Rekomendasi 11 Usaha dengan Modal 100 Juta yang Bisa Kamu Jalani

Usaha dengan Modal 100 Juta yang Bisa Kamu Jalani

Berbisnis atau membuka usaha adalah pekerjaan yang membutuhkan modal untuk memulainya, sehingga modal merupakan faktor utama yang mempengaruhi seberapa besar bisnis yang akan kamu buat. Memang banyak yang bisa dilakukan dari jumlah modal yang beragam, jadi jangan berpikir bahwa membuka usaha selalu memerlukan modal yang besar. Namun tentu semakin banyak modal akan semakin banyak juga pilihan usaha yang bisa kamu jalankan.

Banyak sekali usaha yang bisa dijalankan dengan modal kecil, namun bagaimana jika kamu memiliki modal 100 juta rupiah? Banyak yang bisa kamu lakukan dari uang sebanyak itu. Nah di bawah ini, ada beberapa usaha modal 100 juta rupiah yang bisa kamu jalankan. Namun kamu perlu mengetahui beberapa hal sebelum kamu memulai bisnis, sehingga kamu harus simak tips-tipsnya juga. Kalau gitu, langsung simak aja artikelnya di bawah ini!

Tips Membuka Bisnis

1. Analisa Dulu Bisnis yang Ingin Kamu Jalani

Usaha dengan Modal 100 Juta yang Bisa Kamu Jalani - Analisa Dulu Bisnis yang Ingin Kamu Jalani

Modal 100 juta adalah modal yang cukup besar untuk berbisnis, untuk itu kamu harus menganalisa bisnis yang ingin kamu jalani. Menganalisa bisnis dengan matang akan membuat kamu mengetahui seberapa besar kesempatan untuk mendapatkan keuntungan. Dengan modal 100 juta, tentu kamu mau memiliki bisnis yang memaksimalkan modal tersebut. Jangan sampai kamu tergesa-gesa dan lupa untuk menganalisa, karena kamu bisa saja kehilangan modal kamu.

(Baca juga: Ide Bisnis 2021)

2. Pilih Tempat yang Strategis

Usaha dengan Modal 100 Juta yang Bisa Kamu Jalani - Pilih Tempat yang Strategis

Lokasi merupakan salah satu faktor yang menentukan nasib bisnis kamu. Memang untuk menyewa atau membeli tempat cukup memakan banyak biaya, apalagi di kota-kota besar. Nah dari modal 100 juta yang kamu miliki, kamu bisa menginvestasikannya pada lokasi yang strategis, karena lokasi strategis pasti memiliki biaya yang mahal.

3. Pisahkan Keuntungan dan Modal

Usaha dengan Modal 100 Juta yang Bisa Kamu Jalani - Pisahkan Keuntungan dan Modal

Dengan memisahkan keuntungan dengan modal, kamu dapat melihat pemasukan dan pengeluaran secara jelas. Untuk memisahkannya, kamu bisa menyimpannya di rekening bank yang berbeda kemudian mencatat setiap transaksi dalam pembukuan. Apabila pengeluaran tidak sesuai dengan rencana, kamu akan mengetahui dan mudah melakukan koreksi keuangan. 

(Baca juga: usaha yg menjanjikan)

4. Jangan Takut Melakukan Inovasi

Usaha dengan Modal 100 Juta yang Bisa Kamu Jalani - Jangan Takut Melakukan Inovasi

Berinovasi akan membuat kamu memiliki sesuatu yang berbeda di mata konsumen, karena kamu bisa melakukan explore terhadap bisnis yang kamu miliki. Tidak berinovasi akan membuat bisnis kamu stagnan, sehingga kamu akan berada di posisi yang sama. Banyak hal yang bisa kamu pelajari untuk memajukan bisnis kamu supaya menjadi sebuah usaha yang besar.

(Baca juga: USaha Modal 1 Juta)

Rekomendasi Usaha Bisnis dengan Modal 100 Juta

1. Bisnis Laundry

Usaha dengan Modal 100 Juta yang Bisa Kamu Jalani - Bisnis Laundry

Bisnis laundry merupakan salah satu bisnis yang menguntungkan dan bisa dibilang modalnya pun juga nggak terlalu besar. Mungkin jika kamu membuka laundry kecil-kecilan, kamu akan memerlukan modal 10 juta rupiah. Nah jika kamu memiliki modal 100 juta rupiah, kamu bisa membuka bisnis laundry di beberapa tempat. Kamu bisa menyasar pusat-pusat keramaian, seperti di daerah perkantoran, kampus, dan pemukiman padat. 

(Baca juga: Bisnis Laundry Kiloan)

2. Bisnis Franchise

Usaha dengan Modal 100 Juta yang Bisa Kamu Jalani - Bisnis Franchise

Bisnis franchise adalah solusi buat kamu yang nggak mau repot-repot memikirkan branding produk yang kamu jual. Banyak sekali bisnis franchise yang bisa kamu jalankan dengan modal 100 juta rupiah, kebanyakan penyedia franchise bergerak di bidang food & beverage. Kamu bisa membeli lisensi franchise minuman kekinian yang sudah memiliki nama yang besar, atau makanan cepat saji seperti restoran ayam geprek yang sangat terkenal.

3. Bisnis Fashion

Usaha dengan Modal 100 Juta yang Bisa Kamu Jalani - Bisnis Fashion

Menjalankan bisnis fashion dengan modal 100 juta rupiah akan memberi kamu banyak sekali pilihan. Kamu tinggal memilih ingin menjual produk fashion yang memaksimalkan kuantitas atau kualitas. Jika kuantitas, kamu bisa berjualan pakaian grosiran dengan harga yang murah dan menyasar masyarakat menengah. Bisa juga kamu memaksimalkan kualitas, dengan menjual produk pakaian original atau produk sneakers dari merk terkenal yang dicari-cari oleh para pecinta sepatu. Bahkan bisnis berjualan sneakers memiliki keuntungan yang besar, karena banyak sekali para kolektor sneakers yang siap membeli barang kamu dengan harga mahal.

4. Bisnis Percetakan

Usaha dengan Modal 100 Juta yang Bisa Kamu Jalani - Bisnis Percetakan

Printing atau percetakan akan sangat dibutuhkan oleh banyak orang, terlebih lagi para mahasiswa yang membutuhkannya untuk tugas kuliah. Untuk itu kehadiran tempat percetakan selalu memudahkan para pelajar dan orang-orang yang membutuhkan tempat untuk mencetak. Dalam membuka bisnis percetakan, penting untuk memilih lokasi di tengah pusat keramaian, seperti kantor, kampus, dan sekolah. Selain untuk membeli peralatan kebutuhan percetakan, pertimbangkan untuk mengalokasikan dana lebih banyak dari modal kamu untuk mencari tempat yang paling strategis.

5. Bisnis Cafe Kekinian

Usaha dengan Modal 100 Juta yang Bisa Kamu Jalani - Bisnis Cafe Kekinian

Mungkin cafe adalah bisnis yang sudah biasa, namun jika kamu memiliki konsep yang berbeda untuk sebuah cafe, maka itu akan disukai oleh banyak orang. Misalnya cafe kekinian dengan memiliki konsep “Instagramable” yang disukai anak-anak muda. Cafe yang Instagramable biasanya banyak dikunjungi dan dibuat tempat untuk berfoto.

6. Bisnis Bengkel

Usaha dengan Modal 100 Juta yang Bisa Kamu Jalani - Bisnis Bengkel

Kamu menyukai bidang otomotif? Bisnis bengkel bukan hal yang buruk. Banyak sekali pilihan bengkel yang bisa kamu jalankan dengan modal 100 juta rupiah. Kamu bisa memilih untuk membuka bengkel mobil atau motor, kemudian kamu bisa memilih pelayanan perbaikan seperti service mesin, suspensi, AC, atau ketok magic. Selain itu, ada juga bisnis di bidang otomotif seperti jasa nano coating dan variasi audio yang banyak dicari oleh orang.

(Baca juga: Usaha yang cocok di pedesaan)

7. Barber Shop

Usaha dengan Modal 100 Juta yang Bisa Kamu Jalani - Barber Shop

Bisnis barber shop sangat menjamur beberapa tahun terakhir dan bisa dibilang perkembangannya cukup pesat. Para pria pasti sangat membutuhkan barber shop untuk menata rambut mereka, sehingga barber shop akan selalu memiliki konsumennya tersendiri. Nah beberapa daerah belum banyak memiliki barber shop yang menawarkan tempat yang bagus namun dengan harga yang terjangkau. Untuk itu cobalah untuk mencari lokasi yang masih jarang ada barber shop di sana.

8. Berjualan Online

Usaha dengan Modal 100 Juta yang Bisa Kamu Jalani - Berjualan Online

Dengan modal 100 juta rupiah kamu memiliki banyak pilihan barang yang bisa dijual secara online, untuk itu kamu harus melakukan analisa barang yang paling berpotensi untuk dijual. Beberapa barang yang cukup laris di Indonesia adalah produk kecantikan, produk fashion, jam tangan, dan perlengkapan bayi. Nah dari beberapa produk tadi, kamu tinggal tentukan produk apa yang ingin kamu jual.

(Baca juga: bisnis yang cocok untuk anak muda)

9. Bisnis Minuman Kekinian

Usaha dengan Modal 100 Juta yang Bisa Kamu Jalani - Bisnis Minuman Kekinian

Minuman kekinian sangat disukai banyak orang, terlebih lagi bagi para anak-anak muda. Banyak sekali resep minuman kekinian yang bisa kamu kreasikan supaya lebih menarik lagi dan bisa kamu branding sendiri. Dengan modal 100 juta, kamu bisa membuka brand minuman kekinian kamu lebih dari satu lokasi. Sehingga kamu bisa mendapatkan keuntungan dari semua gerai yang kamu miliki. Setelah brand kamu besar, kamu bisa menjual lisensi franchise untuk dibeli oleh orang.

Jadi kamu sudah menentukan apa yang ingin dilakukan dengan uang 100 juta rupiah yang kamu miliki? Apapun usaha yang ingin kamu jalankan, lakukan analisa sematang mungkin, supaya modal yang kamu miliki bisa memberikan kamu usaha yang besar dan menguntungkan. 


Tentu kamu memerlukan layanan pengiriman terpercaya untuk membantu kelancaran usaha kamu. Apalagi kalau bukan Anteraja yang siap mengirim barang-barang yang kamu butuhkan dengan cepat dan akurat. Penasaran dengan ongkirnya? Coba deh kamu langsung Cek Ongkir dan tentukan tujuan kamu! Jangan kaget dengan harganya ya, soalnya harga ongkirnya nggak bakal bikin kantong kamu jebol. Dengan harga yang terjangkau, kamu dapat menikmati fitur tracking yang memudahkan kamu melacak posisi paket dengan Cek Resi. Jadi jangan lupa simpan nomor resi kamu untuk di melacaknya.