Tips Bisnis dan Usaha Kopi Kekinian Terbaik untuk Pemula
Update Aja

Tips Bisnis Kopi Kekinian Terbaik untuk Pemula

Tidak hanya hobi, bahkan kopi sudah menjadi salah satu minuman yang dibutuhkan orang setiap harinya. Kandungan kafein yang terdapat pada kopi dapat memicu otak agar semakin aktif dan membuat otak terus fokus kepada hal yang ingin dikerjakan. Nggak heran kopi selalu diincar oleh banyak orang yang membutuhkan otak untuk berpikir dan bekerja setiap harinya. Situasi ini membuat bisnis kopi sangat merebak, dari mulai kopi yang terjangkau hingga yang mahal. 

Bisnis kopi bisa menjadi salah satu bisnis yang bisa kamu jalani, karena bisnis ini termasuk bisnis yang memiliki banyak peminat. Apalagi jika kamu memiliki passion yang besar terhadap kopi, pasti kamu sudah merencanakan bisnis ini sejak lama. Nah nggak usah tunggu apa-apa lagi, buruan realisasikan bisnis kamu. Langsung deh simak artikel ini, soalnya Anteraja memiliki 10 tips bisnis dan usaha kopi kekinian terbaik untuk pemula. Jangan sampai kamu lewatkan, ya!

Tips Bisnis Kopi Kekinian untuk Pebisnis Pemula

1. Siapkan Usaha Warung Kopi Apa yang Ingin Kamu Jalani

Tips Bisnis dan Usaha Kopi Kekinian Terbaik untuk Pemula - Siapkan Usaha Warung Kopi Apa yang Ingin Kamu Jalani

Ada beberapa jenis warung atau kedai kopi yang cukup populer di Indonesia, yaitu kedai kopi estetik, specialty coffee, dan coffee to go. Kedai kopi estetik biasanya menawarkan desain interior yang keren dan Instagramable, sehingga disukai para anak-anak muda yang ingin nongkrong untuk menghabiskan waktu. Kalau specialty coffee biasanya menyediakan berbagai biji kopi dengan beragam teknik penyeduhan yang lengkap, sehingga tempat ini cocok bagi para coffee enthusiast. Atau yang terakhir ada coffee to go yang hanya menawarkan layanan pick up order, sehingga tidak membutuhkan kedai yang besar untuk menampung orang.

2. Tentukan Target Pasar yang Kamu Incar

Tips Bisnis dan Usaha Kopi Kekinian Terbaik untuk Pemula - Tentukan Target Pasar yang Kamu Incar

Kamu harus tau siapa target pasar yang kamu incar, karena kopi cukup diminati oleh banyak kalangan. Menentukan target pasar akan berpengaruh terhadap konsep warung kopi kamu dan strategi pemasaran yang harus disiapkan. Jika kamu mengincar kalangan remaja, maka kamu bisa menyiapkan konsep warung kopi dan strategi yang sesuai dengan mereka. Nah kamu bisa menentukan segera sebelum kamu memulai menjalankan bisnis.

3. Pilih Supplier Kopi yang Terpercaya dan Terbaik

Tips Bisnis dan Usaha Kopi Kekinian Terbaik untuk Pemula - Pilih Supplier Kopi yang Terpercaya dan Terbaik

Ada banyak sekali supplier kopi yang memiliki kualitas yang baik dan terpercaya, namun kamu harus tentukan supplier yang cocok dengan kamu. Carilah supplier kopi secara online maupun offline, kemudian bandingkan dari sekian banyak supplier yang kamu dapatkan. Buatlah kriteria supplier yang kamu butuhkan dan sesuaikan dengan kriteria yang sudah kamu tentukan. Jika kamu cocok dengan satu supplier namun lokasinya cukup jauh, kamu bisa menggunakan Anteraja sebagai jasa pengiriman kopi kamu. Untuk info ongkirnya, coba deh kamu cek ongkir biar nggak penasaran. Selain itu, fitur tracking paket dari Anteraja bakal memudahkan kamu untuk melacak paket. Tinggal input nomor resi yang diberikan saat cek resi, semua informasi detail soal paket kamu akan terpampang dengan jelas di sana!

4. Beli Franchise

Tips Bisnis dan Usaha Kopi Kekinian Terbaik untuk Pemula - Beli Franchise

Jika modal kamu besar, tidak ada salahnya untuk membeli franchise brand kopi yang sudah terkenal. Walaupun harus mengeluarkan uang lebih banyak, tetapi kamu nggak perlu membangun brand dari awal, sehingga kamu tinggal menentukan lokasi dan berjualan. Namun nggak usah khawatir jika modal kamu tidak besar, kamu juga bisa kok merintis brand kamu sendiri. Tinggal kamu sesuaikan dengan modal yang kamu miliki dan tentukan budgeting yang dibutuhkan.

5. Pilih Lokasi yang Strategis

Tips Bisnis dan Usaha Kopi Kekinian Terbaik untuk Pemula - Pilih Lokasi yang Strategis

Jika kamu ingin membuka warung kopi nongkrong yang dapat menampung banyak orang, maka pilihlah lokasi yang berada di pusat keramaian dan memiliki lahan yang luas. Sehingga tidak sempit ketika ada banyak orang yang datang untuk nongkrong dan terlihat nyaman. Namun jika kamu ingin membuka kedai kopi yang tidak melayani dine in atau biasa disebut coffee to go, maka kamu bisa memilih lokasi yang tidak berada di pusat keramaian. Keduanya pasti memiliki harga sewa yang berbeda, maka sesuaikan dengan modal yang kamu miliki.

6. Pilih Barista yang Terpercaya

Tips Bisnis dan Usaha Kopi Kekinian Terbaik untuk Pemula - Pilih Barista yang Terpercaya

Tentu kamu memerlukan barista untuk membantu menghidangkan kopi untuk pelanggan, maka kamu harus memilih barista yang mahir dan terpercaya. Kamu bisa mengajak teman kamu yang berprofesi sebagai barista untuk bekerja di tempat kamu, atau bahkan mengajaknya untuk berbisnis bersama. Biasanya banyak sekali anak-anak muda yang menggeluti profesi barista ini, sehingga kamu bisa mencarinya dengan mudah. 

7. Pisahkan Keuntungan dan Modal

Tips Bisnis dan Usaha Kopi Kekinian Terbaik untuk Pemula - Pisahkan Keuntungan dan Modal

Modal adalah uang yang perlu kamu keluarkan untuk membangun dan mengembangkan bisnis, sedangkan keuntungan adalah uang yang didapatkan dari hasil berbisnis. Untuk itu kamu harus memisahkan kedua uang ini, sehingga tidak tercampur dan membuat kamu bingung. Kamu harus menghitung setiap pemasukan dan pengeluaran yang ada, agar untung atau tidaknya bisnis kamu bisa terlihat. Catat keuangan kamu pada buku maupun software akuntansi yang bisa kamu akses kapanpun, jangan sampai catatan keuangan kamu berantakan dan tidak sesuai.

8. Promosi ke Keluarga dan Teman Kamu

Tips Bisnis dan Usaha Kopi Kekinian Terbaik untuk Pemula - Promosi ke Keluarga dan Teman Kamu

Pasti keluarga dan teman kamu banyak yang menyukai kopi, maka ajaklah mereka untuk datang ke kedai kopi dan mencicipi kopi buatan kamu. Berikan harga promo yang menarik sehingga mereka mau datang ke kedai kopi kamu, kemudian Minta feedback mereka atas pelayanan dan rasa dari setiap menu yang kamu tawarkan. Feedback dari mereka bisa menjadi evaluasi untuk bisnis kamu jika ada kekurangan, sehingga kamu bisa selalu mengembangkannya. Jika mereka senang, mereka pasti akan merekomendasikannya ke orang lain, sehingga kedai kopi kamu semakin dikenal.

9. Jangan Takut Berinovasi

Tips Bisnis dan Usaha Kopi Kekinian Terbaik untuk Pemula - Jangan Takut Berinovasi

Berinovasi bisa dari aspek apapun, yang penting kamu harus aware dengan sekitar kamu. Berinovasi berguna supaya bisnis kamu tidak ketinggalan dengan bisnis kopi lainnya, karena seiring berjalannya waktu pasti ada inovasi baru yang harus diikuti agar tidak ketinggalan. Kamu bisa menginovasikan sistem transaksi, sistem pemesanan, menu yang ditawarkan, dan sebagainya.

(Baca juga: Ide Bisnis 2021)

10. Jangan Pernah Menyerah dan Belajar Dari Kesalahan

Tips Bisnis dan Usaha Kopi Kekinian Terbaik untuk Pemula - Jangan Pernah Menyerah dan Belajar dari Kesalahan

Menyerah hanya boleh kamu lakukan jika kamu sudah tidak menemukan solusi untuk bisnis kamu. Namun jika sekiranya masih ada solusi, maka carilah solusi tersebut sehingga kamu bisa terus maju dan tidak menyerah. Selain menjalankan bisnis, kamu juga perlu mempelajari setiap kesalahan dan keputusan yang kamu ambil. Selalu perdalam ilmu tentang bisnis dengan membaca atau belajar dari pengalaman para pebisnis yang sudah sukses.

Untuk Para pembaca Setia Anteraja yang ingin membuka usaha minuman dan Bisnis lainnya Anteraja menyediakan berbagai macam Artikel tentang membuka Bisnis dan Usaha lainnya loh!, Berikut ialah Artikel tentang minuman dan Usaha lainnya yang sudah disiapkan oleh tim Anteraja:

Rekomendasi Menu Minuman untuk Usaha Kopi Kamu!

1. Espresso

Tips Bisnis dan Usaha Kopi Kekinian Terbaik untuk Pemula - Espresso

Espresso dihasilkan dari ekstrak biji kopi yang telah digiling dan diseduh dengan air panas bertekanan tinggi, sehingga kopi yang dihasilkan sangat kental dan strong. Espresso biasanya memiliki rasa yang sangat pahit atau asam tergantung biji kopi yang digunakan, sehingga tidak banyak orang yang suka dengan Espresso. Namun Espresso bisa dibuat menjadi Latte, Macchiato, atau Americano sehingga lebih digemari banyak orang.

2. Latte

Tips Bisnis dan Usaha Kopi Kekinian Terbaik untuk Pemula - Latte

Latte adalah minuman campuran antara Espresso dengan susu dengan perbandingan dua pertiga bagian dari gelas diisi dengan Espresso dan sisanya diisi susu dengan busa tipis, sehingga komposisi susu pada Latte lebih banyak dibandingkan dengan kopinya. Biasanya minuman ini digemari oleh orang-orang yang ingin mencicipi kopi namun dengan komposisi kopi yang tidak terlalu banyak, sehingga bisa dinikmati di berbagai waktu.

3. Americano

Tips Bisnis dan Usaha Kopi Kekinian Terbaik untuk Pemula - Americano

Bagi orang-orang yang ingin menikmati kopi tanpa merubah cita rasanya, biasanya Americano selalu menjadi pilihan. Karena Americano hanya campuran Espresso dengan air panas dengan perbandingan 1:3 hingga 1:4, sehingga kopi yang dihasilkan akan lebih ringan dibandingkan dengan Espresso. Americano memiliki varian yang dinamakan Long Black dengan menuang air panas terlebih dahulu supaya tidak merusak crema dari Espresso.

4. Macchiato

Tips Bisnis dan Usaha Kopi Kekinian Terbaik untuk Pemula - Macchiato

Macchiato adalah minuman kopi yang dibuat dengan mencampurkan antara Espresso dengan susu dengan perbandingan 1:4. Macchiato memiliki arti “ditandai dengan bercak,” sehingga minuman ini terdapat busa yang berasal dari susu di atasnya. Hampir sama seperti Latte, minuman ini tidak memberikan rasa kopi yang strong sehingga bisa dinikmati kapanpun.

5. Cappuccino

Tips Bisnis dan Usaha Kopi Kekinian Terbaik untuk Pemula - Cappuccino

Cappuccino juga merupakan minuman campuran antara kopi dengan susu. Biasanya perbandingannya sepertiga susu, sepertiga Espresso, dan sepertiga foam dari susu. Minuman ini memiliki karakter foam yang agak bold saat tegukan pertama, kemudian diikuti kopi dengan rasa milky yang kuat. Tidak seperti Latte, Cappuccino tidak memakai art di permukaannya.


Buruan deh segera mulai bisnis kamu, jangan sampai ide yang telah kamu buat keduluan oleh orang lain! Hitung modal yang kamu miliki dan budgeting sesuai dengan keperluan kamu, kemudian siapkan strategi yang matang untuk melawan kompetitor di lapangan. Ingat, selalu berikan kopi terbaik untuk para pelanggan kamu, karena orang rela datang jauh-jauh ke kedai kamu jika kopi kamu enak. Berikan juga pelayanan yang ramah untuk memberi kenyamanan bagi pelanggan kamu, agar mereka mau kembali lagi ke kedai kamu.

Author

Satria Anteraja

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *