Tips Memulai Bisnis Konveksi Dengan Modal yang Minim

Tips Memulai Bisnis Konveksi Dengan Modal yang Minim

Berbisnis memang selalu menjadi pilihan banyak orang untuk mencari keuntungan, karena berbisnis akan lebih menguntungkan jika kamu sudah menyiapkan konsep dan strategi bisnis dengan matang. Nah ada banyak sekali bisnis yang bisa kamu jalankan, namun tidak semuanya mudah untuk dilakukan. Namun ada satu bisnis yang cukup mudah dilakukan untuk pemula dan jarang memiliki kompetitor, yaitu bisnis konveksi. Konveksi salah satu bisnis yang berjalan di bidang pakaian dan biasanya memproduksi pakaian dalam jumlah besar sesuai permintaan yang dibutuhkan. 

Jika kamu sudah terpikirkan untuk menjalankan bisnis ini, maka kamu harus mempersiapkan hal-hal yang dibutuhkan. Selain itu, kamu juga harus menyiapkan strategi yang matang untuk bisnis yang akan kamu jalankan. Walaupun bisnis ini terbilang mudah, namun kamu tidak boleh menyia-nyiakan modal dan kesempatan yang kamu miliki. Sehingga kamu harus menerapkan tips-tips di bawah ini yang dapat membantu kamu dalam memulai bisnis konveksi. Jangan sampai kamu lewatkan artikel ini, langsung simak terus ya!

Tips Bisnis Konveksi

1. Persiapkan Modal

Tips Memulai Bisnis Konveksi Dengan Modal yang Minim - Persiapkan Modal

Semua bisnis membutuhkan modal untuk memulainya, jadi pertama-tama kamu harus menyiapkan modal untuk bisnis konveksi yang akan kamu jalankan. Nah sebelumnya kamu bisa menentukan sistem penjualan kamu, apakah kamu ingin produksi langsung (ready stock) yang membutuhkan modal lebih besar atau sistem pre-order yang membutuhkan modal lebih kecil. Setelah itu kamu tinggal menghitung kebutuhan untuk memulai bisnis konveksi kamu dan berapa pegawai yang kamu butuhkan. Bisnis konveksi merupakan bisnis yang fleksibel, sehingga kamu tidak perlu terburu-buru untuk membuka bisnis konveksi dengan skala besar. Kamu bisa memulainya dari skala kecil terlebih dahulu, supaya modal yang dibutuhkan juga tidak terlalu banyak.

2. Pilih Supplier yang Terpercaya

Tips Memulai Bisnis Konveksi Dengan Modal yang Minim - Pilih Supplier yang Terpercaya

Penting untuk menentukan supplier yang terpercaya untuk membantu bisnis konveksi kamu. Kamu pasti sangat membutuhkan supplier untuk menyuplai bahan jika kamu hanya menyediakan jasa penjahitan, namun jika kamu ingin menyediakan semuanya mulai dari bahan hingga penjahitan, maka kamu tetap membutuhkan supplier untuk menyuplai alat jahit, alat cetak, mesin potong, dan sebagainya. Sangat disarankan untuk mencari supplier yang dekat dengan lokasi bisnis kamu untuk mengurangi beban produksi, cari supplier yang sudah biasa menyuplai produk ke bisnis konveksi lainnya sehingga sudah jelas reputasinya, dan cari supplier yang memiliki harga terbaik menurut kamu.

(Baca juga: Bisnis Hijab)

3. Buat Brand Kamu

Tips Memulai Bisnis Konveksi Dengan Modal yang Minim - Buat Brand Kamu

Memerlukan sebuah branding untuk mengenalkan produk kamu dan menumbuhkan kepercayaan kepada masyarakat. Kamu bisa memaparkan visi dan misi usaha kamu, kemudian membuat logo yang melambangkan bisnis kamu, dan desain konten yang sesuai dengan produk yang akan dijual. Sangat penting untuk membuat branding yang menarik untuk meningkatkan kesadaran masyarakat dengan produk kamu. Setelah membuat branding dari bisnis kamu, buat strategi promosi yang unik dengan memanfaatkan media sosial dan membagikan pamflet atau brosur. Di media sosial ada fitur ads yang dapat memudahkan kamu dalam beriklan, kamu harus memanfaatkan kemudahan yang ada.

4. Amati dan Analisa Tren Pasar

Tips Memulai Bisnis Konveksi Dengan Modal yang Minim - Amati dan Analisa Tren Pasar

Dalam berbisnis, kamu harus memiliki strategi yang matang untuk mengembangkan bisnis kamu. Kamu bisa melakukan analisa pasar terlebih dahulu, karena analisa pasar merupakan kegiatan penganalisaan atau penyelenggaraan untuk mempelajari berbagai masalah tengang keadaan pasar. Yang pertama kamu harus menentukan pasar yang relevan, menganalisa permintaan primer, menganalisa permintaan selektif, menetapkan segmen pasar, menganalisa persaingan, dan identifikasi target potensial. Dengan melakukan semua hal itu, kamu bisa mendapatkan konsumen, melihat persaingan, memanfaatkan peluang, mengurangi risiko, menyiapkan rencana jangka panjang, membuat tren bisnis, dan mendapatkan keuntungan dengan cepat. 

(Baca juga: Bisnis Fashion)

5. Berjualan di Marketplace

Tips Memulai Bisnis Konveksi Dengan Modal yang Minim - Berjualan di Marketplace

Manfaatkan marketplace sebagi platform kamu untuk berjualan, karena marketplace akan memudahkan kamu dan konsumen untuk bertransaksi. Selain itu, marketplace biasanya menawarkan banyak promo seperti cashback dan gratis ongkir yang sangat disukai orang. Nah supaya kamu bisa menggunakan layanan pengiriman Anteraja, kamu harus menggunakan marketplace yang bekerja sama dengan Anteraja seperti Tokopedia, Bukalapak, dan Blibli. Dengan itu kamu bisa memanfaatkan pengiriman yang cepat dan akurat untuk dinikmati oleh pelanggan kamu.

(Baca juga: Tips Berjualan Di Tokopedia)

6. Gunakan Anteraja

Tips Memulai Bisnis Konveksi Dengan Modal yang Minim - Gunakan Anteraja

Kenapa sih kamu harus menggunakan Anteraja? Karena Anteraja siap membantu bisnis kamu dengan menyediakan pengiriman cepat dan terjangkau. Selain itu, ada banyak opsi pengiriman yang bisa kamu manfaatkan, seperti opsi pengiriman Reguler, Next Day, bahkan Sameday! Semua opsi pengiriman tadi menjamin ketepatan waktu yang bakal bikin konsumen kamu hepi. Jangan khawatir untuk harganya, karena kamu cuma butuh Rp. 10.000 untuk nikmati layanannya. Kamu juga bisa memanfaatkan fitur tracking paket yang ditawarkan Anteraja dengan Cek Resi. Yuk buruan Cek Ongkir untuk cari tahu harga ongkir ke tujuan kamu!

7. Promosi ke Teman-teman dan Keluarga Kamu

Tips Memulai Bisnis Konveksi Dengan Modal yang Minim - Promosi Ke teman teman dan keluarga kamu

Promosikan bisnis kamu ke kerabat dan keluarga kamu, karena mereka adalah orang terdekat yang dapat membantu bisnis kamu. Tawarkan mereka untuk menggunakan jasa kamu, apabila mereka ingin membuat pakaian. Nah kamu bisa memberikan potongan harga atau sebagainya, supaya mereka tertarik untuk mencobanya. Setelah mereka mencobanya, kamu bisa meminta feedback untuk evaluasi produk kamu selanjutnya. Kemudian minta mereka untuk mempromosikannya kembali, supaya produk kamu bisa dikenal lebih luas.

Tidak hanya Bisnis Konveksi saja loh yang Anteraja sediakan, Anteraja juga menyediakan berbagai macam artikel terbaik untuk Usaha ataupun Bisnis kamu lainnya seperti:

Yuk jangan buang-buang waktu dan segera mulai bisnis kamu! Jangan sampai ide kamu didahului oleh orang lain, apalagi jika kamu sudah memiliki ide dan konsep yang menarik. Selain mengikuti tips-tips tadi, kamu juga bisa mempelajari bisnis ini dari orang lain, karena berbisnis juga memerlukan ide-ide yang tidak terduga. Semoga bisnis konveksi kamu dapat berkembang menjadi bisnis yang besar, ya! Selamat mencoba!