11 Ide Bisnis / Usaha Kuliner Terbaik untuk Mahasiswa

Ide Bisnis / Usaha Kuliner Terbaik untuk Mahasiswa

Bisnis kuliner sering sekali menjadi pilihan utama dalam memulai bisnis, karena makanan atau minuman selalu dicari sebagai kebutuhan setiap manusia. Apalagi cukup banyak orang yang lebih memilih untuk membeli makanan di luar dibandingkan memasak sendiri, terlebih lagi di kota-kota besar. 

Semua orang bisa berbisnis kuliner, bahkan kamu yang masih seorang mahasiswa. Apalagi jika kamu ingin mengisi waktu luang dan ingin mendapatkan uang dari waktu luang tersebut, berbisnis bisa menjadi salah satu caranya.

(Baca juga: Ide Bisnis 2021)

Nah mungkin dari sekian banyak bisnis kuliner, kamu bingung bisnis kuliner apa yang cocok untuk mahasiswa. Berarti kamu harus simak 11 ide bisnis kuliner terbaik beserta tips-tipsnya. Yuk langsung lanjutin terus artikelnya!

Tips Bisnis Kuliner Untuk Mahasiswa

1. Pilih Tempat yang Strategis

Ide Bisnis / Usaha Kuliner Terbaik untuk Mahasiswa - Pilih Tempat yang Strategis

Tempat usaha yang strategis sangat berpengaruh dengan penjualan kamu, sehingga kamu harus mempertimbangkan tempat usaha secara matang. Carilah lokasi yang berada di pemukiman padat penduduk, seperti di sekitar kost-kostan, apartemen, perkantoran, dan sebagainya. Namun pertimbangkan juga harga sewanya, karena semakin strategis lokasinya maka akan semakin mahal harga sewanya.

(baca juga: usaha paling laris)

2. Pilih Partner Bisnis yang Bisa Dipercaya

Ide Bisnis / Usaha Kuliner Terbaik untuk Mahasiswa - Pilih Partner Bisnis yang Bisa Dipercaya

Selalu pilih partner yang dapat dipercaya, entah itu sebagai partner kamu dalam menjalankan bisnis atau supplier yang membantu kamu memasok kebutuhan kamu. Kamu harus mempertimbangkannya secara matang agar kamu bisa menjalankan bisnis dengan lancar. 

3. Jangan Pernah Takut Rugi

Ide Bisnis / Usaha Kuliner Terbaik untuk Mahasiswa - Jangan pernah Takut Rugi

Hilangkan mindset “takut rugi” dalam menjalankan bisnis, karena berbisnis adalah pekerjaan yang sangat berisiko untuk merugi. Jadi kamu harus siap jika suatu saat kamu mengalami kerugian ketika berbisnis. Namun kamu bisa mengatasinya dengan mempersiapkan strategi bisnis yang matang, agar kamu dapat membuat bisnis kamu sesuai dengan rencana.

4. Jangan Takut Berinovasi

Ide Bisnis / Usaha Kuliner Terbaik untuk Mahasiswa - Jangan Takut Berinovasi

Jangan pernah takut untuk melakukan inovasi terhadap bisnis kamu, agar bisnis kamu selalu bisa mengikuti tren. Selalu cari tahu tren terbaru dan minat masyarakat terhadap sesuatu, agar bisnis kamu dapat beradaptasi. Jika kamu takut berinovasi, maka bisnis kamu tidak dapat berkembang dan bisa kalah oleh kompetitor kamu.

(Baca juga: Ide Bisnis Online Untuk Pelajar dan pekerjaan online untuk pelajar)

5. Promosikan ke Teman dan Saudara Kamu

Ide Bisnis / Usaha Kuliner Terbaik untuk Mahasiswa - Promosikan Ke teman dan Saudara Kamu

Beritahu teman dan suadara tentang bisnis baru kamu, ajak mereka untuk mencoba kuliner yang kamu jual. Berikan harga promosi supaya mereka tertarik untuk mencobanya dan minta feedback dari mereka soal makanan atau minuman yang kamu jual. Sehingga kamu bisa mengevaluasi apabila ada kekurangan terhadap bisnis kamu.

Usaha Kuliner Terbaik Untuk Mahasiswa

1. Roti Bakar

Ide Bisnis / Usaha Kuliner Terbaik untuk Mahasiswa - Roti Bakar

Roti bakar bisa menjadi pilihan kamu dalam berbisnis kuliner, karena roti bakar memiliki peminat yang banyak. Selain itu, bahan baku roti bakar sangat mudah dicari dan cara pembuatannya yang mudah. Kamu bisa menginovasikan menu-menu roti bakar dengan mencari resepnya di internet, supaya menu roti bakar kamu tidak membosankan. Jangan hanya menjual roti bakar manis, kamu juga harus menjual roti bakar asin dengan bahan baku daging atau ayam. Supaya pilihan roti bakar kamu makin banyak dan disukai orang.

2. Makanan Sehat

Ide Bisnis / Usaha Kuliner Terbaik untuk Mahasiswa - Makanan Sehat

Beberapa orang saat ini sudah memperhatikan kesehatannya dengan memilih asupan makanan yang sehat, sehingga makanan sehat mulai dicari oleh orang-orang. Nah kamu bisa menjual katering makanan sehat dengan memperhatikan komponen-komponen yang digunakan. Kamu juga harus mengerti komposisi pada kandungan makanan yang kamu buat, karena calon konsumen kamu pasti akan mempertanyakannya.

3. Membuka Cafe Kekinian

Ide Bisnis / Usaha Kuliner Terbaik untuk Mahasiswa - Membuka Cafe Kekinian

Membuka cafe kekinian bukan pilihan yang buruk, karena cafe selalu menjadi pilihan anak muda untuk berkumpul bersama teman. Selain menjual jajanan kekinian, cafe kamu juga harus memiliki ornamen-ornamen yang keren ketika di foto. Sehingga para anak muda bisa berswafoto bersama untuk kebutuhan media sosial mereka, karena para anak muda juga menyukai tempat yang nyaman dan keren.

4. Ricebox

Ide Bisnis / Usaha Kuliner Terbaik untuk Mahasiswa - Ricebox

Saat ini ricebox sudah menjadi makanan yang cukup sering dicari, apalagi pada layanan pesan antar online. Cara mengemasnya yang simpel membuat rice box mudah ketika disantap, apalagi sekarang menu-menu rice box sudah cukup beragam. Nah selain menawarkan menu yang lezat, kamu juga harus pertimbangkan lokasi yang strategis. Kamu bisa berjualan rice box di wilayah yang banyak terdapat kost-kostan atau apartemen, karena penghuninya bisa menjadi target konsumen kamu.

(Baca juga: bisnis sampingan mahasiswa)

5. Gorengan

Ide Bisnis / Usaha Kuliner Terbaik untuk Mahasiswa - Gorengan

Mau bisnis dengan modal kecil? Berjualan gorengan harus kamu pertimbangkan. Gorengan dikenal dengan jajanan pasar dengan harga yang terjangkau, sehingga biaya pembuatannya pun juga nggak mahal. Kamu bisa berjualan aneka gorengan seperti pisang, singkong, bakwan, pastel, lumpia, dan sebagainya. Buat harga dengan penawaran yang menarik, seperti beli satu 2.000 rupiah, beli tiga 5.000 rupiah. Supaya orang-orang akan terdorong untuk membeli lebih banyak supaya mendapatkan harga yang sepadan.

6. Kue Kering dan Kue Basah

Ide Bisnis / Usaha Kuliner Terbaik untuk Mahasiswa - Kue Kering dan Kue Basah

Buat kamu yang memiliki skill lebih dalam membuat kue, kamu bisa banget untuk berjualan aneka kue kering dan kue basah. Kamu bisa menyasar orang-orang yang ingin membuat acara kecil-kecilan dengan membuat sistem penjualan “made by order” supaya kamu nggak perlu mengeluarkan modal banyak untuk membuatnya. Nah untuk bahan-bahan yang dibutuhkan, kamu bisa belanja secara online dan mengirimnya menggunakan Anteraja. Checkout pesanan kamu dan duduklah dengan tenang sampai Satria mengantar pesanan kamu. Sembari menunggu, kamu bisa input nomor resi ketika Cek Resi untuk melacak paket kamu, supaya kamu nggak khawatir posisi paket kamu.

7. Keripik Pedas

Ide Bisnis / Usaha Kuliner Terbaik untuk Mahasiswa - Keripik Pedas

Keripik termasuk makanan ringan yang sangat disukai oleh orang-orang Indonesia dan mereka juga sangat menyukai makanan pedas. Nah apalagi jika keduanya dipadukan menjadi keripik pedas, makin menjadi kesukaan banyak orang. Kamu bisa banget menjual keripik singkong dengan level kepedasan, dari mulai pedas sedikit hingga pedas yang ekstrim. Janhan lupa juga, kamu harus memberikan branding dan packaging yang bagus supaya produk keripik kamu dapat menarik minat banyak orang.

8. Indomie dengan Berbagai Rasa

Ide Bisnis / Usaha Kuliner Terbaik untuk Mahasiswa - Indomie dengan Berbagai Rasa

Indomie juga nggak kalah populer sebagai jajanan yang sering dicari oleh banyak orang, terlebih lagi oleh anak-anak muda. Harganya yang murah membuat jajanan ini kebanyakan dicari oleh para mahasiswa. Kamu harus banget berinovasi dalam membuat Indomie supaya makin lezat dan enak. Nah kamu bisa menggabungkannya dengan berjualan roti bakar, karena kedua jajanan ini sering sekali dipadukan menjadi jajanan yang lezat dan mengenyangkan.

9. Kue Cubit

Ide Bisnis / Usaha Kuliner Terbaik untuk Mahasiswa - Kue Cubit

Kue cubit juga jajanan yang nggak kalah populer apalagi di Kota Jakarta dimana jajanan ini cukup banyak peminatnya. Cara pembuatannya yang mudah nggak bakal bikin kamu kesulitan dalam membuatnya, selain itu modal untuk bahan bakunya juga nggak mahal. Kamu bisa menginovasikan toping yang lezat dan menjadi favorit banyak orang, agar kue cubit kamu tidak membosankan. Jangan lupa untuk membuat branding dan packaging yang menarik, agar kue cubit kamu semakin populer.

10. Reseller Makanan Instant Ternama

Ide Bisnis / Usaha Kuliner Terbaik untuk Mahasiswa - Reseller Makanan Instant Ternama

Ada banyak sekali makanan instan yang cukup populer di Indonesia, seperti mie instan dari Korea Selatan atau makanan ringan dari luar negeri yang cukup populer. Nah kamu bisa banget menjadi reseller produk-produk tadi, karena pasti banyak yang orang yang minat, apalagi jika produk-produk tersebut cukup susah didapatkan di Indonesia. Namun kamu perlu memperhatikan cara impor yang sesuai dengan hukum yang telah ditentukan, agar kamu tidak terkendala pajak dan sebagainya.

11. Membeli Franchise

Ide Bisnis / Usaha Kuliner Terbaik untuk Mahasiswa - Membeli Franchise

Nah jika kamu memiliki modal yang lumayan banyak, membeli franchise mungkin bisa menjadi pilihan menarik. Kamu nggak perlu bingung menentukan konsep bisnis yang ingin kamu jalankan, karena kamu hanya tinggal menjalankan bisnis yang sudah ada. Ada banyak sekali franchisor kuliner yang cukup populer, seperti minuman kekinian, kebab, ayam goreng, dan lainnya. Tinggal kamu tentukan aja yang sesuai dengan modal kamu, karena mereka menawarkan harga yang sangat beragam.

(Baca juga: franchise makanan terlaris dan bisnis kuliner yang menjanjikan)

Ternyata banyak juga ya bisnis kuliner yang bisa kamu jalankan. Kebetulan semua bisnis tadi bisa disesuaikan dengan modal yang kamu miliki, jadi kamu nggak perlu menyiapkan modal terlalu besar. Soal pengiriman bahan-bahan yang kamu butuhkan, coba deh untuk gunakan Anteraja. Soalnya Anteraja bakal memberikan kamu keuntungan dengan harga ongkir yang terjangkau. Coba aja kamu Cek Ongkir sekarang kalau nggak percaya! Pakai Anteraja pasti bikin kamu untung terus.