Cara Mudah Melakukan Riset Produk Laris di Market Terbaru 2021

cara riset jualan laris

Melakukan riset produk yang sedang laris di pasaran memang penting, apalagi jika kamu adalah seorang penjual barang atau baru berniat untuk berjualan. Tentu kamu harus mengetahui apa saja produk yang sedang laris dan produk-produk apalagi yang akan laris di masa yang akan datang. Jika kamu sebagai penjual barang tidak mengetahuinya, maka kamu akan kesulitan memilih produk yang dicari orang. Sehingga kamu tidak bisa menyediakan produk-produk yang dibutuhkan secara cepat.

Nah bagi para pembaca setia Anteraja yang ingin melakukan riset produk terlaris di pasaran,  melakukan hal ini sudah bukan hal yang sulit. Soalnya internet sudah memberi banyak fasilitas untuk kamu melakukan riset, sehingga kamu bisa lebih mudah dalam melakukannya. Ditambah lagi banyak para konsumen yang mencari produk di internet, sehingga semakin mudah melakukan risetnya jika menggunakan internet. Nah biar kamu bisa langsung melakukan riset, kamu perlu simak cara-caranya di bawah ini. Yuk kamu lanjutin terus deh membacanya!

Cara Melakukan Riset Produk Laris

1. Gunakan Google Trends

Cara pertama, kamu bisa memanfaatkan Google Trends untuk melakukan riset produk. Dengan Google Trends, kamu bisa mencari informasi mengenai tren yang sedang ditelusuri oleh pengguna internet di seluruh dunia. Misalnya kamu ingin mengetahui berapa orang yang mencari produk kecantikan wanita di internet, maka kamu bisa mendapatkan informasinya secara lengkap. Kamu bisa melihat data di Indonesia atau pada negara lainnya, serta kamu juga bisa melihat sesuai dengan jangka waktu mulai dari sejam sebelumnya, sehari sebelumnya, hingga 5 tahun sebelumnya. Terdapat juga grafik yang menunjukan kenaikan atau penurunan angka tren, sehingga kamu juga bisa mengetahui apakah tren tersebut sedang mengalami kenaikan atau penurunan.

2. Lihat Marketplace

Setiap marketplace biasanya menampilkan produk terlaris dan produk rekomendasi di halaman depan, sehingga itu bisa kamu jadikan sebuah patokan untuk mengetahui produk yang sedang laris. Bahkan info yang ditampilkan juga sangat detail hingga kategori-kategorinya, misalnya produk apa yang paling laku dari kategori elektronik, kategori pakaian, kategori rumah tangga, dan sebagainya. Kemudian kamu juga bisa langsung melihat berapa produk yang terjual dari setiap toko selama sehari, bahkan semua penjualan selama toko tersebut mulai menjualnya. Di marketplace kamu juga bisa mencari supplier jika kamu ingin menjalankan bisnis dropship atau resell, karena nilai ulasan produk dari pelanggan juga bisa terlihat. 

3. Analisa Pasar Lebih Mendalam

Kamu juga bisa melakukan analisa pasar yang mendalam untuk mengetahui produk yang sedang laris. Dengan analisa pasar, kamu bisa melihat secara detail apa saja pasar yang relevan untuk mengetahui produk alternatif yang diminati. Kemudian kamu juga bisa mengetahui faktor apa saja yang membuat produk tersebut diminati. Serta kamu juga melakukan analisa terhadap konsumen yang loyal terhadap satu merk dan apa dasarnya.

4. Riset Keyword di Google Ads

Melakukan riset keyword diperlukan untuk mengetahui apa saja keyword yang sedang tren. Nah dengan Google Ads, kamu bisa menentukan sendiri kapan waktu yang kamu perlukan untuk mengetahui tren keyword-nya. Google Ads membantu kamu mendapatkan referensi keyword yang biasa dicari oleh orang-orang, sehingga kamu bisa tau jika orang-orang sedang mencari sebuah produk tertentu melalui keyword tersebut.

5. Lihat Social Media (Influencer)

Biasanya influencer di media sosial memiliki banyak followers dan penggemar, bahkan jumlah hingga mencapai jutaan orang. Nah ketika para influencer sedang mengiklankan sebuah produk tertentu, jutaan pengikutnya bisa melihat produk yang sedang diiklankan bahkan banyak dari mereka yang akan mencoba produk tersebut. Pasti yang diiklankan bisa menjadi tren yang sedang hangat, apalagi seperti jenis produk kecantikan atau produk pakaian wanita, pasti akan banyak para wanita yang ikut membeli produk tersebut. Dengan cara melihat influencer seperti ini, kamu bisa tahu apa saja produk yang sedang tren. Sehingga jika kamu berniat ingin berjualan produk kecantikan, kamu tahu merk apa dan jenis produk kecantikan apa yang harus kamu jual.

