Bisnis Rice Box Usaha Unik Dengan Modal Kecil dan Untung Besar
Update Aja

Bisnis Rice Box Usaha Unik Dengan Modal Kecil dan Untung Besar

Rice box merupakan salah satu bisnis makanan yang paling banyak diminati di tahun 2020 kemarin dan nggak menutup kemungkinan bahwa bisnis ini terus berkembang di tahun 2021. Saat ini bisnis rice box sudah cukup merebak dan sering menjadi pilihan makanan bagi banyak orang, terlebih lagi bagi anak-anak muda. Kemasan rice box dapat menampung nasi, lauk pauk, dan sayur dalam satu tempat yang mudah digenggam, sehingga makanan ini sangat praktis dan mudah dimakan di mana saja.

Walaupun bisnis rice box sudah merebak, namun bisnis ini belum merambah ke semua daerah. Mungkin saja di beberapa kota-kota kecil, bisnis rice box belum meluas hingga ke sana. Nah ini bisa menjadi kesempatan kamu untuk meluaskan bisnis ini, apalagi jika kamu tinggal di tempat yang belum banyak tersebar bisnis rice box. Nggak usah pake lama deh, kamu langsung aja simak tips bisnis rice box di bawah ini. Supaya kamu bisa langsung berbisnis dan mendapat keuntungan. Yuk simak terus artikelnya!

Tips Bisnis Ricebox dari Anteraja

1. Analisa Pasar

Bisnis Rice Box Usaha Unik Dengan Modal Kecil dan Untung Besar  - Analisa Pasar

Sebelum kamu memulai bisnis, kamu harus menganalisa pasar terlebih dahulu. Kamu harus mengetahui target pasar kamu mulai dari usia, penghasilan, dan kebiasaan. Kemudian kamu juga harus tau siapa saja kompetitor kamu di lapangan. Tujuannya adalah untuk menyiapkan strategi supaya bisnis kamu bisa berjalan sesuai dengan rencana. Untuk itu kamu jangan sampai keliru ketika menganalisa pasar, karena akibatnya bisa sangat fatal.

2. Menentukan Lokasi yang Strategis

Bisnis Rice Box Usaha Unik Dengan Modal Kecil dan Untung Besar  - Menentukan Lokasi yang Strategis

Lokasi yang strategis bakal menentukan jumlah penjualan rice box kamu, karena semakin strategis tempat usaha kamu semakin mudah dilihat dan dikunjungi orang. Rice box termasuk makanan yang terjangkau, sehingga kamu bisa menyebar lokasi dekat dengan kampus atau kantor. Jika kamu terkendala modal, maka tidak apa-apa jika kamu harus menyewa tempat yang tidak terlalu besar dan tidak bisa menyediakan tempat untuk dine-in, karena makanan seperti ini lebih besar penjualannya secara online atau take away.

3. Memilih Supplier

Bisnis Rice Box Usaha Unik Dengan Modal Kecil dan Untung Besar  - Memilih Supplier

Kamu pasti membutuhkan supplier untuk menyuplai kebutuhan untuk berbisnis rice box, seperti beras, daging, sayur, dan bahan-bahan lainnya. Maka kamu harus mencari supplier yang terpercaya dan bisa kamu ajak untuk bekerjasama. Nggak usah terlalu pusing untuk mencari supplier yang dekat, karena kamu juga bisa memilih supplier yang jauh. Kamu tinggal serahkan bahan-bahan kebutuhan kamu untuk dikirim menggunakan Anteraja, karena Anteraja bakal menjamin barang yang kamu kirim sampai tepat waktu. Makanya Cek Ongkir deh sekarang untuk tentukan opsi pengiriman yang sesuai dengan kebutuhan kamu! Setelah itu, simpan nomor resi yang diberikan dan input ketika Cek Resi, agar kamu bisa lacak barang kiriman kamu secara berkala. Pakai Anteraja ya, jangan pakai yang lain!

4. Menyusun Strategi Berjualan Kamu

Bisnis Rice Box Usaha Unik Dengan Modal Kecil dan Untung Besar - Menyusun Strategi Berjualan Kamu

Berbisnis memerlukan strategi yang matang supaya bisnis kamu mampu bersaing dan tidak gagal di tengah jalan. Kamu bisa menggunakan layanan pesan antar makanan berbasis ojek yang selalu menjadi pilihan banyak orang untuk membeli makanan, karena rice box termasuk makanan yang praktis sehingga makanan seperti ini biasanya lebih laku take away dibanding makan di tempat. 

5. Tentukan Wadah Untuk Ricebox Kamu

Bisnis Rice Box Usaha Unik Dengan Modal Kecil dan Untung Besar  - Tentukan Wadah Untuk Ricebox

Tentu kamu akan membutuhkan wadah atau kemasan untuk rice box kamu, sehingga kamu harus menentukannya dengan tepat. Biasanya wadah untuk rice box menggunakan bahan kertas, karena kertas cukup aman untuk menyimpan makanan dan mudah didaur ulang. Pilih wadah yang memiliki kualitas terbaik agar tidak bocor ketika menampung makanan dan jangan memilih wadah yang terlalu murah. Nah kamu bisa memasang logo brand pada wadah rice box kamu, biasanya beberapa supplier wadah juga menerima cetak logo

6. Hitung Biaya dan Harga Makanan yang Akan Kamu Jual

Bisnis Rice Box Usaha Unik Dengan Modal Kecil dan Untung Besar  - Hitung Biaya dan Harga Makanan yang Akan Kamu Jual

Hitung biaya kamu untuk membuat satu porsi rice box dan tentukan berapa harga rice box yang ingin kamu jual ke konsumen. Ingat, rice box termasuk makanan yang terjangkau, jadi jangan sampai kamu menjual dengan harga yang cukup tinggi. Kamu tidak perlu menggunakan bahan makanan dengan kualitas terbaik, asal tetap memakai bahan makanan yang sesuai dengan standar dan bukan bahan makanan yang buruk. Sesuaikan dengan harga jual yang kamu tawarkan supaya kamu tidak merugi.

7. Promosi ke Teman-teman dan Keluarga Kamu

Bisnis Rice Box Usaha Unik Dengan Modal Kecil dan Untung Besar - Promosi ke Teman dan Keluarga Kamu

Tentu teman-teman dan keluarga kamu harus menjadi sasaran pertama untuk melakukan promosi, karena mereka pasti sangat senang dengan bisnis yang baru kamu jalankan. Ajak mereka untuk mendatangi outlet kamu dan berikan potongan harga supaya mereka mau membelinya. Tanyakan mereka soal rasa dan pelayanan dari bisnis baru kamu, sehingga kamu bisa mengevaluasinya jika masih ada kekurangan.

8. Pisahkan Keuntungan dan Modal

Bisnis Rice Box Usaha Unik Dengan Modal Kecil dan Untung Besar - Pisahkan Keuntungan dan Modal

Sangat penting untuk memisahkan kedua uang ini, karena keuntungan dan modal adalah uang yang tidak boleh tercampur. Kamu harus mencatat setiap pemasukan dan pengeluaran dari bisnis kamu dan menyimpannya di rekening yang berbeda. Dengan itu kamu bisa mengetahui keuntungan kamu setiap bulannya, sehingga kamu bisa tahu apakah bisnis kamu menguntungkan atau tidak. 

9. Jangan Takut Berinovasi

Bisnis Rice Box Usaha Unik Dengan Modal Kecil dan Untung Besar - Jangan Takut Berinovasi

Berinovasi adalah hal yang harus dilakukan jika bisnis kamu sudah terlihat kurang berkembang. Banyak sekali kompetitor yang siap menjatuhkan kamu, jadi kamu harus selalu lebih baik dari mereka. Kamu bisa menginovasikan menu, sistem pembayaran, sistem penjualan, dan sebagainya. Anggap kamu sedang berlomba dan harus memiliki perbedaan agar bisnis rice box kamu lebih dilirik oleh konsumen.

Rekomendasi Menu Ricebox Terbaik

1. Nasi BBQ

Bisnis Rice Box Usaha Unik Dengan Modal Kecil dan Untung Besar  - Nasi BBQ

Bumbu BBQ termasuk bumbu yang sangat enak dicampur dengan apapun, bisa dengan ayam, daging sapi, ikan, dan protein lainnya. Maka kamu harus banget untuk memasukan nasi BBQ ke dalam menu rice box kamu. Cara pembuatannya yang mudah juga membuat BBQ bisa sangat menguntungkan, karena bumbu ini sangat populer.

2. Nasi Teriyaki

Bisnis Rice Box Usaha Unik Dengan Modal Kecil dan Untung Besar - Nasi Teriyaki

Sama seperti nasi BBQ, nasi Teriyaki juga nggak kalah populer. Bumbu khas Jepang ini sudah sangat familiar di lidah orang-orang Indonesia, sehingga nasi Teriyaki sering menjadi pilihan utama ketika memilih menu rice box. Biasanya bumbu Teriyaki sering dipadukan dengan daging sapi atau ayam, sehingga bisa menjadi pilihan menu yang enak.

3. Nasi Telur dan Ayam Suwir

Bisnis Rice Box Usaha Unik Dengan Modal Kecil dan Untung Besar  - Nasi Telur dan Ayam Suwir

Telur dan ayam merupakan protein yang lezat dan mudah diolah menjadi apapun. Dengan kedua bahan ini, kamu bisa menggunakan bumbu balado yang pedas atau dengan bumbu kecap. Tidak sulit untuk membuatnya namun jika digabungkan bisa menjadi menu yang sangat lezat.

4. Nasi Goreng

Bisnis Rice Box Usaha Unik Dengan Modal Kecil dan Untung Besar  -  Nasi Goreng

Kalau menu yang satu ini jangan sampai kamu lewatin, karena bisa dibilang nasi goreng adalah salah satu makanan yang enak dikonsumsi kapanpun. Dengan kamu menyediakan menu nasi goreng dengan telur mata sapi saja, pasti akan banyak orang yang membelinya. Apalagi jika kamu memiliki resep nasi goreng yang sangat lezat dan memiliki rasa yang khas.

5. Nasi Daging Sapi

Bisnis Rice Box Usaha Unik Dengan Modal Kecil dan Untung Besar  - Nasi Daging Sapi

Dengan daging sapi, kamu bisa menginovasikan banyak bumbu-bumbu. Misalnya nasi daging sapi dengan bumbu cah cabai, bumbu teriyaki, bumbu BBQ, dan lain-lain. Kamu bisa mencari-cari resep yang lezat untuk mengolah daging sapi, karena daging sapi bisa dipadukan dengan banyak bumbu.

6. Nasi Salted Egg dan DagingĀ 

Bisnis Rice Box Usaha Unik Dengan Modal Kecil dan Untung Besar  - Nasi Salted Egg dan Daging

Bumbu salted egg menjadi sangat populer beberapa tahun terakhir. Dengan menggunakan telur sebagai bahan utama pembuatannya, membuat bumbu salted egg sangat lezat dan memiliki rasa yang pekat. Bumbu ini sangat enak dipadukan dengan ayam dan ikan yang digoreng dengan tepung, bahkan beberapa bisnis rice box sudah memiliki menu ini.

Nah buruan deh tengok sekitar kamu, apakah di tempat kamu sudah banyak terdapat bisnis rice box atau belum. Jika belum, langsung aja bulatkan tekad kamu dan segera ikutin tips-tips di atas! Apapun bisnis yang kamu jalankan, jangan sampai kamu takut rugi dan tidak mau mengambil risiko. Berbisnis harus dilakukan dengan tekad yang kuat, agar tidak ada rasa ragu yang dapat menghambat kamu. Selamat mencoba, ya!

Author

Satria Anteraja

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *