jenis parfum
Update Aja

Jenis Parfum dan Penggunaannya, Eau De Cologne vs Eau De Toillette

Menjaga kondisi badan menjadi kewajiban setiap orang. Termasuk dalam menjaga kesegaran aroma tubuh. Parfum seakan menjadi kebutuhan setiap individu. Khususnya para pekerja yang memiliki mobilitas dan intensitas kerja yang tinggi. Perlu diketahui ada banyak jenis aroma parfum yang beredar di pasaran. Baik yang dijual di toko maupun secara online.

Berikut kami akan memberikan ulasan serta cara bagaimana menentukan jenis parfum cocok digunakan.

Eau De Toilette vs Eau De Cologne

Kita mungkin cukup sering mendengar kedua istilah jenis wewangian ini. Namun, mungkin masih banyak yang belum memahami perbedaan antara keduanya. Pada dasarnya keduanya merupakan jenis parfum yang menggunakan alkohol. Namun perbedaaan utamanya adalah kandungan alkohol yang digunakan. Serta konsentrat minyak wangi yang menjadi bahan dasar minyak wangi akan membuatnya lebih tahan lama. 

jenis parfum eau de cologne vs eau de toilette

Pada jenis eau de toilette biasanya mengandung alkohol sebanyak 10-15% serta kandungan minyak wangi sebanyak 15% dapat tahan untuk jangka waktu 6-8 jam untuk sekali pemakaian. Parfum jenis ini biasanya menggunakan model spray yang dapat digunakan untuk kegiatan sehari-hari.

Sedangkan pada jenis eau de cologne cenderung lebih soft karena hanya mengandung alkohol sebesar 3-5% saja. Tentu lebih kecil kadar alkoholnya jika dibandingkan dengan eau de toilette yang 2 kali lebih besar. Tentu ini berpengaruh terhadap efek wangi yang diberikan oleh cologne. Oleh karena itu cologne lebih sering digunakan ketika akan melakukan aktivitas di luar ruangan. Karena bersifat sebagai penyegaran bagi tubuh. Dan juga efek wangi hanya mampu dapat bertahan selama 4 jam saja. 

Mana Yang lebih Baik Digunakan?

Untuk dapat mengetahui jenis parfum mana yang lebih baik digunakan. Maka jawabannya sangat tergantung dari berbagai kegiatan yang akan kamu lakukan selama seharian. Jika kamu merupakan pekerja kantoran yang duduk bersama rekan-rekan kantor lainnya, maka sebaiknya memilih parfum yang lebih tahan lama. Ini terjadi karena efek alkohol yang lebih besar membuatnya tidak cepat menguap. Pertimbangan daya tahan wangi yang lebih lama dapat membuat eau de toillette lebih cocok digunakan di dalam ruangan. 

Namun, jika kamu merupakan orang yang aktif dan sering berada di luar ruangan. Maka sebaiknya menggunakan cologne karena efek penguapannya lebih cepat dan tidak terlalu panas ketika terkena kulit secara langsung. Ini terjadi karena efek alkohol yang terkandung lebih kecil dibandingkan dengan parfum eau de toillette. Jadi kamu bisa memilih menggunakan minyak wangi berdasarkan aktivitas yang akan dilakukan selama sehari penuh. 

Cara Menggunakan Parfum

cara penggunaan parfum yang baik dan benar

Setelah mengetahui parfum yang akan digunakan, maka langkah selanjutnya adalah memahami cara pemakaian parfum yang efisien dan tidak boros. Karena pemakaian parfum yang salah akan membuat minyak wangi menjadi cepat habis. Tentu akan membuat biaya bulanan kamu jadi lebih besar dari biasanya. Berikut adalah tips cara menggunakan parfum agar tetap hemat dan tahan lama.

Gunakan Parfum Pada Titik Hangat Tubuh

Ini merupakan cara yang klasik namun tetap ampuh membuat parfum tahan lebih lama. Bagian tubuh yang dimaksud adalah titik dimana tubuh lebih hangat dibandingkan bagian lainnya. Seperti pada leher bagian kanan maupun kiri, Di bawah tengkuk kepala hingga di lengan dekat pergelangan tangan. Biasanya pada titik tersebut jarang berkeringat dan membuat parfum tidak cepat menguap sehingga menjadikannya lebih tahan lama

Perhatikan Jarak Penyemprotan Parfum

Selalu perhatikan jarak ketika menyemprot parfum, jika terlalu jauh tentu parfum akan menguap terlebih dahulu sebelum sampai ke kulit. Jadi jarak ideal yang pas ketika menggunakan parfum adalah sekitar 7-15 cm dari permukaan kulit. Dengan begitu tingkat ketahan parfum akan dapat tahan lama.

Jangan Gunakan Parfum Ketika Badan Basah

Tips lain yang dapat digunakan adalah, ketika sehabis mandi jangan langsung gunakan parfum ketika tubuh sedang basah. Karena tingkat ketahanan aroma minyak wangi akan cepat menurun ketika bercampur dengan air. Jadi pastikan tubuh kering ketika menggunakan minyak wangi atau parfum.

Beli Parfum Original

Cara yang terakhir adalah dengan menggunakan parfum yang asli. Karena memiliki daya tahan lebih kuat dibandingkan dengan parfum sintetis yang merupakan campuran alkohol dan konsentrat minyak wangi. Jadi selalu pastikan menggunakan parfum asli untuk wangi tahan lama dan penggunaan yang tidak cepat habis. 

Untuk mendapatkan parfum original, kamu dapat mengunjungi store-store terdekat di kota kamu. Atau bahkan membelinya melalui toko online maupun e-commerce yang terpercaya. Dan yang tak kalah pentingnya, pilih jasa pengiriman yang handal dan terpercaya. Untuk jasa pengiriman barang kamu dapat mempercayakan Anteraja yang siap mengantarkan parfum original ke rumah kamu. Jadi, kamu ga perlu lagi galau nungguin pesanan yang belum sampai. Pakai Anteraja #pastibawahepi!

Author

Satria Anteraja

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *