Tips Efektif Bisnis Jam Tangan Offline dan Online
Update Aja

Tips Efektif Bisnis Jam Tangan Offline dan Online

Jam tangan merupakan barang yang sudah ada dari ribuan tahun lalu, namun ternyata penemuan tersebut dipakai hingga saat ini. Jam tangan juga selalu berevolusi, dari menggunakan movement automatic, baterai, bahkan sekarang jam tangan bisa sangat canggih yang dinamakan smart watch. Nah selain menginformasikan waktu, jam tangan bisa menambah keren dari outfit pakaian yang kamu kenakan, sehingga orang-orang dari berbagai kalangan usia sangat menyukai memakai jam tangan.

Berbagai merk jam tangan sudah ada di pasaran, mulai dari harga yang murah hingga yang mahal, sehingga jam tangan memiliki banyak segmen yang berbeda-beda. Nah kamu juga bisa untuk berjualan jam tangan, karena jam tangan pasti selalu dicari oleh banyak orang. Apalagi jika kamu menjual merk jam tangan terkenal dan dipastikan kamu menjual jam yang original. Kalau kamu masih bingung bagaimana cara untuk memulainya, coba deh kamu simak tips efektif untuk bisnis jam tangan secara offline maupun online di bawah ini, yuk langsung lanjut!

Kenapa Bisnis Jam Tangan?

1. Dibutuhkan Semua Kalangan

Tips Efektif Bisnis Jam Tangan Offline dan Online - Dibutuhkan Semua Kalangan
Stylish watch on woman hand

Bisa dibilang jam tangan merupakan aksesoris fashion yang dibutuhkan semua kalangan, karena selain memberikan informasi waktu, jam tangan dapat melengkapi outfit yang sedang kamu pakai. Dari anak muda hingga orang tua pasti menyukai jam untuk dipakai kemanapun, sehingga jam tangan memiliki pasar yang sangat luas.

2. Jenis dan Model yang Beragam

Tips Efektif Bisnis Jam Tangan Offline dan Online - Jenis dan Model yang Beragam

Banyak sekali jenis dan model jam yang beredar di pasaran dan masing-masing memiliki segmennya tersendiri. Ada dress watch, diver watch, chronograph watch, digital watch dan masih banyak lagi. Selain itu, jam tangan juga bisa dibedakan dari mesin penggerak yang dimilikinya, seperti quartz watch dan automatic watch

3. Mudah Dijual

Tips Efektif Bisnis Jam Tangan Offline dan Online - Mudah Dijual

Selain untuk dipakai, jam tangan juga diminati orang untuk dikoleksi, sehingga jam tangan termasuk barang yang mudah dijual. Apalagi jika kamu menjual jam tangan dengan nama dan popularitas yang tinggi, maka jam tangan jualan kamu pasti dicari oleh para pecinta jam tangan. Nah merk-merk terkenal yang mudah dijual bisa kamu lihat di bawah ya!

(Baca juga: Bisnis Sepatu)

Teknik Bisnis Jam Tangan

1. Cari Pemasok / Seller yang Terpercaya

Tips Efektif Bisnis Jam Tangan Offline dan Online - Cari Pemasok Seller yang Terpercaya

Carilah pemasok yang terpercaya, karena pemasok adalah partner bisnis kamu yang akan membantu menyuplai produk-produk yang akan kamu jual. Usahakan kamu bisa mendapatkan harga yang terbaik dan sebanding dengan kualitas yang diberikan. Namun ingat, jual lah jam tangan dari brand original dan jangan menjual jam tangan palsu. 

2. Kamu Bisa Menjadi Reseller ataupun Dropshipper

Tips Efektif Bisnis Jam Tangan Offline dan Online - Kamu Bisa Menjadi Reseller ataupun Dropshipper

Dalam bisnis berjualan, kamu bisa memilih untuk menjadi reseller atau dropshipper. Kamu bisa menentukannya tergantung modal dan waktu yang kamu miliki. Jika modal dan waktu kamu tidak banyak, maka menjadi dropshipper adalah terbaik. Namun jika kamu mau menjadikan bisnis ini sebagai mata pencaharian utama, menjadi reseller sangat tepat, karena kamu bisa mendapatkan keuntungan lebih besar dibandingkan dropshipper.

(Baca juga: bisnis sampingan mahasiswa)

3. Buka Toko di Marketplace

Tips Efektif Bisnis Jam Tangan Offline dan Online - Buka Toko di Marketplace

Marketplace merupakan platform yang sangat tepat untuk menunjang kamu untuk berjualan jika kamu tidak memiliki banyak modal untuk membuka toko offline. Untuk itu buatlah toko online kamu di semua marketplace yang ada di Indonesia, supaya orang-orang dapat memilih marketplace yang nyaman bagi mereka untuk berbelanja. Selain itu, marketplace juga menawarkan promo-promo menarik, seperti cashback atau gratis ongkir.

4. Buat Akun Social Media

Tips Efektif Bisnis Jam Tangan Offline dan Online - Buat Akun Social Media

Buatlah akun media sosial seperti Instagram dan Facebook untuk menjajakan jam tangan yang kamu jual. Banyak orang yang lebih memilih untuk melihat katalog produk di media sosial, karena media sosial selalu digunakan setiap hari. Nah kamu bisa memamerkan foto produk kamu yang paling menarik dan deskripsi produk yang sangat jelas, sehingga orang-orang merasa tertarik dengan produk jam tangan kamu. Setelah itu, ajak mereka untuk mengunjungi toko online kamu, supaya memudahkan dalam proses transaksi.

(Baca juga: Cara Bisnis Wallpaper & bisnis kaos polos)

5. Promosikan ke Keluarga dan Teman

Tips Efektif Bisnis Jam Tangan Offline dan Online - Promosikan ke Keluarga dan Teman

Keluarga dan teman adalah orang-orang yang menjadi target promosi dari produk jam tangan kamu. Tapi jangan lupa untuk menawarkan harga yang menarik, sehingga mereka mau membeli produk jam tangan kamu. Nah jika mereka sudah membeli jam tangan kamu, minta mereka untuk mempromosikannya lagi, sehingga jam tangan yang kamu jual semakin dikenal oleh orang-orang.

6. Gunakan Anteraja Sebagai Jasa Pengiriman Kamu

Tips Efektif Bisnis Jam Tangan Offline dan Online - Gunakan Anteraja Sebagai Jasa Pengiriman Kamu

Jangan sembarangan untuk memilih jasa pengiriman untuk mengirim barang jualan kamu, karena kamu harus memilih jasa pengiriman terbaik untuk memuaskan pelanggan kamu. Coba deh kamu gunakan Anteraja, soalnya Anteraja menawarkan banyak opsi pengiriman. Ada opsi pengiriman Regular, Next Day, dan Same Day yang akan memudahkan pelanggan kamu untuk menentukan opsi yang terbaik. Penasaran dengan harga ongkirnya? Langsung deh kamu Cek Ongkir, jangan kaget dengan harganya yang murah, ya! Selain murah, tersedia juga fitur tracking paket akurat yang bisa kamu akses dengan Cek Resi! Jadi nggak usah khawatir dimana posisi paket kamu setelah dikirim.

Merk Jam Tangan Terlaris

1. Casio

Tips Efektif Bisnis Jam Tangan Offline dan Online - Casio
Sumber: Casio

Casio termasuk merk jam yang sudah ada sejak tahun 80-an dan masih ngetren hingga sekarang. Casio memiliki beberapa jenis jam yang sangat disukai, salah satunya adalah G-Shock dan Data Bank. Saat ini, Casio Data Bank vintage sedang dicari banyak orang, bahkan harganya meningkat akibat diminati banyak orang.


(Baca juga: Jam tangan Lokal Terbaik)

2. Fossil

Tips Efektif Bisnis Jam Tangan Offline dan Online - Fossil
Sumber: Fossil

Fossil merupakan merk fashion yang sangat hits di Indonesia bahkan di dunia. Merk asal Amerika Serikat ini menjual beberapa produk fashion seperti tas dan dompet, namun jam tangan adalah produk yang paling dikenal dari merk Fossil ini. Modelnya juga sangat beragam untuk pria dan wanita, selain itu modelnya juga sangat elegan.

3. Daniel Wellington

Tips Efektif Bisnis Jam Tangan Offline dan Online - Daniel Wellington
Sumber: Daniel Wellington

Daniel Wellington masih menjadi jam tangan pilihan anak-anak muda saat ini, modelnya yang tipis membuat jam tangan Daniel Wellington cocok untuk berbagai ukuran pergelangan tangan. Selain itu, jam Daniel Wellington memiliki beragam model untuk pria dan wanita, bahkan ada model couple yang cocok untuk para pasangan.

4. Alexandre Christie

Tips Efektif Bisnis Jam Tangan Offline dan Online - Alexandre Christie
Sumber: Alexandre Christie

Sama seperti Fossil, merk Alexandre Christie juga nggak kalah hits di Indonesia. Bisa dibilang jam tangan dari Alexandre Christie memiliki banyak sekali model yang keren, namun memiliki harga yang lumayan terjangkau. Ini membuat jam tangan Alexandre Christie banyak diminati oleh banyak orang, karena berbagai model untuk pria dan wanita dapat kamu temukan dengan mudah. 

5. Woodka

Tips Efektif Bisnis Jam Tangan Offline dan Online - Woodka
Sumber: Woodka

Kalau kamu ingin menjual model jam tangan yang berbeda dari biasanya, maka Woodka bisa menjadi pilihan menarik. Woodka menawarkan jam tangan dengan memakai kayu sebagai bahan baku pembuatannya, sehingga cocok banget untuk mereka yang bosan dengan model jam tangan dari stainless steel. Woodka ini juga merupakan buatan lokal, sehingga kamu bisa membantu mengembangkan produk dalam negeri.

Yuk segera bulatkan tekad kamu untuk memulai bisnis berjualan jam tangan! Nggak ada yang tau, bisa saja bisnis ini dapat membawa keuntungan besar untuk kamu. Jangan lupa untuk menentukan harga yang sesuai dengan produk yang kamu jual, supaya kamu bisa berkompetisi dengan penjual jam tangan lainnya. Semoga berhasil!

(Baca juga: Ide Bisnis 2021)

Author

Satria Anteraja

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *