Tips dan Cara Berjualan di Facebook Marketplace yang Benar!

Tips dan Cara Berjualan di Facebook Marketplace yang Benar

Pasti kamu lagi ingin berjualan barang, namun bingung mau berjualan dimana. Memang menjual barang harus di tempat yang memiliki banyak audiens, supaya barang lebih cepat laku tanpa memakan waktu lama. Apalagi jika berjualan adalah pekerjaan yang sedang kamu geluti, maka sangat penting untuk menemukan tempat berjualan yang nyaman dan memberikan banyak keuntungan.

Nah kamu nggak perlu bingung lagi, kamu bisa gunakan Facebook Marketplace sebagai tempat untuk kamu berjualan. Siapa sih yang nggak tau Facebook? Pasti kamu juga tau kan? Kamu bisa pertimbangkan Facebook Marketplace karena menawarkan banyak keuntungan yang dapat kelangsungan bisnis kamu! Makanya simak terus artikel ini, karena Anteraja bakal membahas Facebook Marketplace mulai dari kelebihan yang ditawarkan, cara berjualan, dan tips-tipsnya. Nggak usah lama-lama lagi deh, yuk simak!

Apa itu Facebook Marketplace?

Facebook Marketplace merupakan salah satu fitur yang dimiliki oleh Facebook untuk menaungi penjual supaya bisa menjual barang dan pembeli supaya bisa mendapatkan barang yang mereka inginkan, singkatnya Facebook Marketplace adalah forum jual beli online. Kebanyakan barang yang sering dijual di Facebook Marketplace adalah barang-barang bekas, namun banyak juga yang menjual barang baru. Nah Facebook Marketplace memiliki beberapa kelebihan yang perlu kamu pertimbangkan, karena kelebihan yang ditawarkan dapat memudahkan kamu untuk berjualan. Untuk beberapa kelebihannya akan dijelaskan di bawah ini.

Apa Saja yang Bisa Dijual di Facebook? 

Kamu bisa menjual banyak barang di Facebook Marketplace, seperti pakaian, elektronik, kendaraan, furniture, rumah, dan barang berwujud lainnya. Namun kamu harus mengetahui apa saja contoh barang yang tidak bisa dijual di Facebook Marketplace, yaitu barang tidak berwujud, jasa, produk vape dan rokok, jual beli hewan, dan produk perawatan kesehatan. Itu dia contoh barang yang tidak boleh dijual di Facebook Marketplace yang harus kamu tau, karena Facebook tidak akan menayangkan postingan jualan kamu jika terdapat unsur-unsur tadi.

Kelebihan Facebook Marketplace

1. Proses Berjualan yang Mudah

Tips dan Cara Berjualan di Facebook Marketplace yang Benar - Proses Berjualan yang Mudah
Laptop and small cart on white background. Internet shopping concept

Tidak sulit untuk berjualan di Facebook Marketplace. Kamu hanya memerlukan akun Facebook aktif, maka kamu bisa langsung berjualan. Pada dasarnya, kamu hanya tinggal mengiklankan jualan kamu, berkomunikasi dengan pembeli, dan melakukan transaksi. Nah fasilitas komunikasi juga sudah disediakan oleh Facebook, sehingga kamu bisa langsung melakukan obrolan dengan pembeli. Namun Facebook Marketplace tidak menyediakan fasilitas rekening bersama, sehingga kamu harus menentukan sendiri transaksi dengan pembeli.

2. Audience yang Luas

Tips dan Cara Berjualan di Facebook Marketplace yang Benar - Audience yang Luas
Market place store navigation shopping business computer web online concept. Shop location magnifier marketplace icon buy sale internet market supermarket marketing technology

Facebook merupakan media sosial yang paling banyak penggunanya dan sudah ada lebih dari 10 tahun di Indonesia, pasti sangat banyak orang Indonesia yang memiliki akun Facebook. Bahkan pengguna Facebook di Indonesia mencapai 140 juta orang yang melebihi setengah penduduk Indonesia, sehingga Facebook Marketplace bisa jadi tempat berjualan yang menjanjikan dengan sekian banyak penggunanya. Facebook Marketplace juga mengizinkan kamu untuk menyebarkan postingan jualan langsung ke komunitas-komunitas yang ada di Facebook, jadi barang yang kamu jual bisa langsung menargetkan pasar yang tepat.

Cara Berjualan di Facebook Marketplace

1. Masuk ke akun facebook kamu

2. Klik marketplace

3. Klik jual sesuatu

4. Pilih kategori

5. Klik foto

6. Klik selanjutnya 

7. Pilih tempat untung listing post kamu

8. Klik terbitkan

Mudah kan? Bahkan kamu bisa melakukannya hanya melalui aplikasi Facebook di smartphone, sehingga kamu bisa menjual barang kapanpun dan dimanapun! Nah biar barang jualan kamu cepat laku, kamu harus tau juga tips-tips berjualan di Facebook Marketplace yang akan dijelaskan di bawah ini. Makanya kamu harus lanjutin membacanya ya, jangan sampai kamu lewatkan!

Tips Berjualan di Facebook Marketplace

1. Beritahu Lokasi dan Kontak Kamu

Tips dan Cara Berjualan di Facebook Marketplace yang Benar - Beritahu Lokasi dan Kontak Kamu
Delivery and online shopping concepts with young person using digital map with smartphone on product package box.Ecommerce market.Transportation logistic.Business retail.

Penting untuk memberikan lokasi kamu, karena banyak juga pembeli yang ingin melakukan transaksi secara COD (Cash on Delivery). Namun jangan memberikan lokasi kamu secara rinci, berikan saja daerah kamu misalnya seperti Bintaro, Senayan, Kemanggisan, dan sebagainya.  Kemudian berikan juga nomor telepon yang ingin kamu jadikan kontak untuk berjualan, jika bisa jangan digabung dengan nomor telepon pribadi supaya tidak tersebar luas. Nah agar menghindari penipuan yang seringkali terjadi pada jual beli online, usahakan kamu melakukan transaksi secara COD. Dengan COD kamu dan pembeli bisa bertemu satu sama lain, sehingga menimbulkan rasa percaya yang membuat transaksi menjadi lebih aman.

2. Buat Deskripsi Produk yang Jelas

Tips dan Cara Berjualan di Facebook Marketplace yang Benar - Buat Deskripsi Produk yang Jelas
Product Description write on sticky notes isolated on Wooden Table. Business of Financial concept

Pembeli pasti sangat mengetahui spesifikasi dan kondisi barang yang dijual, sehingga kamu harus membuat deskripsi produk yang jelas. Apalagi jika kamu menjual barang bekas, maka kamu harus jelaskan berapa persen kondisi barang dan kekurangannya secara rinci. Misalnya ada kekurangan pada bagian tertentu dan jelaskan juga apa yang menyebabkan kekurangan tersebut. Deskripsi yang jelas juga akan mengurangi pertanyaan yang mungkin saja dilontarkan oleh pembeli, sehingga kamu tidak perlu repot menjawab pertanyaan umum yang sering dilontarkan.

3. Foto dari Berbagai Sudut

Tips dan Cara Berjualan di Facebook Marketplace yang Benar - Foto dari Berbagai Sudut
Women taking photo to Bags and products with cell telephone or smartphone digital camera for Post to sell Online on the Internet .

Selain deskripsi produk yang jelas, barang yang kamu jual juga harus didukung dengan foto yang jelas. Usahakan kamu memberikan foto yang terang, tidak buram, dari berbagai sudut, dan memperlihatkan dengan detail jika ada kekurangan pada bagian tertentu. Kamu juga tidak perlu ragu untuk memberikan foto yang banyak, karena kamu perlu membangun kepercayaan pembeli agar mereka semakin berminat dengan barang yang kamu jual. Semakin jelas foto yang kamu berikan, maka pembeli juga semakin percaya dengan barang yang kamu jual. Sehingga dengan memberikan foto yang jelas otomatis akan membuat barang yang kamu jual akan lebih mudah laku.

4. Gunakan Anteraja Sebagai Jasa Pengiriman Kamu

Tips dan Cara Berjualan di Facebook Marketplace yang Benar - Gunakan Anteraja Sebagai Jasa pengiriman Kamu

Jangan main-main deh dalam memilih layanan pengiriman, karena para pembeli pasti mempercayai kamu supaya barang sampai tepat waktu. Nah makanya kamu juga harus memilih layanan pengiriman yang menjamin pengiriman cepat, akurat, namun tetap memiliki harga yang kompetitif. Apalagi kalau bukan Anteraja, dengan berbagai opsi pengiriman Regular, Next Day, dan Same Day dengan harga mulai dari 10.000 rupiah! Untuk info harga ongkir ke tujuan kamu, langsung aja kamu cek ongkir sekarang biar nggak penasaran! Selain murah, Anteraja juga memberikan kamu fitur tracking paket yang bisa kamu akses dengan mudah, sehingga kamu bisa cek resi kapanpun kamu mau. Makanya kamu harus pakai Anteraja, biar pembeli kamu semakin percaya dengan kamu!

Tidak hanya Cara Berjualan di Marketplace facebook saja loh artikel yang disediakan oleh Anteraja, Bagi para pembaca setia Anteraja yang ingin mencari Artikel tentang tips berjualan dan cara-cara meningkatkan penjualan langsung saja yuk lihat Artikel terbaiknya disini:

Yuk langsung deh buka Facebook kamu sekarang! Jika kamu belum punya akunnya, jangan tunggu lama-lama lagi untuk membuatnya. Nah kalau udah dibuka, langsung deh ikutin cara-cara yang udah dijelaskan tadi. Dijamin barang yang kamu jual bisa cepat laku jika kamu mengikuti tips-tipsnya. Pokoknya kamu harus mengutamakan transparansi dan kejujuran kepada pembeli, agar kamu bisa membangun reputasi yang baik. Dengan itu kamu akan selalu dipercayai dan akan lebih mudah jika kamu ingin menjual barang lainnya. Semoga barang kamu cepat laku, ya!