Begini Cara Bisnis Mainan Anak dan Produk-Produk Terbaiknya

Begini Cara Bisnis Mainan Anak dan Produk-Produk Terbaiknya

Setiap anak pasti membutuhkan mainan, karena mainan bisa menumbuhkan imajinasi dan sensor motorik si kecil yang dapat membantu pertumbuhan. Selain itu, mainan juga bisa menjadi sarana bonding antara orang tua dengan anak, sehingga para orang tua bisa lebih dekat dengan si kecil. Walaupun sekarang gadget sudah menjadi pilihan para orang tua untuk mainan anak, ternyata mainan-mainan berbentuk fisik masih perlu digunakan. 

Makanya kamu harus berjualan mainan supaya orang tua tidak beralih ke gadget untuk diberikan kepada anak mereka. Lagipula, bisnis mainan juga bisa memberikan kamu keuntungan yang besar. Nah coba deh kamu lihat tips-tipsnya di bawah ini, selain tips ada juga rekomendasi mainan yang bisa kamu jual. Simak terus ya!

Tips Binis Mainan Anak

1. Tentukan Mainan yang Ingin Kamu Jual

Begini Cara Bisnis Mainan Anak dan Produk-Produk Terbaiknya - Tentukan Mainan yang Ingin Kamu Jual

Ada banyak sekali jenis mainan anak, untuk itu kamu harus tentukan mainan yang ingin kamu jual. Beberapa rekomendasi mainan anak akan dijelaskan di bawah, jadi kamu bisa memilihnya dari list di bawah. 

(Baca juga: bisnis perlengkapan bayi)

2. Analisa Pasar

Begini Cara Bisnis Mainan Anak dan Produk-Produk Terbaiknya - Analisa Pasar

Analisa pasar yang ingin kamu mainkan, supaya kamu bisa menyiapkan strategi bisnis yang tepat. Cari siapa target pasar kamu, harga jual barang kamu, kompetitor, dan lainnya. Tahap ini berguna untuk membuat bisnis kamu selalu berada dalam rencana yang kamu buat, sehingga kamu bisa dengan cepat mengevaluasi apabila ada yang tidak sesuai rencana.

(Baca juga: Bisnis Fashion)

3. Pilih Toko yang Strategis

Begini Cara Bisnis Mainan Anak dan Produk-Produk Terbaiknya - Pilih Toko yang Strategis

Pilihlah lokasi toko yang strategis, agar toko kamu dapat lebih mudah dilihat dan dikunjungi orang. Namun jika modal kamu tidak besar, kamu bisa berjualan di rumah. Namun pastikan rumah kamu berada di lingkungan yang ramai dan mudah terlihat oleh orang yang lewat.

4. Pilih Harga yang Kompetitif

Begini Cara Bisnis Mainan Anak dan Produk-Produk Terbaiknya - Pilih Harga yang Kompetitif

Pilih harga yang kompetitif supaya orang dapat mempertimbangkan untuk membeli mainan kamu. Apabila kamu menjual harga lebih tinggi, mungkin orang tidak jadi mempertimbangkannya dan mencari toko lain. Jika bisa, tawarkan harga yang lebih rendah daripada toko lain, supaya kamu memenangkan kompetisi di sektor harga. Namun jangan sampai harga yang kamu berikan malah membuat kamu merugi. Hitung secara matang antara pengeluaran dan pemasukan dari bisnis kamu.

5. Berjualan di Marketplace

Begini Cara Bisnis Mainan Anak dan Produk-Produk Terbaiknya - Berjualan di Marketplace

Luaskan penjualan mainan kamu secara online dengan menggunakan marketplace, agar mainan kamu bisa terjual hingga ke wilayah-wilayah lain. Gunakan marketplace partner Anteraja, seperti Tokopedia, Blibli, dan Bukalapak supaya kamu bisa menggunakan Anteraja sebagai layanan pengiriman dari barang-barang yang kamu jual. Marketplace juga memudahkan kamu dan pelanggan untuk melakukan transaksi, karena sistemnya yang aman dan jelas.

6. Promosi yang Menarik

Begini Cara Bisnis Mainan Anak dan Produk-Produk Terbaiknya - Promosi yang Menarik

Lakukan promosi-promosi yang menarik secara offline maupun online. Kamu bisa memanfaatkan media sosial sebagai platform kamu untuk menjajakan mainan yang kamu jual dan mempromosikannya. Tawarkan harga-harga menarik agar para orang tua mau membelinya. Jangan lupa untuk menawarkan keluarga dan kerabat kamu, apalagi mereka masih memiliki anak-anak yang membutuhkan mainan.

7. Gunakan Anteraja Sebagai Jasa Pengiriman Kamu

Begini Cara Bisnis Mainan Anak dan Produk-Produk Terbaiknya - Gunakan Anteraja Sebagai Jasa Pengiriman Kamu

Jangan lupa untuk gunakan Anteraja sebagai jasa pengiriman mainan-mainan kamu, karena Anteraja sudah berpengalaman dalam mengirim barang hingga ke banyak wilayah di Indonesia. Beragam opsi pengiriman bisa kamu gunakan, mulai dari Regular, Next Day, hingga Same Day. Untuk lebih lengkapnya, kamu bisa Cek Ongkir sekarang untuk cek harga ongkir yang ditawarkan Anteraja. Selain itu, Anteraja juga menyediakan fitur tracking paket untuk kamu pengguna setia Anteraja, agar kamu selalu bisa melacak paket kamu dengan Cek Resi. Yuk segera gunakan Anteraja!

Produk Mainan Anak Terbaik

1. Puzzle

Begini Cara Bisnis Mainan Anak dan Produk-Produk Terbaiknya - Puzzle

Puzzle sudah menjadi mainan anak-anak sejak zaman dulu, bahkan hingga sekarang. Karena puzzle memiliki banyak manfaat, seperti melatih memori, mengasah keterampilan visuospasial, mengasah kemampuan memecahkan masalah, dan melatih koordinasi mata dan tangan.

2. Lego

Begini Cara Bisnis Mainan Anak dan Produk-Produk Terbaiknya - Lego

Lego juga ternyata memiliki manfaat yang baik pada anak, seperti untuk pengenalan warna, bentuk, dan ukuran, meningkatkan kreativitas, melatih koordinasi tangan, mata, dan keahlian motorik, serta kemampuan memecahkan masalah.

3. Alat Memasak

Begini Cara Bisnis Mainan Anak dan Produk-Produk Terbaiknya - Alat Memasak

Alat-alat memasak pun juga memiliki manfaat, seperti melatih motorik halus, mengembangkan kemampuan sosial, mengembangkan imajinasi, serta menambah kosakata dan kategori. 

4. Squishy

Begini Cara Bisnis Mainan Anak dan Produk-Produk Terbaiknya - Squishy

Walaupun hanya meremas-remas, ternyata ada manfaat positif dari meremas Squishy untuk anak. Seperti memperkuat motorik halus, memperkuat kognitif, menyalurkan emosi, dan melatih sosialisasi. Harganya yang cukup terjangkau bisa menjadi pilihan orang tua untuk membelikannya untuk anak mereka, sehingga kamu harus menjual mainan ini.

5. Playdoh

Begini Cara Bisnis Mainan Anak dan Produk-Produk Terbaiknya - Playdoh

Playdoh adalah mainan berbentuk lilin yang bisa dibentuk menjadi apapun, sehingga mainan ini juga memiliki manfaat penting untuk tumbuh kembang anak. Bermain Playdoh dapat merangsang kekuatan otot jari dan motorik halus, mengembangkan imajinasi dan kreativitas, serta merangsang rasa ingin tahu pada anak.

6. Mainan Lilin

Begini Cara Bisnis Mainan Anak dan Produk-Produk Terbaiknya - Mainan Lilin

Sama seperti Playdoh, mainan lilin adalah mainan yang terbuat dari lilin dan bisa dibuat menjadi bentuk apapun. Namun kamu bisa menjual mainan lilin selain merk Playdoh, sehingga kamu bisa menjual dengan harga yang lebih murah. Playdoh memiliki harga yang cukup tinggi karena merknya yang sudah dikenal, sehingga kamu bisa menjual mainan lilin dari merk-merk lokal yang memiliki harga jauh lebih rendah.

7. Flashcard Anak

Begini Cara Bisnis Mainan Anak dan Produk-Produk Terbaiknya - Flashcard Anak

Flashcard merupakan permainan simpel dengan menggunakan kartu yang memiliki gambar, tulisan, dan warna-warna, sehingga dapat menarik perhatian anak. Bermain flashcard dapat membantu stimulasi otak dan merangsang daya ingat anak supaya kuat. Kamu bisa menjual flashcard buah-buahan, hewan, tumbuhan, dan gambar-gambar lainnya yang efektif membantu perkembangan anak.

8. Bola

Begini Cara Bisnis Mainan Anak dan Produk-Produk Terbaiknya - Bola

Nah bola adalah mainan paling umum dan juga disukai oleh anak-anak, maka kamu harus berjualan bola di toko kamu. Bermain bola banyak memiliki manfaat, yaitu meningkatkan kemampuan motorik, meningkatkan kepadatan tulang, membantu perkembangan otak, dan menjaga anak tetap sehat. Kamu bisa menjual beragam bola mulai dari ukuran kecil hingga ukuran besar, sehingga dapat disesuaikan dengan usia anak.

Jadi gimana, nggak sulit kan bisnis mainan? Coba deh kamu langsung siapkan strategi untuk memulainya, siapa tahu kamu bisa mendapatkan keuntungan yang besar. Jangan lupa untuk selalu mempromosikan bisnis kamu supaya diketahui oleh banyak orang. Yuk segera mulai bisnis kamu sekarang, jangan sampai kamu sia-siakan kesempatannya. Selamat mencoba!

Baca juga Artikel lainnya dari Anteraja: