Cara-cara Jitu Memulai Bisnis Snack dengan Modal Kecil
Update Aja

Cara-cara Jitu Memulai Bisnis Snack dengan Modal Kecil

Siapa yang tidak suka ngemil snack? Hampir kebanyakan orang suka akan snack, karena rasanya yang renyah dan mudah dibawa kemana saja merupakan salah satu pertimbangan. Bisnis snack adalah salah satu bisnis yang menjanjikan, karena snack selalu dicari sebagai teman di segala kondisi. Selain itu snack juga tergolong kedalam bisnis yang bermodal kecil, karena beberapa bahannya mudah dicari dan memiliki harga yang terjangkau.

(Baca juga: Ide Bisnis 2021)

Mungkin banyak dari kamu yang tergiur untuk menjalankan bisnis berjualan snack. Jika kamu masih bingung untuk memulainya, berarti kamu harus simak tips-tips berbisnis snack yang harus kamu tiru. Tidak hanya itu, Anteraja juga memberikan rekomendasi produk snack terbaik yang bisa sangat laku jika kamu menjualnya. Makanya simak terus artikelnya, supaya kamu bisa segera menjalankan bisnis kamu!

Tips Bisnis Snack

1. Amati dan Analisa Pasar

Cara-cara Jitu Memulai Bisnis Snack dengan Modal Kecil - Amati dan Analisa Pasar

Penting untuk kamu mengamati dan menganalisa pasar sebelum kamu memulai bisnis, bisa dibilang analisa pasar merupakan bagian penting dalam manajemen pemasaran. Kamu bisa lebih memahami keadaan pasar sesungguhnya, sehingga kamu bisa menyiapkan strategi untuk memasarkan produk yang kamu jual. Selain itu, menganalisa pasar juga dapat mengurangi risiko kegagalan, karena kamu sudah memiliki bekal untuk melawan kompetitor kamu.

2. Cari Pemasok Snack yang Terpercaya

Cara-cara Jitu Memulai Bisnis Snack dengan Modal Kecil - Cari pemasok Snack yang Terpercaya

Cari pemasok snack terpercaya yang bisa menyuplai snack untuk kamu jual. Kamu bisa mencarinya di pasar sekitar rumah kamu atau di internet, karena sekarang sudah banyak pemasok snack di internet. Nah kamu harus pintar-pintar untuk mencari pemasok yang menawarkan harga yang sepadan dengan kualitasnya. Lakukan perbandingan dari sekian banyak pemasok snack yang memenuhi kriteria kamu, supaya kamu bisa mendapatkan pemasok terbaik menurut kamu.

3. Putuskan Snack yang Akan Kamu Jual

Cara-cara Jitu Memulai Bisnis Snack dengan Modal Kecil - Putuskan Snack yang Akan Kamu Jual

Ada banyak sekali snack yang tersebar di pasaran, sehingga kamu harus memiliki snack yang tepat. Cari snack yang selalu digemari orang dan bukan makanan musiman, sehingga snack tersebut selalu dicari dan bisa selalu terjual. Nah dari sekian banyak snack, Anteraja merangkum snack terbaik yang bisa kamu jual di bawah ini. Jadi lanjutin terus membacanya.

4. Kamu Bisa Repacking Memakai Brand Kamu

Cara-cara Jitu Memulai Bisnis Snack dengan Modal Kecil - Kamu Bisa Repacking Memakai Brand Kamu

Buat brand kamu semenarik mungkin untuk menarik orang-orang supaya membeli snack kamu. Kamu juga harus melakukan repacking memakai brand yang kamu miliki dan berikan packaging yang keren dan terlihat meyakinkan. Dengan ini kamu bisa membuat brand kamu besar dan dikenal oleh banyak orang, sehingga kamu bisa dengan mudah mengenalkan produk-produk lainnya jika brand kamu sudah besar.

5. Pisahkan Keuntungan dan Modal

Cara-cara Jitu Memulai Bisnis Snack dengan Modal Kecil - Pisahkan Keuntungan dan Modal

Agar tidak rugi, sebaiknya kamu harus memisahkan uang keuntungan dan modal yang kamu miliki. Supaya kamu bisa menghitung keuntungan yang kamu dapat dan modal yang kamu harus keluarkan dengan mudah. Kamu juga bisa mengetahui seberapa besar keuntungan dari bisnis yang kamu dapat, sehingga kamu tahu apakah bisnis kamu mengutungkan atau tidak. Kamu bisa memisahkannya di rekening bank yang berbeda dan membuat catatan keuangan masing-masing.

6. Berjualan di Marketplace

Cara-cara Jitu Memulai Bisnis Snack dengan Modal Kecil - Berjualan di Marketplace

Penting untuk kamu berjualan secara online di marketplace, supaya penjualan snack kamu bisa meluas hingga ke seluruh Indonesia. Biasanya marketplace menawarkan promo cashback atau gratis ongkir yang sangat dicari oleh pembeli. Selain itu, marketplace juga memudahkan proses transaksi antara kamu dengan pembeli. Jangan lupa untuk menggunakan marketplace yang ber-partner dengan Anteraja, yaitu Tokopedia, Blibli, dan Bukalapak. Supaya kamu bisa menggunakan pengiriman Anteraja untuk mengirim snack jualan kamu.

7. Promosi ke Teman dan Keluarga Kamu

Cara-cara Jitu Memulai Bisnis Snack dengan Modal Kecil - Promosi ke Teman dan keluarga Kamu

Promosikan snack kamu kepada teman dan keluarga kamu dengan memberikan potongan harga, supaya mereka mau mencobanya. Tanyakan kepada mereka apakah ada yang harus diperbaiki dari snack kamu, supaya kamu bisa mengevaluasi produk kamu supaya lebih baik. Kemudian mintalah mereka untuk mempromosikannya kembali kepada teman atau kerabat mereka, supaya produk snack kamu semakin dikenal banyak orang.

8. Gunakan Anteraja

Cara-cara Jitu Memulai Bisnis Snack dengan Modal Kecil - Gunakan Anteraja

Pasti kamu membutuhkan pengiriman terpercaya untuk mengirim snack kamu, yang bisa menjamin pengiriman cepat dan akurat. Nah kalau gitu kamu harus pakai Anteraja, soalnya Anteraja sudah berpengalaman mengirim barang hingga ke seluruh wilayah Indonesia. Tunggu apa lagi? Langsung aja deh kamu cek ongkir untuk mengetahui harga dan opsi pengiriman yang ditawarkan! Biar nggak galau, kamu bisa memanfaatkan fitur tracking paket melacak paket yang kamu kirim. Jadi jangan lupa untuk input nomor resi kamu saat cek resi!

Produk Snack Terbaik

1. Keripik

Cara-cara Jitu Memulai Bisnis Snack dengan Modal Kecil - Keripik

Keripik selalu menjadi snack favorit banyak orang, karena keripik mudah dicari dan terkenal dengan harganya yang murah. Banyak sekali bahan baku yang bisa dibuat menjadi keripik, seperti singkong, kentang, jagung, dan ubi. Bahkan buah-buahan pun bisa dijadikan keripik, seperti buah pisang, mangga, nangka, dan salak. Tinggal kamu kreasikan sendiri deh bahan baku yang bisa kamu jadikan keripik, supaya keripik selalu berinovasi dan bertambah populer.

2. Makaroni

Cara-cara Jitu Memulai Bisnis Snack dengan Modal Kecil - Makaroni

Kalau snack yang satu ini selalu digemari, karena kamu bisa mendapatkan rasa bumbu yang beragam. Biasanya makaroni dibumbui oleh bumbu BBQ, jagung, keju, dan lain-lain. Nah akhir-akhir ini makaroni pedas menjadi sangat nge-hits, karena orang Indonesia sangat menyukai makanan pedas.  Kamu juga bisa menjual makaroni dengan tingkat kepedasan, dari yang biasa hingga sangat pedas.

3. Mie Lidi

Cara-cara Jitu Memulai Bisnis Snack dengan Modal Kecil - Mie Lidi

Bisa dibilang mie lidi adalah jajanan yang masih populer hingga sekarang, padahal jajanan ini biasanya mudah ditemukan disekitar sekolah. Sebenarnya membuat mie lidi tidak sulit, sehingga kamu bisa membuatnya sendiri dan menjualnya. Selain itu, modal untuk bahan baku pembuatannya cukup kecil. Kamu juga bisa menginovasikan bumbu-bumbu pada mie lidi supaya banyak pilihan, agar bumbu yang dari mie lidi tidak membosankan.

4. Cokelat

Cara-cara Jitu Memulai Bisnis Snack dengan Modal Kecil - Cokelat

Pasti banyak dari kamu yang suka sekali dengan cokelat, karena cokelat selalu enak diolah menjadi apapun. Wafer cokelat, biskuit cokelat, bahkan cokelat batangan pun juga enak untuk dicemil. Nah kamu tinggal pilih deh snack cokelat apa yang ingin kamu jual, karena snack olahan cokelat selalu digemari. Apalagi kalau cokelat yang kamu jual adalah cokelat kualitas yang bagus, maka rasa yang diberikan pun juga nggak perlu diragukan.

5. Rengginang

Cara-cara Jitu Memulai Bisnis Snack dengan Modal Kecil - Rengginang

Mungkin untuk beberapa anak-anak muda zaman sekarang, rengginang sudah jarang terdengar oleh kamu. Namun tidak untuk orang tua, rengginang masih menjadi snack yang enak. Pembuatannya yang sangat mudah membuat rengginang bisa kamu buat sendiri, harga bahan bakunya pun juga sangat murah. Cocok banget nih kamu berjualan rengginang untuk mempopulerkannya kembali, karena rengginang saat ini mulai sulit dicari.

6. Stick Keju

Cara-cara Jitu Memulai Bisnis Snack dengan Modal Kecil - Stick Keju

Sama seperti cokelat, snack dengan olahan keju juga selalu lezat. Salah satunya adalah stick keju, kerenyahan dan gurihnya pasti membuat orang yang memakannya bisa lupa waktu. Ternyata cara pembuatannya juga tidak sulit, banyak sekali resep stick keju di internet yang bisa kamu tiru. Kamu juga bisa berkreasi dengan menambahkan bumbu-bumbu yang membuatnya menjadi semakin lezat, seperti bumbu pedas, jagung bakar, atau BBQ.

Untuk kamu yang ingin bisnis makanan tenang saja Anteraja menyediakan berbagai macam rekomendasi artikel tentang Ide usaha Makanan seperti:

Yuk segera pilih produk snack yang ingin kamu jual! Jangan sampai kamu terlambat menjalankan bisnis kamu, karena kamu harus cepat-cepat mengambil kesempatan untuk mendapatkan keuntungan. Jika kamu belum puas dengan rekomendasi produk snack tadi, masih banyak kok produk snack yang bisa kamu jual. Jangan takut untuk berinovasi, supaya snack kamu bisa berkembang mengikuti tren masyarakat. Selamat mencoba!

Author

Satria Anteraja

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *