Tips Cara Menarik Pelanggan Online Shop
Update Aja

9 Tips Cara Menarik Pelanggan Online Shop

Pernah nggak sih kamu merasa sedang di fase sepi pelanggan ketika berjualan online, padahal kamu yakin produk-produk yang kamu jual sudah bagus. Mungkin ada beberapa strategi yang belum kamu penuhi, sehingga pelanggan belum mendatangi kamu lagi. Walaupun menurut kamu produk-produk jualan kamu sudah bagus, kamu juga harus meyakinkan pelanggan bahwa produk kamu sepadan untuk mereka beli, karena ada banyak faktor-faktor yang dipertimbangkan pelanggan ketika membeli barang secara online

Beberapa strategi ketika berjualan online juga berguna untuk melawan kompetitor, supaya kamu lebih mudah untuk membesarkan bisnis online shop kamu. Nah kalau kamu penasaran strategi apa yang perlu kamu terapkan, kamu bisa langsung simak nih 8 tips cara menarik pelanggan online shop di bawah ini!

Cara Jitu Menarik Pelanggan Online Shop

1. Tingkatkan Kualitas Gambar Produk

Tips Cara Menarik Pelanggan Online Shop - Tingkatkan Kualitas Gambar Produk

Pelanggan di online shop tidak bisa melihat langsung produk yang ingin mereka beli, seperti yang bisa dilakukan di toko-toko offline. Jadi kamu harus meningkatkan kualitas gambar produk kamu, supaya pelanggan bisa melihat jelas produk yang kamu jual. Yang terpenting adalah gambar yang jelas dan tidak buram. Namun kamu juga perlu menambahkan detail-detail gambar penting yang dibutuhkan pelanggan. Misalnya jika kamu menjual baju, kamu perlu menampilkan gambar dari segala sisi juga detail-detail jahitan dan sablon baju. Buat pelanggan merasa puas dengan informasi dari produk yang kamu jajakan, supaya mereka tidak perlu bertanya lebih lanjut kepada kamu.

2. Berikan Harga di Bawah Pasar

Tips Cara Menarik Pelanggan Online Shop - Berikan Harga di Bawah Pasar

Pada bisnis online shop, kamu akan memiliki saingan yaitu pedagang online lainnya. Pada situasi ini, kamu harus berlomba-lomba memberikan harga yang menarik bagi pelanggan. Kamu perlu melihat kisaran harga pasar dari barang-barang yang kamu jual, untuk dijadikan patokan harga yang dapat kamu sesuaikan pada barang jualan kamu. Memberikan harga sedikit lebih murah di bawah harga pasar adalah jalan terbaik. Tapi ingat, kamu juga harus menghitung pengeluaran kamu untuk membeli atau memproduksi barang jualan kamu, supaya kamu tidak merugi akibat pendapatan yang tidak sesuai dengan pengeluaran.

3. Gunakan Marketplace Untuk Promo Cashback dan Gratis Ongkir

Tips Cara Menarik Pelanggan Online Shop - Gunakan Marketplace Untuk Promo Cashback dan Gratis Ongkir

Kata-kata “cashback” dan “gratis ongkir” sangat disukai orang yang sedang berbelanja online. Maka itu sudah banyak orang yang memanfaatkan marketplace untuk berbelanja online, karena ada banyak promo-promo yang menarik bagi mereka. Biasanya promo cashback dan gratis ongkir bisa dinikmati hampir di semua marketplace. Kamu juga harus memanfaatkan marketplace untuk menjajakan produk jualan kamu, supaya pembeli makin ingin membeli produk kamu dengan promo-promo yang sudah disebutkan tadi. Apalagi toko online kamu mendukung promo cashback dan gratis ongkir, makin banyak orang yang tergiur sehingga membeli produk jualan kamu.

4. Tulis Deskripsi Produk yang Lengkap dan Menarik

Tips Cara Menarik Pelanggan Online Shop - Tulis Deskripsi Produk yang Lengkap dan Menarik

Deskripsi produk sangat penting untuk memberikan informasi produk jualan kamu kepada pembeli. Selain deskripsi yang detail, kamu juga harus menuliskan deskripsi yang menarik, supaya pembeli mau membaca deskripsi sehingga meminimalisir kesalahpahaman terhadap produk kamu. Misalnya dengan tulisan-tulisan santai, baris yang tidak berdempet, dan kalimat yang mudah dimengerti. Deskripsi yang lengkap juga memudahkan pembeli supaya mudah memahami produk yang kamu jual tanpa harus bertanya lebih lanjut kepada kamu.

5. Optimasi Media Sosial atau Website

Tips Cara Menarik Pelanggan Online Shop - Optimasi Media Sosial atau Website

Maksimalkan penggunaan media sosial atau website untuk mempromosikan produk jualan kamu. Kamu bisa menulis artikel yang berhubungan dengan produk jualan kamu. Misalnya jika kamu menjual pakaian wanita, maka kamu dapat menulis artikel tentang “tips-tips memilih pakaian wanita supaya terlihat langsing.” Nah di dalam artikel tersebut, kamu bisa berikan informasi terkait jenis pakaian yang membuat wanita terlihat langsing, kemudian baru kamu promosikan produk pakaian wanita yang kamu jual. Artikel-artikel seperti itu berguna untuk menggiring pembeli yang sedang mencari pakaian wanita dan melihat promosi produk kamu, sehingga mereka tertarik untuk membeli produk pakaian kamu.

6. Tunjukkan Testimoni Pelanggan

Tips Cara Menarik Pelanggan Online Shop - Tunjukkan Testimoni Pelanggan

Kepercayaan pelanggan akan meningkat jika mereka sudah melihat reputasi produk dan toko kamu dari pelanggan lain. Karena itu, penting untuk meminta testimoni kepada pelanggan-pelanggan kamu untuk mempercayakan pelanggan yang ingin membeli produk kamu. Simpan testimoni-testimoni dari pelanggan dan jadikan sebuah kumpulan yang bisa kamu bagikan pada website atau media sosial toko kamu, supaya pelanggan-pelanggan lain bisa melihat ulasan-ulasan yang diberikan kepada toko kamu.

7. Meminta Promosi Kepada Teman

Tips Cara Menarik Pelanggan Online Shop - Meminta Promosi Kepada Teman

Minta teman kamu untuk mempromosikan produk jualan kamu, apalagi jika teman kamu memiliki banyak followers di media sosial. Berikan teman-teman kamu produk jualan kamu secara gratis atau setengah harga, supaya teman-teman kamu makin semangat untuk mempromosikan produk kamu. Anggap saja kamu melakukan endorsement secara cuma-cuma melalui teman-teman kamu. Kalau produk kamu bagus, pasti teman-teman kamu sangat senang mempromosikan produk jualan kamu

8. Melayani Konsumen Dengan Baik

Tips Cara Menarik Pelanggan Online Shop - Melayani Konsumen dengan Baik

Tidak hanya harga murah yang dapat menarik pelanggan, pelayanan yang baik juga akan membuat pelanggan nyaman. Bahkan pelanggan banyak untuk memilih harga yang lebih mahal sedikit namun dengan pelayanan yang lebih baik, dibanding harga murah namun pelayanan yang kurang memuaskan. Berikan keramahan kamu kepada pelanggan dengan menjawab pertanyaan-pertanyaan mereka dengan baik. 

9. Packing Barang Rapi dan Pengiriman Cepat

Tips Cara Menarik Pelanggan Online Shop - Packing Barang Rapi dan Pengiriman Cepat

Setelah memberikan keramahan kamu kepada pelanggan, kamu juga perlu meyakinkan mereka dengan packing yang baik dan pengiriman yang cepat. Kamu harus melakukan packing terhadap produk yang kamu jual dengan rapi dan aman, supaya barang-barang yang kamu kirim tidak rusak ketika perjalanan. Apalagi kalau mereka posting di media sosial begitu barangnya sampai dan merasa puas karena packing-nya yang bagus dan pengirimannya yang cepat. Nah Anteraja bisa jadi pilihan untuk mengantar barang kamu ke pelanggan. Pengalaman dari penjual online lain, layanan Anteraja terbilang sangat memuaskan! Barang sampai dengan tepat waktu tanpa kerusakan hingga ke tangan pelanggan, sehingga membuat layanan Anteraja dipercayai oleh banyak penjual online. Selain layanan yang memuaskan, Anteraja juga memiliki biaya murah dan fitur melimpah, seperti cek resi dan cek ongkir ke banyak wilayah di Indonesia. Jadi langsung cobain aja layanan Anteraja untuk membantu bisnis online shop kamu!

Selain itu khusus untuk para pembaca setia Anteraja kami juga menyediakan banyak Artikel tentang cara mendapatkan customer, Tips Bisnis, ide Usaha dan lainnya seperti:

Beberapa dari kamu belum menerapkan tips-tips menarik pelanggan di atas tadi kan? Kalau udah paham, tinggal kamu terapkan deh ke bisnis online shop kamu, supaya bisnis kamu makin besar dan produk kamu diserbu pelanggan. Kamu nggak perlu mengikuti semua tips-tips tadi kok, terapkan yang menurut kamu sesuai dengan bisnis online shop kamu. Memang butuh proses panjang untuk pebisnis besar, jadi kamu harus tetap sabar dan berjuang membesarkan bisnis kamu. Jangan menyerah dan terus mencoba! 

Author

Satria Anteraja

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *