Jenis Kemasan Makanan untuk Bisnis Makanan dan Minuman Kamu
Update Aja

Jenis Kemasan Makanan untuk Bisnis Makanan dan Minuman Kamu

Buat kamu para pelaku bisnis kuliner, memilih bahan pada kemasan sangat penting mengetahui bahan yang sesuai untuk kemasan makanan atau minuman yang kamu jual. Beberapa bahan kemasan memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing yang harus kamu pertimbangkan secara matang.

Nah kalau kamu masih bingung dalam memilih kemasan, di bawah ini ada beberapa kemasan yang umum digunakan pada bisnis kuliner. Nggak hanya itu, Anteraja juga bakal memberi tahu kamu bahan kemasan apa yang baik untuk pangan serta kelebihan dan kekurangannya. Penting banget untuk disimak supaya kamu bisa menentukan kemasan yang tepat untuk mengemas makanan atau minuman yang kamu jual. Kalau gitu, langsung aja yuk simak di bawah!

Ide Macam-Macam Kemasan Makanan Terbaik untuk Bisnis Kamu

1. Bowl

Jenis Kemasan Makanan untuk Bisnis Makanan dan Minuman Kamu - Bowl

Makanan dengan kemasan bowl atau mangkok sangat diminati, karena cara makannya yang mudah dan ringkas. Makanya banyak sekali yang menjual rice bowl dengan berbagai macam menu, dari yang memiliki harga murah hingga yang mahal. Selain mudah dan ringkas, kemasan bowl juga memiliki harga yang murah dan memiliki bahan yang terbuat dari kertas. Sehingga kemasan bowl cukup ramah lingkungan karena bukan bahan plastik yang meninggalkan limbah.

2. Rice Box

Jenis Kemasan Makanan untuk Bisnis Makanan dan Minuman Kamu - Rice Box

Kemasan ini sering digunakan pada jenis makanan rice box yang saat ini cukup populer di Indonesia. Memiliki ukuran lebar yang ringkas dan agak meninggi membuat kemasan ini enak dipegang dengan satu tangan saat menyantapnya. Selain itu, kemasan ini juga dapat memuat porsi makanan lebih banyak namun dengan volume ukuran yang tetap ringkas. Kemasan ini sangat cocok buat kamu yang ingin berjualan rice box dengan sifat makanan yang sedikit berair, karena kemasan ini sulit untuk menahan cairan karena bahannya yang tidak terlalu tebal.

3. Snack Box

Jenis Kemasan Makanan untuk Bisnis Makanan dan Minuman Kamu - Snack Box

Jika kamu menjual beraneka macam makanan ringan, maka kamu harus menggunakan kemasan ini. Snack box memiliki bahan yang terbuat dari kertas, tetapi tidak bisa menahan cairan. Sehingga kemasan ini hanya bisa digunakan untuk mengemas makanan kering, seperti aneka kue, roti, dan makanan lainnya yang sudah terbungkus. Harganya yang cukup terjangkau mungkin bisa kamu pertimbangkan jika kamu menjual makanan-makanan yang tidak terlalu mahal, agar kamu tidak perlu menaikkan harga jual dan tetap bisa mendapatkan keuntungan.

(Baca juga: Ide Bisnis Makanan rumahan)

4. Paper Box

Jenis Kemasan Makanan untuk Bisnis Makanan dan Minuman Kamu - Paper Box

Sama seperti bowl yang ringkas, kemasan paper box juga memiliki sifat yang sama, karena pada dasarnya keduanya hanya berbeda bentuk. Kemasan ini lumayan cocok untuk makanan yang berminyak, karena kemasan paper box memiliki laminasi yang dapat menahan minyak agar tidak tembus. Selain itu kemasan paper box memiliki sifat cukup tebal, sehingga kemasan ini mampu menahan air yang membuat kamu bisa memasukan makanan berkuah. Sangat cocok untuk kamu yang ingin berjualan makanan yang sedikit berkuah dan berminyak, seperti bakmi, nasi goreng, sate, dan sebagainya.

5. Lunchbox Bento

Jenis Kemasan Makanan untuk Bisnis Makanan dan Minuman Kamu - Lunchbox Bento

Jika beberapa kemasan di atas memiliki ukuran yang ringkas, kemasan ini memiliki ukuran yang cukup besar. Kemasan lunch box bento biasa digunakan untuk catering makanan yang dapat memuat beberapa komponen makanan di dalamnya, seperti nasi, lauk, sayuran, dan buah. Terdapat sekat yang membuat komponen makanan tidak tercampur di dalamnya, sehingga kemasan ini sangat diperlukan jika kamu menjual makanan dengan banyak komponen di dalamnya. Namun kemasan ini memiliki harga yang lebih tinggi dibandingkan beberapa kemasan di atas, jadi kamu harus mempertimbangkannya dengan matang.

Baca juga Artikel Lainnya dari Anteraja:


Bahan-bahan untuk Kemasan Terbaik

1. Gelas Atau Kaca

Jenis Kemasan Makanan untuk Bisnis Makanan dan Minuman Kamu - Gelas atau Kaca

Bahan gelas atau kaca memang bisa dibilang merupakan kemasan yang paling baik bagi makanan, karena gelas atau kaca dapat menahan cairan sehingga bisa digunakan untuk jenis makanan apapun. Namun bahan ini sangat rentan pecah dan memiliki bobot yang berat, sehingga bahan ini tidak bisa digunakan sebagai kemasan makanan untuk dikirim. Kamu bisa menggunakannya jika bisnis kuliner kamu menyediakan layanan makan di tempat, karena bahan ini dapat digunakan kembali.

2. Plastik

Jenis Kemasan Makanan untuk Bisnis Makanan dan Minuman Kamu - Plastik

Plastik merupakan bahan kemasan yang sangat murah, karena kemudahannya dalam proses produksi membuat plastik juga merupakan bahan yang sering digunakan. Namun kamu harus memperhatikan bahan ini untuk mengemas makanan, karena beberapa plastik memiliki bahan yang berbahaya bagi kesehatan. Beberapa bahan plastik yang baik untuk pangan adalah Poli Etilen Tereftalat (PET), High Density Polyethylene (HDPE), Polivinil Klorida (PVC), Low Density Polyethylene (LDPE), dan masih banyak lagi. Jangan sampai kamu menggunakan bahan plastik yang salah, karena bahan plastik sangat berisiko untuk pangan.

3. Kertas

Jenis Kemasan Makanan untuk Bisnis Makanan dan Minuman Kamu - Kertas

Kemasan berbahan kertas bisa dibilang merupakan bahan yang paling ideal, karena bahan ini memiliki harga yang murah dan diperbolehkan untuk mengemas makanan atau minuman. Bahan kemasan ini memiliki laminasi untuk menahan minyak dan air supaya tidak bocor, sehingga bahan ini ini bagus untuk kemasan makanan yang berkuah. Bahannya yang tebal juga memudahkan kamu untuk menempel logo bisnis kuliner kamu, sehingga kamu bisa mem-branding packaging makanan kamu sesuka hati.

4. Kaleng

Jenis Kemasan Makanan untuk Bisnis Makanan dan Minuman Kamu - Kaleng

Kaleng merupakan bahan kemasan yang bisa kamu gunakan untuk mengemas makanan atau minuman yang dapat disimpan dalam waktu yang cukup lama, karena kaleng memiliki kerapatan yang dapat menjaga makanan dari udara luar. Kemasan makanan dari kaleng harus dilapisi timah putih (Sn) dengan sangat rapat dan tanpa lubang sedikitpun, ini dibutuhkan untuk menghindari karat yang berbahaya bagi kesehatan. Sangat penting untuk memperhatikan bahan kaleng untuk pengemasan makanan atau minuman.

5. Styrofoam

Jenis Kemasan Makanan untuk Bisnis Makanan dan Minuman Kamu - Styrofoam

Styrofoam adalah bahan kemasan yang sangat sering digunakan oleh para pelaku bisnis makanan, namun peneliti mengatakan bahwa bahan ini sangat diragukan keamanannya bagi kesehatan. Tidak direkomendasikan untuk menggunakan bahan ini untuk mengemas makanan secara langsung, kecuali ada kemasan lain yang memisahkan antara makanan dengan Styrofoam. Kamu bisa membungkus makanan dengan plastik terlebih dahulu, kemudian dimasukkan ke dalam kemasan Styrofoam untuk mempertahankan bentuk. Styrofoam dapat melepas monomer yang bisa menempel pada makanan dan sangat berbahaya bagi kesehatan.

Semua kemasan-kemasan tadi bisa kamu dapatkan di marketplace langganan kamu. Tapi jika kamu mau menggunakan pengiriman Anteraja, maka kamu harus menggunakan marketplace partner Anteraja, yaitu Tokopedia, Blibli, dan Bukalapak. Nah kalau kamu berbelanja di sana, kamu bisa mendapatkan benefit dari Anteraja yang bakal menjamin pengiriman cepat dan akurat. Kamu juga bisa melacak paket kamu dengan fitur tracking paket yang disediakan, atau kamu juga bisa melacaknya dengan Cek Resi. Jadi buruan Cek Ongkir dan segera tentukan pengiriman ke wilayah kamu!

Author

Satria Anteraja

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *