Usaha yang Dibutuhkan Orang Setiap Hari, Modal Kecil Loh!
Update Aja

11 Usaha yang Dibutuhkan Orang Setiap Hari, Modal Kecil Loh!

Berbisnis adalah cara yang bagus untuk kamu mencari keuntungan, karena kamu juga bisa membuka lapangan pekerjaan bagi orang lain. Apalagi akibat pandemi ini banyak orang yang kehilangan pekerjaan, sehingga kamu bisa memberi harapan kepada mereka untuk bekerja kembali. Memang membutuhkan ide dan strategi untuk berbisnis, namun sebetulnya kamu bisa melakukannya kok. Kamu hanya perlu memanfaatkan kesempatan dengan ide yang kamu miliki, agar bisnis kamu bisa berjalan.

Nah mungkin beberapa dari kamu sudah berniat untuk berbisnis, namun masih bingung bisnis apa yang menjanjikan. Tanpa kamu sadari, ada banyak kok bisnis yang bisa kamu jalankan dengan modal kecil. Pasti kamu pensaran kan? Tenang aja, Anteraja udah merangkumnya buat kamu. Namun sebelum itu, kamu harus mengetahui tips-tipsnya terlebih dahulu, supaya kamu bisa lebih siap dalam menjalankan bisnis. Kalau gitu jangan lewatkan dan simak terus artikelnya yuk!

Tips Usaha dari Anteraja

1. Pilih Usaha yang Cocok Untuk Kamu

Usaha yang Dibutuhkan Orang Setiap Hari, Modal Kecil Loh! - Pilih Usaha yang Cocok untuk Kamu

Pilihlah usaha yang cocok untuk kamu dan sesuai dengan bidang kamu. Jika kamu menyukai kuliner, maka bisnis kuliner bisa menjadi pilihan. Apabila kamu suka dengan fashion, maka cobalah untuk berbisnis fashion. Memilih usaha yang sesuai dengan bidang kamu akan menambah kepercayaan diri dan kemampuan kamu, karena kamu sudah memahami dasar-dasar dari bisnis yang akan kamu jalankan. Namun tetap kamu harus menyiapkan strategi untuk mampu bersaing di pasaran.

Untuk kamu yang sedang mencari ide Usaha dan Usaha apa yang harus kamu jalani tenang saja, Anteraja menyediakan Rekomendasi Bisnis dan juga Modal Usaha untuk kamu yang ingin memulai Bisnis loh, berikut ialah Rekomendasi Artikel Anteraja:

2. Jangan Takut Gagal

Usaha yang Dibutuhkan Orang Setiap Hari, Modal Kecil Loh! - Jangan Takut Gagal

Jangan pernah takut gagal ketika menjalankan bisnis, karena akan sangat sulit jika kamu masih menanamkannya di benak kamu. Bisnis adalah pekerjaan yang berisiko, jadi kamu harus siap menghadapi apapun yang terjadi nanti. Yang terpenting, kamu harus menyiapkan modal, strategi, dan perencanaan yang matang agar kamu berhasil mendirikan bisnis. Persiapkan juga strategi jika kamu mengalami penurunan pembeli, sehingga kemungkinan kamu untuk merugi bisa diperkecil.

3. Hitung Modal dan Perkiraan Pendapatan

Usaha yang Dibutuhkan Orang Setiap Hari, Modal Kecil Loh! - Hitung Modal dan Perkiraan Pendapatan

Hitung modal kamu terlebih dahulu untuk berbisnis dan sesuaikan dengan modal yang kamu miliki, kemudian kamu juga perlu memproyeksikan pendapatan dari bisnis kamu. Dengan ini, kamu bisa mengetahui kapan modal yang kamu keluarkan bisa tertutup oleh pendapatan kamu. Sehingga kamu bisa mengetahui kapan kamu akan balik modal dan bisa menilai bahwa bisnis kamu berhasil. Sangat penting untuk mencatat urusan keuangan secara rinci, agar kamu tahu apakah bisnis kamu sedang untung atau merugi.

4. Jangan Takut untuk Berinovasi

Usaha yang Dibutuhkan Orang Setiap Hari, Modal Kecil Loh! - Jangan Takut untuk Berinovasi

Berinovasi adalah cara yang bagus supaya bisnis kamu selalu mengikuti tren. Kamu bisa menginovasikan produk yang kamu jual agar selalu update dengan tren terbaru, sistem pemesanan, atau sistem pemasaran dari bisnis kamu. Carilah platform untuk berjualan yang ramai dikunjungi orang dan cara pembayaran elektronik terbaru. Selalu lihat celah yang ada dan manfaatkan celah tersebut agar kamu tidak tertinggal oleh pebisnis lainnya.

5. Promosi Ke Teman dan Keluarga

Usaha yang Dibutuhkan Orang Setiap Hari, Modal Kecil Loh! - Promosi Ke Teman dan Keluarga

Promosikan bisnis kamu kepada teman dan keluarga kamu, apalagi jika mereka juga membutuhkan barang yang kamu jual. Jika kamu berjualan kuliner, kamu bisa meminta feedback kepada mereka soal rasa dan pelayanan kamu. Supaya kamu bisa mengevaluasi kekurangan dari bisnis kamu. Berikan mereka potongan harga yang menarik agar mereka berlangganan di tempat kamu. Ajak juga mereka untuk mempromosikannya kembali, agar bisnis kamu semakin dikenal oleh banyak orang.

Rekomendasi Usaha yang Dibutuhkan Orang Setiap Hari

1. Usaha Makanan

Usaha yang Dibutuhkan Orang Setiap Hari, Modal Kecil Loh! - Usaha Makanan

Bisnis makanan cukup menggiurkan untuk dicoba, apalagi kamu tinggal di kota-kota besar yang masyarakatnya banyak yang lebih memilih untuk membeli makanan. Ada banyak jenis makanan yang bisa kamu jual, seperti katering masakan rumahan, sate, bakmi, bakso, dan makanan-makanan lainnya yang cukup populer di daerah kamu. Carilah resep makanan di internet dan kreasikan dengan ide yang kamu miliki, kemudian coba makanan yang kamu buat apakah enak dan bisa dijual. Nah kamu tinggal membuka warung makan kecil-kecilan deh di daerah rumah kamu.

2. Bisnis Fashion

Usaha yang Dibutuhkan Orang Setiap Hari, Modal Kecil Loh! - Bisnis Fashion

Tren akan sebuah fashion akan selalu berkembang dan tidak akan pernah ada matinya, untuk itu bisnis fashion bisa kamu pertimbangkan. Fashion ala Korea Selatan dan fashion muslim masih sangat populer di Indonesia, sehingga produk fashion keduanya selalu memiliki angka penjualan yang besar di marketplace. Kamu bisa mencari supplier pakaian dan menjadi reseller online, atau kamu juga bisa membuat brand fashion kamu sendiri. Jika kamu ingin berjualan kaos, kamu tinggal mencari konveksi dan jasa sablon untuk membuat desain kaos kamu sendiri.

3. Bisnis Warung Sembako

Usaha yang Dibutuhkan Orang Setiap Hari, Modal Kecil Loh! - Bisnis Warung Sembako

Berbisnis membuka warung sembako sangat cocok apabila kamu tinggal di daerah yang masih jarang terdapat supermarket atau minimarket. Selain mencari keuntungan, kamu juga dapat membantu masyarakat sekitar supaya bisa membeli sembako dengan mudah. Jika memungkinkan, sulap bagian depan rumah kamu untuk dijadikan warung, agar kamu tidak perlu mengeluarkan biaya untuk menyewa tempat. Berjualanlah barang-barang yang sangat diperlukan orang, seperti beras, gula, minyak, bumbu dapur, dan sebagainya. Jika kamu memiliki modal lebih, jual juga minuman kemasan, makanan ringan, dan jajanan lainnya yang membuat orang datang ke warung kamu.

4. Bisnis Laundry Kiloan

Usaha yang Dibutuhkan Orang Setiap Hari, Modal Kecil Loh! - Bisnis Laundry Kiloan

Walaupun tempat laundry kiloan sudah cukup merebak, namun beberapa wilayah masih belum terjamah oleh bisnis ini. Nah coba deh kamu lihat sekeliling tempat tinggal kamu, apakah sudah ada tempat laundry kiloan yang berdiri, jika belum kamu harus banget untuk mendirikan bisnis ini. Namun modal untuk membuka bisnis ini agak besar, karena kamu harus membeli alat-alat kebutuhannya seperti mesin cuci, setrika, deterjen, pelembut, dan kebutuhan lainnya. Usahakan kamu tidak perlu menyewa tempat agar kamu bisa mengalokasikan modal kamu untuk kebutuhan lainnya. 

5. Jualan Kebutuhan Dapur

Usaha yang Dibutuhkan Orang Setiap Hari, Modal Kecil Loh! - Jualan Kebutuhan Dapur

Alat-alat dapur juga nggak kalah dicari oleh orang, terlebih lagi oleh para ibu rumah tangga. Kamu bisa berjualan alat-alat dapur seperti wajan, panci, pisau, spatula, talenan, sendok sayur, dan sebagainya. Kamu bisa berjualan secara online supaya kamu tidak perlu mengeluarkan biaya untuk membuat toko offline. Kamu juga bisa menawarkannya kepada keluarga dan kerabat kamu, karena mereka juga pasti membutuhkan alat-alat dapur.

6. Warung Kopi

Usaha yang Dibutuhkan Orang Setiap Hari, Modal Kecil Loh! - Warung Kopi

Warung kopi identik dengan harga jajanannya yang murah, sehingga tempat ini sangat sering didatangi orang. Kamu bisa membuka warung kopi kecil-kecilan dan menjual jajanan yang murah, pasti banyak orang yang datang untuk nongkrong dan jajan di tempat kamu. Kamu bisa berjualan minuman kemasan seperti kopi dan minuman rasa buah. Jangan lupa juga untuk menjual makanan ringan seperti mie instan, roti bakar, dan bubur kacang hijau. Semua makanan dan minuman tadi tidak sulit untuk membuatnya, sehingga kamu nggak perlu memiliki skill lebih.

7. Dropshipper

Usaha yang Dibutuhkan Orang Setiap Hari, Modal Kecil Loh! - Dropshipper

Untuk kamu yang ingin berbisnis atau membuka usaha tetapi tidak memiliki modal yang banyak, kamu bisa saja menjadi dropshipper. Kamu juga nggak perlu repot-repot untuk melakukan stok barang, kamu hanya perlu menyiapkan platform yang bagus untuk menjajakan barang dropship kamu. Gunakan Instagram atau marketplace sebagai platform untuk berjualan, untuk barangnya kamu bisa berjualan aksesoris handphone, perlengkapan bayi, kebutuhan rumah tangga, dan lain-lain. Selain mencari supplier yang terpercaya, usahakan juga kamu mencari supplier yang menggunakan pengiriman Anteraja, supaya kamu nggak perlu khawatir soal pengirimannya. Selain itu, Anteraja juga memberikan fitur tracking paket akurat yang bisa diakses oleh pelanggan kamu, supaya pelanggan kamu nggak khawatir. Caranya mudah banget, tinggal input nomor resi yang diberikan saat Cek Resi, informasi soal posisi paket akan terpampang jelas di sana.

8. Berjualan Perawatan Kulit

Usaha yang Dibutuhkan Orang Setiap Hari, Modal Kecil Loh! - Berjualan Perawatan Kulit

Skincare atau perawatan kulit nggak akan ada matinya, karena barang-barang ini merupakan sebuah kebutuhan bagi banyak orang, terlebih lagi para wanita. Makanya, kamu harus pertimbangkan untuk berjualan skin care, karena skincare pasti selalu dibeli secara berkala. Kamu bisa berjualan pembersih wajah, krim wajah, moisturizer, toner, serum, dan sebagainya. Produk-produk ini pasti dipakai secara rutin, sehingga produk ini akan dibeli lagi setelah habis. Jadi usahakan kamu bisa menarik kepercayaan banyak orang agar bisa berlangganan skincare di toko kamu.

9. Usaha Minuman

Usaha yang Dibutuhkan Orang Setiap Hari, Modal Kecil Loh! - Usaha Minuman

Minuman-minuman kekinian yang biasanya ada di mall bisa kamu jadikan peluang usaha, namun kamu harus menjualnya dengan harga yang lebih terjangkau. Kamu bisa berjualan minuman seperti boba, thai tea, es kopi susu, dan lain-lain dengan harga yang murah agar masyarakat menengah ke bawah bisa membelinya. Kamu bisa sedikit menurunkan kualitas, porsi, dan kemasan yang dipakai pada minuman di mall supaya kamu bisa memangkas harga jual. Dengan itu, kamu bisa mengambil keuntungan yang sesuai supaya kamu tidak rugi.

10. Membuka Cuci Motor & Mobil

Usaha yang Dibutuhkan Orang Setiap Hari, Modal Kecil Loh! - Membuka Cuci Motor Mobil

Kalau bisnis yang satu ini, memang harus mengeluarkan lebih banyak modal. Bisnis cuci motor/mobil membutuhkan sebidang lahan, sehingga kamu harus menyewa lahan untuk membuka bisnis ini. Namun jika kamu memiliki lahan kosong dan berada di daerah yang cukup ramai, coba deh kamu manfaatkan lahan tersebut menjadi tempat cuci motor/mobil. Kamu bisa mengalokasikan modal untuk membeli kompresor, tangki air, selang, peralatan cuci, sabun, dan sebagainya. Sesuaikan dengan modal yang kamu miliki. Apabila masih terlalu tinggi, nggak ada salahnya jika kamu hanya membuka jasa cuci motor saja.

11. Menjadi Jasa Titip

Usaha yang Dibutuhkan Orang Setiap Hari, Modal Kecil Loh! - Menjadi Jasa Titip

Beberapa orang malas pergi ke mall untuk berbelanja, sehingga jasa titip atau jastip menjadi populer beberapa tahun terakhir. Jastip barang-barang branded seperti pakaian, kosmetik, dan barang lainnya yang ada di mall bisa menjadi peluang bisnis yang bagus, karena kamu bisa menaikan harga 10-15% dari harga jual aslinya dan banyak orang yang mau membayarnya. Selain jastip barang-barang mall, kamu juga bisa menyediakan jastip untuk produk-produk yang susah didapatkan di Indonesia. Misalnya seperti makanan ringan kemasan dari Korea Selatan dan Jepang, atau merchandise K-Pop yang sangat populer di Indonesia.


Ternyata banyak juga ya bisnis yang bisa kamu jalankan, jadi buruan deh tentukan bisnis apa yang cocok untuk kamu! Jangan khawatir soal pengiriman, kamu bisa menggunakan Anteraja sebagai pengiriman barang-barang yang kamu butuhkan. Dengan tiga opsi pengiriman Regular, Next Day, dan Same Day, bakal memudahkan kamu untuk menentukan pengiriman yang sesuai dengan kebutuhan kamu. Jadi buruan deh kamu Cek Ongkir sekarang juga untuk kepoin ongkos pengiriman ke tujuan kamu! Jangan sampai kamu nggak pakai Anteraja, karena Anteraja bakal bikin kamu untung terus!

Author

Satria Anteraja

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *