11 Ide Bisnis Pertanian Modal Kecil untuk Usaha di 2021

Ide Bisnis Pertanian Modal Kecil untuk Usaha di 2021

Bisnis pertanian cukup merebak di Indonesia, apalagi karena Indonesia dikenal sebagai negara agraris. Negara yang sebagian besar penduduknya memiliki mata pencaharian bertani atau bercocok tanam. Situasi ini membuat bidang pertanian dan perkebunan selalu melekat pada setiap warga Indonesia, sehingga bidang ini bisa dijadikan sebuah bisnis yang menguntungkan. Jangan khawatir kalau kamu tidak memiliki modal yang besar, karena bisnis pertanian bisa dimulai dengan modal yang kecil.

Berbicara soal bisnis yang menguntungkan, tentu kamu semua pasti ingin memiliki bisnis yang menguntungkan. Nah kenapa kamu nggak mencoba untuk menjalankan bisnis di bidang pertanian? Apalagi jika kamu sudah memiliki ilmu dasar pada bidang ini. Untuk kamu yang memiliki hobi di bidang pertanian dan juga memiliki passion berbisnis, kamu disarankan untuk membaca artikel ini. Soalnya ada tips berbisnis dan banyak sekali ide bisnis pertanian yang bisa kamu terapkan. Jadi langsung simak aja yuk!

Tips Bisnis Pertanian dengan Modal Kecil

1. Analisa Pasar Mendalam

Ide Bisnis Pertanian Modal Kecil untuk Usaha di 2021 - Analisa Pasar Mendalam

Kamu perlu menganalisa pasar terlebih dahulu sebelum menjalankan bisnis, karena kamu perlu mengetahui siapa target pasar kamu, kompetitor, harga jual, dan sebagainya. Dengan menganalisanya terlebih dahulu, kamu dapat menyiapkan berbagai strategi untuk berbisnis. Strategi bisnis sangat penting untuk membuat bisnis kamu selalu berada pada rencana, sangat berisiko jika bisnis kamu tidak sesuai dengan rencana.

2. Promosi

Ide Bisnis Pertanian Modal Kecil untuk Usaha di 2021 - Promosi

Promosi adalah hal yang perlu kamu lakukan untuk membuat bisnis kamu dikenal dan menumbuhkan awareness dari masyarakat. Untuk itu kamu perlu melakukan promosi secara offline maupun online melalui pamflet atau media sosial. Kamu bisa membuat akun media sosial untuk menyasar pasar yang lebih luas dan memanfaatkan fitur ads yang ditawarkan. Jangan lupa juga untuk promosi ke keluarga dan teman terdekat kamu, karena mereka bisa menjadi sasaran utama bisnis kamu.

3. Jangan Mudah Menyerah!

Ide Bisnis Pertanian Modal Kecil untuk Usaha di 2021 - Jangan Mudah Menyerah

Sekarang adalah saat yang tepat untuk menjalankan bisnis pertanian, sehingga kamu jangan mudah menyerah untuk mengembangkannya. Sudah banyak kok para pengusaha pertanian yang meraup keuntungan sangat besar, nah itu bisa kamu jadikan sebuah dorongan supaya kamu tetap berusaha. Yang penting pelajari cara-cara berbisnis dari orang yang sudah berpengalaman dan buatlah strategi berbeda dari yang lain.

Bisnis Pertanian Modal kecil di 2021

1. Jualan Tanaman Organik

Ide Bisnis Pertanian Modal Kecil untuk Usaha di 2021 - Jualan Tanaman Organik

Walaupun harganya lebih mahal, tanaman organik tetap dicari oleh sebagian banyak orang yang menginginkan bahan baku untuk asupan yang sehat. Kamu bisa menjual tanaman organik yang kamu tumbuhkan sendiri dan menyasar para ibu rumah tangga, kamu bisa menjual dengan harga yang jauh lebih murah dibandingkan sayuran organik yang ada di supermarket.

2. Berjualan Bahan-bahan Obat Herbal

Ide Bisnis Pertanian Modal Kecil untuk Usaha di 2021 - Berjualan Bahan Bahan Obat Herbal

Obat medis memang sudah teruji klinis untuk menyembuhkan berbagai penyakit, namun beberapa orang banyak yang lebih memilih obat-obatan herbal untuk dikonsumsi. Jangan salah lho, ternyata bahan-bahan yang dipakai untuk obat herbal harganya bisa sangat mahal. Bahkan ada yang harganya mencapai jutaan rupiah untuk beberapa gram saja. 

3. Bisnis Jus Buah

Ide Bisnis Pertanian Modal Kecil untuk Usaha di 2021 - Bisnis Jus Buah

Jus buah memang segar dan menyehatkan, sehingga jus buah sangat enak dikonsumsi kapanpun. Kamu bisa berjualan berbagai jus buah dan menginovasikan topping-nya. Tidak hanya sekedar menjual jus buah, kamu juga bisa membuat jus dari buah yang kamu tanam sendiri. Sehingga kamu nggak perlu membeli buah dari supplier atau dari pasar yang tidak kamu ketahui kualitasnya. Kamu juga dapat mengembangkan bisnis buah kamu, apalagi kamu juga menanam buah secara organik. 

4. Bisnis Makanan Sehat

Ide Bisnis Pertanian Modal Kecil untuk Usaha di 2021 - Bisnis Makanan Sehat

Beberapa orang sudah mulai memperhatikan soal kesehatan tubuh mereka, sehingga mereka lebih memilih makanan sehat untuk dikonsumsi. Makanan sehat yang mereka butuhkan harus memenuhi beberapa faktor, yaitu bahan baku organik, kandungan gizi yang tepat, dan porsi yang sesuai kebutuhan. Nah untuk bahan bakunya, kamu bisa menanamnya sendiri. Kamu bisa menanam sayuran, bawang, cabai, buah, dan bahan baku lainnya.

5. Berjualan Bibit Tanaman

Ide Bisnis Pertanian Modal Kecil untuk Usaha di 2021 - Berjualan Bibit Tanaman

Menanam adalah kegiatan yang asik sekaligus melatih kesabaran. Kegiatan ini juga bisa menjadi sarana untuk orang tua mengajari anak-anak di rumah. Kamu bisa berjualan bibit tanaman yang sangat umum dan populer, seperti bibit kangkung, bayam, cabai, jagung, kentang, dan lain-lain. Berjualan bibit tanaman cukup menguntungkan, karena bibit tanaman cukup memiliki nilai namun cara membuatnya sangat murah.

6. Jualan Pupuk

Ide Bisnis Pertanian Modal Kecil untuk Usaha di 2021 - Jualan Pupuk

Berjualan pupuk juga dapat menghasilkan keuntungan besar, karena pupuk memiliki harga yang cukup bernilai namun modal untuk membuatnya tidak mahal. Apalagi jika kamu mengolah pupuk sendiri dengan mesin yang kamu punya, maka kamu bisa mendapat banyak keuntungan dari pupuk yang kamu olah sendiri. Namun kamu harus mempelajari cara-cara mengolah pupuk dan jenis-jenis pupuk yang ada, karena ada banyak sekali jenis pupuk yang digunakan untuk jenis tanaman yang berbeda-beda.

7. Bisnis Tanaman Hias

Ide Bisnis Pertanian Modal Kecil untuk Usaha di 2021 - Bisnis Tanaman Hias

Mungkin dulu mengoleksi tanaman hias hanya dilakukan oleh orang tua, namun sekarang hobi ini sudah menjalar ke anak-anak muda. Memang mengoleksi tanaman hias memiliki keasyikan tersendiri dan dapat mempercantik rumah. Ada banyak sekali tanaman hias yang memiliki nilai sangat tinggi, sehingga bakal menguntungkan kamu. Perhatikan tanaman yang sedang tren di masyarakat dan usahakan kamu bisa menjualnya dengan lengkap. Bisnis ini bisa kamu gabungkan dengan bisnis berjualan bibit tanaman dan berjualan pupuk.

8. Bisnis Tanaman Hidroponik

Ide Bisnis Pertanian Modal Kecil untuk Usaha di 2021 - Bisnis Tanaman Hidroponik

Tanaman hidroponik juga nggak kalah menarik untuk dikoleksi, apalagi bagi mereka yang tidak memiliki halaman luas untuk bercocok tanam. Selain berjualan tanaman hidroponik, kamu juga bisa mengadakan pembelajaran cara menanam tanaman hidroponik. Sehingga kamu juga bisa menjual perlengkapan yang dibutuhkan untuk menanam dan mengajak masyarakat supaya bisa menanam tanaman hidroponik sendiri.

9. Menjadi Blogger Bidang Pertanian

Ide Bisnis Pertanian Modal Kecil untuk Usaha di 2021 - Menjadi Blogger Bidang Pertanian

Pasti orang-orang yang terjun langsung ke lapangan memerlukan panduan untuk menjalankan bisnis, sehingga mereka pasti membaca artikel atau jurnal mengenai pertanian. Nah kamu bisa menjadi orang-orang yang menulis artikel atau jurnal. Dengan ilmu pertanian yang kamu miliki, kamu bisa sharing ilmu kamu melalui blog di internet atau platform online lainnya. Jika tulisan-tulisan kamu sudah banyak dibaca orang, kamu bisa membuat sebuah website pertanian dan mendapatkan uang dari sana.

10. Berjualan Hasil Pertanian Kamu Lewat Marketplace

Ide Bisnis Pertanian Modal Kecil untuk Usaha di 2021 - Berjualan hasil Pertanian Kamu Lewat Marketplace

Zaman sekarang apapun bisa dijual secara online, bahkan hasil pertanian juga bisa. Kamu harus menjual hasil pertanian kamu lewat marketplace, karena marketplace akan memudahkan kamu dan pelanggan kamu untuk sistem transaksinya. Nah supaya paket yang kamu kirim tetap segar sampai ke tangan pelanggan, kamu perlu memilih Anteraja sebagai pengiriman kamu. Anteraja memiliki opsi pengiriman Same Day yang cocok banget untuk mengirim paket-paket kamu, karena paket kamu akan sampai dalam waktu 8 jam saja. Kamu bisa Cek Ongkir sekarang untuk dapatkan info harga ongkir opsi pengiriman lainnya!

11. Bisnis Rempah-rempah

Ide Bisnis Pertanian Modal Kecil untuk Usaha di 2021 - Bisnis Rempah Rempah

Makanan asli Indonesia terkenal dengan berbagai jenis rempah-rempahan yang digunakan, sehingga makanan Indonesia selalu memiliki ciri khas tersendiri. Ini membuat rempah-rempah selalu dicari dan digunakan untuk bahan memasak. Coba deh kamu untuk pertimbangkan bisnis rempah-rempah, karena modalnya nggak besar kok! Kamu tinggal siapkan lahan dan pelajari cara menanamnya. 

Untuk Para Pembaca Setia Anteraja yang ingin membuka Bisnis dan bingung bisnis apa yang ingin dijalankan tidak perlu ragu loh, Anteraja menyediakan berbagai macam Artikel tentang Bisnis yang akan membuat kamu tau langkah-langkah dalam membuat Bisnis yang benar, Berikut ialah Artikel dari Anteraja:

Semua bisnis akan laku jika pelanggan puas dengan pelayanan yang kamu berikan. Untuk memaksimalkan pelayanan kamu, Anteraja punya fitur tracking paket yang bakal memudahkan pelanggan kamu untuk melacak paket. Cukup input nomor resi yang diberikan saat Cek Resi, maka detail posisi paket akan terpampang jelas. Jadi jangan ragu lagi untuk gunakan Anteraja! Semoga bisnis pertanian kamu bisa berjalan lancar, tentu perlu ada kesabaran perjuangan yang berat di belakang kesuksesan bisnis kamu. Semoga berhasil!