cara riset jualan laris
Update Aja

Cara Mudah Riset Produk Jualan Laris Di Pasaran

Semua penjual atau pedagang pasti memimpikan untuk dapat menjual produknya. Jika kamu belum memiliki dan baru akan memulai sebuah bisnis. Ada banyak strategi yang dapat dilakukan, salah satu adalah dengan melakukan riset. Banyak aspek yang dapat menentukan seorang pedagang dapat sukses dalam melakukan. Kami akan mengulas tentang bagaimana cara riset produk laris baik secara online dan memanfaatkan peluang bisnis yang tersedia.

Tips Sukses Berjualan Secara Online

Riset Produk Laris di Internet

Tak bisa dipungkiri bahwa kemajuan internet memberikan kemudahan bagi pembeli maupun penjual. Kemudahan seperti tidak perlu bertatap muka dan banyaknya pilihan yang tersedia membuat masyarakat mulai bergeser pola konsumsi dari yang sebelumnya offline terjadi di pasar dengan interaksi langsung menjadi online dan mengandalkan akses internet. 

Dengan terbukanya peluang yang sangat besar ini. Kamu dapat melakukan riset apa saja jenis produk yang laris di internet. Ada banyak e-commerce yang memberikan promo menarik hingga cashback yang membuat para konsumen banyak beralih untuk belanja secara online.

Pahami Pola Konsumsi

Langkah selanjutnya yang dapat kamu lakukan adalah dengan memahami pola-pola konsumsi pelanggan. Jika kamu akan berjualan bidang fashion maka bisa dipastikan terdapat pola-pola tertentu misal seperti hari-hari raya ataupun akhir tahun. Dimana orang-orang akan berlibur dan mendapatkan THR atau bonus. 

Waktu tersebut merupakan waktu ketika pelanggan untuk berbelanja. Dari pola konsumen yang sudah terbentuk, kamu dapat mengatur persediaan barang yang dibutuhkan. Jika menjelang peak season maka sebaiknya untuk menambah persediaan barang agar tidak kehabisan stok. Sebaliknya jika tidak sedang dalam peak season sebaiknya mengatur agar tidak terlalu banyak menyimpan stok barang. 

Manfaatkan Sosial Media

sosial media

Dengan cepatnya kemajuan teknologi informasi, rasanya tidak mungkin kamu tidak memiliki smartphone dengan berbagai aplikasi sosial media. Kamu dapat memanfaatkan sosial media sebagai media promosi mulai dari lingkup terkecil kamu. Jika sudah makin besar dan memiliki modal, kamu juga dapat memanfaatkan fitur ads yang tersedia di sosmed seperti instagram ataupun facebook.

Dengan fitur tersebut kamu juga dapat memantau sejauh mana interaksi yang terjadi dari ads (iklan) yang dipasang. Apakah sudah dipasang sesuai dengan target pasar yang tepat. Bahkan kamu juga dapat mengatur budget yang akan kamu belanjakan. Sehingga sangat cocok untuk mengembangkan bisnis tanpa membutuhkan modal yang besar.  Tools untuk analisa tren yang sedang ramai seperti Google Trends juga dapat dimanfaatkan secara gratis maupun berbayar

Konten Yang Menarik dan Jelas

Jika kamu akan melakukan marketing secara digital, pastikan untuk mengisi konten secara jelas dan menarik. Ini sangat penting untuk dapat menggaet calon konsumen yang tertarik mengunjungi halaman sosial media ataupun website jualan kamu. Kamu juga bisa menerapkan strategi Search Engine Optimization (SEO) guna dapat bersaing dan berpeluang untuk meraih pasar yang lebih besar di mesin pencari seperti Google. 

Pastikan juga konten yang kamu buat berupa caption, foto, video, artikel dan lainnya untuk dapat jelas dilihat oleh pengunjung sosial media ataupun halaman website kamu. Makin unik dan orisinil konten yang kamu buat juga semakin betah orang yg berkunjung dan akhirnya memutuskan untuk berbelanja produk kamu.

Pilih Supplier Murah

Memilih supplier yang lebih murah dapat membuat harga jual jadi lebih bersahabat bagi konsumen. Ini membuat banyak konsumen lebih memilih produk di toko kamu dibanding kompetitor sejenis. Namun, selalu pastikan barang yang didistribusikan adalah barang yang sesuai dengan yang dipesan. Karena banyak supplier nakal yang mematok harga murah namun tidak menjaga kualitas barangnya. Dengan kualitas yang bagus dan harga murah, tentu konsumen akan merasa puas dan kembali berbelanja di toko online kamu. 

Jasa Pengiriman Yang Handal

Yang terakhir perlu diperhatikan adalah jasa pengiriman barang. Mengingat banyak sekali jasa pengiriman yang bermasalah mengantarkan pesanan paket dari bisnis online. Mulai dari pengiriman lama, hingga barang akhirnya tidak sampai. Respon customer service yang lama juga dapat mengganggu jualan online kamu. 

pengiriman barang anteraja

Jadi solusinya adalah percayakan paket jualan kamu bersama layanan jasa pengiriman barang handal. Untuk jasa pengiriman terpercaya, Anteraja dapat menjadi pilihan yang terbukti dan teruji komitmennya dalam mengantarkan paket. Anteraja memiliki 2 layanan pengiriman yaitu reguler (1-2 hari) dan next day (1 hari) dengan harga terjangkau dan tersebar di berbagai kota-kota besar di Indonesia. Pakai Anteraja, #pastibawahepi!

Author

Satria Anteraja

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *