Cara dan Tips Bisnis Sayuran dari Awal dengan Modal Kecil

Cara dan Tips Bisnis Sayuran dari Awal dengan Modal Kecil

Bisnis sayuran online akhir-akhir ini sedang menjamur di Indonesia dan banyak dijalani oleh anak-anak muda. Apalagi sayuran termasuk salah satu bahan pokok makanan orang Indonesia, sehingga sayuran selalu dicari oleh banyak orang untuk dikonsumsi.

Nah buat kamu yang ingin memulai berbisnis, kamu harus mencoba untuk berbisnis berjualan sayuran. Karena bisnis ini bisa dibilang tidak sulit dan tidak perlu mengeluarkan banyak modal. Namun kamu harus menekuni bidang menanam sayuran, karena akan lebih menguntungkan jika kamu menanamnya sendiri. 

(Baca juga: Ide Bisnis 2021)

Hal yang Pertama Harus Kamu Lakukan

1. Tentukan Sayur Apa Saja yang Ingin Kamu Jual

Cara dan Tips Bisnis Sayuran dari Awal dengan Modal Kecil - Tentukan Sayur Apa Saja yang Ingin Kamu Jual

Banyak sekali macam-macam sayuran yang bisa kamu jual, usahakan jual sayuran yang sering dicari orang. Kamu harus memiliki banyak stock sayuran seperti wortel, sawi, bayam, kangkung, jagung, tomat. Sayuran-sayuran tadi sangat digemari oleh orang-orang Indonesia, untuk itu pastikan stock-nya selalu tersedia dan tidak sulit dicari.

2. Metode Pre-order Adalah yang Terbaik

Cara dan Tips Bisnis Sayuran dari Awal dengan Modal Kecil - Metode Pre order Adalah yang Terbaik

Untuk menghindari sayuran kamu basuk, kamu harus menggunakan metode pre-order. Biasanya membutuhkan waktu 30 hari untuk pre-order, karena sayuran baru ditanam setelah di pesan. Dengan metode ini, kamu nggak perlu takut sayuran yang dikirim ke pelanggan tidak segar lagi.

3. Carilah Penyuplai dengan Harga Murah

Cara dan Tips Bisnis Sayuran dari Awal dengan Modal Kecil - Carilah Penyuplai dengan Harga Murah

Jika kamu belum berani untuk menanam sayuran sendiri, nggak ada salahnya jika kamu menjadi reseller sayuran. Carilah penyuplai yang memiliki harga murah dan usahakan tangan pertama, supaya tidak ada kenaikan harga dari tangan kedua atau ketiga. Tentu jangan terlalu tergiur dengan harga yang murah, kamu harus membandingkan dengan kualitasnya. Jika harga murah namun kualitasnya jelek, maka kamu harus mencari yang lain dengan harga yang sedikit lebih mahal namun memiliki kualitas yang baik.

(Baca juga: bisnis tanaman yang menguntungkan)

4. Tentukan Modal dan keuntungan

Cara dan Tips Bisnis Sayuran dari Awal dengan Modal Kecil - Tentukan Modal dan Keuntungan

Kamu harus menentukan berapa modal yang kamu punya, karena itu akan menentukan berapa banyak sayuran yang akan kamu produksi. Setelah itu hitung keuntungan yang kamu dapat dan 

5. Sediakan Ruangan di Kulkas untuk Stock Sayuran

Cara dan Tips Bisnis Sayuran dari Awal dengan Modal Kecil - Sediakan Ruangan di Kulkas untuk Stock Sayuran

Berikan ruang penyimpanan yang baik di kulkas, kalau bisa kamu harus memiliki kulkas sendiri khusus untuk menyimpan sayuran. Jangan mencampur sayuran dengan bahan makanan lain ketika disimpan di kulkas. Jangan lupa untuk selalu cek suhu di dalam kulkas, supaya suhu tetap terjaga sehingga sayuran tidak layu dan busuk.

(Baca juga: Tips Berjualan Di Tokopedia)

6. Jangan Cepat Menyerah

Cara dan Tips Bisnis Sayuran dari Awal dengan Modal Kecil - Jangan Cepat Menyerah

Hal terpenting dalam menjalankan bisnis adalah jangan cepat menyerah, karena membangun bisnis memerlukan proses yang panjang. Jika kamu merasa mudah menyerah dalam menjalankan sesuatu, maka jangan paksa diri kamu untuk menjalankan bisnis, karena akan membuang waktu dan modal kamu. Namun jika kamu siap untuk membangun bisnis kamu, maka bisnis ini bisa membawa keuntungan besar buat kamu.

(Baca juga: cara packing tanaman)

Cara Menjual dan Mempromosikannya

1. Buat Akun Media Sosial

Cara dan Tips Bisnis Sayuran dari Awal dengan Modal Kecil - Buat Akun Media Sosial

Dengan mempromosikan di media sosial, kamu bisa menjangkau pasar yang lebih luas di internet. Untuk itu cepat-cepatlah untuk membuat akun media sosial kamu seperti Instagram dan Facebook, kemudian beri nama akun yang menarik untuk bisnis kamu. Unggah foto-foto yang jelas dan menarik untuk dilihat, jangan lupa untuk berikan caption yang menggugah orang untuk membeli sayuran kamu.

2. Promosikan ke Tetangga, Teman, dan Keluarga

Cara dan Tips Bisnis Sayuran dari Awal dengan Modal Kecil - Promosikan ke Tetangga Teman dan Keluarga

Pasti teman dan keluarga kamu sangat senang kamu memiliki bisnis baru, untuk itu segeralah beri tau mereka tentang bisnis yang kamu jalankan. Jangan lupa juga tawarkan tetangga terdekat kamu untuk membeli sayuran yang kamu jual, karena kemungkinan besar tetangga kamu akan berlangganan dengan kamu karena jaraknya yang dekat. Selalu minta pendapat mereka tentang pengalaman membeli sayuran kamu, supaya bisa kamu jadikan evaluasi dan bisa untuk mengembangkan bisnis kamu.

(Baca juga: Tips Berjualan Di Shopee)

3. Buka Toko di Marketplace

Cara dan Tips Bisnis Sayuran dari Awal dengan Modal Kecil - Buka Toko di Marketplace

Kamu harus membuka toko di marketplace, karena banyak orang yang lebih percaya berbelanja di sana. Sistem pre-order juga lebih tertata dengan baik dan jelas di marketplace. Banyaknya promo cashback dan gratis ongkir juga membuat banyak orang memilih marketplace sebagai platform untuk berbelanja online. Jangan lupa juga untuk selalu update stock sayuran kamu dan selalu fast respon untuk membalas diskusi atau chat dari pelanggan.

4. Gunakan Anteraja Untuk Layanan Pengiriman

Cara dan Tips Bisnis Sayuran dari Awal dengan Modal Kecil - Gunakan ANteraja untuk Layanan Pengiriman

Nah jangan lupa untuk mengaplikasikan layanan Anteraja di toko online kamu, supaya pelanggan kamu bisa menikmati layanan pengiriman terbaik. Apalagi Anteraja punya fitur pickup order yang bakal memudahkan kamu, jadi kamu cukup diam di rumah dan tunggu Anteraja melakukan pickup sayuran kamu. Jangan lupa gunakan aplikasi Anteraja untuk cek ongkir dan cek resi pengiriman kamu, karena fitur tracking paket akurat selalu tersedia untuk kamu.

Yuk segera mulai bisnis kamu dari sekarang! Siapa tau bisnis sayuran bisa menguntungkan kamu. Apalagi sekarang mulai banyak orang yang sudah lebih memperhatikan kesehatan tubuhnya, sehingga kebutuhan sayuran sangat penting bagi sebagian orang. Bisnis kamu juga bisa menunjang mereka untuk hidup sehat tentunya. Jadi segera ikuti tips-tipsnya dan bangun bisnis kamu sendiri. Selamat mencoba!