Cara Bisnis Aquascape yang Menguntungkan untuk Pemula

Cara Bisnis Aquascape yang Menguntungkan untuk Pemula

Pernahkah kamu mendengar Aquascape sebelumnya? Aquascape merupakan salah satu hobi yang sudah cukup diminati oleh segala macam usia, karena cara merawatnya yang unik dan hasilnya yang sangat memuaskan. Namun kamu harus tau, ternyata hobi mengatur tanaman, air, batu, karang, dan kayu bisa membawa keuntungan yang besar! Bahkan Aquascape bisa dibilang sebagai seni, karena butuh ketelitian untuk mengatur dan menentukan komponen yang dibutuhkan. Perpaduan komponen dengan pengaturan yang baik dapat menghasilkan Aquascape yang cantik dan enak dipandang, sehingga Aquascape bisa dijual hingga sangat mahal.

Nah mungkin banyak juga dari kamu yang sudah mendengar Aquascape ini, namun belum memperdalam bisnisnya. Jangan pikir panjang, kamu harus banget mempelajari bisnis Aquascape ini, karena sangat mungkin kamu mendapatkan untung dari berjualan Aquascape. Nggak usah khawatir, karena di bawah ini ada cara-cara memulai bisnis Aquascape yang menguntungkan, apalagi kamu sebagai pemula. Makanya jangan lewatkan artikel ini dan langsung simak aja yuk!

Hal yang Perlu Diperhatikan Sebelum Memulai Bisnis Aquascape

1. Cari Pemasok yang Terbaik dan Terpercaya

Cara Bisnis Aquascape yang Menguntungkan untuk Pemula - Cari Pemasok Terbaik dan Terpercaya

Pasti kamu membutuhkan pemasok yang akan memasok kebutuhan-kebutuhan untuk membuat Aquascape, seperti aquarium, pasir, batu, tanaman, dan lain-lain. Untuk itu kamu harus mencari pemasok yang terbaik dan terpercaya, agar kamu bisa mendapatkan barang-barang yang bagus. Banyak sekali pemasok yang bisa kamu cari di internet, lalu kamu bandingkan satu dengan yang lain untuk mendapatkan pemasok terbaik. Pertimbangkan juga soal harga yang diberikan, karena semakin bagus kualitas maka ada harga yang harus dibayar.

2. Pisahkan Modal dan Keuntungan

Cara Bisnis Aquascape yang Menguntungkan untuk Pemula - Pisahkan Modal dan Keuntungan

Memisahkan uang modal dan keuntungan dapat melihat pengeluaran dan pemasukan usaha dengan jelas dan membuat pembukuan keuangan lebih efektif dan efisien. Selain itu, uang untuk modal usaha kamu juga terlindungi karena terdapat catatan transaksi dengan jelas. Kamu bisa memisahkannya dengan menyimpannya di rekening yang berbeda, analisa kondisi keuangan, dan evaluasi keuangan pada waktu yang ditentukan. Penting untuk mengelola uang dengan baik, karena urusan keuangan adalah faktor paling penting dalam berbisnis.

(Baca juga: mengisi waktu luang yang menghasilkan uang)

3. Jangan Takut Rugi

Cara Bisnis Aquascape yang Menguntungkan untuk Pemula - Jangan Takut Rugi

Takut rugi adalah mindset yang harus dihilangkan dalam berbisnis, karena kerugian adalah hal yang harus dihadapi ketika berbisnis. Kerugian bisa saja datang kapan saja, namun kamu bisa meminimalisirnya dengan perencanaan bisnis yang matang. Selalu simpan sisa uang modal kamu dan jangan dipakai semuanya, supaya kamu memiliki uang cadangan untuk menolong kamu ketika mengalami kerugian.

(Baca juga: bisnis yang cocok untuk anak muda dan bisnis ukm yang menguntungkan)

Tips Bisnis Aquascape

1. Pilih Tempat yang Strategis

Cara Bisnis Aquascape yang Menguntungkan untuk Pemula - Pilih Tempat yang Strategis

Penting untuk memilih lokasi yang strategis untuk lokasi usaha kamu, supaya orang-orang dapat melihat toko kamu. Namun perlu menyiapkan biaya sewa lebih untuk mendapatkan tempat yang strategis, karena harganya akan lebih tinggi dibandingkan di tempat lain. Tapi kamu nggak usah khawatir, kamu tetap bisa berbisnis Aquascape di rumah kok. Manfaatkan ruang kosong yang ada di rumah kamu untuk memamerkan hasil-hasil Aquascape yang kamu buat. Dengan ini kamu nggak perlu mengeluarkan biaya sewa tempat untuk usaha.

2. Tentukan Produk dari Aquascape Apa Saja yang Ingin Kamu Jual

Cara Bisnis Aquascape yang Menguntungkan untuk Pemula - Tentukan Produk dari Aquascape Apa Saja yang Ingin Kamu Jual

Tentukan produk Aquascape apa yang ingin kamu jual, karena ada banyak sekali produk untuk membuat Aquascape. Usahakan kamu bisa menjual produk Aquascape secara lengkap, sehingga orang-orang lebih memilih kamu untuk membeli produk Aquascape. Kamu bisa menjual beragam jenis tanaman dan pasir, supaya Aquascape bisa sangat beragam dan tidak membosankan.

(Baca juga: Bisnis Pet Shop)

3. Pelajari Teknik Aquascape

Cara Bisnis Aquascape yang Menguntungkan untuk Pemula - Pelajari Teknik Aquascape

Pelajari teknik-teknik membuat Aquascape, supaya kamu dapat membuat Aquascape yang cantik dan disukai oleh orang. Selain itu kamu juga harus mengerti tekniknya, supaya kamu siap jika orang bertanya tentang Aquascape. Kamu juga harus membuat orang tertarik dengan Aquascape, kamu bisa banyak menjelaskan teknik-teknik dan memperlihatkan contoh hasilnya.

(Baca juga: Bisnis ikan cupang)

4. Siapkan Peralatan-Peralatan untuk Aquascape Kamu

Cara Bisnis Aquascape yang Menguntungkan untuk Pemula - Siapkan Peralatan untuk Aquascape Kamu

Siapkan peralatan untuk Aquascape kamu, seperti aquarium, filter, diffuser, dan lampu. Jangan lupa juga aksesoris untuk mempercantik Aquascape, seperti media tanam, tanaman, batu, kayu, pasir dan lain-lain. Jangan sampai ada peralatan yang terlupa, karena akan merepotkan kamu dalam membuat Aquascape. Selalu catat alat apa saja yang dibutuhkan, agar pembuatan Aquascape tidak terhambat.

5. Rekrut Orang yang Bisa Dipercaya

Cara Bisnis Aquascape yang Menguntungkan untuk Pemula - Rekrut Orang yang Bisa Dipercaya

Jika kamu membutuhkan orang lain untuk membantu bisnis kamu, maka kamu harus merekrut orang yang bisa dipercaya. Akan lebih baik jika orang tersebut sudah mengerti dan terbiasa dengan bisnis Aquascape. Jika tidak, kamu juga bisa kok mengajarkan orang yang belum mengerti tentang Aquascape.

(Baca juga: Ide Bisnis 2021)

6. Berjualan di Marketplace

Cara Bisnis Aquascape yang Menguntungkan untuk Pemula - Berjualan di Marketplace

Gunakan marketplace sebagai platform kamu untuk berjualan Aquascape secara online. Sangat sulit untuk menjual Aquascape yang sudah jadi secara online, untuk itu kamu bisa menjual bagian-bagian yang dibutuhkan untuk membuat Aquascape. Mungkin saja banyak orang yang ingin mencoba membuat Aquascape sendiri, sehingga mereka bisa membeli semua kebutuhannya di toko kamu.

7. Promosi di Media Sosial, Teman-teman dan Keluarga Kamu

Cara Bisnis Aquascape yang Menguntungkan untuk Pemula - Promosi di Media Sosial Teman Teman dan Keluarga Kamu

Buat akun media sosial seperti Instagram untuk memamerkan contoh Aquascape buatan kamu di sana. Buat Aquascape terbaik menurut kamu dan jadikan itu sebagai portofolio kamu dalam membuat Aquascape. Ajak juga keluarga dan teman-teman kamu untuk melihat hasil Aquascape buatan kamu, tawari mereka untuk membeli dengan potongan harga. Selain berpromosi, kamu juga harus mengenalkan apa itu Aquascape kepada masyarakat, karena hobi ini belum banyak orang yang tahu. 

8. Gunakan Anteraja Sebagai Layanan Pengiriman Kamu!

Cara Bisnis Aquascape yang Menguntungkan untuk Pemula - Gunakan Anteraja Sebagai Layanan Pengiriman Kamu

Pasti kamu membutuhkan pengiriman yang cepat dan akurat untuk membantu kelancaran bisnis kamu. Tenang aja, serahkan saja semua kepada Anteraja, karena Anteraja sudah berpengalaman dalam melayani pengiriman hingga ke seluruh wilayah Indonesia! Nikmati opsi pengiriman Regular, Next Day, dan Same Day. Yuk cek ongkir segera untuk tentukan pengiriman ke wilayah kamu! Tentu fitur tracking paket akurat nggak pernah absen untuk kamu, jadi jangan lupa cek resi juga untuk lacak paket kamu!

Jadi bagaimana, sudah jelas belum cara-cara yang dijelaskan tadi? Jika sudah jelas, langsung aja kamu mulai bisnis Aquascape kamu. Apalagi jika kamu sekarang tidak memiliki pekerjaan lain, sehingga kamu harus segera memulai bisnis untuk mendapatkan keuntungan. Selalu sabar dalam membangun bisnis, karena diperlukan banyak sekali usaha untuk membuat bisnis kamu berkembang. Semoga berhasil!