11 Perlengkapan Barbershop yang Harus Kamu Miliki di 2021

Perlengkapan Barbershop yang Harus Kamu Miliki

Halo pembaca setia Anteraja! Pasti banyak dari kamu yang sudah memiliki niatan untuk membuka bisnis barbershop, makanya kamu membuka artikel ini. Bisnis barbershop bukan hal yang buruk, bahkan sangat bisa kamu pertimbangkan. Apalagi jika di daerah kamu masih sangat sedikit berdiri usaha barbershop, maka kamu bisa mendirikan dan mengembangkan usaha kamu.

Nah pasti kamu penasaran kan apa saja perlengkapan barbershop yang harus dimiliki? Pas banget, kamu datang ke artikel yang tepat! Soalnya Anteraja udah menyiapkan daftar perlengkapan barbershop yang bisa kamu jadikan gambaran untuk membuka bisnis, bahkan Anteraja juga bakal kasih tau kamu harga-harganya. Jadi langsung aja deh kamu lanjutin membacanya, karena kamu harus simak 11 perlengkapan barbershop yang wajib dimiliki di bawah ini! 

Pelerngkapan Barbershop yang Wajib Dimiliki

1. Alat Cukur Rambut

Perlengkapan Barbershop yang Harus Kamu Miliki - Alat Cukur Rambut

Tentu perlengkapan utama yang harus kamu miliki adalah alat cukur rambut atau clipper. Alat ini akan mempermudah pekerjaan kamu ketika mencukur rambut, karena beberapa model rambut tidak bisa diwujudkan jika tidak ada clipper. Nah harga clipper ini cukup beragam, untuk yang masih menggunakan kabel kamu bisa membelinya mulai dari 85 ribu rupiah. Seiring berkembangnya zaman, sekarang sudah tersedia clipper tanpa kabel dengan menggunakan tenaga baterai dengan harga mulai dari 145 ribu rupiah.

2. Kursi Cukur

Perlengkapan Barbershop yang Harus Kamu Miliki - Kursi Cukur

Berbeda dengan kursi biasa, kursi cukur memiliki ketinggian yang sudah disesuaikan supaya memudahkan barberman untuk mencukur rambut. Untuk perlengkapan ini, kamu harus mengeluarkan modal yang cukup besar. Jika kamu memilih kursi cukur konvensional dengan pengaturan kerebahan saja, maka kamu perlu menyiapkan uang sebesar 750 ribu rupiah. Namun jika kamu ingin kursi cukur yang lebih terlihat modern dengan pengaturan kerebahan dan pengaturan ketinggian hidrolik, kamu harus merogoh kantong cukup dalam yaitu sebesar 3.8 juta rupiah.

3. Penyangga Duduk Kursi Cukur

Perlengkapan Barbershop yang Harus Kamu Miliki - Penyangga Duduk Kursi Cukur

Jika kamu melayani cukur untuk anak-anak, maka kamu harus menyiapkan tempat duduk yang nyaman bagi mereka dan bagi kamu supaya lebih mudah untuk mencukur. Daripada kamu harus membeli lagi kursi cukur untuk anak-anak, kamu bisa membeli penyangga atau bantal yang bisa diletakkan pada kursi cukur yang kamu miliki. Untuk harganya cukup beragam, bahkan kamu bisa membuatnya sendiri tanpa perlu mengeluarkan uang. Namun jika kamu harus membeli, harganya tidak akan mencapai lebih dari 50 ribu rupiah.

4. Sisir dengan Berbagai Ukuran

Perlengkapan Barbershop yang Harus Kamu Miliki - Sisir dengan Berbagai Ukuran

Memang memerlukan beberapa jenis dan ukuran sisir untuk membantu kamu mencukur dan menata rambut. Namun kamu nggak perlu khawatir, karena kamu bisa langsung membeli set sisir yang berisi 10 jenis sisir berbagai ukuran. Harganya juga nggak mahal, yaitu mulai dari 25 ribu rupiah aja. Nah tentu sisir harus kamu jaga kebersihannya setelah digunakan dan menggantinya dengan yang baru setelah beberapa bulan pemakaian. 

5. Gunting Rambut

Perlengkapan Barbershop yang Harus Kamu Miliki - Gunting Rambut

Teknik mencukur tidak hanya menggunakan clipper, namun juga memerlukan gunting pada beberapa situasi. Jangan lupa untuk membeli gunting rambut yang sesuai dengan kebutuhan kamu, karena banyak sekali gunting rambut dari harga yang murah hingga yang mahal. Jika kamu ingin gunting rambut standar dengan harga yang murah, kamu bisa mendapatkannya dengan harga 50 ribu rupiah untuk gunting thinning dan gunting sasak. Nah jika kamu ingin yang cukup berkualitas, kamu harus menyiapkan uang sebesar 350 ribu rupiah.

6. Pisau Cukur

Perlengkapan Barbershop yang Harus Kamu Miliki - Pisau Cukur

Semakin pendek rambut maka semakin sulit untuk dijangkau oleh clipper dan gunting, sehingga kinerja pisau cukur sangat dibutuhkan. Pisau cukur akan memudahkan kamu memangkas kumis, jenggot, dan sisa rambut yang sangat pendek. Nah pisau cukur juga bukan peralatan yang mahal, karena kamu bisa membelinya dengan harga 11 ribu rupiah aja. Tentu pisau cukur juga harus kamu jaga kebersihannya setelah digunakan dan kamu juga harus menggantinya rutin setelah beberapa bulan pemakaian.

7. Clipper (Penjepit Rambut)

Perlengkapan Barbershop yang Harus Kamu Miliki - Clipper Penjepit Rambut

Alat ini dapat memudahkan kamu untuk menjepit rambut ketika kamu sedang mencukur, sehingga kamu tidak perlu menahan dengan tangan apabila sedang mencukur pada bagian yang lain. Alat penjepit rambut ini sangat murah, kamu cukup mengeluarkan uang seribu rupiah aja untuk membeli satu buah penjepit rambut. Mungkin kamu harus menyiapkan stok penjepit rambut yang banyak, karena alat ini mungkin akan mudah rusak dan tidak bisa digunakan pada jangka waktu yang lama.

8. Apron Barbershop

Perlengkapan Barbershop yang Harus Kamu Miliki - Apron Barbershop

Selanjutnya adalah apron atau kain penutup, agar menjaga baju pelanggan tetap bersih dari sisa-sisa rambut. Kamu bisa membeli apron dengan harga mulai dari 31 ribu rupiah dengan bahan parasut dan memiliki panjang 130 cm. Jangan lupa juga kamu membeli apron untuk diri kamu sendiri, supaya baju kamu juga tidak terkena sisa-sisa rambut pelanggan kamu. Tentu apron untuk kamu sendiri memiliki harga yang cukup mahal, yaitu sekitar 100 ribu rupiah, karena modelnya pun juga bagus dan stylish

9. Botol Semprotan

Perlengkapan Barbershop yang Harus Kamu Miliki - Botol Semprotan

Botol semprotan juga nggak boleh ketinggalan dari daftar peralatan barbershop, karena botol semprotan bisa kamu gunakan untuk beberapa hal. Yang paling utama, botol semprotan diperlukan untuk menyemprotkan air ke rambut supaya lebih mudah diatur. Kemudian kamu juga bisa menggunakan botol semprotan untuk diisikan disinfektan yang bisa kamu gunakan untuk membersihkan alat-alat cukur dan ruangan. Harganya sangat murah, kamu bisa mendapatkannya mulai dari seribu hingga 10 ribu rupiah tergantung ukuran.

10. Handuk

Perlengkapan Barbershop yang Harus Kamu Miliki - Handuk

Handuk berguna untuk membersihkan wajah dan area leher dari sisa-sisa rambut yang menempel, sehingga jangan sampai kamu lupa untuk membeli handuk. Jika kamu ingin membeli handuk yang murah, kamu bisa mendapatkannya mulai dari harga 5 ribu rupiah saja. Atau jika kamu ingin handuk yang sedikit berkualitas, kamu bisa mendapatkannya dengan harga 20 ribu rupiah. Nah pastikan kamu mengganti handuk tiap kali digunakan, untuk menghindari penyebaran virus dan bakteri.

11. Kuas Cukur

Perlengkapan Barbershop yang Harus Kamu Miliki - Kuas Cukur

Diperlukan pelumas seperti sabun atau foam ketika ingin mencukur rambut hingga sangat tipis, seperti mencukur kumis, jenggot, atau sisa-sisa rambut yang ingin dicukur habis. Nah kuas cukur diperlukan untuk mengolesi sabun atau foam pada bagian yang ingin dicukur, sehingga alat ini bisa dibilang cukup penting. Alat ini memiliki harga mulai dari 15 ribu rupiah untuk yang paling murah dan jika kamu ingin kuas cukur yang berkualitas maka harganya mulai dari 65 ribu rupiah. 

12. Kursi Keramas

Perlengkapan Barbershop yang Harus Kamu Miliki - Kursi Keramas

Kursi keramas merupakan perlengkapan opsional yang tidak wajib kamu miliki, apalagi jika kamu tidak menyediakan jasa keramas. Namun jika kamu menyediakannya, kamu bisa membeli kursi keramas mulai dari harga 850 ribu rupiah untuk model yang paling standar. Jika kamu ingin kursi keramas dengan model yang mewah, maka kamu harus menyiapkan uang sebesar 3 juta rupiah. Tentu kamu juga harus menyiapkan sumber air untuk shower dan saluran pembuangan airnya.

Baca juga Artikel terbaik lainnya dari Anteraja:


Nggak usah bingung mencarinya dimana, karena kamu bisa mendapatkannya di marketplace langganan kamu. Buruan cek perlengkapannya, biar kamu bisa pastikan harganya sehingga bisa disesuaikan dengan budget kamu! Nah jika kamu udah siap untuk membelinya, langsung aja deh serahkan kepada Anteraja. Jangan lupa pilih opsi pengiriman yang sesuai dengan kebutuhan kamu. Penasaran kan apa aja opsi pengirimannya beserta harga ongkirnya? Langsung aja kamu cek ongkir untuk buktikan murahnya ongkir Anteraja! Kamu juga bisa lebih tenang ketika mengirim paket, karena kamu bisa lacak paket yang kamu kirim secara berkala dengan cek resi. Dijamin kamu nggak bakal ribet deh jika pakai Anteraja!