Bisnis Jastip (Jasa Titip) Untuk Pemula yang Menjanjikan
Update Aja

Bisnis Jastip (Jasa Titip) Untuk Pemula yang Menjanjikan

Kamu pasti sudah sering mendengar bisnis jastip atau jasa titip yang sangat populer di Indonesia, ternyata bisnis ini sangat menjanjikan lho. Pada dasarnya bisnis jastip ini hanya membelikan barang-barang yang diinginkan oleh konsumen. Namun karena beberapa faktor, seperti malas pergi ke mall, barang yang sulit didapatkan, dan barang harus impor, maka bisnis jastip ini selalu menjadi alternatif mudah bagi banyak orang untuk mendapatkan barang yang mereka mau. 

Untuk kamu yang ingin berbisnis dan tidak memiliki modal begitu banyak, kamu bisa memilih untuk berbisnis jastip ini. Karena bisnis jastip biasanya menggunakan sistem pre-order yang mengharuskan konsumen membayar terlebih dahulu, sehingga kamu nggak perlu mengeluarkan modal sama sekali. Nah tim Anteraja akan memberitahu kamu tips menjalani bisnis jastip yang sukses, selain itu ada juga rekomendasi produk-produk terbaik untuk bisnis jastip kamu. Pertama-tama mari kita bahas tips menjalankan bisnis jastip yang sukses dari Anteraja, yuk simak langsung!

(Baca juga: Cara Menjadi Jastip)

Tips Menjadi Jasa Titip (Jastip) yang Sukses

1. Analisa Pasar

Bisnis Jastip (Jasa Titip) Untuk Pemula yang Menjanjikan - Analisa Pasar

Analisa pasar sangat penting untuk kamu sebagai persiapan sebelum memulai berbisnis, karena analisa pasar berguna untuk mempelajari berbagai masalah tentang keadaan pasar. Kamu harus menganalisa permintaan, menetapkan segmen pasar, menganalisa persaingan, dan lain-lain. Tujuannya adalah untuk mendapatkan konsumen, melihat persaingan, memanfaatkan peluang, dan mengurangi risiko kegagalan.

2. Fokus Pada Pasar atau Produk Tertentu

Bisnis Jastip (Jasa Titip) Untuk Pemula yang Menjanjikan - Fokus Pada Pasar atau produk Tertentu

Fokus pada produk tertentu membuat kamu tidak repot menentukan produk yang akan dijual, misalnya kamu hanya fokus menawarkan jastip produk kecantikan atau produk makanan. Selain itu kamu juga bisa memaksimalkan produk yang kamu tawarkan, sehingga kamu bisa menjual produk kecantikan dengan lengkap tanpa perlu menawarkan produk selain produk kecantikan. Jika kamu memaksimalkan penjualan pada produk tertentu, maka kamu akan dikenal dengan jastip yang sangat lengkap dalam menjual produk kecantikan.

3. Foto yang Jelas dan Caption yang Menarik

Bisnis Jastip (Jasa Titip) Untuk Pemula yang Menjanjikan - Foto yang Jelas dan Caption Menarik

Berikan foto yang jelas, supaya orang bisa melihat produk yang kamu tawarkan dengan jelas. Berikan foto secara detail pada bagian-bagian penting seperti jahitan pada produk pakaian, kemasan produk kecantikan, dan ingredients pada produk makanan yang kamu tawarkan. Caption juga sangat penting untuk melengkapi informasi yang tidak bisa dijelaskan di foto. Misalnya kode warna pada produk kecantikan seperti lipstik, nail polish, dan foundation. Juga ukuran pakaian yang lengkap dengan penjelasan panjang dan lebarnya. Selain jelas, kamu juga harus membuat foto dan caption yang menarik, supaya orang tertarik untuk membeli.

4. Harga yang Kompetitif

Bisnis Jastip (Jasa Titip) Untuk Pemula yang Menjanjikan - Harga yang Kompetitif

Banyak sekali bisnis jastip yang beredar dan mereka adalah kompetitor kamu yang harus kamu lawan. Untuk itu kamu harus memberikan harga yang kompetitif, sehingga kamu bisa memenangkannya. Harga yang kompetitif juga dapat menarik calon konsumen untuk membeli di tempat kamu, karena konsumen pasti akan mencari harga yang paling sepadan bagi mereka. Jika kamu menjual dengan harga yang lebih mahal, maka kamu akan sulit dilirik oleh konsumen. 

5. Analisa Barang yang Sedang Hype

Bisnis Jastip (Jasa Titip) Untuk Pemula yang Menjanjikan - Analisa Barang yang Sedang Hype

Penting untuk menganalisa barang apa yang sedang hype, karena pasti banyak orang yang akan mencarinya, sehingga kamu harus berjualan barang tersebut. Selain itu, analisa juga barang-barang apa yang mulai dicari dan akan hype di masa depan, sehingga kamu sudah memiliki proyeksi untuk menjual barang apa nantinya. Penting untuk selalu melihat kemauan pasar untuk menentukan barang apa yang bisa membawa keuntungan untuk bisnis kamu.

(Baca juga: Cara Menjadi Reseller)

6. Gunakan Media Social

Bisnis Jastip (Jasa Titip) Untuk Pemula yang Menjanjikan - Gunakan Media Social

Manfaatkan media sosial sebagai platform kamu untuk berjualan, karena banyak sekali orang yang lebih menyukai berbelanja di media sosial dibandingkan platform lain. Kamu harus membuat akun Instagram untuk menempatkan foto-foto terbaik kamu di sana. Pastikan foto-foto yang kamu posting menarik dan sangat jelas, juga caption yang jelas dan informatif agar calon konsumen kamu tidak kebingungan dengan barang apa yang kamu jual. Berikan informasi-informasi detail yang diperlukan, seperti size chart pada produk pakaian dan spesifikasi yang jelas pada produk kecantikan.

7. Promosi Kalau Kamu Jastip ke Teman dan Saudara Kamu

Bisnis Jastip (Jasa Titip) Untuk Pemula yang Menjanjikan - Promosi Kalau Kamu Jastip ke Teman dan Saudara Kamu

Pasti teman-teman dan saudara kamu sangat senang dengan bisnis jastip yang kamu jalankan. Tawarkan mereka untuk menggunakan jasa kamu untuk membeli barang yang mereka mau, berikan potongan harga supaya mereka tergiur untuk mencoba. Kemudian minta tolong kepada mereka untuk mempromosikannya kembali, supaya bisnis kamu dikenal oleh banyak orang dan bisa mendatangkan konsumen lebih banyak.

8. Fast Respon

Bisnis Jastip (Jasa Titip) Untuk Pemula yang Menjanjikan - Fast Respon

Pelayanan yang cepat akan membuat konsumen kamu senang, karena mereka tidak perlu menunggu lama untuk berbelanja. Salah satu faktor orang menggunakan jastip adalah malas datang ke mall, sehingga kamu harus fast respon agar mereka merasa sistem jastip lebih mudah dibanding harus pergi ke mall. Selain itu kamu juga bisa membangun reputasi yang baik, karena fast respon adalah kelebihan yang harus diterapkan pada bisnis online. Jangan lupa selain fast respon, kamu juga harus memberikan pelayanan yang ramah.

9. Gunakan Anteraja Sebagai Pengiriman Kamu

Bisnis Jastip (Jasa Titip) Untuk Pemula yang Menjanjikan - Gunakan Anteraja Sebagai Jasa Pengiriman Kamu

Butuh partner pengiriman cepat? Tentu kamu harus memilih Anteraja, karena Anteraja siap menjadi partner setia kamu. Tenang aja, Anteraja sudah biasa melayani pengiriman dari banyak penjual online di Indonesia dan dengar-dengar mereka sangat puas. Nah tunggu apalagi, buruan Cek Ongkir biar kamu nggak penasaran dengan harga ongkirnya! Tentu saja, selalu ada fitur tracking paket untuk kamu pengguna Anteraja. Jadi nggak perlu galau, soalnya kamu bisa melacaknya setiap waktu dengan Cek Resi!

Produk terbaik untuk Menjadi Jastip (Jasa Titip)

1. Produk Fashion

Bisnis Jastip (Jasa Titip) Untuk Pemula yang Menjanjikan - Produk fashion

Kamu bisa membuka jastip untuk pakaian dari merek-merek yang beredar di mall, seperti H&M, Zara, Bershka, dan Colorbox. Produk mereka yang dijual online tidak selengkap seperti yang ada di toko, sehingga sistem jastip bisa menjadi pilihan, apalagi beberapa orang malas untuk bepergian ke mall untuk berbelanja pakaian. Kamu bisa mengambil foto-foto pakaian dari toko dan memposting nya di akun media sosial kamu. Jangan lupa untuk memberikan keterangan ukuran dan 

(Baca juga: Bisnis Fashion)

2. Produk Kecantikan

Bisnis Jastip (Jasa Titip) Untuk Pemula yang Menjanjikan - Produk Kecantikan

Sama seperti jastip produk fashion, kamu juga bisa menawarkan jastip untuk produk kecantikan yang sudah memiliki nama besar di Indonesia. Kamu bisa menawarkan jastip produk dari toko kecantikan yang beredar di mall, seperti The Body Shop, Sephora, Watsons, dan Victoria Secret, biasanya merek-merek tersebut sangat dicari oleh para wanita. Jangan lupa untuk selalu memberikan foto dan deskripsi produk yang jelas, karena produk kecantikan memiliki banyak faktor untuk dipertimbangkan.

3. Snack Luar Negeri

Bisnis Jastip (Jasa Titip) Untuk Pemula yang Menjanjikan - Snack Luar Negeri

Akibat demam drakor yang sedang hype di Indonesia, membuat para penggemarnya ingin mencoba snacksnack yang ada di film yang mereka tonton. Biasanya snack yang sering dicari adalah cokelat, sereal, biskuit, kue, dan masih banyak lagi. Tetapi kamu harus ingat, pastikan snack yang kamu tawarkan memiliki batas kadaluarsa yang lama, karena memerlukan waktu untuk dikirim dari negara asalnya ke Indonesia. Perhatikan juga cara packing yang baik agar snack tidak rusak ketika pengiriman.

4. Merchandise Official

Bisnis Jastip (Jasa Titip) Untuk Pemula yang Menjanjikan - Merchandise Official

Seperti yang sedang ramai terjadi sekarang, para penggemar K-Pop di Indonesia banyak yang ingin mengoleksi merchandise official dari girlband atau boyband favorit mereka. Namun sangat sulit untuk membelinya, sehingga membeli lewat sistem jastip selalu menjadi pilihan. Nah kamu harus memanfaatkan situasi ini, karena keuntungannya bisa sangat besar. Kamu harus menentukan band K-Pop apa yang memiliki penggemar sangat banyak dan akan terus bertambah setiap tahunnya, sehingga kamu bisa memproyeksikan perkembangan bisnis kamu.

5. Produk-produk yang Hanya Ada di Luar Negeri

Bisnis Jastip (Jasa Titip) Untuk Pemula yang Menjanjikan - Produk yang Hanya ada di Luar Negeri

Tidak sedikit orang-orang yang menyukai produk-produk luar negeri yang tidak masuk ke Indonesia, apalagi produk-produk makanan dalam kemasan yang bisa bertahan lama. Jajanan-jajanan yang terdapat di minimarket di Korea Selatan seperti ramyun, honey butter chip, brownie, dan jelly pasti ada saja orang yang mencarinya, apalagi produk-produk tersebut tidak dijual di Indonesia. Nah kamu tinggal cari tahu deh produk apa yang hanya ada di luar negeri namun banyak dicari orang, karena banyak dari mereka yang rela untuk mengimpornya demi mendapatkan produk yang mereka inginkan.

Jadi apa produk jastip yang ingin kamu tawarkan? Masih ada banyak lagi produk-produk yang bisa kamu tawarkan kepada banyak orang. Nah jangan lupa untuk menaikkan harga dari produk yang kamu jual, sebagai keuntungan kamu dalam berbisnis jastip. Selalu berikan harga yang kompetitif dan jangan terburu-buru untuk mendapatkan keuntungan, karena bisnis membutuhkan proses agar bisa berkembang. Semoga berhasil!

Selain itu Anteraja juga menyediakan berbagai macam Artikel lainnya tentang bisnis dan cara menjadi dropshipper seperti:

Author

Satria Anteraja

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *