12 Ide Bisnis Usaha Kecil-kecilan dengan Untung yang Besar

Ide Bisnis Usaha Kecil-kecilan dengan Untung yang Besar

Membuka bisnis dapat menjadi pilihan kamu untuk mencari uang di masa pandemi seperti ini. Siapa sangka dengan membuka bisnis kecil-kecilan, kamu bisa mendapatkan keuntungan yang besar. Kamu tidak perlu membuka bisnis besar untuk mendapatkan keuntungan besar, karena banyak juga yang bisa meraup keuntungan besar dari bisnis yang bisa dilakukan oleh semua orang.

Kamu bisa memanfaatkan pandemi ini untuk memenuhi kebutuhan masyarakat yang harus mengurangi kegiatan di luar rumah. Kalau kamu sudah membulatkan niat untuk berbisnis, kamu bisa simak 12 tips bisnis usaha kecil-kecilan dengan untung yang besar. Langsung cek di bawah ya!

Ide Bisnis Usaha Kecil Kecilan Paling Untung

1. Kopi Kekinian

Ide Bisnis Usaha Kecil-kecilan dengan Untung yang Besar - Kopi Kekinian

Siapa sih yang nggak suka minuman kopi kekinian dari merk yang terkenal itu? Nggak sedikit yang suka kopi kekinian karena harganya yang murah! Kamu juga bisa mencoba untuk berjualan kopi kekinian untuk mencari keuntungan. Tapi kamu harus mencari lokasi yang ramai, seperti di tengah kota. Biasanya pembeli kopi-kopi kekinian ini adalah pelajar dan karyawan, maka kamu bisa mencoba berjualan kopi kekinian di area perkantoran atau kampus. Menyewa ruko atau kios di kawasan ramai perkotaan akan sangat mahal, tapi itu juga akan membuat orang-orang akan membeli kopi kamu. Tentukan berapa karyawan yang kamu butuhkan untuk membantu kamu berjualan kopi, supaya kamu tidak merepotkan kamu ketika berjualan. Manfaatkan layanan pengantaran berbasis ojek online untuk memudahkan pelanggan yang ingin membeli kopi kamu.

(Baca juga: usaha kopi)

2. Jus Buah

Ide Bisnis Usaha Kecil-kecilan dengan Untung yang Besar - Jus Buah

Berbisnis jus buah juga bisa mendapatkan untung yang besar, karena jus buah memiliki banyak peminat dan bahan baku yang mudah dicari. Sama dengan seperti menjual kopi kekinian, lokasi dan target pasar harus dipertimbangkan dengan matang. Tarik kepercayaan pelanggan kamu dengan harga yang bersaing dan promosi yang menarik, karena sulit untuk meyakinkan pelanggan jika jus buah kamu memiliki harga yang tinggi.

3. Catering Makanan Rumahan

Ide Bisnis Usaha Kecil-kecilan dengan Untung yang Besar  - Catering Makanan Rumahan

Kalau kamu jago dalam memasak, kamu harus mencoba berbisnis catering makanan rumahan. Kamu dapat menjual hasil masakan kamu kepada pelanggan. Untuk memulai, targetkan bisnis catering kamu ke area perkantoran di daerah kamu atau kamu juga bisa menargetkan tetangga-tetangga di tempat tinggal kamu yang tidak punya waktu untuk memasak. Banyak orang tidak memiliki waktu untuk memasak, maka mereka harus berlangganan catering, karena membeli makanan di restoran akan jauh lebih mahal dibandingkan dengan berlangganan catering. Kalau kamu mampu melayani pemesanan skala besar, kamu dapat meningkatkan target pasar kamu ke orang-orang yang ingin mengadakan acara seperti arisan dan pengajian. Kamu bisa mendapatkan untung yang sangat besar jika dapat menjual lebih dari 150 box makanan.

(Baca Juga: Ide Usaha Makanan Terbaik)

4. Frozen Food

Ide Bisnis Usaha Kecil-kecilan dengan Untung yang Besar - Frozen Food

Frozen food merupakan makanan yang banyak dicari orang, karena mudah didapatkan dan mudah disimpan dengan jangka waktu yang lama. Apalagi di masa pandemi seperti ini, masyarakat lebih memilih untuk mengurangi kegiatan di luar rumah walau hanya sekedar membeli bahan makanan atau makan di luar rumah. Kamu bisa menjual frozen food untuk memenuhi kebutuhan mereka, kamu bisa menargetkan pasar ke tetangga atau teman-teman kamu. Tentukan frozen food apa yang mau kamu jual, pastikan frozen food yang kamu jual diminati banyak orang. Kamu bisa memilih produk olahan daging seperti kentang goreng, nugget, bakso, dan sosis. Akan lebih baik jika produk yang kamu jual tidak memiliki bahan pengawet tambahan, karena tidak baik jika makanan memiliki bahan pengawet tambahan. Pikirkan juga metode pengemasan yang akan digunakan, karena kemasan untuk frozen food berbeda dengan kemasan biasa. Jangan lupa untuk selalu menjaga suhu pada mesin pendingin yang digunakan, pastikan tidak lebih dari 18 derajat celcius untuk menjaga kesegaran makanan.

5. Sayur dan Daging

Ide Bisnis Usaha Kecil-kecilan dengan Untung yang Besar - Sayur dan Daging

Sayur dan daging adalah makanan pokok yang pasti selalu dicari orang. Tetapi kamu harus pintar dalam mencari supplier sayuran dan daging untuk kamu jual ke pelanggan. Belilah beberapa sayuran dan daging dari salah satu supplier untuk kamu cek kesegaran dan kebersihannya. Kemudian promosikan sayur dan daging kamu dengan branding dan packaging yang menarik. Gunakan media sosial kamu untuk mempromosikan jualan kamu ke teman dan keluarga kamu. Jangan lupa perhatikan suhu penyimpanan sayuran dan daging kamu, supaya selalu bersih dan segar. Kalau kamu memiliki skill dalam berkebun dan beternak, kamu bisa memproduksi sayur dan daging sendiri yang akan memberi kamu untung yang besar dalam berbisnis.

(Baca Juga: Ide Bisnis Rumahan Modal Kecil)

6. Membuka Warung

Ide Bisnis Usaha Kecil-kecilan dengan Untung yang Besar - Membuka Warung

Kalau di daerah tempat tinggal kamu sangat susah mencari warung, kamu bisa berbisnis dengan membuka warung sembako. Warung sembako masih sangat dicari orang dimanapun dimana-mana terlebih lagi di pemukiman padat penduduk. Manfaatkan garasi atau teras rumah kamu untuk dijadikan tempat kamu berjualan. Kamu bisa menjual mie instan, telur, beras, minyak, dan sebagainya. Nah kalau di daerah kamu sudah ada yang membuka warung sembako, maka kamu bisa menjual salah satu dari sembako untuk mempermudah kamu dalam berjualan. Kamu bisa membuka warung yang menjual telur atau beras.

7. Bisnis Musiman

Ide Bisnis Usaha Kecil-kecilan dengan Untung yang Besar -Bisnis Musiman

Bisnis musiman adalah bisnis yang mengikuti minat masyarakat di waktu tertentu. Kamu bisa berjualan buah Durian ketika sedang musim Durian. Atau kamu bisa berjualan es buah pada saat bulan puasa. Tetapi kamu harus selalu mengetahui apa yang sedang dibutuhkan masyarakat, kamu harus melakukan riset dan terus menyesuaikan dengan kebutuhan masyarakat. Kamu harus menjadi orang yang pertama menyediakan kebutuhan mereka, sebelum kompetitor datang untuk bersaing. Pastikan juga barang yang kamu jual memiliki kualitas yang bagus dan meyakinkan pelanggan untuk membeli barang yang kamu jual.

8. Membuka Warung Makan

Ide Bisnis Usaha Kecil-kecilan dengan Untung yang Besar - Membuka Warung Makan

Warung makan memang sudah banyak berdiri di kota-kota besar. Tapi sediakanlah makanan yang masih jarang atau belum ada sama sekali di daerah kamu. Misalnya kamu bisa membuka warung makan Minang atau warung makan pempek jika di daerah kamu jarang berdiri warung makan tersebut. Biasanya kedua warung makan tersebut banyak dicari orang, karena pempek dan masakan Minang disukai oleh banyak orang di Indonesia.

9. Laundry Sepatu

Ide Bisnis Usaha Kecil-kecilan dengan Untung yang Besar - Laundry Sepatu

Laundry sepatu masih jarang tersedia di beberapa daerah, namun kebutuhan masyarakat untuk mencuci sepatu cukup besar. Banyak orang yang malas untuk mencuci sepatu dan memilih untuk menyerahkan kepada jasa laundry sepatu. Sebagai pemula, kamu tidak perlu membuka toko atau kios. Manfaatkan layanan antar jemput menggunakan ojek online untuk mempermudah pelanggan kamu. Berikan kepercayaan kepada pelanggan dari segi kebersihan dan kecepatan kamu dalam mencuci sepatu. 

10. Bisnis Souvenir

Ide Bisnis Usaha Kecil-kecilan dengan Untung yang Besar - Bisnis Souvenir

Bisnis souvenir memang terdengar bisnis receh, namun siapa sangka keuntungannya bisa sangat besar. Bisnis souvenir terbilang menguntungkan karena biasanya dipesan dalam skala yang besar dengan margin yang cukup menguntungkan. Kamu dapat menargetkan orang-orang yang akan menyelenggarakan acara besar seperti pernikahan yang biasanya mencapai ratusan bahkan ribuan buah dalam satu kali pesanan.

11. Usaha Dropship

Ide Bisnis Usaha Kecil-kecilan dengan Untung yang Besar - Usaha Dropship

Dropship masih menjadi bisnis yang menguntungkan karena tidak perlu mengeluarkan modal. Pada dasarnya, dropship tidak perlu mengeluarkan modal karena kamu tidak perlu melakukan stok barang seperti reseller. Kamu hanya menghubungkan antara penjual dengan supplier dengan tanpa perlu membeli barangnya sebelum dipesan oleh pelanggan Barang yang dijual disediakan oleh supplier harus kamu naikkan harganya sebelum dijual ke pelanggan sebagai keuntungan kamu. Pastikan promosi kamu menarik supaya pelanggan lebih memilih untuk membeli barang jualan kamu dibandingkan penjual lain.

12. Menjual Voucher Pulsa dan Digital

Ide Bisnis Usaha Kecil-kecilan dengan Untung yang Besar  Menjual Voucher Pulsa dan Digital

Zaman sekarang apapun sudah serba digital, bahkan pulsa dan voucher. Kamu bisa menjual voucher layanan streaming musik yang lagi hits digunakan semua orang. Biasanya orang akan memilih membeli voucher digital karena harganya yang murah dibandingkan dengan berlangganan langsung. Voucher digital memberikan potongan harga atau promosi dari perusahaan yang menyediakan layanan tersebut. Manfaatkan media sosial kamu untuk mempromosikan jualan kamu ke keluarga dan kerabat.

Tidak hanya Usaha kecil-kecilan loh Artikel yang disediakan Anteraja, kami memiliki berbagai artikel terbaik lainnya tentang usaha dan bisnis terbaik untuk para pembaca setia Anteraja seperti:

Semoga tips-tips tadi dapat membantu kamu untuk berbisnis di masa pandemi ini ya! Kalau kamu harus mencari alat atau perlengkapan untuk bisnis kamu, kamu bisa cek marketplace atau e-commerce langganan kamu. Percayakan Anteraja sebagai layanan pengiriman untuk barang-barang yang kamu beli. Anteraja mampu menunjang pengiriman kamu dengan kecepatan dan juga harganya yang terjangkau. Yuk kamu bisa langsung cek ongkir untuk buktikan murahnya biaya pengiriman dari Anteraja! Kamu juga bisa cek resi untuk memantau pengiriman barang yang kamu beli, supaya kamu bisa mengelola persiapan bisnis kamu dengan mudah. Selamat mencoba!