6. Word of Mouth

Sesuai dengan namanya, word of mouth adalah strategi marketing dengan metode merekomendasikan sebuah produk kepada orang lain. Ketika ada orang menyukai sebuah produk, maka orang tersebut otomatis akan selalu membicarakan produk tersebut kepada orang lain. Satu orang membicarakan sebuah produk kepada 20 orang, bisa saja ada sekitar 5 orang yang membeli produknya. Jika ini dilakukan secara berulang, maka produk yang dibicarakan bisa dikenal dengan sangat cepat. Nah situasi ini juga bisa kamu manfaatkan untuk mengetahui produk yang sedang tren. Misalnya jika kamu sedang berkumpul bersama teman dan keluarga, kamu bisa mengetahui produk yang sedang mereka bicarakan. 

7. Gunakan Tools Berbayar

Tools berbayar dapat membantu kamu melakukan riset produk dengan informasi yang sangat detail. Biasanya paket yang ditawarkan berupa langganan bulanan hingga tahunan, tinggal sesuaikan dengan kebutuhan kamu. Tentu kamu harus menyisihkan sekian jumlah uang untuk menggunakan tools berbayar, namun benefit yang bisa didapatkan juga akan lebih banyak dibandingkan tools yang gratis. Tools berbayar bisa kamu gunakan jika kamu sudah memiliki toko dan sudah berjualan, sehingga keuntungan dari jualan kamu bisa disisihkan untuk membayar tools-nya. Jika kamu baru ingin atau baru mulai berjualan, kamu cukup menggunakan tools gratis dan cara riset lainnya supaya modal usaha kamu tidak terganggu.

8. Lakukan Uji coba Preorder Barang Tertentu

Jika kamu ingin melakukan riset produk dengan cara yang lebih meyakinkan, kamu bisa melakukan mencoba untuk membuka pre-order untuk produk-produk tertentu. Misalnya kamu ingin menjual produk kecantikan, namun bingung jenis apa dan merk apa yang sedang tren. Kamu bisa membuka pre-order salah satu produk yang sudah kamu riset dengan cara-cara di atas tadi. Seperti produk lip tint dari merk tertentu yang mana sedang banyak dicari orang, kemudian kamu membuka pre-order supaya orang-orang bisa membeli produknya. Dari situ kamu bisa tau apakah banyak orang yang berminat untuk membeli produknya, atau hanya banyak dicari orang di internet.

9. Ikuti Demand Pasar

Demand pasar akan selalu berubah, sehingga kamu harus mengikuti terus demand tersebut agar produk yang kamu jual bisa laku di pasaran. Jangan sampai kamu tidak mengetahui tren produk dan demand pasar yang selalu berubah, karena kamu bisa saja kesulitan mencari konsumen yang masih minat dengan produk yang kamu jual. Melakukan riset dengan cara di atas tadi, bisa membantu kamu mengetahui demand pasar sekarang bahkan di masa depan. Jika kamu fleksibel dan cepat dalam merespon perubahan demand pasar, kamu bisa menyediakan produk lebih cepat daripada kompetitor kamu, sehingga kamu bisa dengan mudah memenangkan kompetisi di lapangan.

Mudah banget kan cara-caranya? Bahkan kamu bisa hanya dengan menggunakan smartphone atau laptop yang kamu miliki dan tidak perlu beranjak dari tempat kamu sekarang. Nah kalau gitu langsung kamu coba deh satu persatu caranya! Jika udah menemukan produk yang harus kamu jual, jangan lupa untuk mengirimnya menggunakan Anteraja. Selain harus menyediakan produk yang dicari, kamu juga harus memberikan pengiriman yang cepat dan akurat! Udah gitu, harga ongkirnya juga sangat kompetitif. Soalnya ongkir Anteraja dimulai dari 10 ribu rupiah aja. 

Tidak hanya Cara Riset Produk Laris saja loh yang disediakan Anteraja, bagi para pembaca setia Anteraja kami menyediakan berbagai macam Artikel terbaik lainnya untuk Bisnis dan Usaha seperti:

Tentu ongkirnya akan berbeda-beda setiap wilayah, sehingga kamu harus cek ongkir untuk cari tau lebih lanjut! Setelah memberikan pengiriman yang terbaik, Anteraja juga bisa memberikan keamanan dan kenyamanan untuk pelanggan kamu. Karena Anteraja menyediakan fitur tracking paket, sehingga pelanggan kamu bisa melakukan cek resi untuk melacak paket kapanpun mereka mau. Udah deh, bisnis jualan kamu pasti akan berjalan lancar. Makanya jangan lirik yang lain, percayakan terus Anteraja sebagai partner pengiriman kamu!