Ingin Bisnis Desain Grafis? Ini Cara dan Tips Suksesnya
Update Aja

Ingin Bisnis Desain Grafis? Ini 9 Cara dan Tips Suksesnya

Desain grafis merupakan salah satu skill yang jarang orang miliki, karena butuh desain grafis memerlukan beberapa teknik dan insting supaya bisa membuat desain yang keren juga menarik. Padahal jasa desain grafis sangat-sangat dibutuhkan oleh banyak orang, dari mulai individu bahkan perusahaan. Misalnya jika sebuah perusahaan membutuhkan desain logo, maka jasa para desainer pasti dicari oleh mereka. Bahkan jika desainer bisa memenuhi kemauan klien, pasti perusahaan berani membayar besar untuk desain logo yang dibuat.

Nah pasti kamu sudah memiliki niat untuk berbisnis desain grafis, makanya kamu mengunjungi artikel ini. Apalagi jika kamu sudah memiliki skill desain grafis, sayang banget kalau skill kamu nggak dimanfaatkan untuk dijadikan uang! Namun pasti kamu bingung apa tips dan cara yang harus dilakukan agar sukses menjalankan bisnis desain grafis. Nggak perlu bingung, Anteraja bakal kasih kamu tips yang bisa kamu jadikan referensi untuk memulai bisnis desain grafis, sehingga kamu bisa langsung mulai bisnisnya sekarang juga. Yuk langsung kamu simak aja ya!

Tips dan Cara Sukses Bisnis Desain Grafis

1. Pastikan Kamu Memiliki Barang ntuk Mendesain

Ingin Bisnis Desain Grafis? Ini Cara dan Tips Suksesnya - Pastikan Kamu Memiliki Barang untuk Mendesain

Cukup banyak alat yang dibutuhkan untuk membuat desain grafis dari mulai software hingga hardware-nya, maka pastikan kamu sudah memiliki alat-alatnya. Jika kamu ingin menggambar digital, maka kamu membutuhkan laptop atau komputer, pen tablet dan software yang biasa kamu gunakan untuk mengolah gambar. Namun jika kamu ingin menggambar non-digital, tentu kamu membutuhkan buku gambar, grid book, dan pensil. Tidak apa-apa jika kamu tidak memiliki semua alatnya, gunakan saja alat yang ada asalkan kamu tetap bisa berbisnis. Kamu bisa membelinya menggunakan keuntungan yang kamu dapatkan dari bisnis kamu nanti.

2. Buat Bisnis Plan yang Matang

Ingin Bisnis Desain Grafis? Ini Cara dan Tips Suksesnya - Buat Bisnis Plan yang Matang

Berbisnis tentu harus dilakukan secara matang, kama harus ada perencanaan terlebih dahulu sebelum kamu menjalankannya. Yang pertama tentukan visi misi bisnis kamu terlebih dahulu, serta tujuan yang ingin kamu capai dari bisnis ini. Kemudian tentukan dengan siapa kamu ingin menjalankan bisnis ini, atau kamu juga bisa melakukannya sendiri. Kemudian cari tau apa kekurangan dan kelebihan dari bisnis kamu, sehingga kamu bisa membandingkannya dengan kompetitor.

3. Terapkan Strategi Marketing

Ingin Bisnis Desain Grafis? Ini Cara dan Tips Suksesnya - Terapkan Strategi Marketing

Strategi marketing juga nggak boleh kamu lewatkan, karena kamu memerlukan pemasaran untuk menarik orang supaya menggunakan jasa kamu. Nah pertama-tama lakukan analisis SWOT untuk mengetahui kondisi bisnis kamu. Kemudian tentukan siapa target pasar dari bisnis kamu, kamu bisa menargetkan individu atau perusahaan. Setelah kamu mengetahui semuanya, barulah kamu bisa membuat strategi marketing yang sesuai dengan kondisi bisnis dan kondisi pasar yang kamu targetkan. Dengan menerapkan cara tadi, kamu dapat menciptakan strategi marketing yang efektif untuk menjangkau calon konsumen.

4. Pasang Harga yang Bersaing

Ingin Bisnis Desain Grafis? Ini Cara dan Tips Suksesnya - Pasang Harga yang Bersaing

Memberikan harga memang cukup rumit dan perlu banyak pertimbangan, karena orang akan sangat sensitif dengan harga. Bisa saja jasa kamu tidak dipertimbangkan jika harga kamu lebih tinggi daripada yang lainnya. Nah maka itu kamu harus mengetahui terlebih dahulu berapa harga rata-rata yang ditawarkan jasa desain grafis baru, usahakan kamu berada di rata-rata tersebut. Jika bisnis kamu sudah dikenal dan memiliki banyak portofolio, barulah kamu bisa menaikan harga jual kamu. 

5. Perbanyak Networking dengan Promosi

Ingin Bisnis Desain Grafis? Ini Cara dan Tips Suksesnya - Perbanyak Networking dengan Promosi

Seringkali orang mengetahui jasa desain grafis dari rekomendasi orang lain, karena jasanya pasti sudah diakui kualitasnya sehingga direkomendasikan. Nah kamu harus memperbanyak networking dengan melakukan promosi, sehingga semakin banyak orang yang mengetahui bisnis kamu. Tawarkan jasa kamu di internet atau media sosial dan tawarkan juga secara langsung jasa kamu kepada orang-orang yang kira-kira membutuhkan jasa desain grafis, misalnya seperti mahasiswa tingkat akhir dan sebagainya.

6. Buat Social Media

Ingin Bisnis Desain Grafis? Ini Cara dan Tips Suksesnya - Buat Social Media

Media sosial harus kamu manfaatkan untuk kebutuhan promosi bisnis kamu, apalagi media sosial hampir digunakan oleh semua orang. Instagram harus menjadi media sosial utama yang kamu gunakan, karena di Instagram kamu bisa membangun engagement dengan orang-orang. Posting konten-konten dari hasil-hasil desain yang telah kamu kerjakan, supaya orang-orang tau sejauh apa desain yang pernah kamu kerjakan. Jangan lupa juga untuk membuat profil media sosial kamu terlihat menarik, karena orang bisa saja betah melihat profil kamu karena isinya menarik dan bisa saja membuat mereka mengikuti akun kamu.

7. Selalu Bertanya Kepada Pelanggan

Ingin Bisnis Desain Grafis? Ini Cara dan Tips Suksesnya - Selalu Bertanya Kepada Pelanggan

Komunikasikan dengan baik hasil desain kamu dengan pelanggan atau klien, sehingga kamu bisa mengetahui apa yang diinginkan klien kamu. Tanyakan secara detail dari desain yang kamu buat, apakah sesuai dengan permintaan klien atau tidak. Jika tidak, lakukan perbaikan atau revisi untuk memenuhi permintaan klien kamu. Pastikan klien kamu benar-benar senang dengan desain yang kamu buat, agar klien kamu puas dan menilai jasa kamu layak untuk direkomendasikan kepada orang lain.

8. Minta Testi dari Pelanggan

Ingin Bisnis Desain Grafis? Ini Cara dan Tips Suksesnya - Minta Testi dari Pelanggan

Jangan lupa untuk meminta testimoni dari setiap pelanggan yang sudah menggunakan jasa kamu. Kumpulkan testimoni yang kamu dapatkan untuk kamu posting di media sosial kamu, supaya orang-orang bisa melihat reputasi kamu. Testimoni bisa dijadikan sebuah bukti bahwa jasa desain grafis kamu memuaskan dan patut menjadi pertimbangan. Nah jangan lupa juga untuk meminta kritik dan saran, karena kritik dan saran dapat membangun bisnis kamu supaya lebih baik. Jika ada kekurangan yang dikeluhkan pelanggan kamu, maka lakukan evaluasi untuk perbaiki kekurangan tersebut.

9. Expansi Bisnis Kamu

Ingin Bisnis Desain Grafis? Ini Cara dan Tips Suksesnya - Expansi Bisnis Kamu

Seiring bisnis jasa desain grafis kamu berjalan, carilah orang-orang yang mahir bekerja dalam industri kreatif seperti mengedit video. Kemudian expansi bisnis kamu dengan menyediakan juga jasa editing video, karena jasa editing video juga nggak kalah diminati. Apalagi jika perusahaan membutuhkan konten videografis untuk promosi, maka jasa desain grafis dan editing video kamu akan sangat dibutuhkan. Selain itu, kamu juga berekspansi untuk menyediakan jasa desain web, periklanan, fotografi, dan sebagainya. Semuanya bisa kamu lakukan dengan perlahan-lahan, namun tetap tanamkan tujuan agar kamu terpacu untuk selalu mengembangkan bisnis ini.

Untuk Para Pembaca Setia Anteraja yang ingin melakukan Bisnis lainnya, tenang saja Anteraja menyediakan berbagai macam Artikel tentang Bisnis Terbaik lainnya seperti:

Yuk segera mulai bisnis kamu, agar kamu bisa membangun bisnis kamu lebih awal! Semakin cepat kamu menjalankan bisnis, maka kamu bisa lebih cepat dari calon kompetitor kamu yang sama-sama ingin menjalankan bisnis ini. Nah biar bisnis kamu semakin lancar, Anteraja siap kok untuk jadi partner kamu untuk melayani pengiriman dari setiap barang yang kamu kirim. Misalnya jika kamu membutuhkan alat-alat untuk mendesain, langsung aja cari alatnya secara online dan kirim menggunakan Anteraja. Dijamin Anteraja bakal memberikan pelayanan terbaik untuk kamu dengan pengiriman yang cepat dan akurat. Makanya biar kamu makin yakin, kamu cek ongkir aja sekarang untuk info lebih lanjut soal opsi pengiriman dan harga ongkir yang ditawarkan Anteraja! Nggak cuma itu, Anteraja juga bakal bikin kamu tenang dengan fitur tracking paket yang bisa kamu lakukan kapanpun. Tingal cek resi aja, langsung deh info soal posisi paket kamu bakal terpampang jelas! Makanya, nggak usah ragu lagi deh untuk gunakan Anteraja. Dijamin bisnis kamu bisa berkembang jika kamu selalu setia dengan Anteraja!

Author

Satria Anteraja

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *