Bisnis Makanan Sehat yang Menguntungkan di Tengah Pandemi
Update Aja

Bisnis Makanan Sehat yang Menguntungkan di Tengah Pandemi

Makanan sehat sudah menjadi kebutuhan bagi orang-orang yang membutuhkan asupan yang sehat untuk tubuhnya, namun penjual makanan sehat belum banyak merebak sehingga banyak orang kesulitan untuk membeli makanan sehat. Mungkin beberapa sudah ada di kota-kota besar, namun belum merambah ke kota-kota kecil atau daerah-daerah yang jauh dari kota. Maka itu penjual makanan sehat harus bertambah sehingga mudah ditemui.

Kamu bisa menjual makanan sehat untuk mereka yang membutuhkan asupan makanan sehat, kamu bisa berjualan dengan sistem katering juga. Nah sistem katering ini yang juga banyak dibutuhkan, karena banyak orang yang tidak memiliki waktu untuk memasak makanan sendiri. Sebelumnya kamu harus mengetahui mengapa makanan sehat merupakan bisnis yang menguntungkan, selain itu ada juga cara memulai bisnis dan contoh makanan sehat yang bisa kamu jual. Yuk simak langsung di bawah ini!

Kenapa Makanan Sehat?

Makin Banyak Orang Peduli Akan Kesehatan

Bisnis Makanan Sehat yang Menguntungkan di Tengah Pandemi - Makin Banyak Orang Peduli Akan Kesehatan

Semakin hari orang-orang semakin peduli akan kesehatan tubuhnya dengan lebih memilih makanan yang akan dikonsumsi, karena makanan yang biasa dikonsumsi belum tentu menyehatkan bagi tubuh mereka. Untuk itu, mereka lebih memilih mengkonsumsi makanan-makanan yang sehat supaya kesehatan tubuhnya tetap terjaga. Semakin bertambahnya umur, maka semakin mudah juga orang terserang penyakit, maka sangat penting untuk memperdulikan kesehatan tubuh.

Banyak Peminatnya Walaupun Mahal

Bisnis Makanan Sehat yang Menguntungkan di Tengah Pandemi - Banyak Peminatnya Walaupun Mahal

Mereka pun juga rela membayar mahal untuk membeli atau membuat makanan sehat, karena memang bahan yang dibutuhkan juga mahal. Misalnya dibutuhkan bahan-bahan organik untuk membuat sebuah makanan sehat, yang mana harga bahan-bahannya lebih tinggi dibandingkan bahan-bahan non-organik. Walaupun makanan sehat memiliki harga yang mahal, membayar lebih untuk makanan sehat lebih setimpal dibandingkan membayar biaya perawatan jika terserang penyakit.

Cara Memulai Bisnis Makanan Sehat

1. Mencari Bahan-bahan Makanan Sehat yang Berkualitas

Bisnis Makanan Sehat yang Menguntungkan di Tengah Pandemi - Mencari Bahan-bahan Makanan Sehat yang Berkualitas

Yang pertama kamu harus mencari bahan-bahan makanan yang sehat dan berkualitas untuk makanan sehat yang kamu buat. Kamu bisa mencarinya di supermarket langganan kamu atau mencarinya di marketplace secara online. Gunakan bahan-bahan organik yang memang ditujukan untuk makanan yang lebih sehat dibandingkan menggunakan bahan non-organik.

2. Mengamati Minat Masyarakat

Bisnis Makanan Sehat yang Menguntungkan di Tengah Pandemi - Mengamati Minat Masyarakat

Kamu harus mengamati minat masyarakat dan pasar yang dituju, supaya kamu mudah menentukan segmentasi pasar untuk memasarkan makanan sehat yang ingin kamu jual. Misalnya di daerah kamu adalah perkantoran besar yang diisi oleh masyarakat menengah ke atas, maka kamu bisa menggunakan bahan-bahan kualitas tinggi dan menjualnya dengan harga yang lebih tinggi. Begitupun sebaliknya, kamu bisa sedikit menurunkan kualitas bahan apabila minat masyarakat terhadap makanan sehat tidak besar, sehingga kamu bisa menjualnya dengan harga lebih murah dan mendapatkan pasar yang lebih luas.

3. Susun Rencana Keuangan dan Modal

Bisnis Makanan Sehat yang Menguntungkan di Tengah Pandemi - Susun Rencana Keuangan dan Modal

Susunlah rencana sesuai dengan keuangan yang kamu miliki, karena besarnya skala ketika memulai bisnis perlu disesuaikan dengan modal yang dimiliki. Hitung modal yang dibutuhkan untuk membuka bisnis makanan sehat, kemudian hitung modal yang kamu miliki apakah cukup atau tidak. Jika cukup, maka segeralah mulai bisnis kamu. Jika belum cukup, kamu bisa menurunkan sedikit kualitas dari bahan-bahan yang dibutuhkan, atau kumpulkanlah lagi modal yang masih kurang. 

4. Tentukan Harga Jual

Bisnis Makanan Sehat yang Menguntungkan di Tengah Pandemi - Tentukan Harga Jual

Hitung ongkos material, ongkos tenaga, dan ongkos lainnya yang perlu kamu keluarkan untuk membuat satu porsi makanan, barulah kamu bisa menentukan harga jual yang sesuai. Kamu juga perlu menentukan margin supaya kamu bisa menentukan keuntungan yang bisa kamu dapatkan dari penjualan, namun tentu dengan angka yang masuk akal. Sebelumnya kamu bisa melihat harga yang ditawarkan kompetitor kamu, jangan sampai harga yang kamu tawarkan jauh lebih tinggi atau lebih rendah. 

5. Promosi

Bisnis Makanan Sehat yang Menguntungkan di Tengah Pandemi - Promosi

Tawarkan keluarga dan kerabat kamu untuk mencoba makanan sehat yang kamu jual, siapa tau sebagian dari mereka menyukai makanan kamu dan ingin berlangganan. Minta mereka untuk posting di media sosial soal komentar mereka tentang makanan sehat buatan kamu, jika positif maka orang-orang di media sosial bisa mempertimbangkan untuk ikut membeli. Jangan lupa untuk membuat akun media sosial yang menarik dan manfaatkan fitur ads yang disediakan. 

6. Kamu Bisa Gunakan Anteraja Sebagai Jasa Pengiriman Kamu

Bisnis Makanan Sehat yang Menguntungkan di Tengah Pandemi - Kamu Bisa Gunakan Anteraja Sebagai Jasa Pengiriman Kamu

Pasti kamu butuh pengiriman yang cepat kan untuk bahan-bahan makanan kamu? Nggak usah ragu lagi deh untuk pakai Anteraja sebagai layanan pengiriman kamu. Soalnya kamu bisa gunakan layanan Next Day yang menjamin barang kamu sampai keesokan harinya! Udah gitu harganya juga nggak mahal, mulai dari Rp. 13.000 aja kamu udah bisa nikmati layanannya! Nggak percaya? Coba aja langsung Cek Ongkir untuk buktikan murahnya dan Cek Resi untuk manfaatkan fitur tracking yang tersedia untuk kamu! Jadi tunggu apalagi? Langsung pakai Anteraja ya!

Contoh Makanan Sehat yang Bisa Kamu Sajikan

1. Makanan Organik

Bisnis Makanan Sehat yang Menguntungkan di Tengah Pandemi - Makanan Organik

Kamu bisa menjual makanan organik yang yang menggunakan bahan-bahan organik dalam pembuatannya. Arti dari organik itu sendiri adalah sayuran, buah, dan biji-bijian yang ditanam tanpa pestisida, berlaku juga pada daging, unggas, telur, dan produk susu yang diproduksi tanpa menggunakan antibiotik atau hormon pertumbuhan. Ini membuat makanan organik lebih sehat dibanding makanan konvensional karena bahan-bahannya tidak memiliki bahan kimia. 

2. Salad Buah

Bisnis Makanan Sehat yang Menguntungkan di Tengah Pandemi - Salad Buah

Salad buah memiliki kenikmatan tersendiri karena menggabungkan segarnya buah-buahan dengan saus yang creamy dan disajikan saat dingin. Kamu bisa berjualan salad buah untuk memenuhi kebutuhan orang-orang yang ingin mengkonsumsi makanan sehat. Namun jangan lupa, batasi penggunaan susu, telur, mayonnaise, gula yang menjadi bahan-bahan pembuatan salad buah. Bahan-bahan tadi malah menjadi tidak sehat apabila digunakan secara berlebihan, maka gunakan sesuai takaran sehingga salad buah tetap sehat.

3. Salad Sayur

Bisnis Makanan Sehat yang Menguntungkan di Tengah Pandemi - Salad Sayur

Selain salad buah, ada juga salad sayur yang nggak kalah disukai juga oleh banyak orang. Kamu bisa menggabungkan sayur mayur segar seperti timun, wortel, daun selada, tomat dan buncis dan dicampurkan dengan saus yang lezat. Jangan lupa juga untuk mengontrol penggunaan mayonaise, susu, dan telur agar tidak berlebihan, karena bahan-bahan tadi menjadi tidak sehat apabila lebih dari takaran yang dianjurkan.

4. Nasi Box Sehat

Bisnis Makanan Sehat yang Menguntungkan di Tengah Pandemi - Nasi Box Sehat

Nasi box sehat harus kamu isi dengan makanan penuh nutrisi yang terdiri dari nasi, lauk pauk, sayur mayur, dan buah-buahan. Kamu bisa menggunakan beras organik atau beras merah yang lebih sehat dibanding beras putih biasa. Kemudian lauk pauk dengan protein hewani atau nabati secara cukup. Berikan sayur-sayuran segar dan buah-buahan untuk memenuhi multivitamin dan mineral untuk kesehatan. Selain bahan-bahannya, kamu juga harus mengontrol penggunaan garam, gula, MSG, dan sebagainya. Jangan menggunakannya terlalu banyak, karena itu sangat berpengaruh terhadap kesehatan.

5. Buah-buahan

Bisnis Makanan Sehat yang Menguntungkan di Tengah Pandemi - Buah-buahan

Buah-buahan bisa menjadi salah satu makanan penunjang kesehatan yang harus masukan ke dalam daftar makanan sehat yang ingin kamu jual, karena banyaknya manfaat yang terkandung pada buah. Terdapat antioksidan, multivitamin, serat, folat, kalium pada buah-buahan dan masih banyak lagi nutrisi yang ada pada buah. Sehingga buah-buahan dapat mencegah obesitas, menurunkan kadar kolesterol, menurunkan risiko penyakit, mencegah masalah pencernaan, dan masih banyak manfaat-manfaat lainnya.

6. Snack Sehat

Bisnis Makanan Sehat yang Menguntungkan di Tengah Pandemi - Snack Sehat

Snack atau cemilan memang nggak boleh absen, soalnya ngemil memang kegiatan yang banyak disukai oleh banyak orang. Namun banyak banget orang yang ngemil cemilan yang tidak sehat, sehingga kegiatan ini menjadi sarang penyakit. Nah ternyata ada cemilan sehat yang bisa kamu jual, seperti kacang almond, granola, yoghurt, dan oatmeal. Cemilan-cemilan tadi jauh lebih menyehatkan dibandingkan cemilan-cemilan seperti martabak, gorengan, dan sebagainya.

Tunggu apalagi? Buruan mulai bisnisnya! Mumpung bisnis ini belum banyak pemainnya dan kebutuhan orang akan makanan sehat semakin tinggi. Yuk segera bantu mereka memenuhi kebutuhannya. Kamu juga dapat mendorong orang untuk mengkonsumsi makanan-makanan sehat, soalnya masih banyak orang yang belum sadar soal kesehatannya sendiri. Semoga berhasil, ya!

Author

Satria Anteraja

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *