Cara Mengembangkan Usaha Agar Semakin Menguntungkan dan Besar
Update Aja

14 Cara Mengembangkan Usaha Agar Semakin Menguntungkan dan Besar

Berbisnis menang tidak selalu berjalan mulus, pasti ada saja naik turunnya serta berbagai masalah yang terjadi. Nah memang itu adalah hal yang lumrah, untuk itu kamu memerlukan bekal agar kamu bisa mengatasi hal-hal tersebut. Begitupun juga apabila bisnis kamu sudah sukses, pasti kamu juga membutuhkan cara untuk mempertahankan kesuksesan bisnis kamu.

Nah pas banget kamu dateng ke sini, soalnya Anteraja mau bagi-bagi tips buat kamu! Pasti kamu ingin banget kan untuk mengembangkan bisnis supaya semakin untung? Makanya jangan lama-lama lagi deh, langsung aja kamu simak terus artikel ini. Dijamin bisnis kamu bisa semakin besar dan menguntungkan! 

Tips dan Cara Mengembangkan Usaha dan Bisnis

1. Analisa Kompetitor Bisnis kamu

Cara Mengembangkan Usaha Agar Semakin Menguntungkan dan Besar - Analisa Kompetitor Bisnis Kamu

Tidak hanya mengetahui kelebihan dan kekurangan bisnis kamu sendiri, kamu juga harus tau kelebihan dan kekurangan dari kompetitor kamu. Untuk itu kamu harus menganalisis berbagai aspek yang dimiliki kompetitor kamu dan membandingkannya dengan bisnis kamu. Jika ada kelebihan yang dimiliki kompetitor kamu, usahakan kamu juga memiliki kelebihan tersebut.

2. Pilih Partner Bisnis yang Bisa Dipercaya

Cara Mengembangkan Usaha Agar Semakin Menguntungkan dan Besar - Pilih Partner Bisnis yang Bisa Dipercaya

Berbisnis sendiri memang menyulitkan bagi sebagian orang, sehingga banyak dari mereka yang membutuhkan partner bisnis. Hati-hati dalam memilih partner bisnis, karena kamu harus tahu sifat-sifat dan kepribadian partner kamu. Kamu bisa memilih sahabat atau saudara kamu sebagai partner, karena semua keputusan bisnis ditentukan oleh kamu dan partner kamu, sehingga kalian harus mempercayai satu sama lain.

3. Menerima Masukan dari Customer

Cara Mengembangkan Usaha Agar Semakin Menguntungkan dan Besar - Menerima Masukan dari Customer

Kritik dan masukan customer adalah hal yang kamu harus dengarkan, karena customer adalah orang yang akan kamu targetkan. Jika ada kekurangan yang customer rasakan, maka kamu harus mengevaluasi kekurangan tersebut. Dan apabila pelanggan merasa puas pada pelayanan kamu, jaga kualitas pelayanan kamu supaya tidak menurun. Kritik dan masukan dari customer dapat membantu bisnis kamu semakin maju dan berkembang.

4. Memastikan Strategi Operasional yang Lebih Baik

Cara Mengembangkan Usaha Agar Semakin Menguntungkan dan Besar - Memastikan Strategi Operasional yang Lebih Baik

Pasti kamu memiliki standar tersendiri untuk menentukan strategi operasional pada bisnis kamu. Nah standar tersebut tidak boleh sampai turun, bahkan harus selalu lebih baik. Jika kamu ingin membuka cabang atau menjadikan bisnis kamu sebagai franchise, pastikan setiap outlet baru kamu memiliki standar operasional yang sama.

5. Meningkatkan Sumber Daya yang Ada

Cara Mengembangkan Usaha Agar Semakin Menguntungkan dan Besar - Meningkatkan Sumber Daya yang Ada

Supaya bisnis kamu lebih efektif, kamu harus meningkatkan dan memaksimalkan sumber daya yang kamu miliki. Jika kamu sudah memiliki karyawan, maka berdayakan mereka supaya bisa melakukan banyak pekerjaan. Kemudian manfaatkan juga alat dan perlengkapan yang kamu miliki, agar bisa digunakan lebih efektif lagi.

6. Jangan Hanya Memiliki 1 Supplier

Cara Mengembangkan Usaha Agar Semakin Menguntungkan dan Besar - Jangan Hanya Memilki Satu Supplier

Kamu pasti akan membutuhkan supplier untuk menyuplai semua kebutuhan kamu, seperti bahan baku, perlengkapan, dan sebagainya. Untuk itu kamu perlu memiliki lebih dari satu supplier, supaya kamu memiliki backup jika supplier utama kamu sedang kehabisan stok barang. Yang terpenting semua supplier kamu terpercaya dan mampu membantu bisnis kamu.

7. Tingkatkan Pelayanan Terhadap Konsumen

Cara Mengembangkan Usaha Agar Semakin Menguntungkan dan Besar - Tingkatkan Pelayanan Terhadap Konsumen

Kepuasan konsumen adalah tujuan kamu dalam berbisnis, karena mereka adalah orang-orang yang membantu mengembangkan bisnis kamu. selalu berikan pelayanan terbaik yang kamu miliki, agar mereka merasa nyaman dan selalu mempercayai bisnis kamu. Kepuasan adalah kunci kesuksesan bisnis kamu, karena mereka tidak akan ragu merekomendasikan bisnis kamu kepada orang lain jika mereka merasa puas.

8. Lakukan Inovasi Pada Bisnis Kamu

Cara Mengembangkan Usaha Agar Semakin Menguntungkan dan Besar - Lakukan Inovasi Pada Bisnis Kamu

Berinovasi adalah salah satu cara untuk membuat bisnis kamu maju dan berkembang. Kamu bisa menginovasikan produk yang kamu jual, strategi pemasaran, sistem pembayaran, dan lain sebagainya. Untuk itu kamu harus mengikuti setiap perkembangan dan terbuka terhadap perubahan, agar bisnis kamu tidak tertinggal dengan bisnis-bisnis lainnya yang telah lebih dulu berinovasi.

9. Adakan Promo-promo

Cara Mengembangkan Usaha Agar Semakin Menguntungkan dan Besar - Adakan Promo

Semakin banyaknya customer yang membeli produk atau jasa kamu, maka penjualan kamu bisa semakin tinggi. Nah untuk menarik customer supaya datang, kamu harus mengadakan promo-promo menarik. Berikan potongan harga untuk customer baru dan customer lama, supaya customer baru tertarik untuk membeli dan customer lama tetap berlangganan dengan kamu.

10. Atur Keuangan

Cara Mengembangkan Usaha Agar Semakin Menguntungkan dan Besar - Atur Keuangan

Keuangan adalah hal yang paling krusial pada bisnis kamu, karena bisnis kamu akan berantakan jika terjadi kesalahan perhitungan keuangan. Yang terpenting pisahkan modal dan pendapatan kamu dan menghitung setiap pemasukan dan pengeluaran yang dilakukan. Gunakan software akuntansi dan menyimpannya secara online, supaya data keuangan kamu selalu terjaga dengan baik.

11. Potong Biaya-biaya yang Tidak Diperlukan

Cara Mengembangkan Usaha Agar Semakin Menguntungkan dan Besar - Potong Biaya yang Tidak Diperlukan

Kontrol juga keuangan kamu dengan memotong biaya-biaya yang tidak diperlukan. Misalnya ongkir yang mahal untuk mengirim barang dari supplier, karena kamu pasti membutuhkan pengiriman paling cepat. Nah kalau kamu pakai Anteraja, barang kamu tetap bisa sampai dengan cepat namun dengan ongkir yang murah. Soalnya opsi pengiriman Next Day dari Anteraja cuma 13 ribu rupiah! Nggak percaya? Coba deh cek ongkir sekarang untuk buktikan murahnya!

12. Siap dengan Hal yang Tidak Terduga

Cara Mengembangkan Usaha Agar Semakin Menguntungkan dan Besar - Siap dengan Hal yang Tidak Terduga

Berbisnis merupakan pekerjaan yang memiliki banyak risiko, sehingga kamu harus siap dengan hal berisiko terhadap bisnis kamu. Kamu bisa saja menghadapi situasi yang tak terduga, seperti sepi pelanggan, kehilangan supplier, kenaikan bahan baku, dan sebagainya. Nah kamu harus menyiapkan strategi sebelum terjadi hal-hal tersebut, sehingga kamu sudah siap ketika hal tersebut terjadi.

13. Melakukan Evaluasi Kerja

Cara Mengembangkan Usaha Agar Semakin Menguntungkan dan Besar - Melakukan Evaluasi Kerja

Evaluasi kerja sangat penting untuk menjaga kualitas bisnis kamu, sehingga kamu bisa melakukannya minimal sebulan sekali. Komunikasikan dengan pegawai kamu apakah ada kekurangan yang dikeluhkan customer. Kamu bisa juga memberikan reward kepada pegawai kamu jika mereka membuat kamu puas, karena mereka adalah kaki tangan yang membantu mengembangkan bisnis kamu.

14. Promosi

Cara Mengembangkan Usaha Agar Semakin Menguntungkan dan Besar - Promosi

Supaya masyarakat mengetahui bisnis yang kamu jalankan, maka kamu harus menumbuhkan brand awareness supaya mereka menyadari produk atau jasa apa yang kami tawarkan. Kamu bisa memanfaatkan berbagai platform online atau offline untuk berpromosi. Yang terpenting kamu harus menyesuaikan dengan target pasar kamu, agar strategi promosi kamu efektif dalam menjangkau target.

Tidak hanya cara mengembangkan usaha aja yang disediakan Anteraja, kami juga memiliki berbagai macam Artikel terbaik lainnya untuk para pembaca Setia Anteraja yang ingin sukses berjualan online dan berbisnis seperti:

Yuk langsung aja kamu ikutin tips-tips di atas biar bisnis kamu semakin lancar dan menguntungkan! Jangan sampai bisnis yang sudah dibangun dengan keringat kamu sendiri malah merugi bahkan bangkrut akibat tidak dikelola dengan baik.

Jangan lupa ya, Anteraja selalu siap menjadi partner pengiriman kamu. Soalnya kamu nggak boleh sampai mengalami masalah pada pengiriman barang-barang dari supplier. Kalau kamu gunakan Anteraja, kamu bisa lacak paket kamu secara berkala. Jadi kamu bisa ketahui posisi paket kamu dan nggak perlu takut barang kamu nggak terkirim. Caranya gampang banget, tinggal input nomor resi kamu saat cek resi! Makanya jangan ragu lagi untuk gunakan Anteraja, ya.

Author

Satria Anteraja

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *