Ide Usaha yang Cocok untuk Pensiunan
Update Aja

11 Ide Usaha yang Cocok untuk Pensiunan Potensial & Menguntungkan

Setelah bertahun-tahun bekerja, pasti banyak dari kamu yang sudah sangat terbiasa dengan aktivitas. Sehingga ketika memasuki masa pensiun, ada banyak orang yang tidak betah ketika tidak melakukan aktivitas seperti dulu. Nah jika kamu masih memiliki semangat untuk bekerja dan mencari uang, kamu bisa menjalankan usaha-usaha yang tidak terlalu rumit, namun potensial dan menguntungkan.

Pasti banyak dari kamu yang belum memiliki gambaran ide usaha apa yang bisa dijalankan di masa pensiun. Nggak perlu bingung, masih ada banyak jenis usaha yang bisa dilakukan agar kamu tetap bisa menghasilkan uang. Biar nggak penasaran, kamu bisa simak 11 rekomendasi usaha yang cocok untuk pensiunan di bawah ini! Nggak hanya itu, Anteraja juga bakal bocorin kamu beberapa tipsnya, supaya usaha kamu bisa sukses. Yuk lanjutin membacanya!

Rekomendasi Usaha yang Cocok untuk Pensiunan


1. Usaha Kost-kostan atau Kontrakan

Ide Usaha yang Cocok untuk Pensiunan - Usaha Kost Kostan atau Kontrakan

Mahalnya harga rumah atau apartemen di beberapa daerah, membuat orang-orang lebih memilih untuk menyewa kost atau kontrakan sebagai tempat tinggal. Ini bisa menjadi kesempatan kamu untuk berbisnis kost-an atau kontrakan untuk disewakan kepada mereka yang membutuhkannya. Tentu usaha ini membutuhkan modal yang sangat besar, karena kamu harus membeli atau membangun sebuah rumah. Kemudian kamu juga harus mencari lokasi yang strategis agar kost-an atau kontrakan yang kamu sewakan bisa menjadi pertimbangan.

2. Usaha Frozen Food

Ide Usaha yang Cocok untuk Pensiunan - Usaha Frozen Food

Jika kamu cukup memahami bidang kuliner, kamu harus coba untuk menjalankan usaha ini. Apalagi jika kamu cukup mahir dalam memasak makanan yang enak dan berpeluang besar untuk diperjual-belikan. Buatlah makanan-makanan yang umum dan disukai banyak orang untuk dijadikan frozen food. Namun kamu harus mengeluarkan modal agak besar untuk membeli lemari es untuk menyimpan frozen food supaya bisa bertahan lama, serta kamu juga harus menjaga kualitasnya agar tetap segar hingga ke tangan pelanggan. 

3. Usaha Makanan Kekinian

Ide Usaha yang Cocok untuk Pensiunan - Usaha Makanan Kekinian

Selain frozen food, kamu juga bisa menjalan usaha makanan kekinian. Beberapa makanan kekinian yang sedang hits di kalangan masyarakat adalah kebab, pisang nugget, martabak dengan topping, ayam geprek, nasi kulit, dan masih banyak lagi. Nah sebelum kamu menentukannya, cari tau dulu minat dan tren masyarakat di sekitar lokasi jualan kamu dengan melakukan riset pasar. Karena berjualan makanan akan berisiko besar apabila sepi pembeli, sehingga kamu harus menyasar pasar yang luas.

4. Membeli Franchise

Ide Usaha yang Cocok untuk Pensiunan - Membeli Franchise

Membeli franchise adalah cara cepat untuk kamu yang enggan atau malas memikirkan ide untuk berbisnis. Memang tidak semua orang mau atau berani merealisasikan ide bisnisnya, karena risiko kegagalannya bisa sangat besar. Nah kamu tinggal memikirkan bidang usaha apa yang ingin kamu jalankan, lalu kamu cari franchisor yang sesuai dengan bidang usaha kamu. Beberapa bidang usaha yang banyak berjalan dengan sistem franchising adalah kuliner, mini market, apotek, dan jasa.

5. Usaha Tanaman Hias

Ide Usaha yang Cocok untuk Pensiunan - Usaha Tanaman Hias

Kamu hobi merawat dan mengoleksi tanaman hias? Mungkin ini bisa menjadi saat yang tepat untuk menghasilkan uang dari hobi kamu. Menjalankan usaha tanaman hias memerlukan pengetahuan yang cukup luas, karena menumbuhkan dan merawat tanaman cukup sulit dan juga membutuhkan keahlian. Pilih juga jenis tanaman yang paling umum dibeli dan disukai agar mudah terjual. Apabila usaha kamu sudah besar, barulah kamu menjual jenis tanaman yang langka dengan harga yang tinggi.

6. Usaha Bengkel

Ide Usaha yang Cocok untuk Pensiunan - Usaha Bengkel

Tingginya penggunaan kendaraan bermotor di Indonesia membuat kehadiran bengkel sangat diperlukan oleh banyak orang, karena kendaraan perlu diservis untuk perawatan berkala agar tetap prima. Nah usaha bengkel ini cukup luas dan memiliki banyak pilihan, tinggal kamu tentukan sesuai modal kamu. Jika modal kamu kecil, kamu bisa membuka bengkel tambal ban. Kemudian jika modal kamu cukup besar, kamu bisa langsung membuka bengkel servis dan menyediakan parts kendaraan bermotor.

7. Usaha Toko Kelontong

Ide Usaha yang Cocok untuk Pensiunan - Usaha Toko Kelontong

Di beberapa daerah, toko kelontong masih menjadi incaran masyarakat karena harganya yang sangat terjangkau. Apalagi toko kelontong menyediakan sembako yang sudah pasti diperlukan untuk kebutuhan sehari-hari, sehingga harga akan menjadi pertimbangan utama. Kamu bisa banget untuk mempertimbangkan usaha ini, apalagi jika kamu berada di daerah yang belum banyak berdiri waralaba minimarket. Kehadiran toko kelontong akan sangat bermanfaat bagi masyarakat supaya tetap bisa berbelanja sembako dengan mudah. 

8. Usaha Laundry Kiloan

Ide Usaha yang Cocok untuk Pensiunan - Usaha Laundry Kiloan

Jasa laundry kiloan saat ini masih sangat dibutuhkan oleh banyak orang, terlebih lagi di wilayah yang penduduknya cukup sibuk. Sayangnya usaha laundry kiloan cukup kompetitif karena sudah sangat merebak, sehingga kamu harus menemukan lokasi yang sangat strategis dan minim kompetitor. Hindari lokasi usaha yang berdekatan dengan kompetitor, kecuali kamu bisa menyaingi dari segi pelayanan dan harga. Usaha laundry kiloan seperti ini membutuhkan hasil pencucian yang cepat, sehingga kamu harus bisa memenuhinya.

9. Usaha Fotocopy

Ide Usaha yang Cocok untuk Pensiunan - Usaha Fotocopy

Selain laundry kiloan, jasa fotocopy juga sangat dibutuhkan oleh banyak orang. Sehingga kamu juga bisa pertimbangkan usaha ini apabila kamu berada di daerah yang ramai dan sibuk. Ketika baru memulai, kamu bisa membeli satu mesin cetak untuk melayani fotocopy dan scan. Kemudian kamu juga bisa berjualan beberapa perkakas kantor seperti alat tulis, gunting, cutter, berbagai macam kertas, dan lain-lain. Untuk tempat usaha harus berada di lokasi yang strategis dan mudah dilihat orang.

10. Usaha Digital Printing

Ide Usaha yang Cocok untuk Pensiunan - Usaha Digital Printing

Nah setelah usaha fotocopy kamu menghasilkan banyak uang, segera kumpulkan modal untuk mengembangkannya menjadi usaha digital printing. Usaha ini akan melayani printing dalam skala yang lebih besar, seperti buku, poster, majalah, dan lain-lain. Sehingga keuntungan yang didapatkan juga sudah pasti sangat besar. Tentu kamu harus membuat tempat usaha yang bagus agar konsumen merasa nyaman, supaya kamu bisa mengincar pasar yang luas.

11. Usaha Konsultan Jasa

Ide Usaha yang Cocok untuk Pensiunan - Usaha Konsultan Jasa

Usaha ini sangat direkomendasikan bagi kamu yang memiliki banyak ilmu dan keahlian, karena jasa konsultan harus memiliki wawasan luas agar bisa memberi. Ada beberapa bidang yang banyak dikonsultasikan, seperti bisnis dan manajemen, hukum, pajak, IT, pemasaran, dan masih banyak lagi. Nah tinggal kamu sesuaikan dengan ilmu yang kamu miliki. Jangan lupa juga kamu harus memiliki bukti bahwa kamu memiliki reputasi yang baik dari pendidikan atau pekerjaan yang pernah kamu tempuh.

Tips Usaha Dari Anteraja

Ide Usaha yang Cocok untuk Pensiunan - Tips Usaha dari Anteraja

1. Lakukan Sesuai yang Anda Suka

Semakin kamu suka, pasti kamu semakin semangat untuk melakukannya. Sehingga kamu harus menjalankan usaha sesuai dengan yang kamu suka. Jika kamu hobi otomotif, kamu bisa membuka usaha bengkel motor atau mobil untuk melanjutkan hobi kamu. Pokoknya buat dirimu selalu nyaman untuk melakukannya, jangan sampai masa pensiun kamu menjadi masa yang lebih berat.

2. Selalu Inovasi

Inovasi adalah salah satu cara untuk membuat bisnis kamu selalu berkembang dan memenangkan kompetisi. Sehingga kamu harus aware dengan hal-hal baru yang bisa berdampak baik terhadap usaha kamu. Misalnya seperti sekarang sudah banyak layanan pengiriman yang bisa diakses dengan menggunakan aplikasi pada smartphone, salah satunya adalah Anteraja. Dengan aplikasi Anteraja, kamu bisa dengan mudah melakukan cek ongkir, cek resi, dan update terakhir info promo yang ditawarkan. Untuk itu kamu harus percayakan Anteraja sebagai layanan pengiriman dari usaha kamu!

3. Promosi

Jangan lupa siapkan budget untuk promosi, karena usaha kamu harus dipromosikan supaya cepat dikenal oleh masyarakat. Manfaatkan berbagai platform online maupun offline untuk berpromosi, sesuai dengan target pasar dari usaha kamu. Pada platform offline kamu bisa menggunakan spanduk, brosur, atau poster. Untuk platform online kamu bisa menggunakan media sosial seperti Instagram dan Facebook.

Tidak hanya usaha untuk pensiunan saja loh yang disediakan Anteraja tetapi Anteraja juga menyediakan berbagai macam Artikel usaha dan Bisnis yang bisa membantu kamu dalam memulai atau membesarkan usaha! Berikut Artikel-artikelnya:

Nah itu dia berbagai ide usaha di masa pensiun beserta tips-tipsnya. Jadi langsung aja kamu tentukan sekarang juga, mumpung semangat kamu masih belum luntur! Yang terpenting kamu harus senang dan semangat untuk menjalankan usahanya, jangan buat masa pensiun kamu lebih memusingkan dibandingkan ketika bekerja dulu. Jika kamu rasa sudah berat, ajak orang lain untuk membantu kamu menjalankan usaha. Pokoknya apapun usaha yang kamu jalankan, Anteraja akan selalu mendukungmu dengan menyediakan layanan pengiriman terbaik untuk kamu manfaatkan. Semoga berhasil ya!

Author

Satria Anteraja

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *