja produk yang kamu jual memiliki dampak negatif bagi banyak orang.

6. Mencari dan Menentukan Supplier

Tips dan Cara Berjualan Online untuk Pemula  - Mencari dan Menentukan Supplier

Berselancarlah di internet untuk mencari barang-barang yang ingin kamu jual di marketplace, cari toko yang memiliki ulasan terbaik karena menandakan toko tersebut menjual barang yang bagus. Setelah memilih beberapa toko, carilah toko yang memiliki barang paling murah. Lakukan pembelian beberapa barang dari toko tersebut, untuk memastikan apakah kualitas yang ditawarkan sesuai dengan harganya.

7. Pelajari Targeting dan Segmentasi Untuk Produk Tersebut

Tips dan Cara Berjualan Online untuk Pemula  - Pelajari Targeting dan Segmentasi Untuk Produk Tersebut

Barang atau jasa yang ingin kamu jual tentu memiliki target dan segmentasi yang bervariasi, untuk itu kamu perlu mengetahui target dan segmentasi dari barang atau jasa yang ingin kamu tawarkan. Jangan menjual jaket jika kamu tinggal di daerah tropis, karena pembelinya tidak akan sebanyak di daerah dingin. Berikan variasi warna pada feed media sosial kamu untuk menandakan segmentasi pasar berdasarkan gender.

8. Pisahkan modal dan Keuntungan

Tips dan Cara Berjualan Online untuk Pemula  - Hitung Modal dan Pendapatan Kamu

Kamu harus memisahkan dan mengelola uang yang kamu dapatkan dan uang yang harus kamu keluarkan, sangat penting untuk mengelola uang untuk keberlangsungan bisnis kamu. Akan sangat berbahaya jika kedua uang tersebut tercampur, karena kamu harus mengetahui berapa uang yang sudah kamu hasilkan dari bisnis online yang kamu jalani. Manfaatkan software akuntansi untuk memudahkan kamu dalam mengelola modal dan keuntungan.

9. Membuat Akun Media Sosial dan Marketplace

Tips dan Cara Berjualan Online untuk Pemula  - Membuat Akun Media Sosial dan Marketplace

Media sosial dan marketplace bisa menjadi platform yang bisa kamu manfaatkan untuk memasarkan barang yang kamu jual. Terlebih lagi media sosial yang mampu menjangkau masyarakat luas dari berbagai kalangan usia. Dengan media sosial dan marketplace, kamu dapat mengelola bisnis dari mana saja dengan menggunakan smartphone dan laptop. Marketplace juga lebih transparan dan akan mempermudah proses transaksi antara kedua belah pihak.

10. Lakukan Promosi Terhadap Barang Kamu

Tips dan Cara Berjualan Online untuk Pemula - Lakukan Promosi Terhadap Barang Kamu

Kamu perlu menarik pelanggan dengan promosi yang menarik, biasanya dengan potongan harga. Jika kamu memasarkan barang kamu di Instagram, suguhkanlah foto yang menarik bagi pelanggan. Buat feed Instagram kamu terlihat rapi dan terkonsep, supaya pelanggan tertarik dengan barang-barang yang kamu tampilkan di feed Instagram kamu. Kemudian carilah followers sebanyak-banyaknya, kamu bisa mengajak teman-teman dan keluarga kamu untuk membantu mempromosikan akun Instagram kamu. Jika kamu memiliki modal lebih, kamu dapat membayar akun Instagram dengan followers yang lebih banyak untuk mempromosikan akun Instagram kamu, kegiatan ini dinamakan paid promote yang sudah lumrah dilakukan di Instagram.

11. Selalu Berinovasi

Berinovasi adalah salah satu cara untuk membuat usaha kamu tetap bertahan. Jangan sampai usaha kamu merugi bahkan bangkrut karena kamu malas berinovasi. Banyak hal yang bisa diinovasikan, misalnya dari produk yang dijual, cara pembayaran, cara pemasaran, dan sebagainya. Nah kamu juga bisa berinovasi pada sistem pengiriman, yaitu memilih layanan pengiriman yang menjamin kecepatan dengan banyak promo-promo menarik. Apalagi kalau bukan Anteraja yang selalu siap menjadi partner usaha kamu dengan berbagai opsi pengiriman dari Regular hingga Same Day. Kamu bisa cek ongkir untuk info lebih lanjut soal harga ongkir ke wilayah yang ingin kamu tuju!

12. Jangan Pernah Menyerah / Jangan Takut Rugi

Kalau kamu sudah membulatkan tekad untuk berjualan, maka kamu harus menghilangkan kata menyerah di dalam diri kamu. Tidak ada cara instan untuk menjadi pengusaha sukses, akan ada berbagai rintangan yang bisa saja menghalangi kamu. Jika kamu mengalami kerugian, jangan kamu takuti, carilah jalan keluar supaya kamu bisa mengembalikan keuntungan dari bisnis kamu. Jadikan setiap rintangan menjadi sebuah pelajaran untuk terus berkembang.

Tidak hanya Cara Berjualan Online Tips Berjualan Online Mudah, Sukses dan Terbukti Ampuh di 2021 saja loh yang disediakan oleh Anteraja! tetapi tim Anteraja juga sudah menyediakan berbagai macam Artikel terbaik lainnya untuk para pembaca setia Anteraja seperti:

Daftar Produk-produk Terbaik dan Terlaris di Tahun 2021

1. Produk Fashion

Bisa dibilang produk fashion nggak pernah ada matinya, karena setiap orang pasti membutuhkan pakaian. Yang penting kamu harus bisa mengikuti perkembangan fashion yang bisa berubah setiap tahunnya. Jika kamu bisa selalu menyediakan produk-produk terbaru, maka orang-orang akan mencari kamu untuk membeli pakaian. Utamakan produk fashion wanita karena harganya cukup terjangkau namun memiliki target pasar yang sangat luas.

2. Aksesoris Handphone

Hampir setiap orang memiliki handphone yang membuat aksesorisnya juga sangat dibutuhkan. Beberapa aksesoris handphone seperti casing, kabel, charger, dan earphone pasti akan selalu dicari. Kamu juga bisa menjual casingcasing lucu untuk perempuan, karena perempuan biasanya sangat suka casing lucu dan seringkali membelinya dengan jumlah yang banyak.

3. Produk Makeup Kecantikan

Produk makeup nggak akan pernah lepas dari para wanita, sehingga berjualan produk makeup sangat perlu dipertimbangkan. Kamu bisa menjadi reseller dari brand makeup yang populer atau juga bisa membuat brand makeup sendiri. Yang paling penting kamu harus menjual makeup original dengan bahan baku yang aman untuk kulit.

4. Perlengkapan Bayi

Angka kelahiran bayi di Indonesia masih sangat tinggi, membuat kebutuhan perlengkapan bayi juga tinggi. Kamu bisa pertimbangkan untuk berjualan perlengkapan bayi, terlebih lagi produk susu, popok, dan pakaiannya. Produk-produk tersebut akan dibeli secara rutin, sehingga kamu harus menyiapkan banyak stok produknya.

5. Produk-produk Herbal

Walaupun obat medis sudah teruji secara klinis, obat herbal nggak kalah populer bagi sebagian orang. Berbagai produk-produk obat herbal tetap akan dicari karena harganya relatif lebih murah dan tidak memiliki efek samping sebanyak obat medis. Jika kamu mahir dalam bidang ini, kamu bisa mendapatkan keuntungan banyak dari berjualan produk herbal.

6. Makanan dan Minuman Kekinian

Tingginya rasa penasaran anak-anak muda terhadap makanan dan minuman kekinian membuat usaha ini berkembang sangat pesat. Namun beberapa minuman dan makanan kekinian memiliki harga cukup tinggi, sehingga tidak semua orang bisa menikmatinya. Nah kamu bisa menjual dengan harga yang lebih murah supaya bisa menjangkau orang banyak.

7. Peralatan Olahraga

Produk terakhir yang bisa kamu jual adalah peralatan olahraga. Ada banyak peralatan olahraga yang bisa kamu jual, seperti raket bulutangkis, bola basket, ankle support, matras, dan sebagainya. Atau kamu juga bisa berfokus pada satu cabang olahraga, sehingga kamu bisa menyediakan peralatan olahraga dari satu cabang olahraga dengan lengkap.

Anteraja sangat berharap kamu bisa mendapatkan banyak referensi dari artikel di atas, supaya kamu bisa segera memulai berjualan dan membangun bisnis kamu sendiri. Dalam berjualan, kepuasan pelanggan adalah hal yang harus kamu jaga. Untuk itu Anteraja menyediakan fitur tracking paket untuk para pelanggan kamu, supaya mereka bisa melakukan cek resi untuk melacak paket yang sedang dikirim. Makanya setia terus dengan Anteraja, karena akan banyak promo-promo yang dapat menguntungkan kamu. Yuk segera mulai bisnisnya, semoga kamu berhasil ya!

Author

Satria Anteraja

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *