Ide Inspirasi Usaha yang Bisa Kamu Coba
Update Aja

13 Ide Inspirasi Usaha yang Bisa Kamu Coba di 2021, Modal kecil!

Siapa sih yang nggak mau memiliki usaha namun dengan modal yang kecil, pasti kamu semua ingin kan? Apalagi usaha yang dijalankan bisa sangat menjanjikan dan berpeluang besar walaupun modal yang dibutuhkan tidak besar. Di zaman yang sudah modern seperti ini, berbisnis bukanlah hal yang tak mungkin, ditambah lagi kemudahan dalam bertransaksi membuat banyak orang menjadi semakin konsumtif.

Nah Anteraja udah siapin banyak banget ide inspirasi usaha yang bisa kamu coba di tahun 2021 ini, nggak lupa juga dengan tips membuka usaha yang bisa kamu ikutin. Pokoknya semua ide-ide usaha  ini pasti bisa kamu pertimbangkan, karena nggak sulit dan bakal membuat kamu tergiur. Makanya kamu jangan sampai lewatkan artikel ini, siapa tau uang yang kamu miliki sekarang cukup untuk menjalankan ide-ide bisnis di bawah ini. Yuk cek langsung apa aja ide usahanya!

Inspirasi Usaha yang Menjanjikan dengan Modal Kecil


1. Usaha Thrift

Ide Inspirasi Usaha yang Bisa Kamu Coba - Usaha Thrift

Berbelanja pakaian bekas atau thrifting sedang diminati para anak-anak muda, sehingga bisnis ini bisa menjadi peluang yang menjanjikan. Kamu bisa mencari supplier pakaian bekas yang menyediakan pakaian bermerk layak pakai. Tentu kamu harus membuat branding yang menarik dan memberikan foto-foto produk yang bagus. Buatlah kesan bahwa barang bekas belum tentu jelek, bahkan barang bekas bisa lebih worth it dengan harga yang ditawarkan.

2. Usaha Laundry Kiloan

Ide Inspirasi Usaha yang Bisa Kamu Coba - Usaha Laundry Kiloan

Di daerah perkotaan yang sibuk, jasa laundry kiloan selalu menjadi incaran bagi penduduknya. Namun tingginya persaingan dari bisnis ini membuat kamu harus hati-hati untuk memilih lokasi yang tepat. Banyak orang pasti akan mempertimbangkan lokasi yang dekat dengan harga yang terbaik, maka itu kamu harus memenuhi kedua faktor itu. Nah kamu bisa memulainya dengan alat-alat seadanya sembari menjalankan bisnis untuk mencari modal.

3. Usaha Barang Fashion

Ide Inspirasi Usaha yang Bisa Kamu Coba - Usaha Barang Fashion

Apapun yang berbau fashion pasti memiliki pasar yang sangat luas dan mudah laku, apalagi fashion juga selalu berubah seiring berkembangnya zaman. Kamu bisa memulainya dengan menjadi dropshipper atau reseller terlebih dahulu. Setelah modal terkumpul banyak, jangan ragu untuk memproduksi dan membuat brand fashion kamu sendiri. Namun persaingan bisnis ini cukup ketat, sehingga kamu harus bisa memenangkan persaingan dengan menyediakan produk fashion ter-update

4. Usaha Aksesoris HP

Ide Inspirasi Usaha yang Bisa Kamu Coba - Usaha Aksesoris Hp

Zaman sekarang hampir semua orang pasti memiliki handphone, begitupun juga aksesorisnya seperti kabel, charger, casing, dan tempered glass yang juga pasti dimiliki. Kamu juga bisa menjual casing untuk wanita dengan model yang lucu-lucu, karena wanita sangat suka mengoleksi casing seperti itu. Jangan lupa juga untuk memberikan harga yang bersaing, karena harga yang termurah lah yang akan dipilih oleh sebagian banyak konsumen.

5. Usaha Makanan Kekinian

Ide Inspirasi Usaha yang Bisa Kamu Coba - Usaha Makanan Kekinian

Usaha makanan kekinian kian tumbuh dan memiliki peluang yang sangat besar, maka itu kamu harus pertimbangkan untuk menjalankan usaha ini. Jika kamu memiliki ide makanan baru yang menarik, nggak ada salahnya jika kamu mencoba untuk menjualnya. Cobalah resep-resep makanan yang ada di internet dan gabungkan dengan ide kamu. Dibutuhkan inovasi makanan baru di tengah-tengah ramainya kompetisi makanan kekinian saat ini.

6. Menjadi Dropshipper

Ide Inspirasi Usaha yang Bisa Kamu Coba - Menjadi Dropshipper

Bukan hanya memerlukan modal kecil untuk menjalankan usaha ini, bahkan usaha ini bisa tidak memerlukan modal sama sekali. Nah mungkin usaha dropshipper ini cocok untuk kamu yang mencari usaha sampingan, karena usaha ini juga tidak terlalu merepotkan. Yang penting kamu bisa berkomunikasi dan bekerja sama dengan baik dengan distributor atau supplier, sehingga kamu tinggal memesankan barang yang diinginkan konsumen kamu.

7. Usaha Kopi Kekinian

Ide Inspirasi Usaha yang Bisa Kamu Coba - Usaha Kopi Kekinian

Usaha kopi kekinian memang sedang sangat menggairahkan beberapa tahun terakhir, untuk itu kamu harus berhati-hati jika ingin menjalankan usaha ini. Jika kamu ingin membuka kedai kopi, pastikan kamu memilih tempat yang strategis dan jauh dari kompetitor. Namun kamu juga bisa berjualan dari rumah melalui layanan pesan antar berbasis ojek, supaya tidak perlu mengeluarkan modal untuk membuka kedai kopi.

8. Berjualan Produk-produk Digital

Ide Inspirasi Usaha yang Bisa Kamu Coba - Berjualan produk produk Digital

Berbagai produk digital sebetulnya mudah untuk ditemui dan dibeli di internet, namun tidak semua orang bisa atau mau repot untuk mengaksesnya. Untuk awal-awal, kamu bisa menjual pulsa listrik, pulsa telepon, dan produk digital lainnya yang paling sering dibeli. Setelah nama kamu besar, kamu bisa berjualan voucher game, voucher promo, e-book, dan sebagainya. Nah kamu bisa mengambil untung beberapa persen dari setiap transaksi yang kamu lakukan.

9. Usaha Peralatan Komputer

Ide Inspirasi Usaha yang Bisa Kamu Coba - Usaha Peralatan Komputer

Akibat pandemi Covid-19 yang masih terjadi tahun 2021 ini, banyak orang yang membutuhkan komputer untuk work from home dan sekaligus untuk bermain sebagai hiburan di rumah. Jika kamu cukup passion dan mengerti dengan peralatan komputer, usaha ini bisa menjadi peluang yang sangat besar bahkan hingga bertahun-tahun. Tentu kamu harus memiliki relasi supplier peralatan komputer terpercaya dengan harga yang cukup bersaing.

10. Usaha Laundry Sepatu

Ide Inspirasi Usaha yang Bisa Kamu Coba - Usaha Laundry Sepatu

Walaupun kompetisinya tidak setinggi laundry kiloan, namun usaha laundry sepatu bisa sangat menjanjikan. Tidak banyak orang yang mau mencuci sepatu sendiri, biasanya mereka malas atau tidak memiliki banyak waktu. Untuk itu kamu bisa langsung mempelajari cara merawat sepatu berdasarkan jenisnya dan segera memulai usaha ini. Tawari jasa kamu kepada teman atau keluarga kamu sampai kamu memiliki modal yang besar untuk memiliki tempat usaha.

11. Usaha Jastip

Ide Inspirasi Usaha yang Bisa Kamu Coba - Usaha Jastip

Kedengarannya usaha ini hanya jasa menitipkan barang yang diinginkan konsumen, namun nyatanya jasa titip sangat dibutuhkan oleh banyak orang. Apalagi barang-barang impor yang cukup sulit dicari di Indonesia, sehingga kehadiran kamu sebagai penyedia jastip bisa menjadi penolong mereka. Nah tentu kamu harus memiliki relasi terpercaya dengan orang-orang di luar negeri seperti Singapura, Jepang, dan Korea Selatan untuk menyediakan barang-barang impor.

12. Usaha Desain Grafis

Ide Inspirasi Usaha yang Bisa Kamu Coba - Usaha Desain Grafis

Buat kamu yang memiliki kemampuan desain grafis, kamu bisa menjadikannya sebagai usaha yang menjanjikan. Ajaklah teman sesama desainer grafis untuk membuat agensi dan menyediakan jasa desain untuk perusahaan yang membutuhkan jasa desain grafis. Memang kamu harus memberikan harga yang terjangkau untuk pertama kali, supaya perusahaan tertarik dengan jasa kamu. Namun itu adalah cara untuk mengumpulkan portofolio supaya agensi kamu bisa terkenal.

13. Usaha Buat Konten

Ide Inspirasi Usaha yang Bisa Kamu Coba - Usaha Buat Konten

Sama seperti usaha desain grafis tadi, kamu juga bisa membuat agensi yang menyediakan berbagai konten seperti video, foto, tulisan, dan konten lainnya yang kamu kuasai. Biasanya konten-konten tersebut dibutuhkan untuk promosi, sehingga perusahaan akan membutuhkan jasa pembuatan konten seperti usaha kamu. Caranya pun sama, kamu juga harus mencari portofolio sebanyak-banyaknya agar agensi kamu dikenal dan dicari oleh perusahaan.

Tips Membuka Usaha ataupun Bisnis

Ide Inspirasi Usaha yang Bisa Kamu Coba - Tips Membuka Usaha ataupun Bisnis

1. Pilih Sesuai Passion Kamu

Jika kamu sedang bingung menentukan usaha apa yang ingin dijalankan, pikirkanlah passion yang ada di dalam diri kamu. Terkadang passion yang akan membawa kamu menentukan pilihan yang tepat dan menambah kepercayaan diri untuk melakukannya. Jangan lupa, kamu juga harus tetap mempertimbangkan segala faktor yang bisa saja terjadi.

2. Pilih Supplier yang Terpercaya

Supplier adalah rekan yang akan membantu kamu untuk menjalankan bisnis, sehingga kamu harus memilih yang terpercaya dan membuat kamu nyaman. Pertimbangkan juga harga yang ditawarkan, tentu berbeda supplier juga memiliki harga yang berbeda. Yang penting kamu bisa mendapatkan yang sesuai dengan kriteria kamu.

3. Promosi

Berpromosi adalah salah satu cara untuk mengenalkan usaha kamu kepada konsumen, untuk itu kamu jangan meremehkan yang satu ini. Bahkan kamu harus menyiapkan budget untuk berpromosi, karena jika strategi promosi kamu tepat maka kamu bisa mendapatkan benefit yang banyak. Manfaatkan berbagai platform untuk promosi sesuai dengan target pasar kamu.

4. Selalu Inovasi

Supaya usaha kamu bisa berkembang, kamu harus selalu berinovasi untuk menumbuhkan ide-ide baru. Misalnya kamu bisa berinovasi produk yang dijual, inovasi sistem transaksi, atau sistem pengiriman yang sekarang sudah sangat canggih. Karena konsumen bisa melacak paket yang sedang dikirim dengan hanya melakukan cek resi melalui handphone. Tentu Anteraja sudah memiliki fitur canggih ini, supaya semua pelanggan Anteraja bisa lebih mempercayai layanan pengiriman Anteraja.

5. Jangan Pernah Menyerah

Apabila kamu sudah bertekad untuk menjalankan usaha, maka kamu harus mengesampingkan kata ‘menyerah’. Banyak situasi dan risiko yang akan kamu ketika menjalankan usaha, sehingga kamu harus memutar otak untuk mencari solusi terbaik. Jika kamu cepat menyerah, usaha yang sudah kamu bangun dengan susah payah malah hilang begitu saja.

Tidak hanya inspirasi usaha saja loh yang disediakan Anteraja tetapi Anteraja juga menyediakan berbagai macam Artikel usaha dan Bisnis yang bisa membantu kamu dalam memulai atau membesarkan usaha! Berikut Artikel-artikelnya:

Nah itu dia 13 ide inspirasi usaha yang bisa menjadi referensi kamu, banyak banget kan? Dari sekian banyak ide di atas, masa sih nggak ada yang meyakinkan kamu? Makanya langsung aja kamu pertimbangkan sekarang juga! Biar kamu makin semangat untuk menjalankan usaha, Anteraja mau ngasih tau kalau ada banyak sekali diskon ongkir yang bisa kamu manfaatkan jika kamu menggunakan Anteraja. Dijamin kamu dan konsumen kamu bakal senang banget, coba deh kamu cek ongkir sekarang untuk info harga ongkir yang ditawarkan. Pokoknya Anteraja bakal bikin kamu semua hepi, karena Anteraja pasti bawa hepi!

Author

Satria Anteraja

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *