Cara Membuat Promosi Produk yang Menarik untuk Bisnis Kamu
Update Aja

12 Cara Membuat Promosi Produk yang Menarik untuk Bisnis Kamu

Pernah nggak sih kamu ketika lagi ingin menabung dan nggak mau belanja apa-apa, tiba-tiba ada iklan promosi yang muncul di media sosial atau marketplace yang membuat kamu jadi ingin membeli sebuah produk? Nah strategi ini yang dinamakan promosi, membuat orang yang melihatnya menjadi tertarik untuk membeli apa saja yang ditawarkan. Apalagi zaman sekarang sangat mudah untuk berbelanja online, hanya membuka smartphone untuk checkout dan membayar, maka transaksi hanya dilakukan beberapa menit.

Mungkin banyak dari kamu yang sedang berjualan namun masih bingung untuk menentukan cara promosi yang tepat. Nah pas banget kamu mengunjungi artikel ini, karena Anteraja udah merangkum dengan lengkap cara-cara promosi yang menarik. Namun sebelumnya kamu harus simak dulu kenapa kamu harus melakukan promosi, setelah itu baru deh kamu simak tips-tipsnya. Yuk langsung lanjutin di bawah ini!

Kenapa Harus Promosi?

1. Meningkatkan Brand Awareness

Cara Membuat Promosi Produk yang Menarik untuk Bisnis Kamu - Meningkatkan Brand Awareness

Mengapa orang saat ini mengetahui Samsung adalah brand elektronik dan Adidas adalah brand pakaian olahraga? Bahkan orang mampu mengingat nama, logo, dan warna brand mereka. Itu karena brand awareness konsumen terhadap kedua brand tadi sudah sangat tinggi. Nah tentu kamu sebagai pemilik brand baru, promosi adalah cara untuk meningkatkan brand awareness. Minimal agar orang-orang mengetahui apa nama brand kamu dan apa yang kamu tawarkan.

2. Mampu Menarik Pembeli dan Audience

Cara Membuat Promosi Produk yang Menarik untuk Bisnis Kamu - Mampu Menarik Pembeli dan Audience

Pasti ada orang yang tertarik untuk membeli produk kamu, namun tidak banyak. Nah dengan melakukan promosi, misi kamu adalah menarik orang-orang yang belum tertarik dengan produk kamu. Dengan melakukan promosi, bisa saja satu orang yang melihat iklan kamu tidak tertarik. Namun satu orang tadi menyebarkan iklan kamu kepada 10 orang temannya, bisa saja 10 orang tersebut tertarik dengan produk kamu.

3. Menjaga Loyalitas Konsumen

Cara Membuat Promosi Produk yang Menarik untuk Bisnis Kamu - menjaga loyalitas konsumen

Sebagai pemilik brand baru, pasti kamu ingin memiliki konsumen yang loyal terhadap produk-produk kamu. Promosi dapat menjaga loyalitas konsumen agar tetap membeli produk di toko kamu. Jika kamu jarang atau tidak membuat promosi sama sekali, bisa saja konsumen kamu akan pindah ke toko lain yang menawarkan promo lebih banyak.

4. Meningkatkan Penjualan Produk

Cara Membuat Promosi Produk yang Menarik untuk Bisnis Kamu - Meningkatkan Penjualan Produk

Dalam berbisnis, pasti kamu akan mendapatkan keuntungan dari setiap produk yang terjual. Nah dengan melakukan promosi yang efektif, pasti akan meningkatkan penjualan produk kamu. Apalagi jika kamu menjual produk mudah basi seperti makanan, maka kamu harus menghabiskan stok produk secepatnya dengan promo-promo yang sesuai.

Tips dan Cara Promosi yang menarik dari Anteraja

1. Memberikan Diskon

Cara Membuat Promosi Produk yang Menarik untuk Bisnis Kamu - Memberikan Diskon

Memberikan diskon atau potongan harga bisa menjadi pilihan pertama, karena orang pasti sangat tertarik dengan apapun yang berhubungan dengan harga. Kamu bisa memberikan diskon di hari raya seperti lebaran, natal, imlek, dan sebagainya. Pada hari raya banyak orang yang memutuskan untuk berbelanja, maka dengan kamu memberikan diskon akan menambah minat mereka untuk berbelanja.

2. Memberikan Gratis Ongkir

Cara Membuat Promosi Produk yang Menarik untuk Bisnis Kamu - Memberikan Gratis Ongkir

Pada pembelian online, biasanya ada biaya ongkir yang dibebankan kepada konsumen untuk mengirim barang. Nah jika kamu memberikan gratis ongkir, sudah cukup membuat orang tertarik untuk berbelanja. Coba deh kamu gunakan Anteraja sebagai layanan pengiriman toko kamu, karena Anteraja sering memberikan promo gratis ongkir yang bakal menguntungkan konsumen kamu. Cek aplikasi Anteraja untuk kepoin promo-promo yang ditawarkan, selain itu konsumen kamu juga bisa cek ongkir dan cek resi di sana. Mudah kan? Makanya download aplikasi Anteraja di handphone kamu!

3. Mengadakan Flash Sale

Cara Membuat Promosi Produk yang Menarik untuk Bisnis Kamu - Menagdakan Flash Sale

Flash sale saat ini sedang menjadi strategi promosi yang sering digunakan, karena ternyata masyarakat sangat antusias dengan strategi ini. Flash sale biasanya menawarkan potongan harga yang sangat besar, namun pada jangka waktu yang sangat singkat. Biasanya hanya satu hari, atau bahkan hanya satu jam saja

4. Beli 2 Gratis 1

Cara Membuat Promosi Produk yang Menarik untuk Bisnis Kamu - Beli 2 Gratis 1

Beli 2 gratis 1 seringkali menjadi strategi promosi untuk produk-produk yang sering dibeli sehari-hari, misalnya makanan, minuman, pakaian, kebutuhan rumah tangga, dan sebagainya. Orang akan merasa lebih sepadan, karena mereka bisa mendapatkan tiga produk dengan hanya membayar dua produk. 

5. Memberikan Hadiah, Souvenir atau Sticker

Cara Membuat Promosi Produk yang Menarik untuk Bisnis Kamu - Memberikan Hadiah Souvenir atau Sticker

Nggak perlu memberikan hadiah atau souvenir yang terlalu mahal, bahkan dengan hanya memberikan sticker saja itu sudah berarti bagi sebagian orang. Tentukan hadiah atau souvenir yang berkesan bagi konsumen, pastikan mereka merasa dihargai setelah membeli produk kamu dan membuat mereka melakukan order ulang.

6. Mengadakan Mystery Box

Cara Membuat Promosi Produk yang Menarik untuk Bisnis Kamu - Mengadakan Mystery Box

Konsep Mystery Box yaitu konsumen membeli sebuah box yang isinya tidak mereka ketahui, mereka bisa saja mendapatkan isi dengan nilai harga yang tinggi atau rendah. Misalnya kamu menjual Mystery Box dengan harga 50 ribu rupiah yang berisi produk dengan nilai harga 25 ribu hingga 100 ribu rupiah. Nah biasanya konsumen penasaran dengan konsep ini, karena mereka akan berharap mendapatkan barang yang memiliki nilai lebih tinggi dari harga Mystery Box-nya.

7. Memberikan Garansi

Cara Membuat Promosi Produk yang Menarik untuk Bisnis Kamu - Memberikan Garansi

Memberikan garansi untuk sebuah produk akan menambah rasa aman bagi konsumen, apalagi pada produk-produk dengan harga yang tinggi dan rawan mengalami kerusakan. Misalnya seperti barang elektronik, walaupun biasanya brand elektronik sudah menawarkan garansi, kamu juga memberikan garansi personal tukar baru dalam jangka waktu yang lebih singkat.

8. Harga Khusus untuk Grosir

Cara Membuat Promosi Produk yang Menarik untuk Bisnis Kamu - Harga Khusus untuk Grosir

Berjualan secara grosiran akan sangat menguntungkan kamu, karena kamu bisa mendapatkan keuntungan dari sekian banyak produk yang terjual. Nah supaya konsumen kamu juga senang, kamu bisa memberikan harga khusus untuk pembelian grosiran. Kamu bisa menawarkan harga yang lebih murah untuk pembelian minimal 50 produk, 100 produk, dan sebagainya.

9. Gunakan Ads di Facebook atau Instagram

Cara Membuat Promosi Produk yang Menarik untuk Bisnis Kamu - Gunakan Ads di Face atau Instagram

Menggunakan fitur ads sangat perlu kamu pertimbangkan, karena hampir semua orang memiliki akun media sosial seperti Facebook dan Instagram. Fitur ads dapat mengiklankan produk kamu kepada orang-orang yang ditargetkan sesuai kriteria kamu. Kamu bisa menargetkan rentang usia, jenis kelamin, lokasi, dan sebagainya. Fitur ini bisa sangat efektif jika kamu menetapkan kriteria target pasar dengan benar.

10. Gunakan Caption yang Unik

Cara Membuat Promosi Produk yang Menarik untuk Bisnis Kamu - Gunakan Caption yang Unik

Caption-caption yang unik bisa menjadi senjata kamu untuk menyampaikan promosi dengan efektif. Biasanya orang mudah tertarik dengan kalimat-kalimat unik seperti “beli sekarang, sebelum kehabisan” atau “hari ini terakhir, jangan sampai ketinggalan.” Nah gunakan kalimat-kalimat yang mendesak, agar orang terdorong untuk segera membeli produk kamu. Untuk lebih lengkapnya, kamu bisa mencari cara-cara membuat caption promosi di internet.

11. Program x Orang Pertama

Cara Membuat Promosi Produk yang Menarik untuk Bisnis Kamu - Program x Orang Pertama

Menawarkan promosi untuk jumlah orang yang terbatas juga bisa kamu gunakan, karena orang-orang pasti akan terdesak untuk segera membeli produk kamu. Misalnya kamu bisa menawarkan diskon 25% untuk 50 orang pertama, 50 orang selanjutnya hanya diskon 10%. Orang-orang pasti akan berlomba-lomba menjadi 50 orang pertama, apalagi jika mereka merasa sepadan dengan produk yang ditawarkan.

12. Menggunakan Jasa Influencer

Cara Membuat Promosi Produk yang Menarik untuk Bisnis Kamu - Menggunakan Jasa Influencer

Pasti kamu sudah sering mendengar kata endorse atau endorsement. Nah ini bisa menjadi cara promosi terbaik jika kamu mau mengeluarkan uang yang agak banyak. Kamu bisa mencari influencer di media sosial seperti Instagram dengan followers yang banyak. Kemudian kamu bisa menawarkan produk kepada mereka untuk diiklankan, biasanya konten promosi akan diunggah di Instastory mereka. Tentu ada harga cukup tinggi yang harus dibayarkan, tergantung dengan berapa followers si influencer dan berapa konten yang akan diunggah.

Tidak hanya Cara Promosi yang menarik saja yang disediakan oleh Anteraja, tetapi Anteraja juga memiliki aneka artikel tentang cara-cara membuat jualan kamu semakin laku loh, berikut artikelnya:

Nah dari sekian banyak promosi di atas, mana cara yang paling cocok dan efektif menurut kamu? Tentu kamu harus mempertimbangkannya dengan matang, karena pasti ada modal yang harus dikeluarkan untuk melakukan promosi. Hitung budget yang kamu butuhkan untuk melakukan promosi, pastikan promosi bisa dilakukan secara efektif agar uang yang dikeluarkan sepadan dengan keuntungan yang didapatkan. Semoga berhasil!

Author

Satria Anteraja

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *