Tips Sukses Bisnis Pet Shop Untuk Pemula

Tips Sukses Bisnis Pet Shop Untuk Pemula

Kamu adalah orang yang menyukai hewan dan memiliki hewan peliharaan? Kalau iya, kamu harus banget membuka bisnis pet shop. Apalagi saat ini kehadiran pet shop belum terlalu ramai, padahal ada banyak sekali orang yang memiliki hewan peliharaan. Para pemilik hewan peliharaan pasti sangat menyayangi hewan peliharaan mereka, maka banyak sekali orang yang rela mencari pet shop walaupun jaraknya sangat jauh.

Nah coba deh kamu tengok di wilayah kamu, apakah sudah ada pet shop yang berdiri atau belum. Jika belum ada, langsung aja deh kamu bulatkan tekad kamu dan ikuti tips sukses bisnis pet shop untuk pemula yang akan dijelaskan di bawah ini. Soalnya Anteraja punya tips ampuh buat kamu para pemula yang ingin menjalankan bisnis pet shop. Tunggu apalagi? Yuk Simak langsung!

Sebelum Memulai Bisnis Petshop hal ini perlu kamu tekankan untuk diri kamu

1. Cari Pemasok yang Terbaik dan Terpercaya

Tips Sukses Bisnis Pet Shop Untuk Pemula  - Cari Pemasok yang Terbaik dan Terpercaya

Pada bisnis pet shop, pasti kamu akan menjual produk-produk yang berhubungan dengan hewan peliharaan. Kamu akan menjual banyak kebutuhan hewan, seperti makanan, obat-obatan, kandang, shampoo, dan lain-lain. Pastikan kamu mencari pemasok terpercaya yang sudah biasa menyuplai kebutuhan hewan ke pet shop. Jangan sampai kamu mendapatkan produk dengan kualitas yang jelek, karena kamu harus menjaga kepercayaan pelanggan yang menginginkan produk kualitas terbaik untuk hewan peliharaannya.

2. Mempersiapkan Modal yang Cukup

Tips Sukses Bisnis Pet Shop Untuk Pemula  - Mempersiapkan Modal yang Cukup

Modal memiliki peran penting untuk menentukan seberapa besar bisnis yang akan kamu buat, maka itu kamu harus menghitung dan menyiapkan modal yang diperlukan untuk menjalankan bisnis pet shop. Hitung biaya yang dibutuhkan dari setiap komponen yang dibutuhkan untuk bisnis pet shop, kemudian hitung biaya sewa yang harus dikeluarkan, biaya untuk membayar gaji pegawai, dan biaya operasional harian. Hitung secara detail dan jangan ada yang terlewat, karena kesalahan perhitungan dapat berakibat fatal.

(Baca juga: Bisnis Modal 10 Juta)

3. Pisahkan Modal dan Keuntungan

Tips Sukses Bisnis Pet Shop Untuk Pemula  - Pisahkan Modal dan keuntungan

Sangat penting untuk memisahkan uang yang digunakan untuk modal dan uang yang didapatkan dari keuntungan. Dengan memisahkan kedua uang tersebut, kamu bisa mencatat keuangan dari bisnis kamu dengan jelas, sehingga kamu bisa mengetahui keuntungan yang kamu dapatkan. Selain itu, kamu juga bisa mengetahui apakah bisnis kamu menguntungkan atau tidak. Apabila menguntungkan, kamu bisa menyisihkan kembali keuntungan kamu untuk dijadikan modal dan mengembangkan bisnis kamu. Kamu bisa memisahkannya di rekening bank yang berbeda dan mencatat setiap pemasukan dan pengeluaran yang dilakukan.

(Baca juga: mengisi waktu luang yang menghasilkan uang)

4. Jangan Takut Rugi

Tips Sukses Bisnis Pet Shop Untuk Pemula  - Jangan Takut Rugi

Sangat penting untuk menanamkan prinsip ini ketika menjalankan bisnis, karena bisa dibilang bisnis adalah pekerjaan yang berisiko. Kamu harus menyiapkan semuanya secara matang agar bisnis kamu tidak mengalami kegagalan, namun kamu tetap harus siap jika kamu mengalami kegagalan. Maka itu kamu tidak disarankan untuk menghabiskan semua uang kamu untuk dijadikan modal usaha, karena kamu harus memiliki uang cadangan untuk menolong kamu jika gagal. Nah dengan menanamkan prinsip ini, kamu bisa memiliki semangat yang tinggi untuk selalu mengembangkan bisnis kamu supaya menjadi besar.

Tips Bisnis Pet Shop

1. Tentukan Produk untuk Binatang Apa Saja yang Ingin Kamu Jual

Tips Sukses Bisnis Pet Shop Untuk Pemula  - Tentukan Produk untuk Binatang Apa Saja yang Ingin Kamu Jual

Ada banyak sekali hewan yang dipelihara orang, namun ada beberapa hewan yang paling umum dipelihara. Nah kamu harus menentukan produk untuk hewan apa yang ingin kamu jual, supaya kamu nggak menjual produk yang jarang dibutuhkan. Kamu bisa menjual produk untuk hewan peliharaan seperti kucing, anjing, hamster, dan kelinci. Semua hewan-hewan tadi sangat umum dipelihara sehingga kamu harus menyediakan produk-produknya di pet shop kamu.

(Baca juga: Bisnis Aquascape & Bisnis ikan cupang)

2. Pilih Tempat yang Strategis

Tips Sukses Bisnis Pet Shop Untuk Pemula  - Pilih Tempat yang Strategis

Sangat penting untuk menentukan tempat yang strategis untuk lokasi pet shop kamu, karena tempat yang strategis akan mudah terlihat dan dikunjungi oleh banyak orang. Contoh tempat yang strategis adalah di pusat keramaian, di pinggir jalan raya, dan di daerah padat penduduk. Namun kamu harus memperhitungkan modal yang kamu miliki, karena semakin strategis lokasi usaha maka akan semakin mahal harga sewanya. Tetapi jika kamu memiliki modal lebih, menggunakan lebih banyak modal untuk menyewa tempat usaha di lokasi yang strategis adalah pilihan yang baik.

3. Rekrut Orang yang Bisa Dipercaya

Tips Sukses Bisnis Pet Shop Untuk Pemula  - Rekrut Orang yang Bisa Dipercaya

Diperlukan orang-orang yang bisa dipercaya untuk membantu kamu menjalankan bisnis pet shop, karena bisnis ini termasuk bisnis yang lumayan jarang. Selain itu bisnis pet shop juga memerlukan kepercayaan lebih dari pelanggan, sehingga penting untuk merekrut orang-orang yang mengerti dalam bidang ini. Jika kamu juga memberi pelayanan pet grooming, pet clinic, atau pet sitting, maka sangat penting untuk merekrut orang yang memang mengerti dan sudah biasa merawat hewan.

4. Edukasi untuk Selalu Ramah

Tips Sukses Bisnis Pet Shop Untuk Pemula  - Edukasi untuk Selalu Ramah

Keramahan selalu menjadi nilai penting dari sebuah pelayanan, karena kesetiaan pelanggan harus dijaga demi kelancaran bisnis kamu. Maka itu kamu harus mengedukasi semua pegawai kamu untuk bersikap ramah kepada semua pelanggan, agar pelanggan kamu senang dengan pelayanan pet shop kamu dan bisa menjadi pelanggan setia kamu. Selain ramah, kecepatan dan ketelitian dalam bekerja juga sangat penting. Sehingga tidak hanya ramah, pet shop kamu dikenal dengan pelayanannya yang teliti dan cepat.

5. Rencanakan Manajemen

Tips Sukses Bisnis Pet Shop Untuk Pemula  - Rencanakan Manajemen

Bisnis pet shop adalah bisnis yang cukup beresiko jika kamu tidak mempersiapkannya dengan matang, namun bisa saja menjadi bisnis yang sangat besar jika strategi bisnis kamu berjalan sesuai harapan. Maka itu diperlukan perencanaan manajemen untuk menyusun strategi yang ingin dicapai dalam bisnis kamu. Kamu harus menentukan arah tujuan perusahan dan target bisnisnya dan menetapkan standar untuk menentukan upaya dalam mencapai tujuan. Manfaatnya adalah kamu akan memiliki pedoman dan acuan dasar dalam melaksanakan bisnis dan bisa meminimalisir kesalahan yang mungkin akan terjadi.

6. Berjualan di Marketplace

Tips Sukses Bisnis Pet Shop Untuk Pemula  - Berjualan di Marketplace

Sangat penting untuk menjual produk-produk kamu secara online, karena penjualan online sudah mudah dan menjadi pilihan banyak orang. Pasti banyak orang yang sudah tau produk apa yang biasa mereka beli, sehingga mereka lebih memilih untuk membelinya secara online dan malas pergi ke pet shop. Jangan lupa untuk menggunakan marketplace yang bekerja sama dengan Antaraja, seperti Tokopedia, Blibli, dan Bukalapak. Supaya kamu bisa memanfaatkan layanan pengiriman Anteraja yang bakal menjamin pengiriman super cepat dan akurat!

7. Promosi di Media Sosial, Teman-teman dan Keluarga Kamu

Tips Sukses Bisnis Pet Shop Untuk Pemula  - Promosi di Media Sosial Teman temand an kelaurga kamu

Buatlah akun media sosial seperti Instagram untuk mempromosikan pet shop kamu, karena di sana ada fitur ads yang bisa mengiklankan pet shop kamu ke ranah yang lebih luas. Jangan lupa juga untuk mempromosikan kepada teman-teman dan keluarga kamu, apalagi mereka juga memiliki hewan peliharaan. Berikan harga-harga promosi yang membuat mereka tertarik untuk mengunjungi pet shop kamu, kemudian kamu minta mereka untuk mempromosikannya kembali, agar pet shop kamu bisa semakin dikenal oleh banyak orang.

8. Gunakan Anteraja Sebagai Layanan Pengiriman kamu!

Tips Sukses Bisnis Pet Shop Untuk Pemula  - Gunakan Anteraja Sebagai Layanan Pengiriman Kamu

Jangan khawatir soal pengiriman, karena Anteraja bisa menjadi partner pengiriman kamu. Anteraja memiliki opsi pengiriman Regular, Next Day, dan Same Day yang bakal memanjakan pelanggan kamu. Jangan kaget dengan harganya, yang pasti nggak bikin kantong jebol. Cek ongkir sekarang kalau kamu penasaran ongkirnya! Jangan lupa, fitur tracking juga selalu hadir jika kamu menggunakan Anteraja. Jadi simpan nomor resinya dan segera input saat cek resi, biar pelanggan kamu nggak galau!
Semoga tips-tips tadi bisa membantu kamu dalam menjalankan bisnis pet shop. Selain untuk mencari uang, kamu juga bisa membantu para owner hewan peliharaan yang kesulitan mencari pet shop. Jangan lupa untuk selalu memberi pelayanan terbaik, karena pet shop kamu bisa menjadi pilihan banyak orang untuk berlangganan. Semoga berhasil!