Berbagai Ide Bisnis untuk Masa Pandemi Covid-19 / Corona

Berbagai Ide Bisnis untuk Masa Pandemi Covid-19 / Corona

Kamu sebel nggak sih pandemi Corona ini nggak kunjung selesai dan menghambat aktivitas kamu untuk bekerja? Bahkan sudah banyak juga orang yang kehilangan pekerjaan akibat pengurangan karyawan oleh perusahaan tempat mereka bekerja. Tapi jangan sampai pandemi ini membuat kamu kehilangan mata pencaharian, karena ada banyak usaha bisnis yang dapat kamu manfaatkan. 

Kamu nggak bakal tau, mungkin saja pandemi ini malah membawa keuntungan yang besar untuk kamu ketika membuka usaha. Atau mungkin kamu memang sudah mempertimbangkan untuk membuka usaha, namun kamu belum memutuskan usaha apa yang ingin kamu jalankan. Kebetulan, ada 7 ide usaha yang bisa saja membawa keuntungan besar kepada kamu di tengah-tengah pandemi Corona ini! Penasaran kan? Langsung aja simak di bawah!

Ide Bisnis Pada Masa Pandemi Covid-19

1. Bisnis Kuliner

 Berbagai Ide Bisnis untuk Masa Pandemi Covid-19 / Corona - Bisnis Kuliner

Kuliner masih jadi bisnis yang menjanjikan untuk digeluti ketika pandemi Corona, apalagi sekarang berbisnis kuliner tidak perlu memiliki restoran atau rumah makan. Dengan menjual makanan atau minuman yang sedang hype, kamu dapat menarik masyarakat yang memang sedang mencari makanan atau minuman itu. Sehingga kamu tidak perlu takut makanan yang kamu jual sepi peminat. Beberapa makanan hype yang bisa kamu jual adalah ayam geprek, mie ayam, makanan dengan bumbu salted egg, dan baso aci. Ada juga beberapa minuman hype juga tidak kalah menarik seperti bubble tea, es kopi susu kekinian, thai tea, dan masih banyak lagi. Kamu tinggal tentukan makanan atau minuman apa yang kamu suka dan cocok untuk dijual di daerah tempat tinggal kamu. 

(Baca Juga: Bisnis Obat Herbal)

2. Online Shop

 Berbagai Ide Bisnis untuk Masa Pandemi Covid-19 / Corona - Online Shop

Kamu bisa berbisnis online shop dengan menjual barang-barang yang dibutuhkan saat pandemi ini, seperti masker, face shield, hand sanitizer, dan sarung tangan. Sekarang masker sudah menjadi kebutuhan masyarakat sehari-hari untuk menghindari paparan virus Corona, sehingga masyarakat membutuhkan masker yang terlihat trendy ketika dipakai. Nah kamu bisa menjual masker kain dengan motif-motif lucu yang disukai wanita. Atau bisa juga menjual sarung tangan dengan motif yang keren supaya masyarakat mau menggunakan sarung tangan untuk kegiatan sehari-hari. Dengan usaha seperti ini, kamu bisa mendapat keuntungan besar dan membantu pencegahan penularan virus Corona.  

(Baca juga: Bisnis Online 2021)

3. Menjadi Reseller

 Berbagai Ide Bisnis untuk Masa Pandemi Covid-19 / Corona - Menjadi Reseller

Menjadi reseller produk tidak akan membuatmu bingung, karena kamu tidak perlu memproduksi barang yang ingin kamu jual. Kamu hanya menentukan produk yang ingin kamu jual dan membelinya dari distributor sebagai penyedia produk. Nah tapi kamu perlu bijak dalam memilih produk yang ingin kamu jual, kamu perlu melihat kebutuhan masyarakat supaya kamu dapat memilih produk yang tepat. Mungkin kamu bisa mencoba menjadi reseller kosmetik yang masih banyak dicari oleh kaum hawa. Carilah distributor kosmetik yang dapat kamu percayai dengan harga yang terjangkau, supaya kamu tidak perlu mengeluarkan modal besar untuk membeli kosmetik dengan skala besar. 

(Baca Juga: cara meningkatkan omset penjualan online)

4. Menjadi Dropshipper 

Berbagai Ide Bisnis untuk Masa Pandemi Covid-19 / Corona - Menjadi Dropshipper

Menjadi dropshipper bisa menjadi pilihan menarik jika kamu tidak mau repot, karena menjadi dropshipper lebih sederhana dibanding menjadi reseller. Kamu tidak perlu melakukan stok barang seperti yang dilakukan oleh reseller. Nah kalau kamu belum yakin untuk menjadi reseller kosmetik, kamu bisa memulai menjadi dropshipper terlebih dahulu. Sekaligus kamu mengecek kebutuhan masyarakat, apakah produk yang kamu jual banyak dicari oleh orang atau tidak. Dengan menjadi dropshipper kamu tidak perlu takut dengan modal, karena menjadi dropshipper hampir tidak membutuhkan modal. Kamu hanya perlu membelikan barang yang dipesan oleh pelanggan kamu kepada distributor. Kemudian naikkan harga yang diberikan distributor sebagai keuntungan kamu menjadi dropshipper.

5. Online Learning

 Berbagai Ide Bisnis untuk Masa Pandemi Covid-19 / Corona - Online Learning

Pandemi ini mengharuskan sekolah, kantor, tempat bimbingan belajar harus menghentikan operasinya. Kalau kamu memiliki skill lebih di suatu bidang, tidak ada salahnya untuk kamu membuka online learning atau online course untuk orang-orang yang membutuhkan seperti teman-teman atau keluarga kamu. Bisa saja kamu mengadakan course bahasa asing, public speaking, editing foto atau video, dan memasak. Manfaatkan skill yang kamu miliki untuk membantu orang lain. Tapi jangan lupa untuk berikan harga yang sepadan dengan skill yang kamu ajarkan, supaya mereka merasa setimpal dengan uang yang mereka keluarkan. Semakin banyak skill kamu, semakin besar juga keuntungan kamu dalam membuka online learning

(Baca Juga: Bisnis MLM Terbaik)

6. Membuat Konten Youtube

 Berbagai Ide Bisnis untuk Masa Pandemi Covid-19 / Corona - Membuat Konten Youtube

Membuat konten di Youtube atau menjadi Youtubers bisa menjadi kesempatan besar untuk mendapatkan uang, terlebih lagi untuk kamu yang memiliki skill dan kerativitas tinggi. Ada banyak aktivitas yang bisa kamu jadikan konten dan dapat menghibur bahkan memberikan informasi kepada masyarakat. Kamu bisa membuat konten DIY (Do It Yourself), konten memasak, konten bermain game, podcast, atau cover lagu. Kamu bisa ikuti kategori konten yang sering trending di Youtube dan usahakan buatlah dengan lebih bagus. Jika konten yang kamu buat menarik masyarakat, kamu bisa mendapatkan viewer yang banyak sehingga dapat menambah pundi-pundi uang kamu.

7. Berbisnis Frozen Food

 Berbagai Ide Bisnis untuk Masa Pandemi Covid-19 / Corona - Berbisnis Frozen Food

Pandemi membuat masyarakat harus mengurangi kegiatan di luar rumah, sehingga mereka harus membeli makanan secara online. Frozen food  atau makanan beku menjadi salah satu makanan yang banyak dicari, karena frozen food bisa bertahan lama di lemari pendingin. Tidak seperti dulu, sekarang frozen food sudah lebih bervariatif. Ada banyak pilihan frozen food yang dapat kamu jual seperti dimsum, siomay, kebab mini, bakmi, bahkan rendang. Namun jika kamu ingin berbisnis frozen food, kamu harus menggunakan pengiriman yang cepat, sehingga frozen food yang kamu kirim tetap segar hingga ke tangan pelanggan. Pengalaman dari rekan-rekan penjual frozen food lainnya, layanan pengiriman Same Day dari Anteraja sangat cepat. Sehingga kondisi makanan tidak berubah sejak dikirim hingga sampai ke tangan pelanggan. Jangan takut ongkos kirimnya mahal, karena kamu bisa menikmati layanan Same Day mulai dari 5.000 rupiah. Cek ongkir langsung untuk buktikan murahnya dan cek resi untuk lacak paket makanan yang kamu kirim dengan fitur tracking paket yang dimiliki Anteraja!  

 Nah itu dia ide usaha yang bisa kamu tiru ketika pandemi Corona seperti sekarang, karena pandemi ini belum bisa diprediksi kapan berakhirnya. Kamu harus terus menggali ide usaha bisnis yang bisa kamu geluti untuk memenuhi kebutuhan kamu sehari-hari. Kurangi kegiatan di luar rumah dan tetap mengikuti protokol kesehatan. Walaupun aktivitas terbatas, kamu harus tetap produktif dan selalu jaga kesehatan. Semoga 7 ide usaha di atas bisa membantu kamu tetap produktif, selamat mencoba!